Jembatan Ampera, Mengenal Pesona Jembatan Ikonik di Palembang

Jembatan Ampera, Mengenal Pesona Jembatan Ikonik di Palembang
Alamat: Jl. Mayjen HM Ryacudu, 16 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Biaya Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Jembatan Ampera sebagai icon Kota Palembang yang memotong Sungai Musi sanggup menarik banyak perhatian pelancong. Berikut beberapa daya magnet dan kekhasan dari tempat wisata iconic ini.

Jembatan Ampera ini ialah sebuah lambang ada Kota Palembang. Jembatan dengan ketinggian 65 mtr. ini mempunyai panjang lebih kurang 1000 mtr. dan lebar 22 mtr. Jembatan sebagai kebanggaan warga Palembang ini sebagai jembatan yang mempunyai 4 lajur untuk kendaraan.

Jembatan besar ini melalui Sungai Musi di bawahnya. Saat sebelum diberi nama Ampera, jembatan ini pernah diberi nama Jembatan Bung Karno. Ini karena Bung Karno berperanan penting dalam terciptanya Jembatan iconic ini.

Jembatan Ampera ini telah berdiri dan disahkan di tahun 1965. Di mana nama Ampera ini diambil dari sebuah makna yakni Instruksi Kesengsaraan Rakyat. Nama ini jadi saksi atas perjuangan rakyat.

Pesona yang Dipunyai Jembatan Ampera

Pesona Jembatan Ampera Palembang
Photo Credit: Sandi nopriyanto

Patung ikan Belido yang ada di sekitaran jembatan ini menjadi satu diantara daya magnet untuk pelancong. Patung ini sebuah icon untuk acara Asian Game di tahun 2018 kemarin. Patung ikan sama air mancur ini mempunyai lebar 2 mtr. dan berada di ketinggian 12 mtr..

Selainnya mengisyaratkan jika kota Palembang ini jadi tuan-rumah pada Asian game sekian tahun kemarin. Penempatan patung ikan Belido ini jadi daya magnet pelancong tiba dan bertandang ke arah tempat cantik ini.

Ada jug Jam yang mengusung nuansa daya tarik keelokan yang berada di London. Jam analog raksasa sama ukuran lebih kurang 5.5 mtr. dan mempunyai berat sekitaran 200 Kg ini jadi daya magnet untuk pelancong untuk berkunjung dan sekadar berpose di dekat jam ini.

Ada jam raksasa analog dengan dihias warna merah disebelah jembatan ini menambahkan keelokan di tempat rekreasi ini. Peletakan jam analog raksasa in ada di ke-2 ujung Jembatan Ampera. Jembatan ini makin kelihatan elok dengan perawatan dan pemberian sarana di sejumlah tempat.

Selanjtnya Sungai Musi, ini bukan hanya besar tetapi banyak memiliki keelokan. Keelokan Sungai Musi ini kelihatan dari jumlahnya pelancong yang tiba ke arah tempat ini untuk sehari-harinya.

Bukan hanya siang hari, saat malam hari daya tarik keelokan akan kelihatan dari bawah jembatan. Kemilau sinar yang berada di Jembatan Ampera ini terpantul ke Sungai Musi.

Dan tak kalah menariknya Restaurant kayu yang terapung di Sungai Musi ini menjadi satu diantara daya magnet khusus untuk pelancong pencinta kulineran. Di restaurant ini Anda segera dapat nikmati banyak menu makanan yang disiapkan. Untuk pencinta kulineran, jalan-jalan setiap restaurant yang ada dan nikmati tiap sajian ialah daya magnet yang tidak menjemukan.

Panorama jembatan yang cantik ini bisa dicicipi dari restaurant-restoran di bawah jembatan ini. Restaurant di bawah jembatan ini memberi panorama yang menakjubkan. Disamping itu tiap restaurant yang berada di sekitaran sungai memberi harga yang murah dan tidak melilit kantong.

Lokasi Menuju ke Tempat Wisata Jembatan Ampera

Lokasi Jembatan Ampera Palembang
Photo Credit: cah manggung

Untuk sampai ke tujuan lokasi rekreasi iconic ini, Anda dapat pesan taksi atau Anda dapat naiki Bis Trans Musi dari Lapangan terbang ke arah ke arah tempat rekreasi terkenal ini.

