Pantai Falajawa, Menikmati Cantiknya Panorama Laut di Ternate

Pantai Falajawa, Menikmati Cantiknya Panorama Laut di Ternate
Alamat: Jl. Falajawa No.1, Muhajirin, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Untuk warga Ternate, Pantai Falajawa ialah lokasi yang benar-benar nyaman untuk liburan dengan keluarga habiskan waktu akhir minggu. Sehari-harinya pantai ini selalu penuh oleh pengunjung dari masyarakat. Tetapi, saat akhir minggu atau hari liburan datang, pelancong yang tiba kesini datang dari beragam wilayah untuk nikmati situasi pantai yang menarik di Ternate.

Mengenal Wisata Pantai Falajawa

Mengenal Pantai Falajawa
Photo Credit: Rega Nurdiansyah

Pantai hits di Ternate ini benar-benar rekat dengan pelancong. Masalahnya Falajawa seperti Kutanya Bali, hingga mempunyai daya magnet tertentu. Satu diantaranya karena pantai ini berada tidak jauh dari pusat perkotaan dan benar-benar gampang untuk dijangkau. Bahkan juga, ada yang menjelaskan jika belum gaul bila belum ke Pantai Falajawa.

Dulu, Falajawa dikenali dengan Pantai Swering yang selanjutnya ganti nama jadi Falajawa sampai sekarang ini. Pantai yang hits di Ternate ini benar-benar pas untuk jadi tempat melepaskan capek dan nikmati cantiknya panorama pantai yang berada di pinggir Jalan Pahlawan ini.

Sehari-harinya cukup banyak muda-mudi yang bertandang ke wisata pantai ini. Ada yang ingin bermain, habiskan waktu, dan ada juga yang memakainya sebagai tempat olahraga. Hal ini disokong dengan pengaturan pantai yang baik sekali dan rapi, hingga nyaman untuk disinggahi dan digunakan oleh warga sekitaran.

Pesona yang Dimiliki Pantai Falajawa

Pesona Pantai Falajawa
Photo Credit: Rega Nurdiansyah

Bila secara umum pantai ada di teritori yang ujung dengan panorama uniknya berbentuk pasir pantai dengan pohon kelapa, batu karang, dan tebing-tebingnya, ini kali berlainan dengan Pantai Falajawa. Pantai yang hits di Ternate ini berada di tepi Jalan Pahlawan, hingga tidak mempunyai pasir pantai.

Pada bagian pinggirnya ialah trotoar yang dapat digunakan untuk santai, jalanan, atau jogging. Di pinggir pantai dibuat tempat duduk tetap yang dapat dipakai oleh pengunjung untuk santai sambil nikmati panorama yang terhidang. Berikut kekhasan yang dipunyai oleh pantai yang hits di Ternate ini.

Dengan lokasi yang begitu, pantai ini jadi lebih gampang untuk dijangkau, hingga Anda tak perlu tembus jalan yang susah dan memerlukan waktu yang lama. Disamping itu, terletak ada tidak jauh dari pusat Kota Ternate dengan aturan yang bersih dan rapi.

Karena ada di tepi jalan, Pantai Falajawa mempunyai penampilan yang unik dan berlainan dari pantai secara umum. Pantai yang ini lebih serupa dengan kolam renang alami, hingga beberapa orang yang berenang di sini atau yang disebutkan dengan babota. Untuk kedalamannya sekitaran 3 sampai 5 mtr., tetapi Anda dapat sewa ban untuk berenang.

Walau cukup dalam, tetapi beberapa orang yang bawa anak-anak untuk lakukan babota di pantai ini. Sambil berenang, Anda pun berpeluang untuk menyaksikan kapal yang cari ikan dari kejauhan. Wisata pantai ini populer dengan babota ini dan jadi daya magnet tertentu.

Lokasi dan Biaya Ticket Pantai Falajawa

Lokasi Pantai Falajawa
Photo Credit: Muhammad Rachman Afandi Esa

Pantai Falajawa berada di tepi Jalan Pahlawan Revolusi (Ahmad Yani), Ternate, Maluku Utara. Karena lokasinya di tepi jalan, karena itu akses untuk ke arah tempat ini benar-benar gampang dan tidak susah untuk diketemukan. Ada banyak jalur yang dapat Anda menempuh dari pusat Kota Ternate.

