Danau Ranau, Melihat Sisi Lain Danau yang Memotong Sumsel dan Lampung

Danau Ranau, Melihat Sisi Lain Danau yang Memotong Sumsel dan Lampung
Alamat: Kab. Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Danau Ranau salah satunya tempat rekreasi favorit Ogan Komering Ulu Selatan yang memikat diekplor. Danau vulkanik yang memotong Sumsel dan Lampung ini tawarkan daya tarik alam yang mengagumkan.

Danau Ranau tujuan rekreasi yang simpan banyak daya tarik alami. Berada di tanah subur wilayah Ulu Selatan, jadi satu daya magnet yang dipunyai oleh pemerintahan Propinsi Sumatera Selatan. Beragam jenis keelokan alam dapat diketemukan dan dicicipi saat berkunjung di situ.

Sebagai salah satunya kebanggaan warga Ulu Selatan, keelokan yang dipunyainya telah populer sejak awal mula dibuka untuk lawatan rekreasi umum. Tetapi, sangat sayang untuk akses jalan yang dilewati sedikit akan curam dan tidak ramah pada kendaraan individu.

Meskipun jalur dengan akses curam, tetapi semangat beberapa pelancong untuk nikmati langsung cantiknya pemandangan alam yang disuguhi tidak luntur. Untuk Anda yang berasa ingin tahu berkaitan apa daya magnet dan aktivitas yang dapat dilaksanakan di situ, baca penjelasannya berikut ini.

Pesona yang Dipunyai Danau Ranau

Pesona Danau Ranau
Photo Credit: Dody Lukas

Penting untuk dipahami bersama jika ada satu keelokan sebagai daya magnet khusus pada Danau Ranau yakni panorama kuat dan gagahnya gunung Semuning. Kehadirannya yang membubung dan batasi daerah perairan di danau ini jadi satu kelebihan atas keelokan panorama yang dipunyainya.

Anda dapat nikmati kesan-kesan mengagumkan itu, dengan daya tarik gunung Semuning yang tidak ada duanya. Berpose ialah langkah yang terbaik untuk mendokumentasikan daya tariknya.

Anda ialah seseorang yang mempunyai hoby photografi atau share narasi di media sosial? tiba ke Danau Ranau karena akan banyak spot photo bagus yang dapat diketemukan. Seperti panorama gunung Semuning, beningnya air danau sampai bukit-bukit hijau yang menarik untuk didokumentasikan dalam sebuah bidikan photo.

Disamping itu, aktivitas nelayan di tepi pantai dekat danau jadi satu spot yang lain kemungkinan dapat Anda dapatkan saat bertandang. Pulau Marisa pun tidak ketinggal keutamaan untuk didokumentasikan dalam photo masa lalu berlibur dengan keluarga di danau elok ini.

Selainnya mempunyai panorama alam yang menarik, satu bukti yang perlu Anda kenali yakni Danau Ranau sebagai paling besar nomor dua di wilayah Sumatera sesudah Danau Toba. Luas yang dipunyainya sekitaran 125,9 km persegi. Dan untuk kedalamannya yakni capai 229 mtr., dengan ketinggian permukaan sekitaran 540 mtr..

Tercipta karena sebuah kejadian alam yakni gempa besar dan dampak semburan vulkanik dari gunung berapi di dekatnya. Hingga terciptalah sebuah cengkungan besar sebagai danau.

Bila ada Pulau Samosir sebagai icon Danau Toba, karena itu di sini ada sebuah Pulau yang tidak kalah baiknya yakni Pulau Marisa. Ada pas di tengah-tengah Danau Ranau, kehadirannya jadi daya tarik khusus pengunjung yang tiba berekreasi.

Sebagai salah satunya spot bagus yang ada, ia tempat nya ada suatu sumber mata air panas, yang sering dipakai untuk merendam oleh masyarakat sekitaran dan pelancong yang tiba. Bila tertarik bertandang, Anda dapat menyebranginya dengan sewa kapan nelayan yang berada di sekelilingnya.

Pesona Lain Danau Ranau
Photo Credit: teguh pramono

Lokasi yang berbentuk bukit-bukit hijau dan tinggi jadikan udara sekelilingnya sangat terasa sejuk dan menentramkan. Argumen berikut yang jadikan banyak pengunjung banyak yang datang tiap tahunnya. Meskipun dijumpai bersama jika akses jalan untuk ke arah lokasi benar-benar curam dan tidak nyaman untuk dilewati oleh kendaraan individu sekalinya.

