Danau Mawang, Danau Cantik dengan Panorama Memukau di Gowa

Danau Mawang, Danau Cantik dengan Panorama Memukau di Gowa
Alamat: Mawang, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Danau Mawang di Gowa populer dengan keelokan alamnya yang asri, bahkan juga tujuan wisata air ini sering dijadikan tempat memburu photo terbaik sekalian jadi spot untuk memperoleh gagasan berkilau.

Makassar dipilih menjadi satu diantara tempat terbaik didatangi untuk pencinta wisata. Dari beberapa tujuan wisata memikat buat disinggahi, berkunjung Danau Mawang menjadi opsi terbaik. Pasarkan daya tarik alam tidak ada dua, ditanggung pengunjung akan berasa kerasan lama-lama di teritori wisata satu ini. Supaya tidak ingin tahu dengan kelebihan danau elok ini, baca dulu pembahasan ini.

Pesona yang Dimiliki Danau Mawang

Pesona Danau Mawang
Photo Credit: Hamra Zara

Danau elok ini mempunyai luas sekitaran 50 ha, yang terlihat menghampar sejauh lebih kurang 1.4 km dengan lebar 200 sampai 450 mtr.. Bila menyaksikan ke segi selatan danau, pengunjung dapat mendapati sebuah tanggul yang sering dijadikan tempat favorite nikmati sunrise dan sunset. Bahkan juga lokasi wisata ini akan makin dipenuhi warga saat mendekati matahari tenggelam datang.

Semenjak pertama kalinya memijakkan kaki di teritori wisatanya, pengunjung akan dimanja dengan panorama berbentuk kubangan air yang terlihat jernih dan dihias dengan pohon-pohonan teduh di tepian sungainya. Panorama itu makin diperlengkapi dengan pasir putihnya yang demikian menarik. Cukup dengan melihatnya sepintas, Anda tentu pahami kenapa wisata alam satu ini demikian menarik didatangi.

Sajikan panorama yang memikat dan mempunyai beberapa daya magnet tertentu, cukup dengan menyaksikannya saja ditanggung pemikiran jemu juga lenyap saat itu juga. Danau yang tercipta dengan alami ini diberi nama sebagai danau terapung. Pemberian namanya itu disamakan dengan sejarahnya sendiri. Kabarnya telaga jernih satu ini, sering dijadikan tempat berkunjung Tuan Panre Tanrara bersama dengan kerbau namanya Tambak Laulung.

Sayang telaga satu ini jadi saksi monumental di mana si kerbau mengembuskan napas terakhir kalinya, sesudah kalah bertarung dengan kerbau yang lain melawannya. Sepeninggalan kerbau itu, danau mulai banyak bunga teratai bermekaran yang terlihat menghias tiap pojok telaga. Peralihan berikut yang membuat telaga elok menarik dibanding danau secara umum.

Meskipun sempat berjaya pada tahun 80 an, sayang tujuan wisata ini kurang memperoleh perhatian lebih dari Pemda sekitaran. Akhirnya air telaga ditutupi oleh tanaman eceng gondok, hingga kecantikan dari danaunya sendiri makin sedikit. Bahkan juga jumlah tanaman air itu semakin bertambah tiap tahunnya, sampai nyaris tutupi nyaris 1/2 dari permukaan danaunya.

Tetapi tak perlu cemas, karena Bupati Gowa sudah mempunyai wawasan untuk mengganti teritori wisata ini jadi lebih menarik dibanding awalnya. Diharap wawasan itu selekasnya diwujudkan, supaya teritori wisata ini ramai kembali didatangi pelancong seperti pada tahun awalnya. Dengan demikian, keelokan Danau Mawang juga kembali ada di atas dan tidak terlewatkan demikian saja.

Lokasi Menuju Ke Tempat Danau Mawang

Lokasi Danau Mawang
Photo Credit: Andi Ichank Manggabarani

Sesudah ketahui daya magnetnya, apa Anda tertarik mendatanginya dalam kurun waktu dekat? Tujuan wisata alam ini ada di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Nampaknya tidak begitu susah untuk mendapatinya, karena danau elok ini ada di sekitaran 15 km dari tenggara kota Makassar, dan Anda perlu tempuh sekitaran 7 km bila berangkat dari kota Sungguminasa.

Jika berangkat dari kota Makassar, Anda akan melalui jalan kutub Hertasning sebagai lajur intinya. Saat telah dekati universitas UIN Alauddin, silakan belok arah ke kanan untuk seterusnya mencari Jalan Macanda. Beberapa saat selanjutnya, Anda akan mendapati pertigaan dan beloklah arah ke kiri untuk ke arah teritori wisatanya. Tak perlu menanti lama, dari terlalu jauh juga danau elok ini perlahan-lahan mulai kelihatan.

Bila memanglah tidak percaya sudah mencari jalan yang pas, sekarang saat yang pas untuk menanyakan ke program petunjuk arah sebagai jalan keluar terbaik. Bagaimana bila Anda telah usaha ikuti instruksi tetapi tidak juga mendapati teritori wisatanya ? Jangan sampai sangsi menanyakan ke masyarakat sekitaran, atau minta bantuan mereka untuk memperlihatkan arah ke arah lokasi wisatanya.

Tidak selama-lamanya liburan akan kuras isi dompet Anda, karena tujuan wisata alam satu ini dapat menjadi satu diantara faktanya. Karena wisata alam satu ini tidak membebankan ongkos ticket masuk ke arah teritori wisatanya sedikitpun atau cuma-cuma. Betul, pengunjung dapat nikmati keelokannya tanpa perlu keluarkan selembar uang serupiahpun. Dalam kata lain, daya tarik alamnya dapat dicicipi tanpa kata tetapi.

