Danau Linow, Danau Vulkanik Eksotis yang Memiliki Tiga Warna di Tomohon

Alamat: Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 30.000
Google Maps: Cek Lokasi

Objek wisata yang ada di Indonesia memang berbagai. Beberapa ada yang gemari dengan objek wisata gunung, ada juga yang menyukai pantai, air terjun sampai danau-danau elok yang ada di tiap daerah. Seperti yang ada di kota Tomohon, topografi yang dimilikinya memang diapit dengan 2 gunung yaitu gunung Lokon dan gunung Mahawu. Ini membuat kawasan terasa begitu sejuk. Alamnya elok karena ada sajian khusus panorama pegunungan dan bukit-bukit. ada bunga yang tumbuh subur di sekitar kawasan ini dan membuat mendapat panggilan Kota Seribu Bunga.

Arah yang kenal didengar adalah Danau Linow. Objek wisata ini sebagai danau 3 warna di Tomohon yang mempunyai jarak 30 km dari Kota Manado atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Danau Linow juga bisa dilaksanakan 3 km arah ke barat dari Kota Tomohon. Kelak, sejauh perjalanan pengunjung bisa melihat pemandangan hijau daari bukit-bukit yang banyak dengan pohon-pohonan begitu besar. Ada juga Gunung Lokon yang aktif untuk ikut jadi panorama dan tersaji di Tomohon.

Mengenal Wisata Danau Linow

Terkadang danau ini warna hijau pekat, tapi berapakah jam seterusnya ada perubahan. Di mana warna hijau berpadu biru dan putih lebih pimpin. Menurut cerita rakyat ini karena ada komponen belerang yang ada di dalamnya dan terserang cahaya matahari.

Mempunyai wujud memang hampir segitiga sempurna yang membuat gunung ini seakan memanjakan mata dengan pohon-pohonan yang hijau. Pengunjung tak perlu kuatir jika sampai di dekat Danau Linow dan ada bau belerang, bau ini datang dari belerang yang disebutkan sisa letusan Gunung Mahawu yang terjadi beberapa ratus tahun tempo hari.

Linow sendiri sebagai kata yang dari Minahasa yakni Lilinowan dan mempunyai makna tempat berkumpulnya air. Kelak di danau ini pengunjung bisa melihat warna air yang mampu berlainan. Seperti warna hijau, biru dan kuning kecoklatan. Perubahan ada karena ada komponen belerang yang tertimbun dalam danau daan pembiasan daan refleksi sinar matahari. Hal ini juga yang menyebabkan warna air di Danau Linow bisa berlainan.

Pengunjung bisa datang saat pagi hari saat udara masih begitu bersih, karena ketika berikut sebagai waktu terbaik agar bisa cicipi keindahan Danau Linow. Ada satu yang paling disayangi adalah ketenangan dan kesejukan yang ada di dekat objek wisata. Sayang pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang karena kandungan belerang cukup tinggi yang bisa membuat tubuh cidera atau bahkan punya pengaruh fatal.

Biaya Tiket dan Lokasi Ke Danau Linow

Biaya Danau Linow

Photo Credit: Sriii

Untuk masuk ke arah tempat danau ini hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 30.000 saja. Tidak hanya itu, pengunjung bisa memperoleh secangkir teh atau kopi dengan cicipi pemandangan alam di sekitar. Jika ingin yang dapat lebih dicapai kembali, pengunjung bisa turun ke warung di bagian bawah yang cuma membutuhkan RP. 5000 dan bisaa cicipi keindahan dari Danau Linow dari tepian.

Berkunjung ke Danau Linow jadi pengalaman menyenangkan dan menakjubkan. Dengan melihati keindahan danau alami ini membuat kita semakin ketahui bagaimana keagungan Tuhan dan dilimpahkannya keindahan itu pada Indonesia. Danau Linow sebagai segi kecil dari banyaknya daya magnet wisata di daerah lain. Kemampuan air yang lain warna sebagai daya magnet khusus untuk wisatawan baik lokal atau luar negeri.

