Curug Parigi, Air Terjun dengan Pemandangan Alam Memukau di Bekasi

Curug Parigi, Air Terjun dengan Pemandangan Alam Memukau di Bekasi
Alamat: Cikiwul, Kec. Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Sejauh ini kota Bekasi memang dikenali sebagai kota yang penuh kemacetan dan penuh keributan. Siapa kira dibalik dari julukannya itu, kota ini mempunyai wisata alam yang dirasakan sanggup jadi udara segar untuk masyarakatnya. Tempat ini dirasakan benar-benar pas dikunjungi saat ingin melipur diri, saat pemikiran sedang capek karena padatnya aktivitas. Supaya mengenali lebih dekat sama Curug satu ini, silakan baca pembahasan ini.

Mengenal Wisata Curug Parigi di Bekasi

Mengenal Curug Parigi
Photo Credit: Andi Saputra 

Sama seperti yang disebutkan awalnya, bila Curug satu ini sisa galian batu untuk bahan pembagunan untuk Jalan Raya Narahong. Saat itu, ada sebuah bukit batu yang tidak dapat diperpecahkan walau sudah memakai beragam langkah. Saat jalan itu sudah usai dibuat, masyarakat juga menambang pasir dari sisa bukit batu itu. Makin bertambah pasir yang dikeduk, tempat penambangan kelihatan makin cengkung dan jadi Curug sama seperti yang sekarang ini dikenali.

Walau terlihat seperti Curug secara umum, tidak boleh mengharap bila nuansanya seperti yang dipikirkan, karena temperatur dan suasanya tidak memberikan dukungan, karena airnya keluarkan berbau busuk. Bahkan juga air yang terjun kelihatan berbusa dan keluarkan berbau yang cukup menusuk di hidung. Ditambah dengan jumlahnya sampah dari pengunjung yang buang sampah asal-asalan, dirasakan benar-benar sayang.

Untungnya faksi pemerintahan di tempat mengatur tempat ini, supaya jadi lokasi rekreasi yang nyaman untuk didatangi. Bahkan juga dalam rencanaya, Curug bikinan ini akan disihir jadi taman rekreasi yang diperlengkapi dengan akses jalan yang gampang dilewati kendaraan. Diharap dengan pembaruan itu, kekuatan keelokannya tidak lenyap demikian saja dan menjadi tujuan favorite keluarga.

Pesona yang Dimiliki Alam Curug Parigi

Pesona Curug Parigi
Photo Credit: I Made Suryadi

Semenjak pertama kalinya menyaksikannya, mata pengunjung akan dimanja dengan panorama sekitaran curug yang demikian memesona. Rupanya keelokannya itu telah ada dari dulu, tetapi ketenarannya makin bertambah semenjak menjadi satu diantara lokasi ambil gambar pada film di zaman 80an. Bahkan juga kehadiran Curug cantik satu ini kembali terkenal akhir-akhir terakhir.

Curug ini kembali terkenal semenjak dikenalkan di sejumlah posting instagram, di mana kelihatan cantiknya gemericik air yang turun dari air terjun mini ini. Berasa jika tempat itu patut didatangi, beberapa orang yang selanjutnya berbondong bondong bertandang ke lokasi rekreasi air itu. Walau sebenarnya saat sebelum terkenal seperti saat ini, lokasi ini sering dikunjungi oleh beragam komune praktisi alam bebas.

Beberapa komune yang tiba juga tidak main main seperti komune photografi, komune kayuh, dan ada banyak kembali. Selainnya komune, masyarakat sekitaran juga sering berkunjung tempat ini disaat ingin beri kesegaran kembali pemikiran. Bagaimana tidak, daya tariknya yang sama dengan Curug Malela ini demikian mengundang perhatian walau tidak tercipta secara alami. Betul, kehadiran Curug satu ini disebabkan oleh tangan manusia yang usil.

Siapa kira dibalik keelokan alamnya yang menarik, ada narasi pilu di belakangnya. Dulunya tempat ini dikenali sebagai tempat sisa tambang pasir atau galian pasir, di mana sisa galian itu pada akhirnya membuat ketinggian yang lain. Dari ketidaksamaan tinggi itu, membuat bak air terjun mini yang kelihatan alami. Di mana ketinggian Curug capai 2 mtr., dengan lebarnya yang capai 20 mtr..

