Danau Linting, Danau Cantik Nan Asri dengan Pesona Air Hangat Deli Serdang

Danau Linting, Danau Cantik Nan Asri dengan Pesona Air Hangat Deli Serdang
Alamat: Rumah Rih, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Danau Linting salah satunya rekreasi alam yang kaya daya tarik di Deli Serdang. Danau cantik yang asri sama air berasa hangat, kerap berbeda warna dan dikitari pohon-pohonan hijau yang menambahkan kesan-kesan eksotis.

Danau Linting sebuah danau yang menyajikan daya tarik alam yang magic. Danau itu menjadi alternative beberapa pelancong yang memerlukan situasi alam yang tenang. Teritori danau demikian asri hingga beberapa pelancong kerasan bertandang ke sini. Panorama hijau oleh pohon-pohonan beringin seakan menyongsong kehadiran beberapa pelancong secara ramah.

Asal-usul terciptanya danau ini ialah akibatnya karena retakan vulkanik dari bukit yang keluarkan air panas. Daya tarik magic danau itu benar-benar terkenal hingga membuat beberapa pelancong ingin tahu dengan kemunculan danau itu. Danau selebar 1 hektar itu sebagai danau yang unik karena tidak ada satu juga orang yang ketahui berapa kedalaman danau ini.

Karena aslinya dari retakan vulkanik, karena itu air Danau Linting sebagai air panas. Disamping itu, air danau keluarkan uap panas yang paling berguna untuk kesehatan badan. Konon, uap panas dari danau itu bisa beri kesegaran badan dan mengobati penyakit gatal-gatal. Hingga beberapa pelancong banyak yang merendam di danau ini.

Pesona yang Dipunyai Danau Linting

Pesona Danau Linting Deli Serdang
Photo Credit: Rima Melati

Sumatera Utara tidak cuma mempunyai danau vulkanik paling besar di dunia seperti Danau Toba saja, namun Sumatera Utara memiliki danau yang lain tidak kalah menariknya untuk ditelusuri yakni Danau Linting. Pohon-pohonan hijau yang besar melingkari danau itu hingga panoramanya makin kelihatan cantik.

Beritanya, danau ini dulu sebagai teritori bukit-bukit. Selanjutnya teritori bukit-bukit itu musnah dan ganti dengan bentangan air karena suara ledakan keras yang diikuti gempa yang selanjutnya jadi sebuah danau. Karena wujud danau itu bundar hampir prima, karena itu diberi nama Linting dari kata melinting yang mempunyai makna melingkar.

Danau ini termasuk unik karena dibanding sama air danau yang lain, berbau belerang di air danau ini tidak demikian menusuk. Terletak lumayan jauh dari gunung berapi tetapi danau ini memiliki kandungan belerang yang aslinya masih jadi mistis. Warna air danaunya kerap berbeda sendirinya. Kadang air danau ini warna biru, hijau tosca, bahkan juga biru kehijauan.

Faksi pengurus Danau Linting tidak membolehkan beberapa pelancong untuk berenang dan mandi ke tengah danau karena kedalaman danau ini benar-benar misteri. Bahkan juga tidak ada satu juga orang yang ketahui kedalaman danau itu. Warga sekitaran danau menyangka jika danau ini peluang wujud danau ini ibarat sumur yang demikian dalam.

Danau yang berkesan mistik ini memiliki beragam keyakinan yang berkembang dalam masyarakat. Keyakinan itu diantaranya ada seorang putri elok yang menempati danau, larangan anak lelaki mandi di danau, larangan tidak untuk bicara kasar dan kotor dan larangan untuk berlaku tinggi hati.

Keyakinan itu dipatuhi oleh warga sekitaran karena bila ada yang menyalahi larangan-pantangan yang sudah disebut sebelumnya, karena itu penghuni danau akan memberi hukuman aktor pelanggaran dengan menenggelamkannya ke danau. Anak lelaki dilarang mandi di danau karena anak itu akan dibawa ke dasar danau bila penghuni danau menyenanginya.

Air panas yang dibuat oleh danau yang tercipta karena retakan vulkanik ini dipercayai bisa mengobati penyakit gatal-gatal kulit. Hal itu jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pelancong yang bertandang. Beberapa pelancong banyak yang merendam saat bertandang di danau ini tetapi cuma merendam di pinggir danaunya saja.

