Kebun Raya Unmul, Wisata Favorit Liburan Keluarga di Samarinda

Kebun Raya Unmul, Wisata Favorit Liburan Keluarga di Samarinda
Alamat: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Berlibur akan berasa lebih membahagiakan bila berisi berkunjung tempat wisata. Rasa capek karena rutinitas bisa menjadi lenyap dengan saat anda habiskan berlibur di tempat rekreasi. Salah satunya opsi tempat wisata yang terbaik untuk maksud berlibur ialah Kebun Raya Unmul Samarinda.

Untuk anda yang bertandang ke Samarinda, Kalimantan Timur, harus singgah ke arah tempat wisata ini. Berikut argumen kenapa Kebun Raya Unmul Samarinda jadi tempat wisata favorite.

Berlibur yang Membahagiakan Kebun Raya Unmul

Pesona Kebun Raya Unmul Samarinda
Photo Credit: Jefrianus Markus

Berkunjung tempat ini, anda dapat menyaksikan beberapa koleksi binatang yang ada seperti orangutan, buaya kancil, kuda sampai elang kepala putih. Tidak itu saja, di kebun raya unmul ada museum yang dipakai untuk tempat simpan beragam tipe kayu yang dikumpukan dari beragam wilayah yang berada di kalimantan. Dan hal yang memikat yang lain ialah, ada danau bikinan yang makin mempercantik kebun raya unmul samarinda.

Tempat wisata ini banyak pohon-pohonan yang membuat terlihat makin sejuk. Angin segar pada tempat ini, akan membuat anda makin kerasan untuk lama-lama di sini. Kebun Raya Unmul Samarinda lumayan luas hingga anda dapat berlarian kecil mengitarinya. Apabila sudah capek, karena itu anda dapat istirahat di gazebo yang telah ada nyaris setiap pojok tempat ini. Sambil beli makanan yang dipasarkan di dalam rumah makan sekitaran tempat ini.

Saat masuk hari liburan besar, umumnya pada tempat ini disiapkan beragam permainan yang memikat, salah satunya seperti gokart, bianglala, humor putar sampai motor ATV. Tetapi, untuk nikmati sarana permainan terssebut umumnya diwajibkan beli ticket lebih dulu. Dan yang sangat menarik pada tempat ini, yakni ada lajur refleksi pijat yang mempunyai pelintasan sejauh 25 mtr., yakni jalanan berbentuk kerikil untuk memijat telapak kaki.

Mengenal Kebun Raya Unmul Samarinda

Aktivitas Kebun Raya Unmul Samarinda
Photo Credit: Puri Faekpah

Unmul sendiri sebagai ringkasan dari Kampus Mulawarman. Ini karena pada jaman dahulu yakni persisnya di tahun 1974, kebun raya ini sebagai teritori rimba Pelestarian punya dari Kampus Mulawarwan. Tempat dengan luas sekitaran 300 hektar ini umumnya dipakai sebagai tempat bergabung beberapa mahasiswa Kampus Mulawarman. Lokasi ini sering dipakai sebagai tempat riset mahasiswa yang masuk semester akhir.

Tetapi di tahun 2001, 62 hektar dari tempat itu selanjutnya diganti fungsikan jadi tempat rekreasi dan mendapatkan support dari walikota di tempat. Faksi pemerintahan di tempat selanjutnya membuat sarana jalan, sarana danau bikinan, sarana jagat hiburan dan sarana olahraga ditambah dengan ada taman bunga, taman burung dan peerahu rekreasi. Sampai sekarang ini kebun raya itu telah dibuka untuk umum, hingga anda bisa juga berkunjung tempat ini.

Lokasi Menuju ke Kebun Raya Unmul

Lokasi Kebun Raya Unmul Samarinda
Photo Credit: @SRI_KotaTepian

Saat merencanakan berkunjung tempat ini, tentunya anda akan berpikir bagaimana akses ke arah Kebun Raya Unmul Samarinda. Kesusahan jalan yang dilewati, dapat mengakibatkan perjalanan anda jadi kurang membahagiakan. Begitu juga dengan tersedianya angkutan ke arah lokasi, bila memang anda datang dari luar kota. Untuk permasalahan ini anda tak perlu cemas kembali, akses ke arah Kebun Raya Unmul sangat gampang. Tempat lokasi ini lumayan dekat dengan pusat perkotaan Samarinda.