Keelokannya juga berbeda ganti, bergantung dari debet air yang turun dari bibir Curug. Saat debet air yang ditumpahkan tidak banyak, panorama Curug ini juga kelihatan biasa-biasa saja. Berlainan saat debet airnya saat melipah, yang membuat kelihatan cantik yang memikat buat disaksikan. Oleh karena itu, saat yang pas untuk berkunjung tempat ini ialah pada musim hujan karena debet air kelihatan demikian berlimpah.

Lokasi dan Biaya Ticket Wisata Ke arah Curug Parigi

Lokasi Curug Parigi
Photo Credit: Asep Dodi

Untungnya air terjun ini telah diatur baik oleh pemerintahan di tempat, di mana pengunjung perlu membayar ticket masuk sekitaran 2 beberapa ribu saja. Tetapi ada peluang biaya ticket masuk akan naik, ingat niat pemerintahan yang ingin meningkatkan Curug ini jadi lokasi rekreasi yang lebih pantas. Dan untuk biaya parkirnya, pengunjung dapat dikenai biaya sekitaran 5 beberapa ribu saja dan dapat menikmatinya sepanjang 24 jam non-stop.

Ada cara-cara yang dapat dilakukan saat ingin sampai ke lokasi rekreasi ini. Ingat terletak yang tidak jauh dari kota Jakarta, pengunjung dapat manfaatkan lajur dari kota itu. Bahkan juga beberapa dari pengunjung, sebagai masyarakat Jakarta yang umum berkunjung lokasi ini diakhir minggu. Silakan lakukan perjalanan ke arah Mall Mega Bekasi, untuk ke arah Jalan Naroogong.

Disana anda dapat meneruskan perjalanan ke Bantargebang untuk cari Pasar Bantargerbang. Saat telah melalui pasar itu, cari pangkalan TNI Gagalyon Armed 7 yang mempunyai jarak sekitaran 300 mtr. saja. Disana anda dapat masuk ke gang di samping kanan jalan, yang nanti bawa anda ke arah lokasi rekreasi Parigi langsung.

Dan untuk anda yang dari arah Bogor atau Depok, akses yang penting dilewati dirasakan lebih dekat karena terletak yang ada di tepian Bekasi dan Bogor. Nanti anda dapat meneruskan perjalanan ke arah pangkalan TNI Gagalyin Armed 7. Bila dari arah Bogor atau Depok, silakan masuk ke gang yang ada di samping kiri jalan yang terletak saat sebelum pangkalan TNI. Turuti saja jalan di gang itu untuk dapat sampai di lokasi rekreasi.

Fasilitas Curug Parigi
Photo Credit: Aan adi gunawan

Jika anda datang dari arah Karawang dan ingin ke arah lokasi rekreasi ini, dapat dilaksanakan dengan pergi ke Cikarang lebih dulu. Silakan turuti saja lajur Kalimalang, yang nanti bawa anda ke arah universitas Unisma. Dari jarak dekat Universitas itu anda dapat menyaksikan ada lampu merah, dan mengambil jalur kiri untuk belik ke itu. Turuti kembali jalan itu sampai mendapati lampu merah kembali, dan silakan belok arah ke kiri kembali.

Selesai belok dari lampu merah ke-2 , silakan lempeng saja turuti lajur yang ada. Nanti anda akan mendapati pangkalan TNI sebagai dasarnya. Silakan masuk ke gang yang berada di dekat lokasi itu, yang dijumpai ke arah langsung ke arah tempat rekreasi air itu. Saat masuk gang itu, pengunjung akan hadapi dengan medan yang cukup susah.

Kurang lebih berapa susah medan yang perlu dilalui ? Pengunjung akan hadapi dengan jalanan curam serta riskan longsor. Oleh karena itu diperlukan kefokusan tinggi dan berhati-hati, supaya tidak ada hal yang tidak diharapkan saat sebelum sampai di lokasi khusus. Bahkan juga seringkali tempat itu terjadi erosi tanah, yang kemungkinan dapat terjadi kapan saja. Hingga tak perlu bingung mengapa air terjun mini ini tidak kelihatan jernih seperti Curug umumnya.

Tidak ada yang dapat menampik keelokan Curug satu ini, di mana pengunjung dapat dengar suara deru air yang turun dari ketinggian tertetu. Nuansanya yang asri yang cantik, membuat banyak didatangi oleh pelancong lokal atau luar wilayah. Bahkan juga lokasi rekreasi ini seringkali didatangi oleh beberapa pencinta photografi, untuk memperoleh mendokumentasikan ciptaan Tuhan yang hebat cantik itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.