Gua Mimpi Bantimurung, Goa Misteri dengan Pesona Alam Memukau di Maros

Gua Mimpi Bantimurung, Goa Misteri dengan Pesona Alam Memukau di Maros
Alamat: Komplek Taman Wisata Bantimurung, Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Sulawesi populer akan keelokan alam yang mempesona, satu diantaranya Gua Mimpi Bantimurung. Tidak cuma keeksotisan batu-batuan dalam gua, tapi juga kental dengan narasi mistik.

Sulawesi sebagai wilayah yang dikenali akan keelokan alam yang eksotik. Hal itu membuat beberapa pelancong yang bertandang ke Sulawesi dan sekelilingnya. Salah satunya tempat rekreasi yang terkenal di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yakni Bantimurung. Tujuan rekreasi Gua Mimpi Bantimurung benar-benar pas untuk Anda yang menyukai dengan penjelajahan melawan karena banyak narasi mistis didalamnya. Yok lihat pembahasan detilnya sebagai berikut.

Pesona yang Dimiliki Gua Mimpi Bantimurung

Pesona Gua Mimpi Bantimurung
Photo Credit: ATM Photography

Gua yang bersisihan dengan Danau Toalaka ini mempunyai daya magnet yang benar-benar mengagumkan. Walau cantik dan tenang, tapi Danau ini kerap makan korban hingga dipagari dengan kawat berduri dan ditutup oleh pengunjung. Situasi yang kental akan mistiknya tidak stop sampai di sana saja. Lokasi gua yang gelap mewajibkan pengunjung sewa lampu petromaks atau senter untuk menolong pencahayaan saat menelusuri gua.

Untuk sewa lampu pencahayaan ke gua, pengunjung diwajibkan bayar sejumlah 10 ribu rupiah bila pilih senter, dan lampu petromaks dengan harga 50 ribu rupiah. Apabila sudah sewa pencahayaan, Anda akan menyaksikan begitu cantiknya gua dihias dengan stalaktit dan stalagmit. Wujud yang mencolok dan lancip menambahkan daya tarik dari gua ini. Bebatuan alam yang memiliki bentuk lancip ini dapat Anda saksikan di langit dan sisi lantai gua karena tercipta secara alami.

Pada bagian dalam gua, Anda dapat menyaksikan keelokan dari stalaktit dan stalagmit. Stalakmit sebagai bebatuan lancip yang berwujud berlapis di lantai gua dan ke arah atas. Bebatuan berwujud lancip berikut yang ada di sisi dasar gua. Anda dapat menyaksikan daya tarik dari bebatuan yang terkumpul karena kalsium karbonat yang dari air yang menetes. Tidak cuma berwujud lancip saja, Anda dapat nikmati keeksotisan dari batu-batuan dengan wujud yang bervariatif.

Gua ini komplet dengan keelokan dari stalaktit dan stalagmit yang menjulur di atas dan samping gua. Panjang gua mimpi ini sekitaran 800 mtr. yang terhitung dalam kelompok gua panjang. Saat masuk, situasinya kelihatan cukup menakutkan karena lokasinya yang paling gelap tanpa sinar sedikit juga. Satu – satunya titik pencahayaan ialah lampu senter pemandu yang menolong menyinari jalan dan mengantar perjalanan rekreasi.

Pesona Lain Gua Mimpi Bantimurung
Photo Credit: Celebes

Stalaktit dan stalagmit yang teteskan air tercipta di semua tempat gua. Bahkan juga saat disoroti lampu senter, ada yang seperti lelehan coklat, muka bayi, ayam jago dan berwujud kucing. Ini menambahkan rasa ingin tahu pelancong saat bertandang ke gua. Ada pula stalaktit yang saat dipukul hasilkan bunyi dengungan yang paling menakutkan saat telusuri gua.

