Menara Siger, Mengenal Titik Nol Sumatera Sekaligus Ikon Lampung

Menara Siger, Mengenal Titik Nol Sumatera Sekaligus Ikon Lampung
Alamat: Jl. Lintas Sumatra, Bakauheni, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Menara Siger ialah menara sebagai lambang identitas propinsi Lampung sekalian jadi Titik 0 Sumatera yang mempunyai wujud yang unik dengan 9 kerucut. Design arsitektur adopsi mahkota baju tradisi Lampung.

Menara Siger ialah wujud dari keberagaman dan kekayaan dan penghormatan yang berada di sana. Memiliki bentuk yang seperti topi aksesori baju adatnya menjadi satu diantara karena orang mengenalinya sebagai icon sebagai representasi keelokan daerah itu.

Dimulai dari warna dan memiliki bentuk yang memikat, ketahanan bangunan, sampai lokasinya pun demikian banyak mengambil alih perhatian tiap pelancong yang tiba. Bahkan juga sering yang tiba untuk mendokumentasikan keindahannya di dalam sebuah bidikan photo yang diambilnya.

Anda dapat tiba dengan memakai kapal perahu untuk seberang dari dermaga Bahueni dalam jarak yang paling dekat sama pusat perkotaan. Tonton semakin banyak bukti, keelokan dan beragam Keunikan  yang lain berada di sana. Sebagai tambahan dapat disaksikan dalam pembahasan berikut ini.

Mengenal Sejarahnya Berdirinya Menara Siger Lampung

Mengenal Menara Siger
Photo Credit: Lutfi Rahmat

Pada masa lampau proses pembangunannya menjadi satu diantara dari sejak awalnya ada jembatan selat sunda atau disebutkan dengan JSS. Di mana ini ialah penyambung yang dipakai pada dua daerah yakni bakueheni dengan Merak. Untuk Gubernur Lampung, kehadiran icon ini diperuntukkan untuk mengangkat penghasilan dari wilayahnya dengan rasio 15%.

Bangunan ini diperlengkapi dengan beragam info berkaitan dengan sebuah peta Wisata  yang berada di semua Kabupaten/Kota di Daerah Lampung. Berdasar pemikiran Sjachroedin, seorang Gubernur yang menggagasnya, jika Menara Siger bukan satu bentuk monumen masa lampau tetapi sebuah bangunan masa datang di mana bisa menjadi kebanggaan dan identitas dari Lampung tersebut.

Pada sejarahnya pembangunannya didasari pada icon yang mencolok dari kebudayaan ciri khas warga Lampung. Di mana hal tersebut selanjutnya di representasikan dengan bangunan tugu-tugu disekelilingnya. Didalamnya dibikin sebuah ruang untuk dipakai oleh pengunjung sebagai lokasi panorama dari dermaga Bakauheni dengan pemandangan yang lengkapinya.

Dalam bagiannya terdiri dari sebuah data asta gatra, di mana tiga gatra itu mencakup hal terkait dengan letak geografis, kekayaan sumber daya alam (SDA), dan demografis. Ada juga panca gatra yang mencakup ideologi, dan yang terkait dengan pertahanan dan keamanan.

Pesona yang Ada di Menara Siger dan Sekitarnya

Pesona Menara Siger
Photo Credit: @DiplomasiTotal

Sebagai sebuah simbol iconic dari daerah Lampung, tentu saja kehadiranya banyak mengambil alih perhatian untuk tiap orang yang ada di sekitaran atau sedang berkunjung sesaat. Banyak hal bagus yang dapat Anda dapatkan di situ, dimulai dari kenyataannya sampai Keunikan  yang lain yang kemungkinan diketemukan. Salah satunya bukti bagus yang penting dipahami yakni jika tinggi bangunannya capai 32 m.

Dengan ketinggian itu Menara Siger berdiri kuat dan istimewa di atas sebuah bukit Gamping yang membubung sampai 110 mtr. di bagian atas permukaan laut. Keadaannya yang semacam itu membuat dapat disaksikan secara jelas bahkan juga dari titik Dermaga Bakauheni. Tentu saja sudah tentu akan kelihatan mengagumkan dengan sekitarnya yang disebut bukit-bukit, terutama bila dari dekat.

