Mata Air Tilanga, Wisata Alam Mempesona Berbalut Legenda di Toraja

Mata Air Tilanga, Wisata Alam Mempesona Berbalut Legenda di Toraja
Alamat: Sarira, Kec. Makale Utara, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Rekreasi alam menjadi satu diantara tujuan khusus yang dicari untuk melepaskan capek. Kabupaten Tana Toraja mempunyai tempat wisata mempesona Mata Air Tilanga yang penuh akan legenda.

Kabupaten Tana Toraja selalu menjadi satu diantara lokasi untuk berlibur mimpi, baik di kelompok pelancong lokal atau luar negeri. Pasalnya daerah ini mempunyai lumayan banyak rekreasi alam yang demikian cantik dan memesona, yang tidak dapat diketemukan di wilayah lain. Salah satunya yang paling unik dan jadi favorite beberapa wisatawan, yakni rekreasi Mata Air Tilanga yang ada di teritori Dusun Tilangga. Kenapa Mata Air Tilanga ini disebutkan unik? Yok baca penjelasannya ini.

Mengetahui Dogma Mata Air Tilanga

Pesona Mata Air Tilanga Toraja
Photo Credit: Yockie

Salah satunya yang membuat Mata Air Tilangan unik yakni karena dogma yang ada dalam dalamnya, bahkan juga dogma ini menjadi satu diantara daya magnet khusus dari tujuan rekreasi satu ini. Menurut pembicaraan dari masyarakat di tempat, di sela batu-batuan kolam ada moa atau belut berkuping yang hidup di situ. Orang Toraja sendiri kerap menyebutkan belut ini bernama masapi.

Antiknya kembali, kabarnya di Tilanga ada masapi dengan warna putih. Dan biasanya masapi warna hitam. Lacak punyai lacak, masapi itu dihubungkan dengan pesan peruntungan . Maka untuk orang yang dapat menyaksikan masapi, kabarnya keinginan dan keinginannya akan terkabulkan. Terutama bila Anda dapat menyaksikan masapi dengan warna belang belang putih dan hitam.

Masapi yang warna belang belang putih dan hitam ini dikatakan sebagai masapi bonga, dan dipercayai mempunyai peruntungan yang lebih jika dibanding dengan masapi lainnya. Sayang menyaksikan masapi ini tidak dapat dilaksanakan secara mudah, hanya karena beberapa orang yang bisa menyaksikannya. Supaya masapi ingin ada ke atas, karena itu harus dipancing lebih dulu dengan memakai telur bebek rebus.

Dan yang memancing pun tidak bisa sembarangan orang, tetapi harus anak anak. Karena menurut legenda, ada anak kecil yang sukses panggil masapi keluar dengan menjentik jentikkan jemari ke kolam dengan bekal telur bebek rebus. Pengunjung yang ingin tahu juga dibolehkan coba memancing masapi dengan telur bebek rebus, tetapi banyak orang tidak berhasil untuk membikin masapi keluar persembunyiannya.

Disamping itu menurut keyakinan warga sekitaran, masapi ini pantang hukumnya untuk dipancing. Beritanya sempat ada seorang yang sukses memancing masapi, beberapa selanjutnya kedengar berita jika sang pemicu itu sudah wafat tanpa ada alasan yang terang. Warga di tempat yakin jika di Mata Air Tilanga hidup raja masapi, di mana raja itu sering ada pada larut malam.

Raja dari masapi itu ada untuk bersihkan Mata Air Tilanga dari dedaunan yang berjatuhan di atas air dan sekitar kolam. Keyakinan ini tercipta karena saat pagi hari kolam Tilanga selalu kelihatan bersih walau tidak ada yang bersihkan. Walau sebenarnya pada hari awalnya diketemukan lumayan banyak daun pohon yang luruh dan berantakan disekitaran kolam.

Lokasi Menuju ke Mata Air Tilanga

Pesona Lain Mata Air Tilanga Toraja
Photo Credit: Rizal Abdillah

Rekreasi Mata Air Tilanga ada di teritori Tilangga, antara Makale dan Rantepao dan dari jalan raya cuma memiliki jarak lebih kurang 3 km. Dan dari pusat Rantepao sendiri, tujuan rekreasi ini mempunyai jarak sekitaran 10 km. Untuk ke arah lokasi Anda dapat memakai mobil individu atau kendaraan sewa sarana hotel. Pelancong bisa juga naiki transportasi umum atau pete pete dari Makale atau Rantepao.

Tetapi bila Anda pilih memakai angkutan umum, karena itu seterusnya harus dilanjutkan dengan jalan kaki lumayan jauh untuk ke arah Mata Air Tilanga. Karena transportasi khalayak tidak melalui langsung di muka tempat wisata satu ini. Apabila Anda pilih memakai kendaraan individu, karena itu yakinkan kendaraan Anda itu pada kondisi sempurna.

