Curug Luhur Bogor, Perpaduan Air Terjun Cantik dengan Waterpark

Alamat: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 35.000
Google Maps: Cek Lokasi

Curug Luhur, wisata air favorite di Bogor yang populer dengan keelokan alamnya dan kesegaran air terjun pegunungan. Dekat air terjun ada water park yang memikat buat Anda datangi.

Berlibur akhir minggu benar-benar cocok jika Anda bertandang ke air terjun, ditambah Indonesia dikenali banyak memiliki wisata alam yang cantik. Dengan mempunyai daerah daratan tinggi dan pegunungan, jadi tidak mengejutkan jika Bogor mempunyai banyak wisata curug. Salah satunya yang dapat untuk Anda kunjungi adaah Curug Luhur. Dikitari tebing yang banyak oleh tumbuhan yang menghijau, tentunya Anda akan terbius daya tariknya. Seperti apakah keelokan air terjun satu ini?

Pesona yang Dimiliki Curug Luhur Bogor

Pesona Curug Luhur Bogor

Photo Credit: Genta Balfas

Bertandang ke arah tempat yang hijau dan masih alami bisa menjadi satu diantara langkah untuk hilangkan depresi dan capek. Saat Anda sedang ada di Bogor, karena itu hal itu sudah pasti bisa secara mudah untuk Anda dapatkan, salah satunya dengan berkunjung Curug Luhur.

Untuk masyarakat Bogor dan sekelilingnya, wisata satu ini memang lumayan terkenal. Bagaimana tidak ketika ada di sini Anda akan disuguhi sama air terjun kembar dan situasi alam yang paling cantik. Bahkan juga panorama yang Anda peroleh sepanjang perjalanan akan membuat Anda terbawa.

Masalahnya Anda akan melalui sawah hijau yang luas menghampar. Tidak itu saja bukit bukit yang berada di sejauh perjalanan akan membuat hati jadi tenang. Sesampai di sini, Anda akan dibikin lebih takjub dengan sejuknya air yang berada di pegunungan. Di sini, Anda bisa juga untuk mendapati kolam air yang pas ada di bawah air terjun.

Untuk dapat melewatinya, karena itu Anda perlu untuk lakukan perjalanan dengan trackking yang cukup turun dan melingkar. Namun, lajur yang cukup sulit bisa Anda lewati secara mudah karena nanti Anda akan disuguhi dengan panorama yang paling cantik dan tidak membuat Anda sedih.

Dengan mempunyai ketinggian sekitaran 50 mtr., Anda akan menyaksikan cantiknya air terjun ketika ada di sini. Dan untuk kolamnya sendiri yaitu mempunyai kedalaman yaitu sekitaran 7 mtr. sesudah ditempatkan material sebagai salah satunya usaha membuat perlindungan pengunjung supaya semakin aman.

Pas di samping kolam, nanti Anda bisa untuk mendapati air terjun yang memiliki ukuran lebih kecil. Tetapi, air terjun itu bukan sebagai air terjun alami tetapi bikinan. Karena ada air terjun itu akan menambahkan keelokan pemandangan yang berada di tempat wisata ini.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Luhur

Alamat Curug Luhur Bogor

Photo Credit: Ayyara Nesia

Ada di Bogor membuat Anda dapat berkunjung Curug Luhur dari lajur mana saja. Pertama, jika Anda datang dari Jakarta karena itu Anda dapat ambil jalan ke arah kebun raya empang. Di mana jalan ini akan mempunyai arah yang nanti menembus ke Cikaret. Seterusnya, perjalanan akan ke arah Ciapus.

Dan Anda nanti akan melalui wilayah berbentuk perkampungan, baru Anda dapat sampai ke wilayah arah. Jika Anda pergi dari Jakarta, karena itu jarak yang hendak Anda menempuh ialah lebih kurang sekitaran 76 km sama waktu yaitu sekitaran 2 jam. Walau perjalanan termasuk meletihkan, tetapi hal itu akan terbayarkan saat bertandang ke sini.