Pengunjung juga tak perlu cemas berkenaan jam operasional dari teritori wisata elok satu ini. Karena tujuan wisata alam ini selalu buka peluang untuk siapa saja yang ingin menyaksikan kecantikannya kapan saja diharapkan. Dibuka sepanjang 24 jam penuh sehari-harinya, hingga tidak ada argumen tidak untuk mendatanginya karena terbentur permasalahan jam operasional semata-mata.

Kegiatan Menarik Sepanjang Liburan di Danau Mawang

Kegiatan Danau Mawang
Photo Credit: loe loe

Sepanjang ada di danau ini, pengunjung dapat lakukan beragam kegiatan hebat yang tidak pernah mendatangkan rasa jemu mendatanginya kembali di lain kali. Seperti telaga secara umum, di sini sering diketemukan satu kelompok orang tengah duduk rileks di tepian danau sambil menanti umpan dikonsumsi ikan. ikan yang dapat didapat cukup bermacam, ingat keadaan alam yang asri dan terurus jadikan rumah terbaik untuk beberapa ikan.

Menanti juga tak lagi jadi kegiatan menjemukan, karena sepanjang menanti beberapa pemicu bisa nikmati hidangan alamnya yang demikian memesona. Tidak cuma dijadikan tempat mancing favorite, karena telaga elok ini juga dijadikan tempat membudidayakan bermacam tipe ikan tawar memiliki ukuran jumbo. Oleh karena itu, tak perlu kaget saat menyaksikan beberapa perahu nelayan tengah melaut di tengah-tengah danau.

Selainnya dijadikan spot terbaik untuk memburu ikan, rupanya tujuan wisata ini dijadikan taman wisata terkenal namanya Taman Mawang. Taman elok itu ada tidak jauh dari teritori pintu masuk samping selatan ke arah Danau Mawang. Bukan hanya taman biasa, disitu pengunjung dapat penuhi keperluan harian dengan adanya banyak sarana tambahan dalam teritori wisatanya.

Menurut narasi warga sekitaran, tahun 80 an ialah masa keemasan dari Danau Mawang. Pasalnya tahun itu terjadi kenaikan jumlah pengunjung, karena faksi pengurus melangsungkan beberapa kegiatan hebat untuk dicoba. Dimulai dari lomba dayung dan rangkaian kegiatan hebat dapat dilaksanakan, hingga tidaklah aneh bila wisata ini dari dulu telah terkenal dikenali khalayak luas.

Tujuan wisata alam satu ini juga sering dijadikan spot terbaik untuk melihat sunrise atau sunset. Hingga tak perlu bingung bila lokasi wisata ini akan makin dipenuhi pengunjung ketika waktu tertentu. Bahkan juga keelokan yang tertorehkan Danau Mawang, mengundang beberapa pencinta photografi untuk mendokumentasikan peristiwa terbaik setiap peluang. Hasil bidikannya juga terlihat keren karena keelokan danau asri sebagai latar belakangnya.

Sesudah senang memburu spot terbaik, pengunjung bisa juga duduk rileks di pinggiran telaga sambil nikmati angin sepoi-sepoi yang menegur. Embusan angin halusnya ini membuat pemikiran jadi lebih tenang, hingga benar-benar pas dijadikan tempat terbaik untuk melepas depresi di pemikiran. Cukup dengan duduk rileks sepanjang beberapa saat saja, Anda juga kembali fresh.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Danau Mawang

Fasilitas Danau Mawang
Photo Credit: Allank90

Pahami bila tujuan wisata ini demikian disukai pengunjung, faksi pengurus juga menambah dengan beberapa sarana simpatisan. Karena ada sarana mencukupi, diharap pengunjung lebih kerasan lama-lama di teritori wisata dan punya niat kembali di lain kali. Beberapa sarana simpatisan itu bukan sekadar spot memancing saja, karena ada banyak sarana yang lain yang siap penuhi keperluan pengunjungnya.

Dijadikan tempat membudidayakan bermacam tipe ikan tawar, hingga bukan jadi panorama asing saat menyaksikan beberapa nelayan terlihat melaut mencari duanya. Nelayan itu bertambat dengan perahu rakit simpel, yang dirasakan sukses munculkan kesan-kesan unik tertentu. Biasanya perahu itu akan bawa nelayan sampai ke tengah danau, karena disitulah ikan tawar memiliki ukuran besar bergabung.

Tidak jauh dari lokasi wisata danaunya, kelihatan sebuah taman elok yang sangat menarik untuk didatangi. Bahkan juga pengunjung yang menyengaja tiba dari jarak jauh juga dapat menyaksikan keelokannya semakin lama, karena tidak jauh dari lokasi wisata sudah berdiri beberapa pemondokan. Akhirnya Anda bisa istirahat secara nyaman sambil nikmati daya tariknya dari terlalu jauh. Jumlahnya sarana yang disiapkan, ditanggung pengunjung berasa kerasan ada disitu.

Saat lagi menginjakkan kaki di tanah Makassar, tidak ada ruginya berkunjung Danau Mawang sebagai pendamping hari liburan Anda. Meskipun ukuran danaunya tidak besar, tetapi keelokan yang disuguhinya selalu sukses membuat pengunjung jatuh cinta padanya. Lokasinya juga ada lumayan dekat dengan kota Makassar, hingga benar-benar gampang diketemukan dan menjadi alternative terbaik untuk melepas capek di pemikiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.