Mengintip Keindahan Wisata Religius Masjid Agung Syekh Yusuf di Gowa

Mengintip Keindahan Wisata Religius Masjid Agung Syekh Yusuf di Gowa
Alamat: Jl. Mesjid Raya, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Rekreasi religius menjadi opsi yang Anda incar untuk memperoleh pengalaman berlibur yang lain. Kabupaten Gowa, menyuguhkan tempat wisata religius Masjid Agung Syekh Yusuf yang memikat buat didatangi.

Kabupaten Gowa yang berada di Propinsi Sulawesi Selatan, simpan lumayan banyak tempat wisata yang demikian memesona. Bukan hanya rekreasi alam saja, tetapi daerah Gowa menyuguhkan tempat rekreasi religius yang demikian memikat buat didatangi. Masjid tua seperti Masjid Agung Syekh Yusuf dapat menjadi satu diantara arah rekreasi religius Anda, khususnya di saat bulan Ramadhan datang. Ingin tahu dengan Masjid Agung Syekh Yusuf? Yok baca penjelasannya ini.

Mengenal Lebih Dekat Masjid Agung Syekh Yusuf

Mengenal Masjid Agung Syekh Yusuf
Photo Credit: Hamka Bakrie

Semenjak jaman dulu, kabupaten Gowa sudah populer sebagai daerah pusat tempat penebaran agama Islam di Propinsi Sulawesi. Berdasarkan catatan sejarah, Kerajaan Gowa sudah jadikan Islam sebagai agama resminya semenjak tahun 1603. Dalam kata lain, telah sepanjang 409 tahun lalu tuntunan agama Islam mulai menebar di wilayah ini. Dengan bentang saat yang benar-benar lama itu, pasti telah banyak berdiri tempat peribadatan untuk kaum muslim.

Satu diantaranya yang telah berdiri lumayan lama yakni Masjid Agung Syekh Yusuf. Masjid ini berada di muka kantor DPRD Gowa, dan namanya sendiri diambil dari nama seorang ulama sekalian pejuang yang paling populer yakni Syekh Yusuf Tuanta Salamaka. Yang membuat Masjid ini dijadikan rekreasi religius yakni karena elemen seni kaligrafinya yang demikian cantik.

Pada Masjid Agung Syekh Yusuf, Anda dapat mendapati beragam seni kaligrafi dengan bermacam style seperti Khat yang dibalut berwarna-warni cantik dan jadi pendamping dari Masjid itu. Bahkan juga kaligrafi yang ada penuhi sebagian besar ruang Masjid, terhitung di bagian atas mihrab dan sekitar dinding Masjid pada bagian atasnya. Masjid ini dibuat seperti Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, tetapi sama ukuran yang lebih kecil.

Masjid yang bisa memuat sampai 4 ribu jemaah sekalian ini bukan hanya digunakan sebagai tempat beribadah sholat saja, tetapi dipakai untuk mengadakan pengajian teratur. Di saat saat tertentu Anda dapat menyaksikan jumlahnya jemaah yang lakukan pengajian di sini. Sesudah lakukan beribadah, Anda dapat kagum pada cantiknya kaligrafi yang menyebar di beberapa sisi Masjid.

Pesona yang Menarik Masjid Agung Syekh Yusuf

Pesona Masjid Agung Syekh Yusuf
Photo Credit: ardhy andi

Saat sebelum dilaksanakan perbaikan, arsitektur bangunan dari Masjid Agung Syekh Yusuf ini lebih seperti terlihat Masjid tradisionil nusantara. Yakni dengan atas berwujud limas bersusun, dan bangunan 2 lantai. Di bagian kanan dan kiri bangunannya dibikin seperti sebuah piramida di bagian atapnya. Lantas ruang tempat sholat khusus ditempatkan pada lantai 2, dengan akses jalan yang berbentuk anak-anak tangga.

Dan di lantai 1 dipakai sebagai beberapa spot tempat wudhu dan sarana yang lain. Selanjutnya di tahun 2017 lalu, dilaksanakan perbaikan besar besaran pada Masjid Agung Syekh Yusuf ini. Bahkan juga hampir dapat dikatakan sebagai pembangunan ulangi keseluruhan, karena sisi Masjid yang dahulu nyaris tidak kelihatan kembali. Perbaikan ini dilaksanakan dengan memakai dana APBD Gowa, dan sekarang pengendalian Masjid diberikan ke pemerintahan di tempat.

Bangunan baru itu dibikin dengan beragam bahan dengan kualitas terbaik, dengan mode yang dipungut dari berbagai macam wujud Masjid terbaik yang berada di dunia. Secara arsitektural, wujud bangunan Masjid yang baru ini cukup unik. Yakni dengan erbang khusus berdenah segi panjang, lalu ada lubang persegi di sisi tengah atas. Selanjutnya di bagian jendela dibikin serupa wajik dengan kaca di bagian tengahnya.

Di luar bangunan Masjid, ada sepasang menara yang membubung tinggi dan kelihatan benar-benar cantik mengapit Masjid disebelah utara dan selatannya. Di luar bangunan akan terlihat halaman Masjid yang hampir langsung bersinggungan pada jalan raya. Gerbang khusus atau pintu masuk dari Masjid Agung Syekh Yusuf berbentuk tembok besar yang membubung tinggi, dan dihias pintu Masjid yang paling lebar dan tinggi. Pintu ini dibuat dari kayu jati yang sarat dengan ukir-pahatan.

Gerbang pintu khusus itu sebagai sentra bangunan yang mempercantik Masjid Agung Syekh Yusuf. Masuk sisi dalam gerbang pintu intinya, Anda akan mendapati sebuah lampu pada atap plafon yang demikian cantik dan kelihatan eksklusif. Lampu ditempatkan sebegitu rupa dengan warna yang demikian cocok dengan plafon. Selanjutnya pada dindingnya ada tulisan kaligrafi yang demikian cantik, di mana kiri kanannya dihias wujud segi-empat.

