Curug Cikuluwung Bogor, Air Terjun Cantik Ditengah Lembah Bebatuan Eksotis

Alamat: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 35.000
Google Maps: Cek Lokasi

Curug Cikuluwung menjadi opsi Wisata alam saat bertandang ke Bogor. Air terjun yang mempunyai daya tarik alam yang mengagumkan dan unik, bermain air antara lembah berbatu.

Kota Bogor memang populer dengan keadaan alamnya yang demikian menarik. Karena jadi wilayah pegunungan dan sumber mata air yang berlimpah jadikan Bogor banyak memiliki curug elok. Satu diantaranya yang terakhir populer ialah Curug Cikuluwung yang memperoleh panggilan sebagai surga terselinap, dan memikat buat ditelusuri saat berlibur dan akhir minggu. Secara lengkap baca pembahasan ini.

Mengenal Curug Cikuluwung di Bogor

Mengenal Curug Cikuluwung Bogor

Photo Credit: Ouy

Apa Anda terhitung pencinta Wisata alam Curug? Bila iya karena itu Anda harus meluangkan untuk berkunjung Curug Cikuluwung di Bogor ini. Memang curug satu ini termasuk masih baru, tapi daya tarik yang dijajakan akan membuat siapa saja berdecak takjub. Khususnya saat peranan sosial media mulai bekerja, membuat karisma curug ini makin naik.

Ada beberapa kekhasan yang dapat Anda lihat pada curug satu ini. Satu diantaranya, air terjun ini malah datang di tengah-tengah tengah lembah yang berbatu. Berlainan dengan curug secara umum yang ada di tengah tengah rimba. Tetapi malah kehadiran lembah batu-batuan ini membuat air terjunnya makin eksotik dan demikian menarik.

Batu-batuan yang tersusun disekelilingnya seolah batu bikinan, walau sebenarnya semua sebagai pahatan alami alam. Karena keelokan berikut, banyak yang selanjutnya berbondong bondong berkunjung tujuan satu ini. Apa lagi air yang mengucur warna kebiruan yang tentu saja jarang-jarang untuk diketemukan di beberapa tempat yang lain.

Tidak cuma mempunyai keelokan yang menakjubkan, Curug Cikuluwung mempunyai dogma yang berkembang. Yakin atau mungkin tidak yakin, sebagai pengunjung ada baiknya kalau masih tetap menghargakan dan mematuhinya. Salah satunya mitosnya, wanita yang haid seharusnya tidak tiba ke arah tempat satu ini.

Disamping itu, pengunjungnya pun tidak disarankan untuk memakai baju yang warna merah cabai. Larangan ini karena, warga jaman dulu atau yang dikenali Karuhun sukai sekali memakai pakaian murah. Dan beberapa Karuhun ini tidak mau dan tidak ingin disaingi oleh orang yang lain memakai baju yang serupa.

Dogma yang berkembang menjelaskan, bila ada pemandangan tidak nyata yang cuma dapat disaksikan oleh mereka yang memiliki kemampuan khusus. Kabarnya, panorama ini berbentuk tulisan dan lukisan artistik dan ada di batu-batuan air terjun. Ada pula yang menjelaskan bangku kursi kerajaan Mulawarman yang berada di sekitaran curug.

Pengunjung seharusnya selalu jaga sikapnya, baik tingkah, perkataan sampai bajunya. Tidak boleh lupakan untuk selalu jaga kebersihan sekelilingnya dengan tidak tinggalkan sampah. Larangan larangan ini tentu saja mempunyai tujuan baik, hingga tidak ada kelirunya dilaksanakan. Ingat maksudnya untuk keselamatan Anda.

Pesona yang Dimiliki Curug Cikuluwung

Pesona Curug Cikuluwung Bogor

Photo Credit: Rangga Tobing

Tidak cuma mempunyai kekhasan baik dari keadaan alamnya, tapi juga dari dogma yang berkembang. Ini ternyata belum membuat curug ini senang memperlihatkan daya tariknya. Karena, curug satu ini mempunyai dua curug yang dapat Anda datangi. Agar semakin mempermudah, banyak yang mengatakan curug Cikuluwung 1 dan Cikuluwung 2,

Sama-sama sama mempunyai air kebiruan yang kelihatan demikian beri kesegaran. Untuk Cikuluwung 1 memperoleh panggilan sebagai Little Green Canyon. Ini karena mempunyai tebing dengan bebatuan yang mengapit curugnya. Kolam di bawah air terjun yang kebiruan membuat Cikuluwung satu jadi spot yang paling dicari pelancong.