Selainnya mempunyai kelebihan atas ketinggian yang dipunyai, rupanya bangunan dari Menara Siger masuk ke tipe anti gempa. Bukti itu pasti jadi satu kelebihan yang dipunyainya. Ini muncul karena mekanisme konstruksi yang dipakai memakai ferrocement, hingga dapat tahan atas hempasan angin dan guncangan dari gempa yang kemungkinan terjadi.

Bahkan juga saat lakukan peningkatan sisi mahkotanya pun tidak memakai semen curahan cor, hingga dapat kurangi beban. Untuk menukarnya dipakai sebuah hubungan kawat yang seperti sarang laba-laba, hingga susunannya semakin kuat untuk maksud susunan bangunan. Berkaitan bernama arsiteknya yakni Ir Anshori Djausal MT, ditugaskan oleh Gubernur Lampung Sjachroedin ZP.

Bukti lain yang memikat buat dibahas yakni jika lokasi bangunan iconic ini sebagai merupakan titik nolnya Sumatera. Untuk mendapati tugu yang memberi info itu dapat dengan menuruni tangganya ke bawah, selanjutnya Anda dapat menemuinya.

Ini didasari pada terletak yang ada dalam suatu bukit dalam jarak pandang yang luas karena ketinggian yang dipunyai. Tentu saja Anda bisa menyaksikan keelokannya dari jarak jauh dengan warna kuning emas yang unik dan cantik dipandang.

Pesona Lain Menara Siger
Photo Credit: @detikcom

Bukti seterusnya yang dapat dijumpai yakni mengenai kehadiran lokasinya yang dekat sama pusat Kotanya . Maka dapat disebutkan sebagai salah satunya arah Wisata  paling dekat yang berada di sana. Hingga ini memungkinkan untuk diperuntukkan untuk Anda sama waktu lawatan sesaat.

Anda perlu naiki kapal dari pusat perkotaan melalui dermaga Bahaeuni. Kemudian perlu pada jalan kaki untuk capai lokasinya lebih dekat dari tepi dermaga. Bila memang memungkinkannya dan mempunyai bujet lebih juga bisa dengan sewa ojek motor disekitaran sana.

Karena lokasi Menara Siger yang ada di ujung sebuah dermaga dan di atas sebuah bukit dengan ketinggian bangunan sekitaran 32 M, tentu saja membuat mempunyai panorama sekitaran demikian cantik dilihat. Bukit-bukit hijau dengan pohon-pohonan disekelilingnya, menjadi satu diantara spot yang paling memikat buat dipandang. Disamping itu, bentangan air biru yang fresh bisa juga menambahkan tenang pemikiran Anda.

Saat ada di sisi menaranya Anda akan terlena dengan udaranya yang sejuk dengan sentuhan angin sepoi-sepoi yang menyejukan badan. Ditambahkan lagi panorama luas yang demikian cantik untuk dicicipi. Tentu saja akan ada banyak kembali beberapa hal unik dan menarik yang lain yang mungkin Anda dapatkan saat ada di sana. tentu saja akan memberi kesan-kesan berlibur yang tidak terlewatkan.

Keunikan & Filosofi Menara Iconic Lampung

Keunikan Menara Iconic Lampung
Photo Credit: @frizcorp1

Keunikan  pertama kali yang dipunyai menara ini yakni berada pada wujud bentuknya, di mana menunjukkan sebuah elemen kebudayaan yang unik dari wilayah Lampung. Memiliki bentuk yang seperti sebuah aksesori dari baju tradisi wanita. Di mana memiliki bentuk diambil dan di inspirasi dari sebuah topi yang dipakai wanita saat menari atau upacara tradisi yang lain.

