Pantai Base G, Panorama laut yang Penuh Pesona di Jayapura

Pantai Base G, Panorama laut yang Penuh Pesona di Jayapura
Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Pantai Base G yang dikenal juga sebagai Tanjung Riang terhitung salah satunya wisata bahari yang mempesona di Jayapura, Propinsi Papua. Pantai yang menyajikan panorama alam yang mengagumkan dan mempunyai narasi riwayat yang memikat buat dieksplor daya tariknya.

Pantai Base G sebagai bintang yang dari pusat Kota Jayapura, Papua. Papua memang populer dengan keelokan alam yang natural serta sedikit disentuh oleh tangan manusia terhitung pantai ini.

Saat bertandang ke Papua, pantai Base G sebagai tujuan yang harus disinggahi. Selainnya nikmati panorama alam, pelancong bisa juga lakukan aktivitas yang membahagiakan pada tempat itu.

Pantai ini sebetulnya namanya pantai Tanjung Riang. Tetapi warga sekitaran seringkali mengatakan dengan Base G karena pada perang Dunia ke II tahun 1944 teritori itu dipakai pasukan militer sekutu sebagai camp namanya Base G.

Pesona yang Dimiliki Pantai Base G

Pesona Pantai Base G
Photo Credit: @ponxx2020papua

Pantai yang berada di utara kota Jayapura ini mempunyai situasi hijau dan asri. Walau telah banyak dijumpai oleh khalayak luas, pantai elok ini selalu terlindungi keasrian alamnya. Beberapa pohon hijau yang teduh tumbuh subur disekitaran pinggir pantai. Pohon-pohonan itu sering dipakai sebagai tempat berlindung dan santai beberapa pelancong.

Daya magnet yang lain dipunyai oleh pantai Base G ialah kawasannya yang bersih. Tempat ini jadi beberapa pilihan pelancong karena kebersihannya dijaga secara baik. Bila ada, kemungkinan cuma sampah dari daun yang luruh dan rumput laut yang terikut ombak.

Salah satunya argumen yang membuat pengunjung kerasan di wisata Base G ini ialah panorama alamnya yang menganakemaskan mata. air laut yang jernih warna biru, pasir putih yang menghampar sejauh garis pantai dan pohon-pohonan hijau seolah memberi surga kecil untuk beberapa pelancong.

menariknya dari pantai eksotik ini ialah ombaknya yang tidak besar hingga tidak begitu bahaya. Pelancong benar-benar direferensikan untuk bermain disekitaran bibir pantai karena ombaknya cukuplah aman dan tidak begitu tinggi.

Pantai ini menyajikan pemandangan sunset yang memesona. Kemilau cahaya jingga yang membal pada air laut jadi panorama yang paling ditunggukan oleh tiap pelancong yang tiba ke arah tempat ini.

Berlainan dengan tujuan wisata pantai yang lain, pantai ini mempunyai riwayat yang lumayan panjang. Saat sebelum namanya populer seperti saat ini, pantai ini dahulunya dikenali dengan pantai Tanjung Riang karena terletak ada di jalan Tanjung Riang.

Tetapi di tahun 1944, saat Perang Dunia II berjalan, pantai itu dipakai sebagai homebase beberapa sekutu untuk menantang pasukan Jepang di Filipina. Sementara arti huruf ‘G’ diambil dari posisi pada abjad, di mana huruf G ialah huruf ke tujuh. Dari info itu bisa diambil kesimpulan jika Base G ialah home base ke-7 beberapa tentara sekutu.

Lokasi dan Biaya Ticket Masuk Pantai Base G

Lokasi Pantai Base G
Photo Credit: @sandys_ramadhan

Pantai ini berada di Kota Jayapura, Propinsi Papua persisnya di Desa Tanjung Riang, Kecamatan Jayapura Utara. Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari pusat perkotaan karena jaraknya cuma sekitar di antara 10km saja.

Untuk capai lokasi wisata pantai ini aksesnya lumayan gampang, pelancong bisa menempuhnya memakai kendaraan beroda 2 dan beroda 4 sepanjang lebih kurang 20 menit dari Kota Jayapura Utara. Dan bila dilakukan langsung dari Lapangan terbang Sentani memerlukan waktu lumayan lama yakni sekitaran 80 menit perjalanan.

Jalur kota Jayapura Utara pelancong dapat melalui jalan Kinsa lalu ambil arah kiri ke jalan M.Yamin. Kemudian, belok ke kiri ke arah jalan Sujarwo Condronegoro dan diteruskan pilih jalan Tanjung Riang IV di samping kiri. Dari jalan itu pelancong perlu ikuti jalur jalan sampai ke teritori pantai.