Lokasi Menuju ke Masjid Agung Syekh Yusuf

Lokasi Masjid Agung Syekh Yusuf
Photo Credit: Agus aQm

Jadi saat Anda pertama kalinya masuk melalui pintu khusus dan menyaksikan ke, karena itu penglihatan Anda langsung akan tertuju pada tempat imam atau mihrab dan balkonnya. Di mana di atasnya dan segi kiri kanannya dihias oleh beragam kaligrafi tulisan arab yang paling cantik. Pada segi kanan mihrab ada kaligrafi dengan lafadz Allah, dan pada segi kiri mihrab ada kaligrafi tertulis Muhammad.

Kaligrafi itu dicatat dengan background hitam yang sangat kontras dengan dinding Masjid. Di mana dinding Masjid dibuat dari batu marmer dengan warna putih mengkilat, hingga hasilkan panorama yang paling cantik bahkan juga saat disaksikan dari terlalu jauh. Selanjutnya masih pada tempat yang serupa, Anda bisa juga menyaksikan ada banyak tiang yang ada dalam Masjid.

Tiang tiang itu sudah diatur dengan sebegitu rupa, hingga kelihatan cantik dan kuat dalam saat yang bertepatan. Disamping itu ada pula empat tiang yang membubung dengan tinggi, yang bermanfaat untuk menyokong kubah dari Masjid Agung Syekh Yusuf. Wujud kubah sisi dalam ini sudah diperlengkapi dengan lampu hias yang paling cantik, tepat ada di tengah tengah kubah.

Untuk naik ke lantai dua Masjid, ada dua tangga yaitu tangga yang berada di samping kiri pojok sisi utara dan pojok sisi selatan Masjid. Pada lantai dua, Anda akan menyaksikan panorama yang hampir sama dari lantai satu. Ada beberapa tiang yang dilapis oleh marmer yang menyebar di seluruh penjuru ruang. Di lantai ini Anda bisa juga mendapati lumayan banyak kaligrafi cantik dengan warna yang seirama dengan ruang di lantai satu.

Masjid Agung Syekh Yusuf ini berada di teritori Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Untuk ke arah lokasi Masjid, Anda harus tempuh perjalanan sepanjang lebih kurang 1 jam 35 menit jika jalan raya normal dari pusat Kabupaten gowa. Anda dapat memakai kendaraan individu, baik kendaraan beroda 2 atau beroda 4, atau transportasi umum untuk ke arah lokasi rekreasi religius satu ini.

Akses ke arah lokasi benar-benar gampang untuk dilalui, karena Masjid Agung Syekh Yusuf berada tepat di muka kantor DPRD Kabupaten Gowa. Dan jika dilihat dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Masjid satu ini memiliki jarak sekitaran 26 km. Anda memerlukan waktu lebih kurang 55 menit melalui jalan tol Insinyur Sutami, agar datang di lokasi Masjid Agung Syekh Yusuf itu.

Biaya Wisata ke Masjid Agung Syekh Yusuf

Obkel Lain Masjid Agung Syekh Yusuf
Photo Credit: ardhy andi

Saat liburan ke Gowa, Anda tentu saja tidak mau cuma ke satu atau dua tempat wisata saja. Bahkan juga bila memungkinkannya, semua pelancong tentu saja ingin bertandang ke semua tujuan rekreasi yang ada. Tetapi tentu saja ini tidak dapat dilaksanakan pada sebuah hari, ingat jarak yang perlu dilakukan dari 1 tempat wisata ke tempat wisata yang lain. Maka dari itu, Anda dapat bertandang ke sejumlah tempat rekreasi yang berada tidak jauh keduanya.

Seperti dengan Masjid Agung Syekh Yusuf ini, di mana lokasinya ada tidak begitu jauh dari Rekreasi Kebun Gowa. Lokasi rekreasi satu ini ada sekitaran 10 km dari Masjid Agung Syekh Yusuf dan memerlukan waktu sekitaran 26 menit untuk capai lokasi. Di sini Anda dapat lakukan beragam kegiatan seperti berenang, memancing, dan nikmati bermacam kulineran sedap yang ada.

Selainnya tidak jauh dari Rekreasi Kebun Gowa, Masjid Agung Syekh Yusuf ada tidak jauh dari Pantai Galesong yang cuma memiliki jarak sekitaran 14 km dari Masjid. Untuk capai lokasi pantai Anda cuma memakan waktu lebih kurang 35 menit perjalanan.

Selanjutnya mendekati waktu Dzuhur, Anda dapat ke arah Masjid Agung Syekh Yusuf sekalian lakukan sholat Dzuhur di situ. Seterusnya Anda bisa ke arah lokasi rekreasi Pantai Galesong untuk nikmati cantiknya matahari terbenam. Tutup hari dengan enaknya makan kulineran laut pasti sebagai salah satunya gagasan terbaik. Dengan demikian perjalanan rekreasi Anda akan jadi lebih terkesan dan membahagiakan walau pada sebuah hari yang cepat.

Masjid Agung Syekh Yusuf menjadi satu diantara rekreasi religius yang pantas untuk Anda datangi saat ada di Kabupaten Gowa. Selainnya akses ke arah Masjid benar-benar gampang untuk dilakukan, Masjid ini mempunyai bermacam mode ciri khas lokal yang dibuat istimewa untuk memberikan kenyamanan saat melaksanakan ibadah. Masjid Agung Syekh Yusuf ini berada tidak jauh dari tempat wisata yang lain berada di Gowa, hingga Anda dapat nikmati beragam tempat wisata pada sebuah hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.