Makam Raja-Raja Tallo, Wisata Sejarah & Religi yang Berbalut Mistis di Makassar

Makam Raja-Raja Tallo, Wisata Sejarah & Religi yang Berbalut Mistis di Makassar
Alamat: Jl. Sultan Abdullah Raya, Kec. Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Kota Makassar mempunyai keberagaman bangunan monumental. Ibu-kota Propinsi Sulawesi Selatan mempunyai daya magnet berbentuk wisata sejarah dan pembelajaran menarik didatangi di Kuburan Raja-Raja Tallo.

Menurut ketentuan ketentuan pemerintahan, minimal ada 19 bangunan yang mempunyai nilai sejarah di Kota Makassar. Seperti kuburan Raja Raja Tallo. Pendayagunaan bangunan monumental itu sebagai object pariwisata, adalah usaha pemerintahan untuk menjaga susunan bangunan monumental. Lalu, hal menarik apa yang dapat diketemukan pelancong dengan berkunjung Makan Raja Tallo? Berikut penjelasannya.

Pesona Wisata di Makam Raja-Raja Tallo

Pesona Makam Raja-Raja Tallo Makassar
Photo Credit: femita george

Saat masuk tempat lokasi kuburan, anda akan dibikin kagum dengan pengaturan bangunan dengan rapi dan terancang. Saat itu juga kesan-kesan mistik dan horor akan menepiskan ketika menyaksikan kokohnya bangunan makam dengan style batu-batuan yang seakan tidak kedaluwarsa dikonsumsi zaman. Kompleks tempat makam memberi kesan-kesan sejarah yang paling kental, hingga siapa saja yang memasukinya akan berasa lakukan perjalanan waktu ke periode lalu.

Panorama yang asri dengan pohon-pohonan rimbun yang teratur rapi, tidak membuat tujuan wisata sejarah ini terlihat sepeti sebuah makan. Diperlengkapi dengan gazebo setiap pojok makam, membuat teritori itu sama dengan wisata budaya yang lain seperti pantai Losari dan Benteng Rotterdam. Menariknya, situasi yang dapat dirasa di lokasi itu hanya ketenangan dan jauh dari hingar-bingar kota.

Pengurus tujuan itu akui jika wisata sejarah makam Raja-Raja Tallo selalu dijaga kebersihan dan keasriannya. Sebagian orang akui jika kebersihan dan keasrian satu wisata jadi daya magnet tertentu untuk tiap orang yang mendatanginya. Ini memiliki arti, teritori wisata itu bukan tempat asal-asalan yang kebersihannya tidak di utamakan.

Sejumlah sumber menjelaskan jika beberapa kompleks kuburan itu sebagai muara dari Sungai Tallo yang sebagai teritori kerajaan Tallo. Tempat itu sebagai titik muasal Kota Makassar atau Kota Daeng dilahirkan. Di situ, ada minimal 84 makam punya beberapa pendiri Kota Makassar yang berdiri dengan kokohnya. Mayoritas makam tersusun dari batu-batuan andesit dan beberapa yang lain batu bata.

Mayoritas makam mempunyai wujud bangunan yang nyaris serupa dengan susunan candi. Bangunan itu dibuat dari batu cadas, batu bata, dan tanah liat yang direkatkan keduanya. Jika anda berkunjung makam itu, akan merasakan beberapa type makam yang dikenali dengan istilah Jiret Semu. Umumnya, makam itu ditujukan ke petinggi, raja, dan pembesar istana kerajaan.

Type makam yang pertama dikenal juga dengan istilah atur timbun, yaitu makam itu dibikin dari timbunan dan formasi batu balok persegi yang seperti candi. Sisi itu terbagi dalam kaki, badan, dengan atap yang memiliki rongga. Type makam ke-2 adalah papan batu yang dibikin dari kayu dengan 4 bilah papan batu berwujud segi panjang. Dan type ke-3 ialah kubah yang dibikin dari formasi batu segi-empat dan 1/2 lingkaran.