Disamping itu, untuk masyarakat Bogor Anda bisa juga lakukan perjalanan yaitu melaluui Leuwiliang. Lajur ini sebagai salah satunya jalan alternative yang dapat Anda lewati dari kota Bogor, Jawa Barat. Pertama, Anda dapat ambil jalan ke Leuwiliang, selanjutnya teruskan perjalanan sampai ke Tenjoloya. Dengan ikuti papan panduan, karena itu Anda akan diantar ke arah Curug Luhur.

Tidak cuma lewat Leuwiliang saja, untuk Anda yang tempuh perjalanan dari Bogor dapat melewatinya dengan lajur Bogor Trade Mall. Saat ada di sini, Anda dapat ambil lajur Ciapus. Seterusnya, Anda dapat memakai aplikai peta digital untuk dapat sampai ke sini. Karena lajurnya cukup mudah dilalui karena itu Anda dapat memakai kendaraan individu.

Namun, untuk Anda yang tertarik untuk memakai angkutan umum dari Bogor, karena itu hal itu bisa juga dilaksanakan. Pertama, Anda dapat menanti angkutan di Bogor Trade Mall atau wilayah Museum Zoologi. Ketika ada di sini, Anda dapat pilih angkutan jalur Ciapus. Tetapi, dari Ciapus tiba di tujuan masih tidak ada angkutan lain. Hingga Anda dapat minta pengemudi mengantar dengan ongkos tambahan.

Untuk lokasi pas dari wisata satu ini ialah ada di teritori wisata air terjun yang berada di kaki Gunung Salak. Dengan mempunyai ketinggian topography yaitu lebih kurang sekitar 624 mtr. yang ada di permukaan laut. Alamat selengkapnya sendiri yaitu ada di Dusun Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Biaya Tiket dan Jam Buka Wisata Curug Luhur

Biaya Curug Luhur Bogor

Photo Credit: Ahmad Raihan Hakim

Harga ticket dari wisata satu ini termasuk cukuplah mahal dibanding dengan wisata air terjun lainnya. Hal itu kemungkinan karena ada waterboom langsung didalamnya hingga mempunyai biaya yang cukup kuras kantong. Jika Anda memasukinya, karena itu harga yang dibanderol ialah lebih kurang sejumlah 40 ribu rupiah.

Dan untuk ongkos parkir motor sendiri, Anda akan keluarkan kantong kembali sejumlah 8 ribu rupiah. Dan untuk mobil yaitu sekitaran 20 ribu rupiah. Walau mempunyai harga ticket masuk yang termasuk cukup mahal, namun hal itu seirama dengan sarana dan ide waterboom yang berada di dalamnya.

Disamping itu, pemilik dari wisata ini datang dari kelompok swasta dan bukan pemerintahan. Hingga, benar-benar lumrah jika mempunyai harga yang condong tambah mahal. Namun, harga itu benar-benar sesuai dengan kualitas dan sarana yang hendak Anda peroleh saat liburan ke arah tempat satu ini.

Untuk jam membuka dari wisata satu ini diantaranya ialah sudah membuka dari sekitaran jam 7 sampai 8 pagi. Hingga, Anda akan dapat bermain air di wisata curug Luhur semenjak pagi hari. Dan jam tutupnya sendiri ialah sore hari. Saat yang pas dan benar-benar dianjurkan untuk berkunjung curug ini ialah saat pagi hari.

Hal itu karena curug ini masih sepi pengunjung hingga Anda bisa nikmati wisata lebih tenang. Masalahnya saat sudah siang hari ataupun waktu musim liburan datang, wisata satu ini seringkali dipenuhi pengunjung. Bahkan juga banyak juga wisatawan yang dari luar kota.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Curug Luhur

Kegiatan Curug Luhur Bogor

Photo Credit: Geri M

Selainnya mempunyai air terjun khusus, di wisata ini Anda akan mendapati panorama curug yang lain ada di segi samping. Biasanya, warga sekitaran menyebutkan curug ini sebagai air terjun kembar. Dan air terjun itu sebagai curug bikinan yang hendak memberi pemandangan berlainan.

Hingga tidak mengejutkan banyak pelancong yang habiskan waktu untuk ada di sini dan mendokumentasikannya. Karena ada air terjun bikinan itu rupanya sebagai salah satunya langkah untuk membuat ada saluran yang khsusus dan mengairi kolam renang. Karena itu, saat sedang ada di Curug Luhur seharusnya Anda pun singgah ke arah tempat ini.