Salah satunya jalur itu ialah lewat Jalan Hasan Esa dengan perkiraan 11 menit perjalanan. Dari pusat Kota Ternate, Anda dapat mengambil Jalan Inpres Ubo-Ubo, selanjutnya berpindah ke Jalan Jati Lempeng dan ke Jalan Raya Bastiong atau Jalan Raya Mangga Dua. Kemudian, Anda dapat mengambil Jalan Hasan Esa.

Sesudah dari Jalan Hasan Esa, Anda dapat ke arah Jalan Ahmad Yani sampai datang di Jalan Pahlawan Revolusi. Disini lokasi dari Falajawa yang paling gampang untuk dijangkau. Bila Anda alami ketidaktahuan, Anda dapat buka Google Maps untuk memperlihatkan jalur jalannya.

Tidak ada ticket masuk ke Pantai Falajawa atau cuma-cuma. Anda dapat habiskan waktu di sini sepuasnya tanpa perlu bayar ticket masuk, tetapi Anda akan diminta ongkos parkir dan sewa ban bila ingin berenang. Bila Anda tidak mau berenang, panorama cantik pantai ini cukup untuk isi waktu.

Anda bisa juga lakukan beberapa hal di sini karena sarana yang disiapkan benar-benar mendukung dan bersih. Tidaklah aneh bila pantai ini kerap jadi tujuan wisata masyarakat Ternate untuk habiskan waktu. Ini semakin lebih ramai saat masuk waktu berlibur. Tertarik coba?

Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan di Pantai Falajawa

Kegiatan Pantai Falajawa
Photo Credit: Hendra Poerwita

Seperti yang sudah disebut awalnya bila Pantai Falajawa benar-benar populer dengan babota atau mandi bersama (berenang). Aktivitas ini seolah jadi aktivitas harus bila Anda berkunjung pantai ini. Beberapa pengunjung yang ingin berenang dapat sewa ban supaya semakin aman karena pantai ini cukup dalam.

Untuk Anda yang berenang bersama anak-anak, yakinkan untuk mengawasi anak untuk menghindar hal yang tidak diharapkan. Masalahnya pinggir pantai yang umum dipakai untuk berenang mempunyai kedalaman 3 sampai 5 mtr., hingga beresiko bila anak tidak mendapatkan pemantauan penuh.

Untuk Anda yang tidak sukai atau mungkin tidak ingin berenang, Anda bisa juga santai di pinggir Pantai Falajawa yang teduh dan sejuk. Di pinggir pantai ini disiapkan tempat duduk yang dapat Anda pakai untuk nikmati keelokan dan kesejukan pantai ini. Aktivitas ini kerap dilaksanakan oleh beberapa pemuda disekitaran pantai.

Walau wisata pantai ini sama dengan aktivitas babota, tetapi Anda bisa juga olahraga di sini, seperti jogging. Masalahnya pantai ini diatur dengan sangatlah baik dan rapi, hingga pengunjung yang tiba terasa nyaman untuk lakukan aktivitasnya. Anda dapat jogging pada bagian trotoar di pinggir pantai.

Bila bertandang, karena itu Anda harus mendokumentasikan peristiwa berpose di lokasi yang iconic ini. Tulisan Pantai Falajawa yang warna merah ialah spot photo yang kerap digunakan oleh beberapa pengunjung untuk mendokumentasikan peristiwa bertandang ke pantai ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pantai Falajawa Ternate

Fasilitas Pantai Falajawa
Photo Credit: Muhammad Rachman Afandi Esa

Dalam Teritori wisata telah banyak tersedia sarana yang bisa memudahkan beberapa pengunjung karena lokasinya yang dekat pada jalan khusus. Disekitaran pantai ada banyak penjual makanan yang siap untuk menyembuhkan rasa lapar Anda sesudah habiskan waktu di pantai ini.

Disamping itu, ada persewaan ban untuk Anda yang ingin berenang dengan semakin aman. Lokasinya dekat sama Mushola Al Muhajirin yang dapat Anda pakai untuk melakukan beribadah. Untuk tempat parkirnya disiapkan di pinggir jalan itu, hingga Anda langsung bisa ke arah pantai.

Pantai Falajawa ialah pantai yang kerap didatangi oleh beberapa pelancong di Ternate karena mempunyai penampilan yang unik dan berlainan dengan pantai secara umum. Terletak di tepi jalan membuat beberapa pengunjung benar-benar gampang untuk mengaksesnya. Beberapa hal bagus yang dapat Anda kerjakan di sini untuk isi waktu senggang diakhir minggu atau saat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.