Karena itu, sekarang ini pengurus telah batasi banyaknya orang yang dapat menikmatinya. Minimal cuma sekitaran 30 orang yang dapat sampai Cikuluwung 1 pada sebuah sesionnya. Bila Anda tidak kebagian slots, karena itu harus menanti sesion selanjutnya. Cuma ada dua sesion, hingga sebaiknya untuk Anda untuk lakukan booking lebih dulu.

Sementara untuk Cikuluwung 2, keelokan yang dipunyainya tidak kalah menarik. Sekalinya masih tetap ada bedanya, Cikuluwung 2 tidak dihias dengan tebing tebing batunya. Tetapi ada gua yang ada pas di air terjunnya. Keduanya sama mempunyai air kebiruan dan membuat kolam di bawahnya. Pengunjung sering berenang dengan ban pelampung di sini.

Alam yang asri, memang bawa Anda pada penjelajahan berlibur yang tidak terlewatkan. Segarnya air curug yang jernih, udaranya yang sejuk akan membuat siapa saja kerasan lama-lama di curug ini. Meskipun lama-lama tidak selamanya dapat dilaksanakan, ingat curug ini telah mempunyai ketentuan waktu dan pengendalian yang bagus.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Cikuluwung

Seperti curug yang lain, Cikuluwung ada dalam suatu dusun. Persisnya berada di Daerah Sukai Asih, Dusun Cibitung, Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat. Lokasi dusunnya ini memang lumayan jauh bila dilalui dari pusat perkotaan Bogor. Walau begitu, pecintanya malah tidak pernah kering karena rasa ingin tahu yang melambung.

Perjalanan yang panjang tidak sia-sia, karena keelokan yang dijajakan akan hilangkan semua capek Anda. Medan yang dilewati memang lumayan melawan, kehatian hatian selalu harus dipunyai oleh pengunjung. Perjalanan dengan kendaraan motor akan diteruskan pada jalan kaki untuk datang di lokasi curug.

Sementara untuk jalurnya, bila dari Bogor kota Anda dapat mengambil langsung jalur ke Dramaga. Jalur ini akan lewat Cikampak dan diteruskan ke Cibatok. Sampai pada akhirnya Anda datang di Pertigaan Cemplang dan mengambil arah kiri dan turuti jalan. Sesudah 45 menit, Anda dapat belok ke kanan dan mendapati Gang Gardu yang termasuk terjal.

Gang Gardu sendiri terletak sesudah sungai Cikuluwung. Apabila sudah lewat jalan ini, Anda akan berjumpa pada jalan berbatu. Jalanan berbatu ini umumnya dilalui sekitaran 10 menit saja. Baru Anda akan mendapati papan panduan ke Curug Cikuluwung. Papan ini akan bawa Anda masuk ke perkampungan dan diteruskan pada jalan kaki.

Karena memerlukan trackking lebih dulu, karena itu Sebaiknya anda tidak ajak anak anak atau orang yang cukup tua. Ini karena mempunyai resiko tinggi, anak tangga ke arah Air Terjun telah bagus tapi kadang licin. Akses jalan ke arah Daerah Sukai Asih juga bagus sekarang ini.

Biaya Tiket dan Jam Operasional Curug Cikuluwung

Biaya Curug Cikuluwung Bogor

Photo Credit: Didin Muhamad

Untuk melihat keelokan curug ini tidak perlu mengambil kantong yang dalam. Namun, untuk masuk Cikuluwung 1 dan 2 akan dikenai ongkos yang lain. Ticket masuk Cikuluwung 1 sekitaran Rp. 20 ribu, sementara Cikuluwung 2 sekitar Rp. 10 ribu tiap orangnya. Harga itu belum juga terhitung ticket parkir atau sewa ban pelampung.

