Kawah Ratu Gunung Salak, Pesona Wisata Alam Menakjubkan di Bogor

Kawah Ratu Gunung Salak, Pesona Wisata Alam Menakjubkan di Bogor
Alamat: Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Daya tarik keelokan lereng dan pucuk gunung seolah tidak pernah habis dieksplore. Di mana tiap gunung mempunyai keunikannya sendiri, yang membuat selalu tinggalkan kesan-kesan manis di memory daya ingat. Untuk masyarakat bogor, Kawah Ratu yang ada di Gunung Salak adalah daya tarik yang tidak akan mati. Apa daya tarik yang membuat Kawah Ratu demikian disayangi oleh warga ? Berikut penjelasannya.

Mengenal Kawah Ratu Gunung Salak

Mengenal Kawah Ratu Gunung Salak
Foto Kredit: Christophe Chambe

Dibalik daya tarik keelokannya, Gunung Salak dikenali sebagai teritori yang termasuk menyeramkan dan beragam cerita mistiknya. Masih ingatkah dengan bencana jatuhnya pesawat Sukhoi sekian tahun lalu ? Betul, pesawat itu diketemukan di Gunung Salak yang sering terjadi hal mistik dan tidak dapat dinalar memakai nalar. Walau demikian, ketertarikan pengunjung untuk menelusurinya tidak kering.

Bahkan juga jauh saat sebelum jatuhnya pesawat Sukhoi, riwayat telah menulis beberapa bencana yang jatuh karena menubruk sang Gunung penuh mistis itu. Karena ada bukti kecelakaan seringkali, warga juga yakin dan menyangkutkannya karena ada figur penunggu yang berbentuk Jin memiliki ukuran besar tetapi berbentuk bidadari. Tetapi sampai sekarang ini, kebenaran tersebut disebutkan dogma tanpa dijumpai kebenarannya.

Dan untuk Kawah Ratunya sendiri, sebagai salah satunya pos penghentian beberapa pendaki saat sebelum meneruskan perjalanan ke arah pucuk. Tahukah bagaimaan kawah ini tercipta ? Sebelumnya kawah ini tidak ada, dan baru tercipta saat terjadi erupsi yang maha dasyat. Walau bisa disebutkan jika tingkat erupsinya tidak sebesar gunung Anak Krakatau atau Gunung Tambora, tetapi dampaknya cukup buat membuat kawah yang elok.

Pesona Kawah Elok Gunung Salak

Pesona Kawah Ratu Gunung Salak
Foto Kredit: @rezalkrdt

Elok ini mempunyai daya tarik tertentu, karena ada sungai namanya Cikuwulung sebagai percantiknya. Sungai itu mempunyai panjang dan lewat sampai lebih kurang 1 km. Sudah pasti kombinasi di antara kawah dan sungai itu, hasilkan daya tarik alam yang membuat siapa saja yang menyaksikannya malas untuk berkedip-kedip.

Daya tarik yang lain dari sungai itu yaitu warna airnya yang kelihatan biru tosca. Tetapi tanpa diperhitungkan, kawahnya malah mempunyai warna kekuningan. Tidak perlu kaget dengan peristiwa itu, karena warna kuning itu datang dari pengendapan belerang yang pada akhirannya tempati dasar sungai. Ketahui ada pengendapan belerang, pengunjung juga dianjurkan untuk bawa masker supaya berbau ciri khas belerang bisa diminimalkan.

Lalu di mana letak sang Kawah elok itu ? Anda bisa mendapatinya pas di perut Gunung Salak, yang diprediksi mempunyai ketinggian hinga 2.221 mdpl. Lokasi kawahnya sendiri ada di pos paling akhir saat sebelum meneruskan perjalanan ke arah pucuk. Untuk dapat menyaksikan keelokan kawahnya, ada beberapa lajur yang dapat diputuskan. Titik pertama yakni di Lajur Bumi Perkemahan Gunung Bunder, yang berada di Kecamatan Pamijagan, Kabupaten Bogor.

Saat ambil lajur ini, pendaki cuma tempuh jarak lebih kurang sekitaran 5 km saja. Karena lokasinya memang bersisihan dengan pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Bila diakui kembali, jarak itu dapat dilakukan sekitaran 3 sampai 4 jam lama waktunya. Sepanjang perjalanan ke arah ke sana, keelokan alamnya yang demikian memesona demikian menganakemaskan mata.

Pesona Lain Kawah Ratu Gunung Salak
Foto Kredit: Rika

Sepanjang perjalanan, ada saatnya kemauan untuk mendokumentasikan daya tariknya tidak juga padam. Pasti dengan ada panorama itu, pendakian juga berasa lebih membahagiakan dan tidak berasa demikian berat. Tetapi kemauan ambil gambar, seringkali jadi momok yang menghalangi perjalanan untuk selekasnya tiba di tujuan khusus. Tidak ada rasa menyesal, malah Anda akan dibikin suka untuk menyaksikannya kembali dan kembali.