Alamat lokasi yang perlu Anda incar ialah Jalan lintasi Timur, sultan Mahmud Badarudin. Jembatan ini ada di tengah Kota Palembang. Jembatan ini menyambungkan dua lokasi Palembang yang terpisah Sungai Musi. Dari Lapangan terbang Anda bisa ke arah Jembatan Ampera secara mudah.

Untuk harga ticket masuk ke arah tempat rekreasi populer ini ialah bebas ongkos. Anda tak perlu bayar masuk untuk nikmati keelokan yang dijajakan jembatan ini. Anda cuma akan dikenai bayaran untuk parkir di tempat rekreasi ini. Tempat wisata ini terbuka sepanjang 24 jam. Anda bisa tiba kapan saja Anda ingin. Semua sarana di tempat rekreasi ini akan layani Anda setiap waktu Anda tiba.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Jembatan Ampera

Aktivitas Jembatan Ampera Palembang
Photo Credit: Yolanda Salsabila

Disekitaran Jembatan Ampera ini ada pasar yang sediakan kulineran ciri khas Palembang dengan beragam keberagaman. Ada jajan empek-empek yang populer di Palembang. Empek-empek ini cuma bisa Anda membeli pada harga Rp 2.000 saja.

Anda dapat pesan untuk pilih empek-empek goreng atau pilih empek-empek bakar. Disamping itu ada beragam tempat makan yang sediakan seafood, makanan ciri khas Palembang dan berbagai menu makanan yang lain di dekat jembatan ini.

Ada Rumah kerajinan songket disekitaran jembatan iconic ini. Di Rumah Kerajinan ini Anda segera dapat menyaksikan pameran songket ciri khas Palembang. Di mana keelokan songket Palembang ialah nomor satu di Dunia. Anda dapat pesan songket pada tempat kerajinan ini.

Selainnya songket Palembang yang go-international ini, di sini ada beberapa aksesori. Beberapa jenis pernak pernik yang disiapkan untuk oleh-olehan. Di dalam rumah kerajinan ini sediakan berbagai souvenir menarik dan unik. Seperti miniatur Jembatan Ampera, Gantungan kunci, boneka dengan baju ciri khas Palembang dan yang lain.

Patung yang fantastis sejak acar Asian Game 2018 lalu ini sekarang jadi spot photo menarik untuk tiap pelancong yang tiba. Selainnya berpose, Anda bisa kongkow asyik bersama rekan-rekan. Situasi di tepi Sungai Musi benar-benar sejuk dicicipi bersama rekan kongkow.

Patung Ikan Helida ini adalah makanan ciri khas di Palembang. Karena kehadiran ikan ini mulai musnah, karena itu Ikan Helida ini juga didokumentasikan berbentuk sebuah patung.

Sungai Musi ini cantik dan populer. Di sungai ini dijadikan tempat memancing ikan untuk bapak-bapak atau muda mudi. Di sungai ini ada beberapa tipe ikan yang dapat Anda peroleh. Di lokasi memancing ini, Anda dapat memancing bersama rekan atau pasangan Anda. Anda akan memperoleh banyak tipe ikan di sungai ini.

Sambil memancing, Anda bisa nikmati keelokan Sungai Musi ini. Kelihatan perahu lalu lalang membuat panorama makin romantis.

Untuk memancing disekitaran Sungai Musi ini, Anda harus bawa alat memancing sendiri. Karena pada tempat ini belum disiapkan sarana untuk memancing. Berdasar sebagian masyarakat yang sempat memancing di Sungai Musi ini ada ikan Baung dan Ikan Lumajang.

Di sungai ini Anda dapat sewa Kapal Motor untuk nikmati keelokan sungai di sore hari. Anda dapat menanti matahari terbenam di atas kepal di tengah-tengah sungai bersama pasangan Anda. Situasi sore di sungai ini bertambah romantis untuk Anda bila tiba bersama pasangan.

