Pantai Kelingking Bali, Pantai Cantik dengan Tebing & Bukit Eksotis di Nusa Penida

Pantai Kelingking Bali, Pantai Cantik dengan Tebing & Bukit Eksotis di Nusa Penida
Alamat: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Pantai Kelingking terhitung pantai elok yang eksotik di Nusa Penida, Bali dengan daya magnet khusus tebing dengan bukit memanjang ke laut.

Pantai Kelingking kemungkinan namanya belum setenar Pantai Kuta atau beberapa pantai lain di Pulau Bali. Tetapi, masalah keelokan alamnya, tidak boleh ditanyakan kembali. Pantai yang ini betul-betul pas dikatakan sebagai surga terselinap. Banyak hal unik dan tidak biasa yang dapat diketemukan di pantai ini, selainnya panoramanya yang hebat cantik sudah pasti.

Pantai yang dianggap dunia sebagai salah satunya pantai terindah ini elok. Lokasinya condong terselinap dan jauh dari hingar-bingar perkotaan. Untuk ke arah pantai yang berada di Nusa Penida Barat ini, pelancong sebaiknya melalui jalan yang cukup ekstrim. Tetapi, sesampai di situ, tebing dan pantai cantik akan menganakemaskan mata.

Untuk yang belum pernah ke arah Pantai eksotik ini atau mempunyai gagasan untuk tiba ke situ, berikut ialah semua info berkaitan pantai itu, dimulai dari daya magnetnya sampai beberapa hotel dan resor yang dapat diketemukan di situ. Baca info berikut ini dengan cermat saat sebelum berencana Wisata di Pantai Kelingking, Nusa Penida Barat.

Pesona yang Dimiliki Pantai Kelingking

Pesona Pantai Kelingking Bali
Photo Credit: Ayuh Travel!

Ada banyak daya magnet yang dipunyai oleh Pantai Kelingking, Bali. Sudah pasti daya magnetnya tidak jauh dari lokasi pantai yang cukup terselinap, beberapa tebing cantiknya, dan banyak hal yang lain terhitung ada lokasi-lokasi selfie yang menyengaja dibikin oleh pengurus pantai supaya pengunjung dapat mendokumentasikan photo di sini secara mudah.

Beberapa daya magnet dari pantai ini salah satunya ialah: Ada spot diving Manta Poin di mana di bawahnya sebagai lokasi komunitas asli ikan pari manta. Disamping itu, ada pula beberapa spot selfie berbentuk “Pohon Cinta” dan “Kelingking Swing”. Ada pula Tebing Paluang yang bila disaksikan di atas memiliki bentuk serupa dengan kepala T-Rex hingga membuat makin menarik kembali.

Lokasi Menuju ke Tempat Wisata Pantai Kelingking

Alamat Pantai Kelingking Bali
Photo Credit: Dwi Kartono

Sudah pasti alamat dan jalur ke arah lokasi Pantai Kelingking sebaiknya dijumpai. Untuk orang pemula yang belum pernah berkunjung pantai ini, kemungkinan nama pantai ini masilah benar-benar asing dalam telinga. Maklum, reputasi Pantai ini masihlah jauh di bawah Pantai Kuta, Pantai Jimbaran dan pantai besar yang lain di seputaran Pulau Bali.

Lokasi pantai ini masuk ke Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk sampai kesini, pelancong dapat naik speedboat dari Pantai Sanur ke Pulau Nusa Penida. Kemudian, dari dermaga, kita dapat naik motor atau naik mobil ke arah pantai. Bila naik motor, tidak boleh terkejut bila jalannya masih cukup curam . Maka bila tidak demikian mengusai, lebih bagus memakai mobil saja, baik mobil individu atau sewa.

Biaya Ticket Masuk Wisata Pantai

Biaya Pantai Kelingking Bali
Photo Credit: @RenataDiyanra

Salah satunya hal terbaik dari Pantai terbaik di Bali ini ialah ticket masuknya yang murah. Ya, sama dengan sebagian besar tempat wisata di Bali, masih tetap ada retribusi yang dikenai ke pelancong atau pengunjung pantai. Tetapi tenang saja, harga ticket untuk masuk ke Pantai Kelingking tidak membuat kantong Bolong karena masih termasuk dapat dijangkau bahkan juga untuk yang berbudget kecil.

Berapakah tiketnya? Untuk pelancong lokal, harga ticket dibandrol Rp 5.000 saja. Untuk pelancong asing, harga tiketnya tidak begitu jauh perbedaannya dari harga ticket untuk masyarakat lokal itu. Di situ kelak ada juga ongkos parkir yang perlu dibayarkan pengunjung. Selainnya ticket masuk, umumnya pelancong harus juga keluar ongkos untuk naik ferry atau speedboat akan saat ke arah lokasi.

Kegiatan Menarik Dilaksanakan di Pantai Kelingking

Kegiatan Pantai Kelingking Bali
Photo Credit: Franky Wiputra

Saat telah tiba di Pantai Kelingking, apa saja aktivitas yang dapat dilaksanakan di situ. Banyak! Bila kita menduga jika di Pantai ya umumnya cuma berenang saja, karena itu di Pantai elok ini tentu kita akan kaget karena ada beberapa aktivitas yang lain dapat dilaksanakan oleh pelancong di sini. Apa sajakah? Baca beberapa salah satunya berikut ini:

Salah satunya daya magnet paling besar dari pantai ini ialah Manta Poin. Tempat ini ialah lokasi diving atau menyelam di mana di sana ada komunitas ikan pari manta. Ya, bila ingin saksikan secara langsung tipe ikan pari yang unik dan jinak ini, beberapa pelancong dapat lakukan diving di Manta Poin ini dan berhubungan langsung dengan beberapa ikan pari di situ.

