Danau Toba, Danau Alami dengan Panorama Alam Paling Indah yang Ada di Indonesia

Danau Toba, Danau Alami dengan Panorama Alam Paling Indah yang Ada di Indonesia
Alamat: Dikelilingi oleh 7 kabupaten = Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir di di Sumatera Utara.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Danau Toba ialah danau alami paling indah berada di Sumatera Utara, Indonesia. Termasuk danau paling besar yang menyajikan keelokan alam yang mengagumkan, berharga riwayat dan penuh narasi mistik.

Keelokan alam tempat rekreasi di Indonesia benar-benar sangat memesona. Ada tempat rekreasi yang mempunyai kekhasan dan nilai riwayat tertentu yang membuat beberapa pelancong berminat untuk tiba. Bukan hanya pelancong lokal, tetapi pelancong asing ramai-ramai berkunjung tiap tempat rekreasi yang berada di Indonesia, satu diantaranya Danau Toba.

Danau Toba adalah tempat rekreasi terkenal yang telah dikenali semancanegara. Keelokan danau di Sumatra Utara ini tidak dijumpai di tempat rekreasi lain. Panorama yang menarik hati jadi opsi untuk lokasi untuk berlibur.

Panorama alam yang tak pernah kalah ini akan menyihir pengunjung untuk lama-lama di tempat rekreasi populer di Indonesia ini. Selainnya keelokan alamnya, Anda akan diberi beragam jenis kekhasan di lokasi.

Pesona yang Dipunyai Danau Toba

Pesona Danau Toba
Photo Credit: A t

Pemandangan Alam

Daerah dengan luasan 2x Singapura ini memberi Anda kesan berlibur yang hebat dan berlainan dari tempat rekreasi yang lain. Dengan jejeran bukit-bukit dan gunung merapi jadi pemandangan alam yang paling elok.

Danau vulkanik paling besar ini ialah sebuah danau yang tercipta dari 3 letusan Gunung Merapi di Gunung Toba. Letusan yang terjadi besar sekali hingga membuat danau yang saat ini terkenal dan disebutkan Toba ini. Ada Pulau Samosir di tengah-tengah Danau ini membuat tempat ini jadi makin unik dan menarik beberapa pelancong.

Banyak Tempat Monumental

Selainnya panorama Danau terluas dan paling besar ke dua se-Asia, disekitaran tempat memberi beberapa rekreasi dusun monumental dengan nilai tradisi dan unik Batak. Anda dapat melihat adat dan beberapa acara tradisionil yang lain.

Sumber Air Panas Gunung Pusuk Buhit

Bila jalan-jalan mengelilingi danau di ujung lajur naik sepeda Anda akan mendapati sebuah pemandian air panas yang disebutkan Aek Ranget oleh warga sekitaran. Pemandian air panas ini jadi daya magnet untuk pelancong asing di Danau Toba.

Pemandian ini ada di pucuk paling tinggi danau paling besar ini. Anda dapat merendam dan mandi di pemandian air hangat ini. Air hangat ini segera mengucur dari ketinggian gunung Buhit.

Pesona Alam

Untuk Anda yang inginkan berlibur tenang, sejuk, damai tanpa kerusuhan dan tanpa pencemaran. Rekreasi Danau Toba ini ialah opsi prima.

Selainnya keelokan alam yang mengagumkan dan banyak tempat monumental yang lain. Di sini Anda tak perlu habiskan uang banyak untuk sampai ke arah tempat ini. Disamping itu, tempat rekreasi ini tidak kalah dari tempat rekreasi luar negeri. Anda akan berasa tenteram dan damai ada di tempat ini.

Rumah Tradisional

Rumah tradisionil ini ada di sekitaran danau. Karena ada jejeran rumah dari suku Batak asli ini membuat lokasi rekreasi ini makin memikat. Di mana jejeran rumah tradisi tradisionil ini dapat menjadi spot photo yang baik dan unik. Selainnya rumah tradisi, ada dua suku Simanido dan suku Tomok yang tinggal di dekat danau ini.

Lokasi Menuju Ke Danau Toba

Lokasi Danau Toba
Photo Credit: Ayu Lesiana

Anda dapat memakai 4 opsi transportasi untuk dapat sampai ke Danau Toba ini. Pertama memakai Bis yang berada di terminal Bis Lapangan terbang. Memakai kapal ferry lewat lajur air. Ada Motor yang dapat Anda sewa disekitaran tempat Lapangan terbang, atau memakai jasa Gojek untuk Anda yang tidak dapat memakai sepeda motor.

Opsi selanjutnya yakni sewa mobil atau mungkin dengan agen travel. Di mana agen travel ini memberi tumpangan dan dengan jasa drivernya. Perjalanan yang dapat dilakukan ke arah lokasi danau ada dua lajur berlainan yakni Lapangan terbang Silangit dan Lapangan terbang Kualanamu.

Bila tiba dari Lapangan terbang Silangit. Anda dapat ikuti lajur ke arah jalan Silangit lalu meneruskan ke Sanggul dan sampai ke simpang Tele, Anda harus belok ke kanan dan turuti arus sampai ke Penguruan dan Anda akan selekasnya sampai. Perjalanan ini habiskan waktu lebih kurang sekitaran 4 jam.

Lajur ke-2 yakni bila Anda ada di Lapangan terbang Kualanamu. Anda dapat ambil jalur ke arah tebing Tinggi selanjutnya turuti jalan Sarbelawan ke arah Parapat. Dari Lapangan terbang ke lokasi Anda akan berkendaraan sepanjang lebih kurang 6 jam dan bergantung kondisi jalan raya. Dari Parapat Anda bisa menyaksikan Danau Toba.