Danau ini terhitung salah satunya danau sangat jarang di Indonesia karena jarang sekali diketemukan danau air panas di Indonesia. Beritanya, cuma ada dua danau hydrothermal di Indonesia, satu diantaranya ialah Danau Linting ini. Danau hydrothermal lainnya ialah Danau Segara Anak yang terletak ada di Gunung Rinjani.

Lokasi Menuju ke Tempat Wisata Danau Linting

Lokasi Danau Linting Deli Serdang
Photo Credit: Itcan Nasution

Lokasi danau air panas ini ada pada ketinggian 2.003 mdpl. Letak danau itu di wilayah Kabupaten Deli Serdang. Situasi yang disuguhi sangat berlainan dengan situasi perkotaan karena situasi di danau ini demikian tenang dan jauh dari keributan hingar-bingar perkotaan.

Kabupaten Deli Serdang memiliki dua kecamatan yakni Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir dan HIlir. Danau vulkanik itu ada di STM Hilir. Hingga Anda yang dari luar wilayah dapat semakin gampang mendapati letak tempat rekreasi itu.

Danau itu secara administratif ada dalam tiga daerah yaitu dusun Gunung Manumpak, Dusun Durian IV Mbelang, dan dusun Sibunga-bunga. Untuk ke arah lokasi, Anda dapat memakai kendaraan individu atau angkutan umum. Jarak danau dengan Kota Medan sekitaran 70 km sama waktu menempuh perjalanan lebih kurang 1,5 jam.

Karena Danau Linting ini belum terlampau terkenal dan belum terlampau akrab dalam telinga beberapa pelancong, hingga perjalanan yang Anda menempuh ke arah teritori rekreasi ini bisa banyak menjumpai persilangan dan cukup berkelok. Sedikit papan panduan instruksi ke arah lokasi hingga Anda dapat menanyakan pada warga sekitaran saat akan ke arah lokasi.

Bila memakai kendaraan individu, Anda dapat pergi dari pusat Kota Medan dengan pilih salah satunya antara dua jalur. Jalur pertama ialah melalui Delitua lalu ke arah Patumbak. Kemudian, Anda masuk ke perkampungan Talun Kenas, Siguci, Kurajurung, selanjutnya Tiga Johar. Tidak jauh dari sana Anda akan sampai di lokasi.

Jalur yang ke-2 ialah lewat Simpang Terminal Amplas. Dari terminal Anda dapat meneruskan perjalanan ke Dusun Talun Kenas selanjutnya melalui Dusun Siguci dan Kota Jurung. Sesaat Anda akan sampai ke arah lokasi.

Perjalanan yang Anda menempuh ialah sekitaran 2 jam. Sepanjang perjalanan Anda dapat menanyakan pada warga sekitaran untuk memperoleh instruksi yang terang ke arah lokasi. Sejauh perjalanan Anda akan melalui jalanan dengan beberapa tikungan yang tajam dengan keadaan jalan yang Beberapa hancur dan beberapa jalan yang lain ada lubang yang menganga.

Walau sejauh perjalanan Anda menjumpai keadaan jalan yang tidak demikian bagus semacam itu, Anda pasti bisa lupakan rasa kecewa saat itu juga saat melalui jalanan yang ada bentangan sawah hijau, kebun karet, bukit-bukit, perkebunan kakao, dan perkebunan kelapa sawit yang terhampar disebelah samping kiri dan kanan jalan.

Karena ada panorama yang terhampar di samping kiri dan kanan jalan yang mempersejuk mata, tentu saja Anda akan jadi lebih semangat sejauh perjalanan dan Anda juga bisa nikmati perjalanan kembali dan kemauan Anda untuk sampai di tempat rekreasi arah makin besar.

Bila memakai angkutan umum, Anda dapat pergi dari Terminal Amplas Medan dengan naiki angkutan perdesaan. Anda perlu mempersiapkan bujet sekitaran Rp 20.000 untuk ongkos angkutan perdesaan itu. Tetapi, angkutan perdesaan tidak bisa mengantarkan Anda segera ke arah titik lokasi hingga Anda harus jalan kaki lumayan jauh ke arah ke arah tempat rekreasi.