Keadaan ini juga pas untuk Anda yang menyengaja cari lokasi untuk menentramkan pikiran dan buang semua beban yang menimbun di kepala. Angin semilir, bukit-bukit hijau, dan beningnya air danau jadi satu kombinasi cocok yang tidak ada duanya.

Saat Anda ada di lokasi rekreasi ini pasti akan membahagiakan bila dapat melihat semua keelokan yangdimilikinya lewat satu spot yang mencapai semua. Berikut daya magnet intinya, ada sebuah spot untuk menyaksikan keseluruhnya sisi dan hiasan alam yang menghampar sejauh Danau Ranau, yang disebutkan dengan gardu padang.

Memiliki bentuk bermacam, ada yang berbentuk Sasebik hill, jembatan yang berada di atas sebuah pohon, sampai yang berbentuk menara awasi. Semua ada untuk Anda yang paling ingin nikmati daya tarik alam menarik dan alami yang berada di sana. Pasti terpikirkan santai di atas sebuah gardu pandang sambil nikmati lukisan cantik Tuhan dalam bentuk danau yang eksotik.

Lokasi dan Biaya Ticket Wisata Danau Ranau

Lokasi Danau Ranau
Photo Credit: Aji Pangestu

Lokasi Danau Ranau ada di tepian propinsi Sumatera Selatan dan Lampung, persisnya di wilayah Ogan Komering Ulu. Hingga saat Anda merencanakan untuk lakukan lawatan rekreasi pada lokasi itu dapat dilaksanakan lewat lajur wilayah Lampung.

Jalur yang dapat dilalui dari Lampung yakni dengan ambil jalan ke arah daerah Kota Bumi. Sesampai di situ teruskan ke arah arah Bukit Kemuning. Perjalanan Anda belum juga usai, kemudian teruskan ke arah Liwa, selanjutnya mengambil jalan yang ke arah kota Batu. Disana tentukan jalur yang memperlihatkan arah ke Sukamarga, lalu sampai juga ke lokasi dengan lama 6-7 jam.

Ingin tiba bertandang tetapi belum mengetahui berapakah dana yang penting disiapkan untuk perjalanan dan ongkos ticket masuknya? inilah infonya. Pertama Anda harus mengetahui kapan jam service lawatan dibuka, yakni tiap hari sama waktu 8 pagi sampai 5 sore. Dan untuk ongkos masuknya yakni sejumlah Rp 10.000,- per-kepala atau orang.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Danau Ranau

Kegiatan Danau Ranau
Photo Credit: Noveri Tahalea

Apa ada yang menanyakan, apa hal yang dapat dilaksanakan saat ada di danau ranau? pasti jawabnya banyak. Panorama dan wujud topografinya yang luas dan hijau, memungkinkannya untuk Anda lakukan semua wujud kegiatan menarik dan melawan. Satu diantaranya yakni dengan duduk rileks di tepi Danau.

Kemungkinan ini akan kedengar terlampau simpel, tetapi Anda dapat memikirkan bagaimana tenang dan berbahagianya saat apa yang di muka mata ialah bentangan luas air danau bening dengan dihias beragam jenis panorama alam yang alami. Gunung Semuning, bentangan hijau pohon-pohonan, dan udara yang sentuh halus dalam tubuh Anda, pasti ini akan membahagiakan.

Mungkinkah Anda cuma dapat sekedar duduk rileks di tepi pantai tidak dapat lakukan aktivitas yang lain? pasti tidak, karena pemandangan alamnya demikian cantik, karena itu janganlah lupa mendokumentasikan atau membagi dalam feed media sosial. Betul sekali Anda dapat berswafoto bersama orang tersayang untuk mendokumentasikan tiap titip cantik yang berada di sana.

Seperti berpose dengan background danau, atau berpenampilan dengan perahu dan ada banyak kembali pilihan yang lain yang dapat dilaksanakan. Yakinkan untuk menguploadnya dalam feed instagram Anda, bagi serunya bersama beberapa orang yang dikenali, dan ingat kembali keelokannya saat sampai di dalam rumah.

