Danau Sentani, Menikmati Pesona Alam di Danau Unik Jayapura

Danau Sentani, Menikmati Pesona Alam di Danau Unik Jayapura
Alamat: Distrik Sentani, Kota Jayapura, Papua.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Danau Sentani salah satunya wisata alam yang mengagumkan di Jayapura, Papua. Berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dengan luas 9.360 hektar. Danau yang mempunyai sumber daya alam yang paling kaya dan bukit-bukit yang cantik.

Papua, menjadi satu diantara wilayah di Indonesia yang kaya kenampakan alam. Ini ditunjukkan dengan adanya banyak tujuan wisata alam yang ada dalam sana. Dimulai dari pegunungan, bukit-bukit, pantai, sampai danau yang cantik. Kepala danau yang beritanya simpan berjuta spesies ikan di Papua ialah Danau Sentani.

Danau Sentani sebagai wilayah perairan air tawar yang luas ditempati oleh beragam spesies air. Misalnya demikian luas yakni menghampar dari Jayapura sampai Kabupaten Jayapura. Apa lagi letak danau yang ada di atas ketinggian membuat kemunculan alam danau ini jadi tidak ada dua. Tidaklah aneh banyak pelancong yang putuskan liburan ke danau eksotik di Papua ini cuma untuk melepaskan capek.

Beragam keunikannya juga sukses membius beberapa pengunjung. Seolah-seolah surga terlihat di dunia. Apa lagi saat musim berlibur datang Danau Sentani tak pernah sepi akan pengunjung. Baik itu pengunjung lokal atau luar negeri. Disamping itu ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan pada tempat wisata alam ini.

Pesona yang Dimiliki Danau Sentani

Pesona Danau Sentani
Photo Credit: Dmitry Telnov

Perlu Anda kenali meskipun terhitung daerah Danau atau perairan air tawar tetapi tempat ini diplot sebagai Danau terluas yang berada di Papua. Bagaimana tidak tempat ini mempunyai luas sekitaran 9360 hektar. Disamping itu lokasinya ada 75 m di permukaan laut.

Kelompok air yang membiru dan dikitari oleh bukit-bukit hijau membuat teritori Danau Sentani jadi demikian cantik. Bahkan juga daya tariknya tidak dapat dinafikan kembali.

Tetapi Anda harus tetap waspada saat ada di danau ini. Masalahnya danau ini mempunyai kedalaman sampai 51 mtr..

Saat sampai di danau ini pengunjung akan disuguhi dengan kemunculan alam yang demikian hebat. Selainnya airnya yang biru disekitaran danau ada beberapa puluh pulau yang berjajar rapi.

Panggilan Sentani yang terpasang jadi tempat wisata ini tidak lepas dari asal mula periode lalu. Dahulu, pada tahun 1898, seorang namanya BL Bin yang disebut seorang pendeta Kristen lakukan misionaris.

Misionaris itu tidak lain dikerjakan di teritori danau ini. Secara kebenaran, pendeta itu berkata Sentani di mana kata itu memiliki arti ‘disini kami tinggal bersama damai’. Mulai sejak tersebut, danau terluas di Papua ini dikenali bernama Danau Sentani.

Dan luas danau yang capai beberapa ribu hektar, danau ini jadi rumah beragam spesies ikan. Bahkan juga empat antara jumlahnya spesies itu terhitung spesies epidemik.

Di mana spesies epidemik itu cuma bisa diketemukan di Sentani. Tidaklah aneh pengunjung banyak yang takjub dengan keasrian danaunya. Bahkan juga biota airnya juga masih demikian terbangun.

Bila untung, Anda akan melihat spesies epidemik seperti hiu gergaji, ikan gabus, ikan pelangi merah, dan ikan pelangi Sentani. Untuk beberapa pencinta makhluk perairan, pasti kerasan lama-lama di danau ini.

Selainnya kenampakan danau dan rangkaian bukit-bukit. Kenyataannya ada sebuah bukit yang dipandang terlihat seperti latar film Teletubbies. Iya, disini Anda bisa saksikan langsung kenampakan alam bukit-bukit yang hijau yang cantik.

Pesona Lain Danau Sentani
Photo Credit: ikra alwi

Ditambah lagi angin sepoi yang seolah menganakemaskan badan membuat siapa terbuai. Tempat bukit yang luas menghijau, dan jalan setapak yang disanggupi rumput seakan memberi kesan-kesan tertentu.