Tempat rekreasi ini ada di Jalan Kuaro, Gn Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Kebun Raya Unmul Samarinda umumnya membuka pada jam 09.00 sampai 17.00, terkecuali di hari jum’at . Maka untuk berkunjung tempat ini tidak boleh terlampau pagi, karena dicemaskan tempat wisata belum dibuka. Tetapi, upayakan tidak untuk mendatanginya di sore hari, karena waktu anda pada tempat ini akan terbatas hingga anda kurang senang mengitarinya.

Perjalanan dari Samarinda ke arah tempat wisata ini memiliki jarak sekitaran 15 km. Anda bisa juga memakai kendaraan umum, yakni naik angkot bernomor f yang warna kuning. Angkot ini umumnya layani perjalanan melalui lajur Pasar Segiri ke arah Sungai Siring, tetapi sesudahnya harus jalan kaki. Anda bisa juga tempuh perjalanan dengan memakai kendaraan individu. Tetapi, yakinkan dengan menyaksikan peta atau google maps supaya anda tidaklah sampai salah jalan.

Kegitan yang Dapat dilaksanakan di Kebun Raya Unmul

Aktivitas Lain Kebun Raya Unmul Samarinda
Photo Credit: Deby Noor

Pada tempat ini anda dapat lakukan beberapa kegiatan yang lumayan menarik, salah satunya anda dapat melingkari danau untuk menyaksikan keelokan panoramanya. Anda dapat melakukan dengan sewa sepeda air yang telah disiapkan oleh pengurus rekreasi di tempat. Disamping itu, anda bisa juga bermain bersama beberapa hewan yang berada di kebun binatang mini. Tentunya ini akan berasa menarik bila anda rupanya bawa anak kecil ke arah tempat wisata ini.

Pada tempat ini disiapkan kolam pemancingan yang dapat dipakai oleh pengunjung yang mempunyai hoby memancing. Disamping itu, ada juga pentas terbuka yang kadang dipakai untuk melangsungkan satu pagelaran. Dan yang sangat menarik ialah melihat koleksi kayu yang ada dalam museum. Tidak jauh dari museum ini, anda akan mendapati pintu gerbang Praja Muda Karana yang umumnya dipakai untuk tempat kemping.

Fasilitas & Sarana yang Lengkap

Fasilitas Kebun Raya Unmul Samarinda
Photo Credit: Luthfi Yuliastika

Saat berkunjung tempat wisata, sarana menjadi satu diantara factor yang cukup penting. Ini karena ada sarana yang komplet dan mendukung aktivitas wisata, akan membuat berlibur berasa lebih membahagiakan. Berlainan dengan tempat rekreasi yang kurang sarana, tentunya pengunjung akan berasa sedih karena berlibur yang semestinya dicicipi dengan suka, malah jadi terusik. Tetapi, anda tidak perlu cemas bila bertandang ke Kebun Raya Unmul Samarinda.

Pada tempat ini disiapkan beberapa sarana salah satunya tempat parkir yang nyaman dan luas untuk memarkirkan kendaraan anda. Ada beberapa tempat makan yang dapat anda incar saat sedang lapar. Untuk anda yang ingin bermalam di wilayah sekitaran taman wisata ini, ada banyak pemondokan pada harga dapat dijangkau yang dapat anda incar. Sarana yang paling membahagiakan untuk anda yang dari luar kota tentu saja.

Kebun Raya Unmul Samarinda jadi kebun raya favorite karena tempat ini sediakan beragam sarana yang lumayan menarik seperti ada gazebo setiap tempat, ada kebun binatang mini, museum untuk koleksi kayu yang berada di Kalimantan dan lajur pijat refleksi. Akses ke arah lokasi ini lumayan gampang, di mana anda dapat memakai kendaraan individu atau kendaraan umum. Tetapi, yakinkan untuk mendatanginya tidak lebih dari jam 17.00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.