Danau tiga warna ini berada di Sulawesi Utara, Kota Tomohon. Tepatnya berada di dekat batasan jalan Tomohon-Kawangkoan Kelurahan Lahendong dan Kecamatan Tomohon Selatan.

Agar sampai di lokasi, waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 1/2 jam dari pusat kota. Bila pengunjung tiba dari kota Manado karenanya keseluruhnya saat yang dibutuhkan adalah satu 1/2 jam dengan turuti jalur naik Tinoor. Sayang jika diserang macet tentu semakin panjang kembali saat yang dibutuhkan.

Pengunjung juga bisa mengambil jalan khusus Manado-Tomhon sampai di pusat kota yang sudah dituruti tempat bundaran sampai menjumpai pertigaan. Baru jika belok kiri karena itu ke Tondano. Sementara jika lurus terus bisa ke Temangkoan. Arah yang terakhir ini yang perlu diambil, dituruti terus jalur ini dan ada papan pengakuan besar yang memberi tutorial arah jalan ke lokasi Danau Linow. Sementara dari Manado atau pusat kota Tomohon, pengunjung semestinya belok kiri dari papan panduan itu. Jaraknya tidak terlalu jauh dan meringkas perjalanan.

Dulunya, Danau cantik ini sebagai kawah alam hasil dari letusan gunung berapi. Danau ini terbentu sekitar 500 ribu tahun kemarin. Selain cicipi keindahan danau, pengunjung juga bisa berkeliling di tepian danau sekaligus berfoto. Asal saat berada di sekitarnya harus siaga. Tentu ini sebagai pengalaman menyenangkan melihat keindahan alam yang mana memiliki danau dengan kemampuan berlainan warna.

Dasar dari danau ini memiliki gelembung-gelembung air yang naik dan tiba dari gas belerang dalam tanah. Mempunyai karakter panas karena ada belerang, pemandian air panas yang terkenal di daerah Lahendong informasinya dekat dengan wisata ini. Di tepian danau telah dibikin instalasi geoternal punyai dari Pertamina. Tidak aneh jika di Lahendong ada PLTPB atau listrik tenaga panas bumi.

Pesona Unik yang Ada di Danau Linow

Pesona Danau Linow

Photo Credit: Peter L

Bukan hanya untuk objek wisata saja tetapi danau ini sering jadi tempat untuk beberapa pasangan mendokumenkan moment-nya untuk prewedding. Beberapa pengunjung kerap merasakan dan melihat pasangan yang kerjakan foto prewedding di danau ini. Tidak hanya itu, ada juga mereka yang membuat video klip di tepian atas danau. Tempat ini cukup komplet untuk bermacam hal yang berkaitan dengan fotografi.

Harga ticket per-orang di danau ini adalah Rp 25.000. Tetapi untuk keperluan fotografi biasanya ada biaya sendiri yang penting dibayarkan. Maka dari itu semestinya bertanya pada petugas yang ada berkenaan biaya untuk kerjakan foto pre wedding. Wisata di Danau ini membuat pengalaman makin warna dan berkesan.

Pengunjung juga bisa santai sekaligus cicipi berkeliling menggunakan jalan yang telah dibikin. Jalan untuk ke bibir danau ini dibikin dari kayu dan bambu yang telah dibikin mirip sebuah dermaga. Baru cocok di ujung jalan ada sarana wisata yang berwujud perahu kayuh dan kano yang bisa dicarter. Perahu kayuh ini bisa berisi empat orang dengan ongkos sewa pada harga Rp. 50.000 /jam. Sementara kano sekitar Rp. 60.000 per jamnya. Menggunakan perahu kayuh dan kano ini pengunjung bisa melingkari semua tempat. Tetapi dilarang mendekat ke segi danau yang dialiri sumber air panas karena berefek.

Tidak hanya itu, pengunjung juga harus siaga cuaca. Terutamanya saat musim hujan, saat menggunakan kano atau perahu kayuh supaya lebih waspada karena perahu bisa oleng catat ada angin atau ombak yang tinggi.