Pelancong yang ingin nikmati keelokan pemandangan Pantai Base G ini harus bayar ticket masuk lebih dulu. Harga ticket masuk pantai memikat ini benar-benar dapat dijangkau yakni sekitaran Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Selainnya bayar ticket masuk, pantai yang diatur oleh masyarakat di tempat ini mewajibkan bayar ongkos parkir untuk pelancong yang bawa kendaraan. Untuk kendaraan beroda 2 ongkos parkir yang dikenai sekitaran Rp 20.000 sementara untuk kendaraan beroda 4 yakni Rp 50.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Base G

Kegiatan Pantai Base G
Photo Credit: Paling Indonesia

Salah satunya aktivitas yang bisa dilaksanakan saat tiba ke arah tempat ini ialah nikmati sunset. Anda dapat melihat peristiwa matahari tenggelam sekalian duduk rileks di pinggir pantai. Peristiwa ini ialah peristiwa paling ditunggu beberapa pelancong karena sinaran jingga dari langit yang membal ke air memberi kesan-kesan romantis.

Nikmati embusan angin laut dengan berjalan pada pinggir pantai seperti jadi aktivitas yang dapat dilaksanakan saat ada di pantai ini. selainnya jalan rileks, pengunjung bisa juga jogging sekalian melingkari garis pantai yang lumayan luas ini. maka sekalian olahraga Anda dapat nikmati cantiknya panorama alam pada tempat ini.

Mendekati siang, matahari mulai naik ke atas dan pantai ini mendapatkan cahaya matahari yang lumayan banyak. Maka dari itu, tempat ini benar-benar direferensikan untuk pelancong yang suka berjemur. Keadaan bibir pantai cukup bersih dan agak miring hingga benar-benar memberikan dukungan jadi tempat berjemur.

Ke Pantai Base G pasti kurang komplet bila tidak berenang. Pantai ini mempunyai air laut jernih dan biru hingga menghipnotis siapa yang menyaksikannya. Tidak perlu cemas, pantai ini mempunyai ombak yang cukup tenang jadi cukuplah aman bila ajak anak-anak bermain pada tempat ini.

Menariknya, pengurus sudah memakai pemecah gelombang memiliki jarak 1km hingga ombak yang tiba tidak begitu tinggi. tempat ini benar-benar pas bila Anda memerlukan pantai dengan pinggir dangkal untuk berenang.

Untuk pelancong yang rindukan halus dan bersihnya pasir pantai, karena itu tiba ke base G ialah opsi yang akurat. Pantai dengan pasir putih yang luas ini akan memberikan kepuasan Anda dan keluarga. Terdapat beberapa pilihan bermain pasir yang sudah dilakukan dimulai dari membuat istana, memendam diri di pasir dan lain-lain.

Kegiatan Lain Pantai Base G
Photo Credit: Salma Salmon

Pantai elok ini sebagai spot memancing yang pas untuk pelancong yang hoby memancing. Teritori wisata ini sering jadi tempat memancing baik untuk masyarakat sekitaran atau komune. Pelancong bisa rasakan memancing langsung memakai langkah masyarakat Papua yakni dengan menyelam di pinggir pantai sekalian bawa tombak kecil.

Capek bermain dan melingkari pantai, pelancong dapat santai sekalian melempengkan kaki di dudukan atau sewa pemondokan yang telah disiapkan oleh pengurus. Letak pemondokan ini tidak jauh dari bibir pantai hingga pelancong dapat nikmati panorama pantai terlepas secara nyaman. Harga sewa pemondokan ini sekitar di antara Rp 200.000 sampai Rp 300.000.

Tiba ke Pantai Base G kurang komplet bila tidak ambil photo. Pelancong bisa mendokumentasikan semua peristiwa di pantai elok ini dengan camera untuk kenangan. Banyak spot yang memikat di pantai ini untuk ditampilkan di media sosial. Nampaknya peristiwa sunset benar-benar pantas didokumentasikan karena memiliki warna dan panorama yang bagus sekali.

Aktivitas yang bisa dilaksanakan di pantai ini ialah wisata kulineran. Tempat ini tawarkan banyak bermacam budaya terhitung dengan macam makanannya. Pelancong bisa secara mudah mendapati rumah makan pada tempat ini hingga dapat pilih menu yang mana pas untuk isi perut.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pantai Base G Jayapura

Fasilitas Pantai Base G
Photo Credit: @Reiynhardh

Pantai Base G telah diperlengkapi dengan beragam sarana untuk mendukung kegiatan dan memancing ketertarikan pelancong. Beberapa sarana yang disiapkan salah satunya yakni tempat parkir yang lumayan luas, toilet dan kamar mandi, persewaan pemondokan atau gazebo dan rumah makan. Karena ada fasilitas prasarana ini pelancong bisa liburan lebih senang dan nyaman.

Tersebut pembahasan menarik mengenai Pantai Base G yang berada di Jayapura, Papua. Tujuan wisata itu banyak diputuskan pelancong terutamanya warga lokal karena lokasinya vital dan gampang dicapai hingga tidak memerlukan waktu diperjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.