Pada bagian berwarna, pemakaian dan penyeleksiannya didasari dengan sebuah pemaknaan filosofi yang bukan hanya beracuan pada elemen estetiknya saja. Di bagian badannya seakan mempunyai 7 biji atap lancip. Di mana dipercaya terkait dengan wujud pegunungan sekitaran yang terkait oleh ada legenda akan asal mula leluhur masyarakat sekitaran.

Bukan hanya hanya bangunan sebagai sebuah lambang wilayah tanpa peranan ringkas, karena dijumpai sebagai salah satunya tempat wisata dengan kelengkapan sarana seperti tempat parkir luas, bahkan juga masjidh dan toilet umum. Pasti ini diperuntukkan sebagai wujud untuk memberi kenyamanan untuk pengunjung yang berada di sana.

Sarana lain di Menara Siger seperti tempat untuk bermalam disekelilingnya berdiri untuk Anda yang dari perjalanan jauh dan ingin hilangkan capek sesaat saat sebelum meneruskan kegiatan. toko souvernir dan beragam jenis pernak-pernik ikut dijajahkan disekitaran bangunan menara itu. Didalamnya sendiri dibikin sebuah ruang yang mempunyai peranan masing-masing ditambah lagi miniatur pendamping.

saat Anda bertandang ke situ ada satu spot bagus yang menjadi satu diantara Keunikan  dari tempat ini yakni ada sarana sky boat. Ini bisa diketemukan pada bagian pucuknya. Saat Anda ada di dalamnya akan disuguhi dengan lanscape panorama demikian luas di atas dengan jembatan selat sunda yang menghampar cantik menghubungkan dua daerahnya.

Barisan-jajaran pulau kecil bisa juga dilihat dengan demikian terang dari spot itu. Daya tarik dari Gunung Rajabasa menjadi satu diantara daya tarik saat Anda naiki Sky Boat. Saat sore atau subuh mendekati bila untung Anda bahkan juga dapat mendapati panorama unik dan memesona dari sunrise dan sunset. betul-betul kehadirannya jadi beberapa pilihan dari pengunjung yang tiba ke menara.

Keunikan Lain Lampung
Photo Credit: Eko Budi Harto

Menara Siger jadi satu icon Lampung yang banyak diketemukan setiap pojok kota atau bahkan juga kelihatan berbentuk lebih kecil sebagai mahkota yang dikenai kaum hawa saat upacara tradisi berjalan. Sebagai mana pemaknaan dasar dari mahkota sendiri sebagai wujud dari sebuah kemasyhuran, kehormatan, dan kekuasaan, demikianlah makna yang ditujukan didalamnya.

Tidak seperti wilayah paling dekatnya yang lebih menunjukkan karakter maskulin pada simbol daerahnya, Lampung dengan menara siger memperlihatkan penglihatan berlainan dalam kesan-kesan yang lebih feminis. Bukan tanpa argumen, rupanya bangunan iconic ini diperuntukkan sebagai wujud dari penghormatan kaum hawa, seperti yang didasari pada ide edukasi agama Islam.

Selainnya menyimbolkan sebuah kehormatan memperlihatkan keberagaman budaya yang berada di sana. Keberagaman yang berada di dalamnya jadikan muncul banyak cerita yang bawa pada deskripsi bukit-bukit dengan 1 ikatan dalam dua daerah. Di mana leluhurnya bisa jadi ialah sama atau bahkan juga satu, itu kelihatan dalam design dari menara siger.

Pada pemaknaan sisi bangunannya dibikin sebuah filosofi yang tersangkut mengenai payung tiga berwarna. Di mana di situ dibikin penyeleksian atas tiga warna khusus dengan pertanda pucuk dari menaranya. Di mana makna dari kehadirannya terkait dengan bagaimana wujud aturan sosial di situ. Selanjutnya ada sebuah prasasti Are yang mana melambangkan mengenai sebuah pohon kehidupan.

Tersebut beberapa hal yang terkait dengan keelokan dan kemolekan yang dipunyai icon propinsi Lampung, Menara Siger. Saat ada di Lampung Selatan, tidak boleh terlewat untuk berkunjung bangunan iconic yang sebagai Titik 0 Sumatera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.