Berikut kenapa pantai ini kerap kali diserang oleh beberapa pelancong yang semangat lakukan diving. Selainnya ikan pari manta, panorama bawah laut Pantai Kelingking ini benar-benar cantik. Ada beragam tipe terumbu karang dan tanaman laut yang berada di sana. Beberapa macam ikan dan hewan laut hilir mudik di Manta Poin ini.

Di lokasi Pantai Kelingking ini dahulu ada sebuah pohon yang asri yang rimbun. Pohon ini kerap jadi tempat untuk photo pre-wedding karena pasangan dapat memperoleh photo berdasar belakang pantai yang cantik dari spot ini. Berikut kenapa pohon ini sering dikatakan sebagai “Pohon Cinta” dan banyak yang berminat untuk menunjunginya.

Tetapi sayang, semenjak tahun 2018, pohon ini telah hancur dan kering. Saat ini yang masih ada tinggal tangkai dan ranting keringnya saja. Tetapi, pelancong masih tetap semangat untuk tiba ke “Pohon Cinta” ini dan lakukan selfie di situ. Banyak pula yang lakukan pre-wedding di lokasi pohon ini.

Kegiatan Lain Pantai Kelingking Bali
Photo Credit: R Krisna Dahlan

Bila ada yang menanyakan hal apa yang membuat Pantai Kelingking menarik, kemungkinan salah satunya jawabnya ialah wujud tebingnya yang seperti kepala dinosaurus. Ya, bila kita pernah menyaksikan simbol film Jurassic Park, tentu kita akan memahami bila wujud tebing pantai ini benar-benar serupa dengan kepala T-Rex di simbol itu.

Panorama dari tebing yang umum disebutkan dengan Tebing Paluang ini benar-benar cantik. Panorama pantai yang dikuasai warna biru-putih-hijau ini akan menganakemaskan mata . Maka, walau harus

naik anak tangga dengan kerja keras ke arah atas tebing, demikian sampai semua perjuangan akan sebanding dan pelancong dapat nikmati panoramanya.

Untuk fans olahraga outdoor, trackking umumnya sebagai salah satunya aktivitas yang dapat diputuskan. Selainnya sehat, trackking bisa juga dilaksanakan dengan cukup rileks. Pantai Kelingking ini dikatakan sebagai salah satunya lokasi trackking terbaik di Bali. Di sini, trackking dapat dilaksanakan sambil nikmati situasi pantai yang cantik alami.

Aktivitas trackking dapat dilaksanakan di jalan ke arah atas tebing. Jalannya cukup terjal dan belum demikian rata hingga makin menambah trackking lebih melawan. Tetapi, tidak boleh kerjakan aktivitas ini bila keadaan badan tidak sedang bugar atau kita sedang hamil, mempunyai penyakit jantung, dan tidak menyenangi ketinggian.

Kelingking Swing ialah spot selfie yang dibikin oleh pengurus pantai supaya pelancong dapat memperoleh photo yang instagramable. Spot selfie ini berbentuk ayunan tinggi di atas tebing. Kelingking Swing ini membuat kita dapat berpose riang di atas ayunan dan memperoleh photo dengan background pantai yang cantik ini.

Lokasi Kelingking Swing tidak jauh dari spot Pohon Cinta. Tetapi jika kita ingin berpose di spot ini, kemungkinan kita harus sedikit bersabar karena bila sedang ramai, tentu spot selfie ini padat pecinta dan kita harus antre terkadang sampai 1 jam untuk dapat ambil photo pada tempat ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pantai Kelingking Bali

Fasilitas Pantai Kelingking Bali
Photo Credit: Cikal Firman

Bila bicara mengenai sarana, sudah pasti tiap tempat wisata telah ada sarana biasanya. Ya, sarana ini dibikin untuk penuhi keperluan beberapa pelancong. Bagaimana dengan Pantai Kelingking Bali? Ya, sama dengan tempat Wisata yang lain, pantai ini mempunyai banyak sarana umum yang hendak membuat pelancong terasa nyaman saat bertandang ke pantai ini.

Beberapa sarana yang ada diantaranya ialah lokasi parkir yang dijaga oleh tukang parkir, toilet yang berada di sekitaran pantai, tempat untuk mandi/basuh, dan ada juga beberapa tempat makan, membeli oleh-olehan dan untuk bermalam disekitaran pantai, selainnya beberapa hotel dan resor yang disebut sebelumnya barusan.

Tersebut banyak hal berkaitan yang harus dipahami oleh beberapa orang mengenai Pantai Kelingking di Bali ini. Tempatnya memang pas untuk berlibur, khususnya yang ingin berpose di pantai yang cantik, atau yang ingin menyelam dan berjumpa dengan ikan pari manta. Pantai ini membuka selama setahun dan umumnya lumayan ramai saat musim-musim berlibur pada bulan Juni-Juli dan tahun akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.