Kawah Kamojang Garut, Wisata Alam dengan Panorama Memuaku

Kawah Kamojang Garut, Wisata Alam dengan Panorama Memuaku
Alamat: Gunung Kamojang, Loa, Kec. Paseh, Kab. Bandung, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Indonesia jadi salah negara dengan kekayaan alam yang berlimpah dan memikat. Sampai pada akhirnya digunakan sebagai wisata alam yang tidak pernah jemu untuk membikin terpana beberapa pelancong.

Di kota Garut Jawa Barat, ada Kawah yang dijadikan object wisata menarik. Kawah Kamojang, demikian warga memberikan nama tempat ini. Ada beberapa hal bagus yang dapat anda eksplor saat mendatanginya. Agar semakin selengkapnya baca pembahasan ini.

Mengenal Kawah Kamojang Sebagai Tujuan Wisata

Mengenal Kawah Kamojang Garut
Photo Credit: Kurnia

Kemungkinan banyak yang belum mengenali dan dengar mengenai kawah ini. Kawah Komajang sendiri ada di Gunung Kamojang yang diatur oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan Pertamina karena dipakai sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bumi. Dan Kawah Kamojang jadi kawah pertama kali yang dayanya dapat digunakan. PLTP ini dibuat di saat periode penjajahan Belanda pada tahun 1926.

Selanjutnya disahkan Presiden Soeharto pada tahun 1983. Menurut penjaga kawah, uap yang dibuat oleh kawah ini dapat membuat kulit jadi sehat. Tidak itu saja, berbau dari uapnya yang dibuat bagus untuk pernapasan dan peredaran darah. Beberapa pengunjung memang menyengaja tiba untuk rasakan sauna alami atau untuk menentramkan pemikiran. Berikut sebagai daya magnet khusus dari wisata alam di Garut ini.

Mempunyai luas tempat sekitaran 10 ha membuat anda dapat bebas lakukan beberapa hal. Walau yang dapat ditelusuri cuma sekitaran 8 ha saja, karena bekasnya sedang dalam periode perombakkan. Di kawah ini ada 23 kawah dengan 2 salah satunya berwujud seperti danau yang mempunyai uap. Kawah ini mempunyai lorong yang berisi aliran uap yang bila disaksikan di atas akan seperti terlihat uap kereta api bawah tanah.

Wilayah ini sebagai Cagar Alam dan Rekan Wisata yang sudah diputuskan lewat Surat Keputusan Menteri. Hingga anda dapat memperoleh panorama alam yang dapat ditegaskan terbangun. Udaranya yang sejuk akan membuat anda berasa kerasan habiskan waktu pada tempat ini. Flora dan Faunannya jadi nilai plus yang membuat lokasi satu ini masuk ke lokasi yang direferensikan di Garut.

Pesona Kawah Kereta, Kawah Hujan dan Kawah Manuk

Pesona Kawah Kamojang Garut
Photo Credit: @javatravelnet

Tidak cuma kelihatan dari uap dari kereta bawah tanah, tetapi tiap kawah diberi bernama yang termasuk unik. Tentu saja kawah kawah itu selainnya kawah Kamojang yang masih tetap ada kawah lainnya. Kawah itu salah satunya kawah kereta, kawah hujan dan kawah manuk. Dibalik beberapa nama ini tentu saja disimpan argumen sampai pada akhirnya diberi nama itu. Seperti nama kereta yang suara uapnya serupa dengan suara kereta api.

Sementara untuk kawah hujan berikut yang dipakai untuk sauna beberapa pengunjung. Menurut keyakinan yang tersebar, dengan mandi di kawah ini karena itu dapat menahan bermacam penyakit. Selainnya untuk temperaturnya bisa juga di mengatur tingkat kepanasannya bergantung masing-masing pengunjung. Untuk kawah Manuk yang dengan bahasa Indonesia memiliki arti burung karena bunyi guanya seperti suara burung.

Dari semua kawah, kawah kereta menajdi yang paling dipandang yang sangat menarik. Karena di kawah ini bakal ada pertunjukan dari penjaga kawah. Di kawah ini dipercayai dapat mengobati beragam penyakit kulit seperti gatal gatal. Perihal ini pula sebagai daya magnet dari wisata ini selainnya karena dipakai sebagai sauna alami. Sampai pada akhirnya beberapa pengunjung yang dari wilayah Garut sampai luar wilayah yang ingin tahu.