Bila tidak mau melalui lajur darat, Anda dapat lewat lajur air. Dengan nikmati keelokan laut Anda bisa juga sampai ke teritori danau. Anda dapat memakai kapal ferry ke arah Pulau Samosir.

Opsi paling akhir bila Anda memakai Bis dengan jalur Medan ke arah Parapat. Perjalanan ini akan tempuh waktu sepanjang lebih kurang 6 jam. Ongkos untuk bis ini lebih kurang sekitaran Rp 50.000 untuk dapat sampai ke Danau Toba.

Danau paling besar di Indonesia terbuka untuk pelancong full day atau sepanjang 24 jam. Anda cuma akan dikenai ticket masuk sejumlah Rp 5.000 untuk masuk daerah ini. Kemudian ada ongkos untuk biaya parkir. Dikenai harga berlainan untuk pengendara mobil dan motor.

Dengan sarana komplet dan daya magnet yang menarik, Anda tak perlu keluarkan bujet banyak-banyak untuk nikmati keelokan danau ini.

Kegiatan Menarik di Danau Toba

Kegiatan Danau Toba
Photo Credit: Outdoor Activities

Camping di Bukit

Bukit Holbung, sebagai bukit yang berada di dekat Danau Toba. Bukit ini ramai didatangi beberapa pelancong yang cenderung pilih nikmati keelokan sekitaran danau dari ketinggian.

Dari ketinggian ini Anda bisa nikmati pemandangan danau yang dikitari bukit dan pegunungan dan pohon-pohonan yang terlihat asri. Di bukit ini Anda bisa camping bersama rekan, membangun tenda dan habiskan malam bersama.

Naik sepeda di Sekitaran Danau

Untuk nikmati keelokan Danau Toba yang luas ini, Anda dapat sewa sepeda. Naik sepeda dan berkeliling-keliling nikmati keelokan alam yang sejuk dan fresh, tanpa pencemaran tentu saja dan sehatkan tubuh.

Ada beberapa lajur naik sepeda yang dapat Anda tentukan yakni berkeliling-keliling disekitaran danau. Atau untuk Anda pencinta ketinggian, dapat ambil track naik di bukit-bukit sekitaran danau.

Menikmati dengan Mengelilingi Danau

Berkeliling-keliling Danau dengan Perahu yang disiapkan di lokasi bisa Anda pakai untuk nikmati keelokan danau dari tengah. Dikitari bukit, pegunungan dan rimba dengan pohon-pohonan hijau kelihatan benar-benar mengagumkan.

Water Sport

Danau dengan luas 1.130 km2 ini memberi beragam jenis aktivitas air yang dapat Anda cicipi dengan keluarga. Beberapa aktivitasnya ialah berbentuk banana boat, ada jetski dan yang lain.

Rekreasi Budaya

Disekitaran daerah Danau Toba ini ada beberapa rekreasi budaya seperti rumah ciri khas Batak yang penghuninya ialah suku asli Batak. Pada tempat ini Anda akan diberi atraksi berbentuk tarian tradisionil Merjuma dan atraksi yang lain yang lebih asyik dan hebat.

Pesanggrahan Parapat Danau Toba

Tempat ini masih ada di sekitaran daerah Danau Toba. Pesanggrahan ini ialah lokasi yang dahulu dipakai sebagai tempat pengisolasian bekas presiden Ir. Soekarno sepanjang 22 hari tahun 1949.

Saat ini tempat ini telah disihir jadi sebuah wisma yang dipakai untuk terima tamu oleh Pemerintah provinsi Sumatra Utara. Walau sangat lama, bangunan ini masih memperlihatkan design classic bangunannya. Ada bangku ukir, dan beberapa koleksi buku dari beliau.

Fasilitas & Sarana Rekreasi yang Ada di Danau Toba

Fasilitas Danau Toba
Photo Credit: Jakub

Persewaan Alat untuk Water Sport

Untuk olah raga air Anda dapat sewa Banana Boat, Jetski, perahu dan alat yang lain untuk nikmati kesegaran bermain air di danau paling indah ini.

Pemondokan

Terdapat beberapa pilihan pemondokan disekitaran danau yang hendak sesuaikan dengan kantong Anda. Dari biaya paling murah, menengah sampai paling tinggi ada dengan sarana yang cukup ideal.

Persewaan Sepeda

Disekitaran danau ini, Anda dapat sewa sepeda dan berkeliling-keliling dengan keluarga untuk nikmati keelokan alam mengagumkan di Danau Toba.

Rekreasi kulineran Ciri khas Batak

Tidak komplet rekreasi Danau Toba tanpa berkunjung rekreasi kulineran ciri khas Batak. Anda akan diberi beberapa pilihan minuman dan makanan sesuai selera Anda.

Tempat Camping

Bila tidak mau tinggal dan menginap di ruang aman hotel atau pemondokan, disekitaran tempat sekitaran danau ini sediakan lokasi untuk membangun tenda. Untuk Anda pencinta alam serta lebih sukai tidur di bawah langit berbintang malam, Anda dapat habiskan malam di tempat camping ini.

1x masuk ke teritori Danau Toba Anda bisa nikmati banyak tempat rekreasi dalam sekali jalan. Di tempat ini memberi beberapa tempat pemondokan untuk Anda yang ingin meneruskan berlibur untuk keesokan hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.