Makam dengan keseluruhan luas sekitaran 1 hektar itu dulu cuma dipakai sebagai tempat berziarah saja. Tetapi, pemda memutuskan jika lokasi itu sebagai situs cagar budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Bukti jika wisata sejarah itu selalu dilestarikan adalah dengan terjaganya beberapa sarana kekinian seperti taman, gazebo, dan spot photo yang makin memikat perhatian beberapa pelancong.

Lokasi Menuju ke Makam Raja-Raja Tallo

Lokasi Makam Raja-Raja Tallo Makassar
Photo Credit: Ilham Basri57

Jika anda tertarik berkunjung wisata sejarah ke makam Raja Tallo, meraihnya juga lumayan gampang. Lokasinya yang lumayan strategis bisa mempermudah beberapa pelancong untuk mendatanginya. Ada di dekat pintu Tol Tallo, anda dapat menempuhnya dengan memakai dua lajur yang lain, yaitu lajur Toll Ir. Sutami dan lajur Tol Dermaga. Ke-2 lajur ini bisa memberi akses untuk anda yang tiba dari arah Lapangan terbang S. Hassanudin.

Jika anda tiba dari pusat Kota Makassar, anda dapat coba memakai angkutan kota atau taksi yang ke arah lokasi itu. Bila anda tiba dari arah pusat perkotaan dengan memakai kendaraan individu atau kendaraan umum, anda langsung bisa ke arah Jalan Sultan Abdullah, Kecamatan Tallo, Makassar. Akses jalan untuk ke arah tujuan wisata sejarah itu juga gampang. Bahkan juga, dapat disebut aksesnya lebih gampang dari wisata yang lain.

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo ini berseberangan dengan kompleks Benteng Tallo. Dengan begitu, anda dapat berkunjung dua tempat tujuan wisata sejarah yang lain pada sebuah waktu. Tetapi, sekarang ini anda cuma dapat menyaksikan beberapa puing dan tersisa benteng terutamanya pada segi utara, barat, dan selatan. Pada bagian kiri depan kompleks makam Raja Tallo ada juga lokasi pengukuhan yang dipandang keramat oleh warga di tempat.

Biaya Ticket Masuk Wisata sejarah Makassar

Biaya Makam Raja-Raja Tallo Makassar
Photo Credit: femita george

wisata religius dan sejarah Makam Raja-Raja Tallo selalu ramai didatangi beberapa pelancong dari beragam wilayah. Terutamanya saat akhir minggu. Banyak pelancong yang berkunjung tempat itu sekedar untuk jalan jalan, hunting photo, atau berziarah. Jika anda tertarik untuk liburan ke wisata sejarah Makam Raja Tallo, anda dapat berkunjung tempat itu kapan saja anda ingin. Masalahnya makam itu membuka 24 jam.

Liburan ke wisata sejarah dan religius itu sebagai gagasan yang paling tepat. Untuk dapat memasukinya, anda tak perlu bayar biaya atau ticket masuk, atau cuma-cuma. Lewat kesempatan kali ini anda akan memperoleh banyak faedah. Dari sisi meluaskan wacana sejarah, anda bisa juga berlibur dengan bujet yang ramah kantong. Jika berasa kurang senang, anda dapat beli beberapa oleh-oleh yang berada di sekitaran tempat makam itu.

Sesudah melingkari tempat penyemayaman, anda langsung bisa berkunjung situs sisa benteng Tallo dan tempat Pengukuhan Raja Tallo. Semua wisata itu bisa anda datangi secara mudah dan yang jelas tanpa memerlukan ongkos yang banyak. Ke-2 tempat itu mempunyai spot bagus yang dapat dipakai untuk berswafoto. Tetapi perlu anda kenali, beberapa tempat lokasi itu dipandang keramat. Karena itu, selalu menjaga kebersihan dan taati ketentuan yang ada.

