Desa Wisata Sauwandarek, Lihat Keelokan Surga Terselinap Raja Ampat

Desa Wisata Sauwandarek, Lihat Keelokan Surga Terselinap Raja Ampat
Alamat: Sauandarek, Distrik Meos Mansar, Kab. Raja Ampat, Papua Barat.
Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

Desa Wisata Sauwandarek adalah teritori wisata yang mempunyai keelokan alam di Tanah Papua. Tempat wisata ini ada di teritori Raja Ampat ini mempunyai panorama yang asri. Keadaan ini muncul karena tempat wisata dan rentang alamnya tetap terlindungi secara baik. Ingin ketahui seperti apakah daya tarik Desa wisata yang ini? Yok baca penjelasannya ini.

Mengenal Desa Wisata Sauwandarek

Mengenal Desa Wisata Sauwandarek
Photo Credit: Elmor Wagiu

Sesuai namanya, tempat wisata ini ada pada wilayah Sauwandarek, Papua Barat. Teritori Desa  ini ditempati oleh warga asli Papua yang sejumlah sekitaran 46 kartu keluarga dan prediksi jumlah warganya sekitar 179 orang. Warga asli teritori ini hidup disekitaran pesisir pantai dan masyarakat wanitanya sukai membuat kerajinan topi dan tas.

Kerajinan topi dan tas itu dibuat dari pandan laut. Dengan ketrampilan yang dipunyai oleh masyarakat wanita pada Desa ini, menjadikan sebagai salah satunya sumber penghasilan masyarakat. Topi dan tas yang dibuat dari bikinan tangannya bisa dipasarkan ke pelancong yang berkunjung tempat wisata di Desa ini.

Pelancong yang ingin beli kerajinan itu bisa saksikan langsung pembikinannya. Disamping itu, warga teritori mempunyai karakter yang paling ramah. Pengunjung yang tiba ke arah tempat ini selalu disongsong secara ramah. Dengan demikian pelancong akan rasakan kenyamanan saat liburan di sini.

Pesona yang Dimiliki Desa Wisata Sauwandarek

Pesona Desa Wisata Sauwandarek
Photo Credit: Florian Fuchs

Bukan hanya mempunyai pemandangan panorama yang cantik, Desa yang berada di tanah Papua dan ada di sekitaran pesisir pantai ini mempunyai daya magnet tertentu. Bangunan tempat tinggal pada Desa ini sangat ciri khas yakni masih tradisionil. Dinding tempat tinggalnya dibuat dari kayu dan atapnya dibuat dari daun jerami jadikan bentuknya benar-benar unik dan spesial.

Jadi saat Anda bertandang ke Desa Wisata Sauwandarek ini bukan hanya keelokan alam dan lautnya saja yang dapat Anda cicipi. Tetapi, Anda dapat menyaksikan kekhasan yang dipunyai oleh bangunan tempat tinggal yang ditempati masyarakat sekitaran. Dengan demikian berlibur Anda pada tempat ini akan terkesan.

Daya magnet yang lain yang dipunyai oleh teritori wisata ini ialah ada telaga yang namanya Yenauwyau. Berdasar narasi dari warga di tempat, ada goa yang tersambung sama air laut pada telaga ini, hingga air yang ada di telaga itu berasa asin. Warga di tempat memandang Yenauwyau ini sebagai telaga yang sakral.

Pesona Lain Desa Wisata Sauwandarek
Photo Credit: Joyo Suwito

Masyarakat di tempat menganggap sakral karena telaga itu ditempati oleh penyu putih. Untuk siapa saja masyarakat yang bisa menyaksikan penyu putih yang tinggal dalam telaga itu, karena itu seorang itu akan dipercayai dapat memperoleh beberapa peruntungan. Demikianlah masyarakat sekitaran memandang telaga Yenauwyau. Menarik bukan daya magnet yang ini.

Disamping itu, pada telaga ini ada sebuah pelabuhan. Secara umum, pelabuhan itu dipakai oleh pelancong untuk nikmati keelokan Yenauwyau dan panorama yang ada disekelilingnya. Umumnya, pengunjung nikmati panorama diperlengkapi dengan burung burung berterbangan sekalian sekedar duduk rileks di teritori pelabuhan.

Warga yang ramah akan Anda temui bila bertandang ke arah tempat wisata yang ini. Disamping itu, masyarakat sekitaran populer mempunyai ketrampilan yang andal dalam soal menganyam. Biasanya, masyarakat Desa ini menganyam topi dan tas yang dengan bahan dasar dari pandan laut. Umumnya bermacam macam anyaman yang dibuat akan dipasarkan sebagai oleh-oleh.