Karena jalan yang dilewati untuk ke arah lokasi rekreasi masih mempunyai keadaan yang buruk. Tetapi untuk nikmati tempat rekreasi unik yang lain dari lainnya, tidak ada kelirunya untuk berusaha lebih dulu untuk meraihnya. Setelah tiba di lokasi rekreasi Mata Air Tilanga, ditanggung semua capek yang ada sepanjang perjalanan akan pupus saat itu juga karena kesejukan yang disuguhi oleh tempat wisata itu.

Selanjutnya tidak boleh bawa sampo, sabun, atau produk yang lain yang sama. Karena beberapa barang ini tidak dibolehkan dan cuma akan membuat berat barang bawaan Anda saja. Anda bisa juga bawa perbekalan makanan sendiri saat bertandang kesini, karena pedagang yang jual makanan tidak banyak dan cuma tawarkan beberapa macam sajian saja.

Jadi Anda dapat bawa perbekalan makanan sendiri dari rumah untuk bagian keluarga, selainnya lebih irit rasanya juga tentu saja sesuai selera beberapa orang di dalam rumah. Anda juga dapat lakukan rekreasi yang paling hebat dengan didampingi situasi alam yang paling mempersejuk. Dan janganlah lupa untuk bawa dompet dengan beberapa lembar uang didalamnya untuk bayar ticket masuk. Ticket masuk Mata Air Tilanga cuma dibandrol sekitaran 10 ribu saja.

Kegiatan Menarik Dilaksanakan di Mata Air Tilanga

Lokasi Mata Air Tilanga Toraja
Photo Credit: Adrian Kailola

Di luar mitosnya yang paling menjadi legenda di kelompok masyarakat, pemandian Tilanga memang mempunyai air jernih yang demikian sega. Kesejukan airnya ini tidak sanggup untuk Anda tolak. Karena ada pohon-pohonan yang rimbun disekitaran kolam, dan suara gesekan daun bambu yang tertiup angin dapat membuat Anda kerasan untuk lama-lama duduk di tepian kolam.

Coba celup kaki saat duduk di pinggir kolam, dan rasakan kesan mempersejuk yang perlahan-lahan menyebar dari ujung kaki ke badan sisi atas. Benar-benar benar-benar beri kesegaran, dan dapat membuat jadi lebih fresh. Di sini Anda bisa juga mandi di kolam sepuasnya, dan tak perlu cemas dengan masapi yang berada di sana. Karena masapi di Tilanga cukup berteman dan tidak mengusik manusia.

Tetapi banyak hal yang penting Anda lihat bila ingin mandi di Mata Air Tilanga, yakni Anda dilarang memakai produk seperti sabun, sampo, atau produk yang lain yang memiliki kandungan detergent. Ini dilaksanakan untuk jaga kelestarian hidup dari masapi dan makhluk hidup yang lain yang tinggal di Tilanga. Anda pun seharusnya berhati hati karena ada sisi kolam yang paling dalam, bahkan juga susah untuk disentuh sisi dasarnya.

Untuk Anda yang menyukai rintangan dan berjiwa pemberani, karena itu beberapa dahan pohon yang membentang pada tempat dekat kolam dapat menjadi papan untuk berayun selanjutnya meloncat ke kolam. Beberapa pengunjung kerap lakukan hal itu supaya kegiatan berenang di kolam jadi lebih hebat. Masa lalu saat anak anak saat mandi di sungai akan saat itu juga terpikir dengan lakukan aktivitas menyenangkan itu.

Pesoana Lain di Mata Air Tilanga Toraja

Kegiatan Mata Air Tilanga Toraja
Photo Credit: Putra Tahar Tahar

Anda tak perlu cemas bila berenang di sini, karena Mata Air Tilangan telah diatur dengan lumayan baik. Walau tidak ada penyewaan alat renang atau pakaian renang dan lain-lain, tetapi ada kamar mandi dan tempat basuh yang dapat Anda pakai sehabis senang berenang di kolam. Beberapa warung juga dapat Anda dapatkan di sini yang menawarkan beragam jenis kulineran, jadi Anda tak perlu resah saat berasa lapar atau haus sesudah senang bermain.

Selainnya mempersejuk dan beri kesegaran, Mata Air Tilanga tentu saja mempunyai panorama alam yang paling cantik dan demikian menganakemaskan mata. Di sini Anda dapat berpose riang dengan background kolam yang jernih bersatu dengan pohon-pohonan teduh disebelah kiri dan kanannya. Untuk Anda yang hoby photografi, dapat bertandang kesini dengan bawa seperangkatan camera. Dan peroleh beragam photo estetik di tujuan rekreasi satu ini.

Karena di tempat wisata ini ada banyak larangan, karena itu hal itu harus Anda lihat dan taati secara baik. Selainnya perjalanan rekreasi Anda akan jadi lebih membahagiakan, Anda bisa juga turut melestarikan ekosistem yang berada di Mata Air Tilanga dengan patuhi ketentuan yang ada. Bertandang ke tempat wisata alam yang berada di Tana Toraja ini ditanggung tidak membuat Anda menyesal . Maka siap bertandang ke Mata Air Tilanga?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.