Disamping itu, kekhasan lain dari saluran air yang berada di air terjun ini tidak pernah kering. Walau mengalami musim kemarau. Dengan demikian, ini akan membuat Anda dapat berkunjung air terjun kapan saja yang Anda ingin. Karena, air yang berada di curug cantik ini akan ada selalu walau sedang musim kering.

Saat berkunjung Curug Luhur bersama dengan sang kecil, karena itu Anda juga tidak perlu cemas dia bisa menjadi jemu. Hal itu karena pada wisata satu ini ada sarana kolam renang. Karena itu, Anda juga dapat nikmati keelokan dari air terjun sekalian berenang di lokasi yang nyaman saat ada di tujuan satu ini.

Jika Anda tidak pernah rasakan kesan air terjun yang memiliki ide waterboom didalamnya, karena itu wisata ini bisa menjadi lokasi yang akurat. Di sini, pengurus sudah mempersiapkan kolam renang yang sesuai ketinggian anak anak dan orang dewasa. Disamping itu, ada sarana lain yang hendak membuat berlibur makin membahagiakan.

Sebutlah saja seperti perosotan yang hendak membuat pengunjung suka untuk mencoba. Disamping itu, kekhasan yang lain ada pada waterboom ini ialah airnya langsung dari air terjun. Dengan demikian, Anda akan rasakan segarnya air yang dari Gunung Salak ini. Kesan dingin dan sejuknya pasti bisa melepaskan capek dan depresi yang Anda temui.

Berpose menjadi satu diantara aktivitas yang pasti akan Anda kerjakan saat memijakkan kaki pada tempat satu ini. Tidak cuma hanya itu, wisata ini akan menyajikan panorama bagus sebagai background dari photo Anda. Bagaimana tidak, air tejun dengan tinggi 50 mtr., bahkan juga 62 mtr. sampai sentuh tanaha bisa menjadi photo yang paling instagramable.

Fasilitas atau Sarana yang Ada di Curug Luhur Bogor

Selainnya mempunyai sarana tambahan seperti air terjun kembar dan waterboom, ketika ada di sini Anda akan didukung dengan sarana yang komplet. Hal itu karena Anda akan secara mudah untuk mendapati toilet, masjid atau kamar tukar dan kamar mandi saat berekreasi pada tempat satu ini.

Disamping itu, sarana yang lain yang akan Anda peroleh ialah ada beberapa spot tempat yang dipakai untuk santai dan sekedar duduk saat dirundung rasa capek. Tidak cuma hanya itu, saat Anda mulai lapar, jadi tidak perlu cemas. Karena, akan banyak tersedia sekali restoran dan warung makan yang hendak menganakemaskan lidah.

Tempat parkir yang berada di sekitaran Curug Luhur juga bisa disebutkan lumayan luas. Ditambahkan lagi jaraknya yang dekat sama curug akan membuat Anda lebih gampang untuk mendatanginya. Maka dari itu, Anda dapat sampai ke curug lebih gampang. Karena Anda tidak memerlukan perjalanan yang jauh dari parkir ke arah ke arah tempat air terjun.

Jalan ke arah air terjun sudah diperlengkapi dengan undak undakan yang hendak mempermudah Anda dalam meraih air terjun. Saat melewati perjalanan ke arah air terjun juga Anda akan berjumpa dengan warung yang menawarkan banyak makanan. Hingga, untuk Anda yang berasa lemas, dapat stop sesaat untuk mencicip makanan ciri khas Bogor atau isi perut yang lapar.

Bertandang ke Curug Luhur bisa menjadi satu diantara kegiatan bagus yang dapat Anda datangi. Karena itu, jika Anda sedang dirundung capek tidak ada kelirunya untuk tiba ke temat satu ini. Ditambahkan lagi, Anda jga dapat berenang dan nikmati keelokan alam yang paling sejuk dan menentramkan saat di sini. Dengan demikian, wisata air ini bisa menjadi satu diantara alternative untuk liburan.