Kemungkinan atau mungkin tidak bermain Jetski di Danau Ranau? sudah pasti kemungkinan, karena di situ ada persewaan yang siap memberikan fasilitas keinginan bermain air Anda. Bukan hanya di pantai bahkan juga pada tempat ini bisa juga lakukan aktivitas melawan yang lain seperti arum jeram, dan banyak.

Pasti ini tidak terpikir benar-benar saat Anda berencana berlibur ke sebuah danau bukan pantai. Tetapi, realitanya Anda betul-betul dapat melakukan, dan berikut aktivitas menarik yang lain dapat dilaksanakan sepanjang ada di danau Ranau.

Air danau yang tenang dan bening, pasti membuat Anda ingin menyelaminya atau ada di atasnya dan mengeksplor tiap pojok yang ada. Oleh karenanya, tidak boleh cemas karena nelayan yang tinggal disekitaran sana sediakan persewaan untuk perahu motornya.

Melalui danau, nikmati sekelilingnya dan bertambat di pulau yang ada di tengahnya. Tersebut hal yang dapat dilaksanakan dengan memakai perahu motor. Harga yang dijajakan termasuk juga murah bila dibanding dengan pengalaman yang diberi.

Telah tahukan jika di Danau Ranau ada sebuah pulau sebagai satu icon terkenalnya yakni Pulau Marisa. Kehadirannya menambahkan satu kekhasan sebagai daya magnet khusus untuk menarik pengunjung tiba bertandang. Lebih mengagetkan kembali di lokasi yang notabene ialah sebuah bukit-bukit dan condong sejuk, ada suatu sumber air panas didalamnya.

Kegiatan Lain Danau Ranau
Photo Credit: Rifqi Fatur Rahman

Ini muncul karena proses pembentukannya yang alami oleh letusan vulkanik gunung berapi. Manfaatkan kondisi alam yang ada, Anda selanjutnya dapat habiskan waktu di situ dengan merendam di sumber air panas di Pulau Marisa. Tidak boleh cemas masalah keamanannya, karena masyarakat sekitaran telah terbiasa memakainya, begitu juga pelancong lainnya.

Berekreasi dengan perut kosong pasti akan tidak nyaman. Bagaimana dapat Anda nikmati aktivitas dan membuat peristiwa yang baik bila tubuh tidak berisi tenaga, pasti itu akan merepotkan. Karena itu tidak ada kelirunya coba kulineran hasil laut yang berada di sekitaran lokasi. Khususnya untuk Anda pencinta makanan laut, ini menjadi surganya olahan seafood.

Anda dapat nikmati ikan bakar, dan beragam jenis wujud olahan yang lain. Pasti rasa dan kesan-kesan yang dijajakan akan berlainan dibanding saat melahapnya di restaurant dengan bangku dan panorama gedung. Untuk nikmati semua, janganlah lupa siapkan bujet lebih supaya tidak kebingungan saat uang telah tipis, karena letak mesin ATM tentu saja akan jauh.

Info penting untuk Anda jika tiap tahun di situ akan diadakan sebuah festival Danau Ranau atas kerjasama masyarakat dan pemerintahan. Akan banyak atraksi dan pameran kreativitas kreasi seni asli wilayah. Bahkan juga tidak ketinggal ada sebuah panggung seni yang tampilkan keberagaman budaya warga sekitaran.

Fasilitas & Sarana Rekreasi yang Ada di Danau Ranau

Fasilitas Danau Ranau
Photo Credit: Nata Tri Wardani

Berkaitan dengan sarana umum yang ada terus alami peningkatan oleh faksi pengurus yakni pemerintahan dan masyarakat sekitaran. Pembangunan fasilitas prasarana tambahan sebagai wujud tanggapan berkaitan makin bertambahnya semangat lawatan sehari-harinya. Beragam sarana dan sarana umum telah ada seperti toilet dan semacamnya.

Begitu beberapa pembahasan berkaitan daya magnet dan segalanya dibutuhkan untuk lakukan lawatan ke Danau Ranau. Bila Anda ingin merasainya secara riil, tiba langsung ke lokasi ialah jalan keluar. Janganlah lupa untuk berencana perjalanan dan semua keperluan yang diperlukan khususnya untuk Anda yang dari luar wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.