Bukit Cinta Rawa Pening, Wisata Alam dengan View Pegunungan Eksotis di Semarang

Alamat: Rawa Pening, Kebondowo, Waduk Rawapening, Kab. Semarang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Bukit Cinta Rawa Pening memiliki daya tarik alam yang paling menakjubkan di Ambarawa Semarang. Barisan pegunungan jadi background Wisata yang memikat dan mempunyai spot photo kece.

Jawa tengah simpan Wisata alam yang pantas dihargai daya tariknya. Terhitung Bukit Cinta Rawa Pening yang keelokannya sukses mengundang perhatian pelancong. Tujuan Wisata ini pas untuk Anda yang ingin habiskan berlibur di lokasi yang damai. Beberapa sarana yang ada aman untuk anak-anak. Ingin ketahui keelokan yang lain? Baca pembahasan di bawah ini.

Mengenal Legenda Bukit Cinta Rawa Pening

Mengenal Bukit Cinta Rawa Pening

Photo Credit: Gilang Primada

Berdasar narasi warga di tempat, dahulunya teritori ini sebagai tempat pengawasan tumbuhan eceng gondok. Kegiatan itu berjalan selama saat pemerintah penjajahan Belanda. Saat Indonesia telah merdeka, tempat itu berpindah peranan jadi tempat wisata alam dan jadi tempat terbaik untuk isi waktu liburan.

Dibalik keelokan Rawa Pening ada dogma yang tersebar menyelimuti teritori Wisata ini. Kabarnya narasi yang berkembang ada satu ekor ular naga sebagai penunggu tempat rawa. Ular raksasa itu menunggu si ibu untuk dianggap sebagai anak, sampai tubuh ular memutari sebuah bukit. Sayang belum sampai jumpa sang ular telah mati lebih dulu.

Karena legenda ular naga berikut memberikan inspirasi pengurus untuk membikin bangunan seperti ular naga. Anda dapat menemui bangunan itu di pintu masuk, yakni sisi loket masuk yang berwujud kepala ular. Dan sisi ekor ular terlihat seperti memutari teritori Rawa Pening. Bangunan ini sering jadi spot photo favorite beberapa pengunjung.

Selainnya dogma ular naga, ada juga dogma yang lain tersebar yakni larangan tiba bersama pasangan. Menurut warga di tempat jika pasangan itu belum menikah, karena itu hubungan tidak abadi. Tetapi dogma ini tidak merintangi pasangan muda-mudi untuk bertandang. Bahkan juga jadi lokasi favorite untuk melakukan kencan, tersebut kenapa dikatakan sebagai Bukit Cinta.

Pesona yang Dimiliki Bukit Cinta Rawa Pening

Rawa Pening sebagai salah satunya tempat wisata terkenal di Ambarawa. Teritori ini diperbaiki lebih kekinian oleh pengurus Wisata, dan disiapkan beragam sarana bagus. Anda disajikan dengan panorama alam yang menganakemaskan mata, sekalian situasi asri dan damai pas untuk lokasi untuk berlibur dengan keluarga, rekan, sampai pasangan.

Daya magnet khusus Bukit Cinta berada pada teritori rawa yang demikian memikat hati. Anda akan disongsong dengan bentangan rawa hijau yang ditanam tumbuhan eceng gondok. Tanaman itu diatur lebih rapi selanjutnya tempat rawa disihir sedikit kekinian. Hingga tempat rawa kelihatan lezat dilihat mata, dan jadi magnet untuk pelancong.

Rawa Pening dikitari oleh bukit-bukit hijau yang terlihat fresh dan mempersejuk. Dari rawa Anda dapat menyaksikan panorama Bukit Brawijaya yang menganakemaskan mata. Ada juga barisan Gunung Merbabu, Telomoto, dan Gajah Mungkur yang kelihatan cantik dari terlalu jauh. Belum juga udara dingin ciri khas pegunungan ikut temani Anda sepanjang liburan pada tempat ini.