Daya magnet dari Danau Linow ini tidak bisa dipungkiri benar-benar menarik hati. Cuaca akan terasa sejuk saat pagi atau sore hari. Panas matahari akan berkurang dan berada di danau akan terasa makin nyaman dengar kicauan burung di sekitarnya. Udara sejuk dan fresh ini cocok untuk membuat pertimbangan kembali fresh.

Keindahan Danau Linow adalah ada dari kemampuannya untuk berpindah jadi 3 warna. Ini karena ada kandungan belerang di dalamnya dan peristiwa alam. Cicipi waktu santai di danau ini adalah pilihan cocok saat hari berlibur atau akhir pekan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Danau Linow

Kegiatan Danau Linow

Photo Credit: Dimas Philipinanto

Pertamanya kali Anda menginjakkan kaki di kawasan ini bau menyerang keunikan belerang akan menyapa. Tapi keadaan yang sejuk dengan pemandangan pegunungan dan bukit-bukit akan membuat Anda kagum. Selain itu Anda dapat melakukan aktivitas menarik seperti berikut ini.

Eloknya Danau Linow Tomohon betul-betul sayang jika tidak dicicip. Satu diantaranya cara agar bisa mengagumi akan kecantikannya dengan berkeliling di tepian danau. Tetapi janganlah sampai berpikiran atau bahkan berani berenang, karena tingkat belerang yang cukup tinggi bisa membuat orang celaka.

Selain keindahannya, lingkungan sekitar danau sejuk. Sampai Anda bisa cicipi keasrian alam dan berikan kesegaran pertimbangan darti rutinitas tiap hari. Terlebih jika Anda melawat pagi hari, karena waktu itu adalah saat yang terbaik berada di kawasan danau ini.

Berfoto kerap jadi aktivitas yang tidak boleh terlintasi saat berada di tempat wisata. Apalagi background yang akan menghiasi foto Anda masih alami dan tidak ada turut serta manusia. Karenanya bisa dipertegas jika hasil yang didapatkan nantinya akan terlihat natural serta eksotis.

Untuk mendapat hasil sasaran yang baik Anda harus pandai tetapkan beberapa titik spot terbaik. Misalkan saja di tepian danau dengan latar belakang Gunung Lakon atau bukit-bukit yang banyak pohon-pohonan hijau.

Bisa juga saat danau berlainan warna dan Anda mendokumenkan kejadian itu, betul-betul betul-benar menyenangkan bukan bisa melihat kejadian alam langsung. Kapan kembali merasakan satu hal yang jarang dan tidak bisa Anda peroleh di tempat lain bila tidak di Danau Linow Tomohon.

Kegiatan Lain Danau Linow

Photo Credit: Dipo Andimuharrom

Rileks pada tempat makan atau restoran saat ini jadi kegiatan yang sering dikerjakan oleh orang. Lantas bagaimana rasanya jika Anda rileks ditemani dengan pohon-pohonan hijau dan panorama alam seperti Danau Linow. Tentulah kesan-kesan berbeda akan Anda alami.

Cukup bayar Rp 25.000 karenanya Anda dapat cicipi sajian alam dan secangkir teh atau kopi panas di lokasi yang kece. Tapi jika terlalu mahal silahkan datang ke warung bawah untuk menyesap kopi di tepian Danau.

Bukan hanya rileks dengan 1 cangkir minuman hangat saja tapi beberapa lokasi pemasok kuliner juga bisa Anda peroleh disana. Tak perlu kuatir akan olahan yang ditawarkan karena makanan halal telah siap siaga untuk Anda cicip di tengah keindahan alam danau unik tiga warna ini.

Itu sekilas ulasan berkenaan beberapa aktivitas bagus yang dapat Anda lakukan saat berlibur ke Danau Linow Tomohon. Walaupun fasilitasnya tidak sekitaran arah lain, tapi panorama alam seperti perubahan warna air danau sebagai hal jarang yang tidak Anda temui pada tempat lain.