Kerajinan anyaman tas dan topi untuk oleh-oleh ini dipasarkan pada harga yang dapat dijangkau dan tidak begitu mahal. Karena material dasar dari kerajinan ini bisa didapat disekitaran dusun, hingga barang yang dibuat berharga ekonomis tapi kelihatan menarik. Tidaklah aneh bila banyak pelancong yang membeli untuk dijadikan souvenir.

Akses Menuju Lokasi Ke Desa Wisata Sauwandarek

Lokasi Desa Wisata Sauwandarek
Photo Credit: Elmor Wagiu

Untuk ke arah ke arah tempat wisata ini Anda bisa naiki beberapa transportasi, baik transportasi darat atau udara. Bila Anda memakai transportasi udara, semakin lebih gampang bila arah terbang Anda ke Sorong lebih dulu. Masalahnya sekarang ini beberapa maskapal penerbangan telah banyak yang sediakan dengan arah Sorong.

Maskapal penerbangan itu diantaranya ialah Kilat Air sampai Lion Air. Sesudahnya datang di Sorong, Anda dapat memakai jasa kapal reguler ke wilayah Waisai diteruskan ke arah Sauwandarek memakai long boat atau perahu. Perjalanan yang dilakukan memakai perahu itu memerlukan waktu sekitaran 4 jam.

Selainnya memakai transportasi jasa umum, Anda dapat sewa kapal individu. Namun ongkos yang perlu Anda bayarkan cukup. Bila Anda ingin sewa kapal individu ongkos yang perlu Anda keluarkannya dapat capai Rp lima juta rupiah setiap harinya. Namun, bila Anda ke teritori ini dengan kelompok, dengan nominal begitu akan berasa enteng.

Dengan sewa kapal individu, beberapa keuntungan dapat Anda peroleh. Anda bisa nikmati pemandangan laut dan panorama alam yang menarik sejauh perjalanan ke arah Desa Wisata Sauwandarek. Dengan demikian Anda bisa bebas nikmati perjalanan dan tidak ada yang dapat mengusik privacy Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Desa Wisata Sauwandarek

Aktivitas Desa Wisata Sauwandarek
Photo Credit: Elmor Wagiu

Karena Desa wisata ini ada di tepian pesisir pantai karena itu Anda bisa lakukan beberapa aktivitas yang terkait sama air, misalnya saja seperti snorkeling dan Diving. Ke-2 kegiatan itu bisa Anda kerjakan untuk menyaksikan keelokan bawah laut. Karena Desa ini populer mempunyai kekayaan fauna bawah laut dan karang karang laut yang cantik.

Untuk Anda yang paling menyenangi air, ke-2 aktivitas itu bisa Anda kerjakan. Aktivitas menyelam ini dapat disebutkan sebagai salah satunya keunggulan dari teritori wisata ini. Untuk beberapa pelancong yang belum pernah mencoba kesan menyelam dalam laut bisa belajar dalam Desa ini dengan tuntunan beberapa penyelam pakar yang professional.

Sekalian belajar menyelam dengan tuntunan penyelam professional, keelokan bawah laut yang menakjubkan dapat Anda cicipi. Bila Anda tertarik sama kegiatan yang ini, ada tari ongkos yang perlu Anda keluarkannya. Agar dapat memperoleh tuntunan dan nikmati keelokan bawah laut Anda harus keluarkan lebih kurang Rp 500 ribu.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Desa Wisata Sauwandarek

Fasilitas Desa Wisata Sauwandarek
Photo Credit: ThiamLok Oei

Sesudah telusuri dan nikmati keelokan alam, janganlah lupa beli oleh-olehan untuk dibawa pulang. Karena di Desa wisata ini ada tempat beli oleh-olehan ciri khas Papua. Tersedianya oleh-oleh yang dipasarkan beberapa datang dari hasil kerajinan tangan masyarakat di tempat. Disamping itu, sarana lain bisa juga Anda cicipi di wisata Desa Wisata Sauwandarek.

Balai tatap muka, jungle treking, kamar mandi umum, tempat makan, sampai spot photo sebagai sarana yang bisa Anda pakai saat berkunjung teritori ini. Tidak itu saja, ada juga sarana guest house yang bisa Anda sewa untuk mengejek di tempat ini. Design dari guest house ini cukup unik nyaris serupa dengan bangunan tempat tinggal masyarakat.

Tersebut pembahasan berkenaan keelokan Desa Wisata Sauwandarek yang dapat membuat Anda kagum. Selainnya mempunyai daya tarik alam yang asri dan memesona, beragam kegiatan di teritori wisata ini dapat juga Anda kerjakan. Bagus sekali kan? Bila Anda mempunyai waktu senggang, akan lebih bagus bila Anda bisa bertandang ke teritori wisata ini bersama orang tersayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.