Lantas bagaimanakah bila pengunjung ingin bermalam ? Tenang saja, faksi pengurus bahkan juga sediakan tempat khusus untuk tempat camping. Pada tempat ini juga sanggup memuat beberapa orang, dan jadi spot untuk menyaksikan fajar saat keluar. Tetapi harus diingat jika ini masih ada di lajur satu, belum dengan daya tarik pada lajur yang lain yang tidak kalah cantik untuk ditelusuri.

Pada lajur ke-2 akan memalui Pasar Reungit yang ada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Berlainan hal lajur pertama, di mana lajur ke-2 ini ada jauh pada ketinggian yang capai 1.173 mdpl. Namun lajur ke arah Kawah elok itu lumayan dekat, yakni sekitar 3,6 km saja yang kemungkinan cuma memerlukan waktu sekitaran 2 sampai 3 jam pendakian. Panorama di lajur ke-2 juga tidak kalah mengagumkan seperti lajur pertama.

Dan untuk lajur saat ada di Bumi perkemahan Cengkuang yang ada di daerah Sukabumi, ataupun lebih persisnya ada di Kecamatan Cidahu. Bila ingin memakai lajur ini, pendaki cuma memerlukan waktu sekitaran 4 sampai 5 jam dengan jarak menempuh capai 4, 5 km. Tetapi jarak menempuh itu dirasakan sesuai dengan daya tarik alam yang dapat disaksikan saat di perjalanan.

Tidak cuma melihatan tumbuhan hijau yang fresh, seringkali pendaki akan menyaksikan kera kera berkeliaran disekitaran lajur tiga. Tetapi antiknya, mereka akan ketakutan saat dipepet oleh manusia dan condong sembunyi dibalik pohon-pohonan. Saat tempuh perjalanan, saluran sungai yang demikian cantik jadi background sang Gunung Salak. Karena panorama itu terlampau menarik, beberapa dari beberapa pendaki yang tidak kuat untuk mendokumentasikannya.

Kegiatan Kawah Ratu Gunung Salak

Tips Kawah Ratu Gunung Salak
Foto Kredit: Aris Dwi Buat

Tidak boleh gampang tergoda dengan keelokan alamnya, hingga lupakan dan mempertaruhkan keselamatan diri kita. Yakinkan agenda pendakian dilaksanakan saat musim kemarau, karena lajur akses ke arah lokasi khusus akan berasa lebih licin dibanding umumnya. Bahkan juga beberapa lajur akan ditembus banjir hingga ditutup karena dirasakan kurang berteman. Panduan yang tidak kalah penting untuk jadi perhatian, yakni tidak dekati tempat kawah saat camping.

Tahukah Anda mengapa pendaki dilarang untuk dekati kawah itu ? Karena tempat ini dijumpai memiliki kandungan belerang yang lumayan kuat, yang sudah pasti benar-benar beresiko saat ketentuan itu dilanggar. Karena tidak cuma membuat badan jadi sakit, tetapi keselamatan diri menjadi taruhannya. Supaya semakin aman, silakan menginap di tempat camping yang telah disiapkan.

Lokasi Menuju Ke arah Kawah Ratu Gunung Salak

Lokasi Kawah Ratu Gunung Salak
Foto Kredit: Eko Ajiwibowo

Tertarik menyaksikan daya tarik alamnya langsung ? Silakan bertandang ke Gunung Sari, Pamijihan, Kota Bogor, Jawa Barat. Bila pergi dari arah Jakarta, pengunjung akan tempuh lajur Tol Jagorawi, dan mengambil pintu keluar memalui Tol Sentul Selatan. Selanjutnya mengambil lajur yang menyambungkan Banten dan Jawa barat, yang nanti akan melalui teritori IPS Dramaga.

Sesampai di pertigaan cibatok, silakan mengambil jalur sekarang untuk menyelusuri tempat kurang dari 18 km. Sesaat selanjutnya, Anda akan mendapati pintu gerbang Kawah Ratu. Saat sebelum sampai di tujuan lokasi, sepanjang perjalanan Anda akan disajikan dengan beragam jenis Curug yang diprediksi banyaknya capai seribu dan dapat dieksplore. Bahkan juga sejauh jalan ada goa dan pemandian air panas, yang dapat dicoba untuk hilangkan capek karena tempuh perjalanan jauh.

Dikatakan sebagai icon kebanggan untuk warga Bogor, di mana teritori rimba gunungnya sediakan stok yang berlimpah untuk kehidupan makhluk dan masyarakat sekelilingnya. Salah satunya daya magnet yang lain yakni tidak ada ongkos ticket masuk saat ke arah Kawah elok itu. Walau tidak membayar sedikipun uang, tetapi perlu diakui tidak untuk buang sampah sebagai cara melestarikan alamnya yang asri.

1 thought on “Kawah Ratu Gunung Salak, Pesona Wisata Alam Menakjubkan di Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.