Gunung Botak, Menikmati Panorama Laut dari Ketinggian di Papua Barat

Gunung Botak, Menikmati Panorama Laut dari Ketinggian di Papua Barat
Alamat: Jl. Manokwari-Bintuni, Kec. Yekwandi, Kab. Manokwari Selatan, Papua Barat.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Gunung Botak sebagai gunung yang unik di Manokwari Selatan, Papua Barat yang harus dieksplor saat berlibur. Dari pucuk tersaji panorama bentangan laut dan daya tarik keelokan pantai pasir putih.

Berekreasi alam bertopik gunung seakan menjadi bintang seorang saat ingin melepaskan rasa capek dari kegiatan tugas setiap hari. Selainnya cuma dikenali sebagai negara kepulauan dan negara seribu budaya, Indonesia populer akan gunung yang mengagumkan. Satu diantaranya yaitu Gunung Botak yang berada di pulau Papua persisnya di propinsi Papua Barat.

Gunung ini ada dalam suatu Kabupaten Manokwari Selatan. Walau gunung ini namanya Gunung Botak, tidak berarti gunung ini betul-betul gundul dari pohon-pohonan atau dapat disebutkan gunung ini jadi korban penebangan rimba. Dinamakan sebegitu karena pohon-pohonan besar di gunung itu tidak kelihatan.

Gunung ini cuma dipenuhi oleh rumput savanna, tumbuh tumbuhan pendek, dan semak saja sebagai selimut penutup punggung gunung ini. Maka dari itu, gunung ini seperti terlihat gundukan memiliki ukuran raksasa yang diselimuti warna kuning kehijauan saat disaksikan dari terlalu jauh. Tetapi hal tersebut yang justru jadi kekhasan dari gunung ini.

Pesona yang Dimiliki Gunung Botak

Pesona Gunung Botak
Photo Credit: I Gede Bayu

Meskipun terletak benar-benar jauh dari pusat ibu-kota, hal itu tidak membuat kemauan beberapa pelancong jadi menciut untuk berkeinginan berkunjung tempat ini. Karena daya magnet yang disuguhi di gunung ini dapat disebut benar-benar elok dan cantik. Oleh karena itu, tidaklah aneh bila banyak yang bertandang ke arah tempat ini. Berikut ialah daya magnet yang dipunyai Gunung Botak.

Di gunung ini masih termasuk sangatlah asri dan teduh, bisa dibuktikan bila Anda menyaksikan dari terlalu jauh gunung ini warna hijau yang membuat mata jadi fresh dan mempunyai udara yang sejuk. Hal itu benar-benar dikagumi oleh beberapa pelancong. Aspek terpentingnya adalah Pulau Papua sebagai salah satunya paru paru dunia yang dipunyai negara Indonesia selainnya ada nama Pulau Kalimantan.

Saat Anda telah tiba di gunung ini, nanti akan disongsong dengan bentangan laut biru yang asri dan bersih. Tidak sangsi karena Pulau Papua sebagai salah satunya surga wisata alam bertopik laut. Di sini nanti Anda bisa juga menyaksikan keanekaragaman biota laut di laut itu tanpa semestinya untuk menyelam atau memakai alat tolong untuk menyaksikannya. Karena factor bersihnya laut ini, bisa disaksikan secara jelas tanpa perlu menyelam.

Meskipun ini sebagai wisata alam berbentuk pegunungan, tetapi laut disekitaran gunung ini tidak kalah cantiknya dengan pegunungannya. Anda bisa juga mendokumentasikan peristiwa bergembira di laut itu untuk jadi ingat masa lalu saat pulang. Tetapi jarang-jarang sekali orang yang berenang di laut ini.

Selainnya mempunyai gunung dan laut yang cantik, di gunung ini ada bentangan luas pasir putih yang melingkari laut jernih. Oleh karena itu, beberapa orang yang berasa senang saat telah tiba pucuk Gunung Botak. Karena bisa menyaksikan sekitar gunung dengan keelokan yang masih dijaga oleh beberapa pengunjung dan masyarakat sekitaran.

Lokasi Menuju Ke Wisata Gunung Botak

Lokasi Gunung Botak
Photo Credit: Irvan Aley Al Ahmad

Gunung Botak berada di Jl.Manokwari – Bintuni persisnya di Yekwandi, Manokwari Selatan, Propinsi Papua Barat, Indonesia. Terletak dapat disebut benar-benar taktik meskipun lumayan jauh dari pusat perkotaan Manokwari. Bila Anda ingin berkunjung tempat ini, Anda dapat menelusurinya di Google maps.

Tapi harus diingat jika saat ada di sekitar gunung itu, benar-benar sulit sekali untuk dicapai oleh signal. Sebagai masalah tempat ini adalah jalan yang belum teraspal semuanya. Gunung ini bertemu langsung dengan lautan pasifik.

Oleh karena itu, tempat ini masih natural serta asri. Untuk dapat sampai ke arah tempat ini, harus lewat medan yang berat. Untuk nikmati tempat ini diperlukan mobil dengan detail yang kuat di semua medan, tidak asal-asalan mobil untuk dapat capai ke arah tempat ini.

Bila Anda tidak mempunyai mobil dengan detail itu, Anda dapat sewanya pada tempat penyewaan khusus mobil off road. Polanya adalah pergi dari lapangan terbang Soekarno Hatta atau Halim Pertama Kusuma, lalu ke arah Papua dan turun di lapangan terbang Rendani. Lantas gunung ini memiliki jarak sekitaran lebih kurang 150 km jika dari mata angin selatan di Kota Manokwari.