Biaya Ticket Masuk Wisata Danau Linting

Tiket Danau Linting Deli Serdang
Photo Credit: Nuwailah Nuh

Rekreasi alam Danau Linting dibuka untuk umum tiap hari Senin-Minggu jam 08.00-17.00 WIB. Harga ticket masuknya benar-benar dapat dijangkau yakni Rp 10.000. Harga itu bisa berbeda setiap saat saat musim berlibur. Waktu terbaik untuk bertandang ke danau itu ialah saat pagi hari karena angin segar di danau bisa Anda cicipi dengan bebas dan belum terlampau terik mataharinya.

Ongkos parkir sepeda motor ialah Rp 5.000, dan ongkos parkir mobil ialah Rp 10.000. Lokasi rekreasi danau ini telah dikasih pagar pemisah disekitaran pinggiran danau hingga tempat rekreasi ini benar-benar aman bila Anda ajak anak-anak bertandang ke sini.

Untuk nikmati keelokan danau di pinggiran, Anda dapat sewa alas untuk sekedar duduk rileks dengan ongkos sekitaran Rp 10.000-Rp 20.000. Anda bisa juga sewa pondok dengan ongkos Rp 25.000. Tak perlu cemas kelaparan karena disekitaran danau banyak warga yang jualan minuman dan makanan pada harga yang dapat dijangkau.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Danau Linting

Kegiatan Danau Linting Deli Serdang
Photo Credit: Nuwailah Nuh

Suh air yang dipunyai danau vulkanik ini ialah sekitaran 30℃ dan memiliki kandungan belerang yang baunya tidak menusuk seperti danau vulkanik yang lain. Kandungan belerangnya dipercayai sanggup mengobati penyakit gatal-gatal kulit dan memperlancar peredaran darah. Merendam air panas di sini cuma dibolehkan di pinggir danau saja, tidaklah sampai ke tengah.

Pohon beringin besar disekitaran danau jadi sandaran alami untuk ayunan di tepi danau. Anda dapat manfaatkan ayunan ini untuk nikmati keelokan danau sekalian santai. Ayunan itu bisa Anda untuk jadikan spot photo yang instagramable karena benar-benar unik. Letak ayunan ada pas di atas pinggiran danau hingga kaki Anda pasti tergenang air.

Pohon beringin yang berjajar di tepi Danau Linting membuat situasi nyaman dan teduh. Anda bisa santai sambil nikmati keelokan danau dengan melangsungkan alas di tepi danau. Anda bisa juga beli minuman dan makanan sekalian duduk santai di tepi danau. Anda dapat sewa alas untuk Anda duduk santai sekalian melahap minuman dan makanan.

Ada beberapa spot di tempat danau yang bisa Anda untuk jadikan background photo. Seperti misalnya, saat Anda bermain ayunan di tepi danau, berpose di spot dengan pagar pemisah yang beralas kayu, saat duduk rileks di tepi danau, saat duduk di pondok, dan lain-lain.

Selainnya sewa alas untuk dipakai duduk santai di tepi danau, Anda bisa juga sewa pondok sekalian pesan minuman dan makanan yang dipasarkan di beberapa warung sekitaran danau. Untuk sewa pondok, Anda diwajibkan bayar ongkos sewa. Ponsok yang Anda sewa dapat Anda pakai secara bebas beberapa saat sepanjang Anda ada disitu.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Danau Linting Deli Serdang

Fasilitas Danau Linting Deli Serdang
Photo Credit: khaidir nasty

Walau nama tempat rekreasi ini sedikit dijumpai pelancong karena belum terlampau terkenal, tetapi sarana yang disiapkan oleh faksi pengurus cukup komplet seperti tempat parkir, gazebo, pondok, persewaan alas, warung makan, toilet umum, Mushola, pemondokan sampai spot photo ayunan.

Dengan bekal bujet yang minimalis, Anda bisa habiskan berlibur Anda dengan keluarga di danau vulkanik ini. Bahkan juga, tidak cuma nikmati keelokan Danau Linting saja, tetapi Anda bisa juga rasakan faedah merendam air panas yang dipercayai bisa hilangkan penyakit gatal-gatal kulit dan memperlancar peredaran darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.