Perjalanan lebih memicu adrenalin dengan jalanan yang licin dibarengi batu-batuan cukup curam dan banyak jembatan kayu yang telah hancur. Dalam gua kedengar dera cericit kelelawar dan bergelantung di atap gua. Disamping itu, banyak juga spesies keuntungan laba yang bersarang setiap pojokan atap dinding gua. Pengunjung yang ada di dalamnya akan berasa ada di alam yang lain. Karena itu gua ini dinamakan mimpi.

Disamping itu, bila telusuri gua selanjutnya, Anda akan disuguhi air terjun Bantimurung mengagumkan yang menghampar luas sepanjang 15 km dari Kabupaten Maros sampai Kabupaten Pangkep. Di tempat rekreasi ini, Anda pun bisa melihat keelokan dari daya tarik beberapa ratus tipe kupu – kupu yang berhabitat di wisata alam terbuka dekat air terjun. Dari situlah panggilan The Kingdom of Butterfly ada.

Tidak cuma hanya itu, 2 buah gua dapat didatangi sekalian saat berekreasi ke arah tempat ini. Gua Batu dan Gua mimpi dapat anda dapatkan di dekat air terjun, sesudah naiki tangga yang ada dari sisi dari lokasi awalnya. Bila mencari jalanan yang berkelok, karena itu Anda akan menjumpai danau yang dipercayai simpan banyak narasi mistik dan beresiko walau permukaan air yang kelihatan tenang dan diam.

Lokasi Menuju Ke Wisata Gua Mimpi

Lokasi Gua Mimpi Bantimurung
Photo Credit: Awal Luddin

Bila bertandang ke Makassar, bertandang ke Object Rekreasi Bantimurung ialah opsi yang akurat. Jaraknya yang tidak begitu jauh dengan Lapangan terbang Sultan Hasanuddin memungkinkannya Anda untuk berkunjung tujuan rekreasi tanpa bermalam di Makassar. Dari lapangan terbang, Anda dapat sewa mobil sepanjang sehari dengan bayar sekitaran 250 sampai 400 ribu rupiah. Bahkan juga Anda dapat menawar harga untuk mengirit bujet berlibur.

Perjalanan yang dilakukan akan memerlukan waktu lebih kurang satu jam, bergantung dari kepadatan jalan raya yang ada. Bila didatangi di hari kerja, lajur ke Bantimurung tidak begitu ramai. Sesudah melalui jalan raya dari kota Moras, Anda akan disajikan panorama dusun yang memikat pada sawah, perkampungan dengan rumah pentas tradisionil ciri khas Bugis Makassar, dan pegunungan karst yang menganakemaskan mata saat perjalanan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gua Mimpi

Kegiatan Gua Mimpi Bantimurung
Photo Credit: @jejakkudotco

Saat berkunjung Gua Mimpi Bantimurung, Anda dapat nikmati keelokan dari komunitas kupu – kupu terhitung tipe Papilio Blumei yang langka. Pintu gerbang untuk masuk rekreasi ini diikuti dengan patung kupu – kupu raksasa yang menyongsong kehadiran pelancong. Saat sebelum masuk lokasi dari alamnya, Anda akan menemui banyak kios yang jual cendera mata seperti gantungan kunci dan hiasan yang lain.

Menurut masyarakat sekitaran, ada dinding gua dengan sebuah tempat batu berwujud cengkungan yang dipercayai bisa membuat lancar jodoh. Banyak pelancong yang tiba sekedar untuk bertandang ke tempat ini. Untuk Anda yang yakin dengan dogma itu, dapat ajak pasangan yang ingin dinikahi lalu secara bertepatan naik ke cengkungan pada bagian dalam gua untuk memanjatkan doa dan permintaan.

Disamping itu, ada pula beberapa pasangan muda mudi yang belum menikah bawa tali dan mengikatnya di atas batu itu. Menurut dogma, jika saat tali itu tiba-tiba putus, karena itu pasangan itu tidak dapat meneruskan ke pelaminan. Tetapi, bila tali yang terpasang tidak putus dan selalu terlindungi, pasangan yang menyangkutkan tali barusan dipercayai akan abadi sampai ke pelaminan atau jadi suami istri.