Bukit Teletubbies Papua ini akan terlihat makin cantik bila disaksikan dari ketinggian. Anda dapat naiki helikopter atau naiki gardu pandang Tugu Mc Arthur.

Selainnya kenampakan alam yang cantik memikat, Anda tentu sudah mengetahui jika Papua mempunyai sebuah adat atau tradisi istiadat yang demikian kental. Bahkan juga mereka juga junjung tinggi adat leluhur.

Nach, bila ingin liburan ke danau ini seharusnya Anda pilih bulan Juni. Pasalnya ketika bulan tersebut akan diselenggarakan sebuah festival di Danau Sentani. Fertival itu akan berisi tarian ciri khas suku yang tinggal di Papua. Mereka akan bersama-sama naiki sebuah perahu khusus dan lakukan tarian yang khusus juga.

Bulan itu seperti jadi bulan perayaan untuk masyarakat sekitaran. Salah satunya tarian yang ditampilkan ialah tari perang. Disamping itu, saat festival itu juga bakal ada upacara tradisi pengukuhan Ondoafi.

Bahkan juga untuk Anda yang ingin tahu dengan makanan ciri khas Papua, saat festival akan terhidang beragam makanan sedap yang dibikin oleh masyarakat sekitaran.

Bukan hanya masyarakat sekitaran danau saja, dari daerah kota sampai kabupaten ikut menyemarakkan festival yang sudah dilakukan satu tahun sekali itu.

Karena ada adat ini, karena itu dapat ditunjukkan jika rupanya masihlah ada yang demikian cinta dengan budayanya. Waktu itu Anda akan kagum, bagaimana tradisi istiadat dilaksanakan oleh semuanya 16 suku yang berada di Tabi.

Biaya Ticket dan Lokasi Ke arah Danau Sentani

Biaya Danau Sentani
Photo Credit: Ranto Adhan

Untuk Anda yang ingin habiskan berlibur dengan berkunjung salah satunya tujuan wisata alam yang berada di Indonesia, dapat pilih Danau Sentani sebagai tujuan. Menu yang ini terhampar luas dimulai dari kota Jayapura sampai Kabupaten Jayapura.

Jadi Danau terluas yang berada di Papua, danau ini mempunyai keelokan alam yang hebat. Tidaklah aneh banyak pelancong yang tergoda untuk berkunjung ke sini. Dapat disebut jalur perjalanan untuk ke arah lokasi danau tidak demikian sulit.

Misalkan saja bila Anda ambil jalur Lapangan terbang. Dari daerah Jakarta Anda perlu naiki pesawat sampai ke arah Lapangan terbang Sentani Jayapura. Perjalanan dengan memakai pesawat seperti itu dapat dilakukan cuma dalam kurun waktu 8 jam perjalanan saja. Waktu pintas ini cukup singkat bila menyaksikan mengenai di peta yang sangat jauh.

Seterusnya, dari lapangan terbang Sentani Anda langsung bisa sewa mobil supaya perjalanan lebih membahagiakan dan terkesan. Lokasi danau ini dari lapangan terbang tidak demikian jauh.

Anda cuma harus tempuh perjalanan sepanjang 10 menit supaya dapat sampai di lokasi yang cantik dan memikat itu. Selainnya sewa mobil, pengunjung bisa juga memakai kendaraan umum atau taksi.

Seperti wisata alam secara umum, untuk lebih memajukan bidang pariwisata di Indonesia karena itu umumnya pengunjung akan dikenai ongkos ticket masuk. Tidak kecuali untuk Anda yang ingin bertandang ke Danau Sentani.

Walau demikian harga yang dibandrol tidak terlampau mahal. Cukup dengan keluarkan uang sejumlah Rp 10.000 saja Anda bisa akses semua keelokan yang berada di danau menarik ini.

Biaya itu memanglah bisa berbeda setiap saat sesuai peraturan dari pengurus tempat . Maka Anda dapat persiapkan uang lebih buat memperhitungkan hal itu.

Jika Anda ingin sewa mobil karena itu tentu saja bakal ada ongkos yang perlu dijamin. Umumnya beberapa pemilik mode sewaan akan menetapkan biaya sekitaran Rp 10.000 – Rp 15.000. Tetapi balik lagi semua bergantung tipe, type, dan lama persewaan.