Biaya Ticket dan Lokasi Kawah Komojang

Lokasi Kawah Kamojang Garut
Photo Credit: Dadi Mulyana

Kawah Kamojang Garut berada di dalamarea geothermal PLTU Kamojang. Di mana terletak bersebelahan dengan Kecamatan Ibun, Bandung. Untuk ke arah Kawah kamijang ada dua jalur yang dapat diambil oleh pengunjung. Jalur pertama yaitu jalur Bandung Majalaya Ibun Kamojang. Yang sekarang telah ada jalan alternative dengan melalui Kamojnag hill Bridge. Sementara untuk jalur yang lain dapat lewat Garut, Rahasiag, Kamojang.

Di lajur yang dari Garut anda akan disuguhi dengan panorama hijau yang mempersejuk mata. Tidak itu saja jalur ini termasuk gampang buat anda lewati. Bahkan juga lewat jalur ini anda dapat melalui beberapa tempat wisata di kota Garut sekalian. Untuk harga ticket masuk tempat wisata ini termasuk dapat dijangkau. Anda nanti harus meberli ticket untuk orang, asuransi dan kendaraan.

Harga ticket akan diperbedakan saat hari liburan denga hari biasa. Begitupun untuk wisatawan lokal dan wisatawan luar negeri yang hendak lebih mahal. Berkunjung lokasi ini anda sebaiknya memakai kendaraan individu ingat kendaraan umum akan susah didapat. Jikapun ada, anda harus memakai angkutan perdesaan atau ojek. Untuk saat terbaik berkunjung saat musim kemarau sebab bisa tiba pagi sampai sore.

Sementara saat musim hujan lebih bagus tiba saat pagi atau siang hari. Karena saat sore mendekati cuacanya kurang berteman. Selainnya turun hujan anda akan menyaksikan kabut. Hingga tidak dapat optimal untuk nikmati panorama dan lama-lama di kawah ini. Karena itu anda sebaiknya memerhatikan cuaca saat akan bertandang ke wisata alam ini.

Cerita Legenda yang Tersebar Mengenai Kawah Kamojang

Cerita Kawah Kamojang Garut
Photo Credit: @jabarnewss

Dibalik kemolekkannya disimpan legenda yang tersebar dalam masyarakat sekitaran. Di mana Kawah Kamojang ini terkait dengan verita Sang Mojang atau seorang Gadis. Kabarnya, pada jaman dulu kawah Kamojang ialah rumah di gadis dengan ke-2 orang tuanya. Sampai di suatu hari di gadis disuruh untuk menikah menjadi istri ke-5 dari lelaki tua. Karena menampik hal itu sang Mojang larikan diri ke rimba.

Tentu saja ke-2 orang tuanya cari kehadiran sang Mojang. Beragam usaha yang sudah dilakukan rupanya tidak berbuah hasil. Hingga jadikan tempat lokasi sang gadis lenyap dinamakan dan dikenali dengan panggilan Kamojang. Sampai sekarang legenda ini ada banyak tersebar di kelompok masyarakat. Yang malah jadi kekhasan tertentu untuk Kawah Kamojang ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Kawah Komojang Garut

Fasilitas Kawah Kamojang Garut
Photo Credit: Marie Asih 

Karena dibuka untuk umum dan sebagai tujuan wisata, membuat faksi pengurus lengkapi tempat ini dengan sarana yang ideal. Ingat pengurusnya dalam masalah ini ialah Pertamina, tidak disangsikan untuk sarananya. Anda bia mendapati toilet di sejumlah tempat dari yang dekat kawah sampai dekat parkir. Fasilitas untuk pakir kendaraan termasuk luas. Disamping itu ada juga kamar mandi air panas yang harga dapat dijangkau.

Saat anda telah capek berkeliling-keliling, anda dapat istirahat di sejumlah gazebo atau tempat duduk yang ada. Untuk jaga kebersihan lingkungannya, anda akan mendapati tempat sampah yang termasuk banyak.

Bila anda lapar anda bisa juga beli beberapa kudapan di warung yang ada. Atau anda ingin coba rebus telur yang jadi kegiatan memikat buat dilaksanakan saat bertandang ke kawah ini.

Kawah Kamojang menjadi alternative buat anda yang berkunjung kota Garut. Peristiwa alam ini tentu saja akan memberi pengetahuan dan pengalaman tertentu untuk anda. Tentu saja akan membahagiakan untuk dapat nikmati sauna dengan alami dengan panorama yang menarik. Apa lagi tempat satu ini ada di teritori taman nasional yang mempunyai flora dan fauna yang bermacam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.