Selainnya aktivitas itu, Anda bisa juga bersihkan diri di gua ini. Pasalnya di pojok gua ada sebuah lokasi yang dipercayai sebagai tempat bertapa dari raja Bantimurung. Sumber air yang berada di bawah lokasi pertapaan kabarnya bermanfaat untuk membikin lebih tahan lama muda bila dibasuhkan ke muka. Anda dapat liburan di rekreasi gua mimpi ini sekalian menunjukkan dogma karena narasi mistik yang banyak dibicarakan.

Sesudah senang telusuri keelokan gua, Anda dapat meneruskan perjalanan ke air terjun yang ada tidak jauh dari gua. Anda dapat beraktivitas hebat dengan sekadar bermain air atau berenang disekelilingnya. Oleh karena itu, janganlah lupa untuk bawa pakaian cadangan, sandal atau sepatu yang nyaman untuk jalan dan bermain air. Selainnya bawa barang itu, Anda bisa juga mempersiapkan bekal sendiri untuk dikonsumsi sekalian nikmati keelokan alam sekitaran.

Untuk Anda yang menyenangi photografi, tempat ini juga memberikan dukungan untuk salurkan hoby ambil photo. Banyak spot yang kece untuk diambil gambarnya, seperti air terjun, gua dengan keelokan stalaktit dan stalagmit, beberapa kumpulan kupu – kupu dan lain-lain. Anda bisa juga memotret keelokan alam untuk dibagi ke sosial media yang dipunyai atau sekadar berswafoto bersama famili dan orang tersayang.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Gua Mimpi Bantimurung

Fasilitas Gua Mimpi Bantimurung
Photo Credit: Giscard Khoshaba

Gua Mimpi Bantimurung sebagai tujuan rekreasi yang diatur oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Banyak keelokan alam yang dijajakan dari tempat wisata ini ibarat air terjun, danau, dan taman penangkaran kupu – kupu. Bukan hanya hanya itu, untuk kenyamanan pengunjung, bermacam sarana disiapkan dengan lengkap.

Bila berkunjung ke rekreasi ini, tempat beribadah telah ada. Lokasinya tidak jauh dari gerbang masuk tempat rekreasi, persisnya di samping kanan gerbang. Mushola diperlengkapi dengan kamar mandi dan tempat wudhu. Selainnya tempat beribadah, ada pula pemondokan bila ingin berlama – lama untuk wisata disekitaran rekreasi Gua Mimpi Bantimurung. Faksi pengurus sediakan hotel dengan beragam type kamar dimulai dari famili room sampai perkasa.

Ada pula gazebo yang disiapkan di lokasi rekreasi alam ini. Tidak perlu cemas, karena banyaknya beberapa puluh, Anda dapat menikmatinya dengan keluarga atau rekan. Selainnya gazebo yang dapat dipakai untuk santai bersama orang tersayang, Anda bisa juga memperoleh sarana seperti spot photo yang memikat buat dapat didokumentasikan saat berkunjung rekreasi Gua Mimpi Bantimurung.

Jika pelancong lapar dan tidak bawa bekal, di teritori ini lebih banyak penjual minuman dan makanan yang cukup berteman di kantong. Saat capek melakukan aktivitas dan berekreasi, Food Court yang ada menjadi alternative opsi Anda untuk melahap makanan ciri khas Sulawesi. Menu yang dijajakan juga benar-benar bermacam dan relatif murah, diawali dari harga dua puluh beberapa ribu.

Tersebut keelokan alam dari Rekreasi Gua Mimpi Bantimurung. Walau banyak narasi mistis didalamnya, tidak hentikan daya tarik yang demikian mengagumkan. Kekhasan dari bebatuan yang tercipta dalam gua jadi daya magnet tertentu untuk pengunjung. Disamping itu, ada pula spot menarik yang lain seperti air terjun, taman kupu – kupu dan sarana yang ideal. Tidaklah aneh pelancong lokal atau internasional silih ganti berkunjung gua ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.