Bila curug yang lain mempunyai jam operasional full, karena itu berlainan dengan curug ini. Ada jam operasional spesial yang perlu jadi perhatian. Yaitu start pukul 09.00 sampai jam 11.00 dan sesion ke-2 diawali jam 13.00 sampai 15.00. Pembagian jam ini karena beberapa pengunjung harus didampingi oleh pengurus untuk keamanan dan kenyamanan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Curug Cikuluwung

Kegiatan Curug Cikuluwung Bogor

Photo Credit: Ariel Sangier

Sama seperti yang telah disentil awalnya, Curug Cikuluwung mempunyai daya tarik yang tidak dapat diacuhkan. Keelokannya akan membuat siapa saja berdecak takjub dan ingin berkunjung. Dan Anda rupanya bisa juga lakukan beragam aktivitas menarik di Curug elok ini. Aktivitas itu dimulai dari nikmati panorama sampai memburu photo elok.1. Santai Sambil Nikmati Panorama

Hal pertama kali yang tentunya akan dilaksanakan oleh pelancong ialah nikmati daya tarik alamnya. Bahkan juga semenjak diperjalanan, Anda akan disuguhi dengan situasi perdesaan yang asri. Dan Anda akan makin terpesona sesudah sukses mengalahkan anak tangga ke arah lokasi curug.

Tebing tebing yang membingkainya, bersatu dengan suara gemiricik angin akan memberi ketenangan tertentu. Anda dapat istirahat sesaat sambil nikmati daya tarik curug cantik ini lebih dekat. Surga terselinap ini memberi paket berlibur komplet. Dimulai dari berpetualang sampai daya tarik alamnya yang tidak dapat diacuhkan.

Sesudah rasa capek Anda cukup surut, karena itu sekarang waktunya Anda rasakan kesegaran airnya. Air jernih yang kebiruan ini, sebagai sumber mata air yang demikian fresh. di sejauh saluran air terjun ini tercipta beberapa kolam alami. Hingga pengunjung bebas akan berenang dimanapun, tentu saja sesudah ijin dari pengurus.

Kolam yang berada di Curug Cikuluwung tidak dalam, hingga aman untuk Anda untuk berenang. Saat musim kemarau datang, debet air dari air terjun tidak begitu tinggi hingga aman untuk berenang. Pengunjung berpeluang untuk merapat ke air terjun. Ada ruangan yang terselinap dibalik air ini dan benar-benar pas untuk jadi spot photo.

Untuk Anda yang tidak jago berenang tak perlu cemas. Faksi pengurus telah sediakan pelampung hingga tak perlu takut terbenam. Apa lagi untuk Anda yang ingin menelusuri arus sungai yang hendak memberi kesan berlainan. Anda dapat melalui air sungai biru dengan tebing disebelah kanan dan kiri. Situasi yang asri memang membuat Anda kerasan semakin lama.

Jangan ketinggal, kegiatan memburu photo memungkinkan untuk Anda kerjakan. Pengunjung dapat ambil banyak photo yang elok, dimulai dari berpose dengan background air terjun. Di di air terjun yang dapat ditempati, akan memberi dampak gorden saat airnya turun. Terlebih bila pintar dalam ambil angle bisa menjadi photo yang elok.

Batu-batuan besar yang ada di tepi air terjun memikat buat jadi spot berpose. Dengan background tebing batu-batuan yang bersatu dengan birunya air. Panorama tidak kalah mengagumkan bila Anda ambil pojok di atas. Seharusnya Anda tidak tiba sendiri, hingga ada rekan yang hendak mengambil Anda photo yang elok.

Perjalanan Anda di Curug Cikuluwung akan makin komplet dengan aktivitas satu ini. Setelah senang bermain main dan berpose photo, Anda dapat kuliner di warung makan yang ada. Warung makan dibikin seperti bale bale hingga bisa membuat selera makan Anda bertambah. Beragam menu dan minuman hangat ada di warung ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Curug Cikuluwung Bogor

Fasilitas Curug Cikuluwung Bogor

Photo Credit: Muhamad Heru

Untuk membikin pengunjung semakin nyaman, Curug elok satu ini telah diperlengkapi dengan beragam sarana. Dimulai dari tempat parkir yang lega dan sudah ada petugas yang mengawasinya. Anda bisa juga istirahat di gazebo yang disiapkan, dan tentu saja kuliner di warung warung yang ada. Kamar mandi dan ruangan basuh juga ada di curug ini.

Keelokan curug ini akan membuat siapa saja memperoleh penjelajahan yang tidak terlewatkan. Cikuluwung berada cukup terselinap, tapi peranan sosial media membuat namanya jadi populer. Berkunjung tujuan satu ini, seharusnya tidak saat musim hujan. Disamping itu harus juga yakinkan jika Anda pada keadaan badan yang sempurna.