Di teritori danau ada boat untuk pengunjung berkeliling-keliling. Harga harga persewaan boat akan dibandrol sekitaran Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

Daerah disekitaran object wisata ini dapat termasuk komplet, ini ditunjukkan karena ada pemondokan-penginapan yang dapat dijadikan tempat berkunjung. Oleh karenanya, Anda tidak perlu kebingungan kembali berkenaan fasilitas saat ada di danau ini.

Kegaiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Sentani

Kegiatan Danau Sentani
Photo Credit: Bunda Diyanra

Sama seperti yang telah dibahas awalnya, jika Danau Sentani ditempati oleh beragam tipe spesies ikan air tawar. Maka dari itu cukup banyak pengunjung yang ingin berkeliling-keliling danau supaya bisa bertemu dengan 4 spesies epidemik di situ. Berkeliling-keliling danau bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan untuk dilaksanakan.

Supaya dapat sampai ke tengah, Anda dapat sewa kapal yang berada di pinggiran danau. Dengan mengambil kantong yang tidak begitu mahal, Anda dapat senang mejelajahi danau ini.

Bertandang ke danau terluas yang berada di Papua, rasanya kurang afdol bila tidak rasakan airnya yang fresh. Oleh karena itu, kegiatan yang dapat Anda kerjakan sepanjang ada di Danau Sentani satu diantaranya ialah berenang.

Berenang bisa membuat badan jadi lebih santai pemikiran akan jadi lebih rileks. Pas sekali untuk Anda yang ingin istirahat sesaat dari kegiatan yang menyibukan pada hari kerja. Walau demikian Anda harus tetap memerhatikan wilayah aman yang dapat menjadi tempat berenang.

Seharusnya tidak boleh terlampau ke tengah karena Danau ini mempunyai kedalaman sampai 52 mtr.. Umumnya masyarakat sekitaran banyak yang bersama-sama untuk menceburkan diri ke airnya yang fresh.

Anda tentu sudah mengetahui jika makanan dasar dari suku Papua ialah sagu. Di mana makanan itu akan jadi salah satunya makanan ciri khas yakni papeda. Papeda dibuat dari sari pati sagu yang selanjutnya diolah sampai mempunyai struktur yang kenyal tetapi benyek seperti bubur.

Sudah pasti ini menjadi kegiatan menarik untuk pengunjung. Di mana Anda dapat membuat sagu dan menyaksikan bagaimana prosesnya dari sejak awalnya sampai akhir. Pohon sagu yang cukup usia akan dibelah selanjutnya diambil sisi dalamnya.

Seterusnya sisi itu akan ditumbuk lembut baru akan disaring dengan dikasih air lebih dulu. Dari hasil penjaringan tersebut yang selanjutnya akan dijadikan bahan dasar pembikinan papeda.

Kegiatan yang sering dilaksanakan pengunjung saat ada disitu ialah memancing. Bagaimana tidak, dengan beberapa puluh spesies ikan, Anda tak perlu takut kekurangan. Disini akan Anda temui spesies sangat jarang seperti hiu gergaji ikan badut.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Danau Sentani Papua

Fasilitas Danau Sentani
Photo Credit: Billy Tokoro

Dari sisi sarana, danau terluas di Papua ini lumayan memadai. Pasalnya wisata yang ini terhitung dalam tujuan wisata alam yang banyak didatangi pelancong luar pulau.

Sudah ada beberapa toko souvenir yang dapat didatangi untuk mendapat kenangan dari Pulau Papua. Ada sarana berbentuk perahu untuk berkeliling-keliling. Tak lupa juga beberapa pemondokan paling dekat disekitaran daerah danau yang menghampar dimulai dari Kota Jayapura sampai Kabupaten Jayapura. Masyarakat di sini benar-benar ramah ke beberapa wisatawan, jadi Anda tentu kerasan ada di Danau Sentani.

Beragam hal berkenaan tujuan wisata alam Danau Sentani di atas tentu saja membuat Anda makin takjub dengan Negara kita Indonesia. Pasalnya Indonesia bukan hanya kaya suku budaya dan tradisi istiadat saja tetapi juga kenampakan alam yang hebat eksotik. Tidaklah aneh banyak pelancong luar negeri yang takjub akan keelokan alam yang dipunyai oleh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.