Kegiatan Menarik Dilaksanakan di Makam Raja-Raja Tallo

Kegiatan Makam Raja-Raja Tallo Makassar
Photo Credit: Seto Ari Wibowo

Selainnya lakukan aktivitas ziarah ke makam beberapa raja, anda bisa menambahkan wacana berkenaan sejarah Kota Makassar. Hal yang dapat dilaksanakan di wisata religius itu bukan hanya berdoa saja, tetapi di situ ada banyak bangunan dan situs monumental berbentuk Benteng Tallo yang pantas anda datangi. Dari sisi berziarah, wacana dan pengetahuan anda berkenaan sejarah di tempat akan semakin.

Berlainan dari berlibur secara umum, wisata religius bisa tingkatkan nafsu religius tiap pengunjungnya. Terhitung beribadah, anda dapat memperoleh pencerahan bila berkunjung wisata religius itu. Anda dapat mengelilingi semua kompleks makam dengan memerhatikan tiap sejarah keluarga kerajaan Tallo sekalian ditemani faksi pengurus dan juru kunci wisata itu.

Jika anda ingin melepas diri dari kejenuhan dan kepenatan, berkunjung wisata religius dan sejarah menjadi pilihan tujuan wisata berlibur. Di situ anda akan makin mendekatkan kepada suatu hal yang bau spiritual yang hendak membuat anda kembali semangat untuk jalani hari. Berkunjung wisata sejarah dan religius Makam Raja-Raja Tallo bisa memberi elemen positif buat anda, hingga bisa melepas capek yang dirasakan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Wisata Sejarah Makam Raja Tallo

Fasilitas Makam Raja-Raja Tallo Makassar
Photo Credit: effie uyuni

Selainnya panorama makam yang asri dan kental akan situasi sejarah, ada sarana yang lain dapat anda gunakan saat bertandang ke Makam Raja Tallo. Sarana pendukung kenyamanan pengunjung terbagi dalam, taman, gazebo, mushola, dan spot photo yang terbaik. Bila anda berasa capek sesudah berkeliling-keliling kompleks makam, anda dapat duduk santai di gazebo taman sambil melihati keseluruhnya kompleks makam yang tenang dan teduh.

Jika anda bertandang ke wisata itu dengan bawa kendaraan individu, anda dapat memarkirkan kendaraan itu di luar tempat makam yang telah disiapkan. Kehadiran lahar parkir itu tidak begitu jauh dari tempat kompleks makam, hingga bisa mempermudah anda untuk berkunjung Makam Raja Tallo tak perlu jalan jauh dari tempat parkir.

Anda dapat lakukan eksploitasi dan mengenal sejarah keluarga kerajaan Tallo yang umumnya akan dikatakan faksi pengurus dan juru kunci wisata sejarah itu . Maka, anda dapat berekreasi sekalian terima pengetahuan dan pengetahuan sejarah mengenai Kota Makassar. Ada juga tempat yang dibuat khusus untuk beberapa orang berjalan kaki supaya makin mempermudah cara pelancong untuk menjejaki sejarah kerajaan Tallo.

Pada bagian belakang sisi kompleks makam berdiri bangunan berbentuk pentas kuat yang istimewa. Di bangunan ini anda dapat istirahat sesudah mengelilingi kompleks makam Raja Tallo. Umumnya, beberapa pengunjung memakai bangunan berbentuk pentas istimewa itu sebagai tempat untuk lakukan swafoto. Dengan background bangunan makam kuno dibarengi pohon-pohonan yang tersusun rapi, makin menambah foto jadi mengagumkan.

Saat ini, lawatan wisata religius dan sejarah kurang disukai. Walau sebenarnya, ada banyak faedah yang dapat didapat dengan berkunjung wisata religius dan sejarah. Satu diantaranya dengan berkunjung Makam Raja-Raja Tallo. Dengan berkunjung lokasi itu, anda akan memperoleh pengalaman be wisata yang hendak susah diketemukan di sejumlah wisata yang lain. Selainnya berziarah, wacana anda berkenaan sejarah akan semakin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.