Anda memerlukan tenaga dan energi yang banyak untuk dapat sampai ke arah tempat ini, karena akan memerlukan waktu lebih kurang sekitaran 4-5 jam perjalanan. Saat sebelum tiba di tujuan wisata khusus Anda, dari jarak yang sekitar kurang dari 2 km nanti akan mendapati sebuah daerah nelayan asli yang asri dan bersih.

Untuk dapat masuk ke Gunung Botak Anda tidak diambil ongkos atau cuma-cuma. Tetapi, Anda harus mempersiapkan ongkos perjalanan yang lumayan mahal karena minimnya akses transportasi ke arah tempat ini. Walau bagaimanapun, harga yang Anda keluarkannya untuk mencapai tempat ini akan sebanding dengan panorama yang nanti akan disuguhi oleh tempat itu.

Untuk perincian ongkosnya adalah saat Anda naik pesawat, sewa kendaraan setiba di Papua dan ongkos ongkos pendukung berlibur Anda saat disitu. Untuk ongkos pesawatnya sendiri adalah sekitaran 1.000.000 rupiah s/d 2.000.000 untuk seseorang penumpang, tetapi harga ticket pesawat itu jika dari Jakarta dan bergantung harga yang dijajakan setiap maskapal..

Disitu belum ada sebuah layanan angkutan kendaraan umum. Oleh karena itu, Anda diwajibkan untuk sewa kendaraan saat liburan disitu. Untuk mobil carter disitu untuk mengantarkan Anda dari Bintuni ke arah Manokwari atau kebalikannya, dibanderol biaya tarif sewa sejumlah 2.500.000 rupiah s/d 3.000.000 rupiah untuk 1 mobil. Harga itu bergantung persetujuan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Botak

Kegiatan Gunung Botak
Photo Credit: Johnie Pasaribu

Bila Anda berkunjung satu lokasi yang cantik dan elok, karena itu kurang komplet rasa-rasanya bila tanpa mendokumentasikan keelokan ciptaan tuhan itu. Hal itu berkesan sia sia bila tidak dilaksanakan, karena di sini sebagai lokasi yang benar-benar wajib buat didokumentasikan tiap peristiwa.

Di Gunung Botak ini banyak spot spo photo yang instagrammable. Hal itu bisa mendukung keperluan media sosial Anda. Bila Anda mempunyai ongkos yang cukup, tidak ada kelirunya bila coba hal baru. Anda dapat coba hal baru itu berbentuk ambil photo pra wedding di sini.

Memang ongkos yang dikeluarkan sedikit mahal, tetapi lepas dari sana semua tentunya kelak photo pra wedding Anda menjadi sebuah ingat masa lalu yang tidak terlewatkan. Harga yang berkesan lumayan mahal, akan terbayarkan habis saat Anda telah coba photo pra wedding di sini.

Untuk Anda pencinta olahraga berlebihan dan pencinta penjelajahan, Anda dapat berusaha untuk lakukan panjat tebing di sini. Di gunung ini banyak tebing tebing yang menunggu untuk Anda kalahkan. Untuk perlengkapan yang peralatan panjat tebing Anda harus membawa sendiri dari rumah, karena di sini tidak sediakan penyewaan atau bahkan juga toko yang bisa mendukung aktivitas Anda.

Perlu digaris bawahi, jika di sini dapat termasuk tebing yang cukup terjal. Oleh karena itu saat sebelum Anda lakukan olahraga itu, sebaiknya Anda menyiapkan alat keselamatan untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan. Tetapi cukup banyak yang memandang jika tingkat kecuraman itu bisa jadikan rintangan yang lebih melawan.

Saat ada di Manokwari, Anda harus mencicip kulineran ciri khas kota itu. Kulineran ciri khas kota Manokwari seperti keladi tumbuk, papeda, ikan yang diberi bumbu kuah kuning, sagu gula, ikan bakar, martabak sagu, dan ada banyak yang lain. Harga yang paling sedap karena bahan berbahan diambil langsung dari tempatnya tanpa proses pengawetan. Disamping itu, harga relatif murah.

Di sini ada beragam jenis oleh-oleh yang berada di tiap beberapa toko sejauh jalan Manokwari. Anda harus membeli untuk dibagi ke rekan, keluarga, atau bahkan juga saudara saudara Anda agar mereka juga paham keberagaman ciri khas dari kota Manokwari.

Oleh-oleh itu bisa berbentuk kerajinan dari kulit kerang, batik ciri khas Papua, lukisan yang digambar memakai media kulit dari kayu, noken, dan ada juga koteka.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Gunung Botak Manokwari Selatan

Fasilitas Gunung Botak
Photo Credit: Rudiyanto

Untuk sarana pada tempat ini dapat disebut masih termasuk umum saat Anda mendaki sebuah gunung. Tempat ini tetap terlindungi keasriannya karena jarang-jarang sekali terjamak oleh manusia. Hal itu dikuasai oleh akses jalan ke arah Gunung Botak yang tetap tidak ada kendaraan umum.

Sarana disitu ialah toilet, pagar pemisah yang beberapa, dan ada pos pos kecil di tepi jalan yang bisa dipakai untuk istirahat.

Itu lah sebagai sedikit deskripsi sebuah surga di samping Timur Indonesia namanya Gunung Botak. Di Papua banyak tempat wisata elok yang tidak kalah cantik dengan wisata rekreasi di luar negeri. Anda tak perlu ke luar negeri untuk dapat liburan, karena di negeri sendiri masih banyak tempat wisata yang penting Anda telusuri. Mudah-mudahan berlibur Anda membahagiakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.