Selainnya kapal motor, disekitaran sungai Musi ini sediakan persewaan kendaraan air yang tambah murah. Kendaraan air ini bisa Anda sewa dengan biaya Rp 15.000 untuk Getek. Dan biaya yang tambah mahal untuk Kapal Motor yakni sejumlah Rp 50.000.

Aktivitas Lain Jembatan Ampera Palembang
Photo Credit: Yolanda Salsabila

Keelokan Sungai Musi saat matahari terbenam ini kelihatan saat sinar senja yang terpantul menarik di sungai. Selainnya nikmati keelokan sore hari di sungai ini. Anda dapat nikmati makan malam di tepi Sungai Musi memakai Perahu Kayu. Tempat ini adalah tempat favorite di waktu malam hari untuk muda mudi yang tiba bersama pasangannya.

Di dalam rumah makan berbentuk perahu kayu ini sediakan banyak makanan ciri khas Palembang. Disamping itu banyak terdapat pilihan makanan yang lain. Situasi makan pada tempat ini benar-benar romantis di waktu malam hari.

Selainnya berpose di bawah patung ikan, Anda dapat berpose di bawah tulisan Palembang. Latar belakang photo dengan tulisan Palembang ini sering jadi peristiwa yang ditunggukan. Karena berpose di muka tulisan ini benar-benar baik untuk Anda yang menyukai mendokumentasikan photo.

Di waktu malam hari tulisan-tulisan ini akan diberi sinar lampu dengan beberapa beragam warna. Hingga dari terlalu jauh tulisan ini akan kelihatan benar-benar cantik. Benar-benar pas dijadkan tempat berpose riang bersama rekan-rekan dan pasangannya.

Saat malam hari, Jembatan Ampera ini akan dipenuhi oleh beberapa ribu sinar lampu yang menerangi jembatan ini. Jembatan cantik ini jadi tujuan khusus untuk pelancong yang tiba saat malam hari.

Berpose dengan latar jembatan yang dipenuhi oleh sinaran sinar cantik benar-benar menakjubkan. Anda akan takjub saat menyaksikan keelokan malam di Jembatan ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Jembatan Ampera Palembang

Fasilitas Jembatan Ampera Palembang
Photo Credit: Shaggy Sigit Sarwanto https://www.google.com/maps/contrib/117379069885985961338

Ada pembangunan stasiun ini bisa memudahkan lawatan pelancong yang ingin ke arah Jembatan Ampera dan ke arah Kota Palembang. Stasiun ini menambahkan keelokan kota Palembang.

Pemerintahan benar-benar memerhatikan keelokan dan keperluan untuk tiap pelancong yang datang ke arah tempat rekreasi ini. Pemerintahan memberi banyak sarana untuk pelancong, satu diantaranya yakni ada kursi-kursi disekitaran jembatan dan tempat parkir.

Pembikinan taman disekitaran tempat wisata ini membuat beberapa pelancong makin berminat untuk kerap tiba dan bertandang. Ada Taman cantik jadi tempat bergabung untuk muda mudi yang lebih sukai nikmati kebersama-samaan dengan temannya disekitaran rumput-rumputan taman.

Selainnya keelokan Jembatan Ampera, di Taman diberi penerang untuk pelancong yang tiba saat malam hari. Karena keelokan tempat ini saat malam hari lebih cantik dari di siang hari. Keelokan malam ini ditambah lagi berwarna-warni lampu yang berkilau cantik dan mempunyai warna yang berbeda.

Bila ingin nikmati keelokan Jembatan Ampera ini sampai tengah malam Anda dapat pesan pemondokan disekitaran tempat rekreasi ini. Karena apabila sudah terlampau terlarut akan sulit mendapati kendaraan untuk kembali pulang. Anda akan memperoleh pemondokan dengan harga terjangkau dan dapat dijangkau untuk permalamnya.

Tersebut beberapa jejeran kekhasan yang dihidangkan di tempat rekreasi Jembatan Ampera Sumatera Selatan ini. Selainnya daya tarik panoramanya yang cantik dan mengagumkan. Rekreasi Jembatan Ampera ini tidak membuat Anda jemu dengan berkeliling-keliling dan jalan-jalan disekitaran Sungai Musi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.