Di pintu masuk Anda akan mendapati taman lumayan luas yang dikitari oleh pohon-pohonan pinus. Barisan pohon itu membubung tinggi dan berperan sebagai payung, hingga tempat taman teduh. Sisi tengah taman ada bangunan seperti aula, yang kadang dipakai untuk jadwal kontes kicau burung. Lomba ini umumnya berjalan antara bulan Mei-Juli.

Tempat taman diperlengkapi dengan kursi-kursi langsung bertemu dengan bukit. Ada juga bangku yang dibuat dari semen dan beton, dan ditempatkan di tepi taman. Disekitaran taman ada sarana bermain anak, seperti ayunan sampai jungkat-jungkit. Jika ingin isi perut tinggal jalan sesaat ke warung punya warga yang berada di dalam taman.

Di samping patung perut ular naga ada Museum Ikan, yang berisi aquarium dengan beragam tipe ikan tawar dan hias. Sayang museum itu belum diatur secara baik, hingga belum juga kelihatan maksimal. Rawa Pening banyak memiliki spot photo yang instagramable, jadi tidaklah aneh jika Wisata ini disukai anak-anak muda.

Teritori Wisata Rawa Pening sediakan pusat oleh-olehan ciri khas wilayah ini. Terletak ada di sekitaran taman berdekatan dengan jejeran warung makanan. Ada bermacam opsi oleh-olehan yang dapat Anda membawa pulang untuk oleh-oleh. Harga sedikit murah dibanding di luar tempat Wisata, dan sediakan beragam tipe oleh-olehan.

Lokasi dan Biaya  Ticket Masuk Bukit Cinta

Alamat Bukit Cinta Rawa Pening

Photo Credit: Kompas.com

Untuk ke arah lokasi Wisata ini Anda dapat memakai beberapa lajur. Bila pergi dari Salatiga-Ambarawa memiliki arti langsung ke arah jalan Lingkar Ambarawa. Kemudian tinggal ikuti papan petunjuk arah, lalu lewat jalan kecil beraspal sampai ke arah Bukit Cinta Rawa Pening. Akses lajurnya berbentuk jalanan dusun yang sempit, jadi berharap berhati-hati jika menjumpai beberapa lubang kecil.

Dan jika Anda masuk lewat Kecamatan Tuntang atau Kecamatan Banyubiru, karena itu perlu perjalanan kurang lebih 5 km. Lain narasi kembali bila melalui pintu masuk Kecamatan Ambarawa, lajukan setir sampai melewati bukit di Banyu Biru. Kemudian baru ikuti panduan jalan ke arah Bukit Cinta. Lokasi Wisata pas di pinggir jalan hingga gampang untuk diketemukan.

Bila pergi dari pusat perkotaan Semarang, Jawa Tengah, Anda memerlukan waktu pintas sekitaran 1 jam. Selanjutnya mengambil arah ke arah Ambarawa yang melalui daerah Bawen. Sesudah bertemu dengan monumen Palagan Ambarawa, karena itu tujukan setir kea rah kiri. Turuti papan panduan jalan sampai datang di Rawa Pening, kemudian parkir kendaraan di tempat yang telah ada.

Pengunjung akan dikenai ongkos masuk bila ingin nikmati keelokan Wisata alam ini. Tiap pelancong cukup bayar lebih kurang 15 ribu, baik hari biasa atau saat liburan dan akhir pekan. Untuk yang bawa kendaraan harus bayar retribusi parkir, untuk sepeda motor 2 ribu dan mobil 5 ribu. Anda cukup bayar ticket sekali lalu dapat coba semua sarana didalamnya.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Bukit Cinta Rawa Pening

Kegiatan Bukit Cinta Rawa Pening

Photo Credit: Gilang Primada

Dimulai dari pintu masuk teritori Rawa Pening, Anda akan disajikan dengan patung dengan ornament naga, gunung, dan anak kecil. Dapat disebutkan patung itu sebagai realisasi Baru Klinting yang mengambil lidi. Selanjutnya wujud loket masuk unik berbentuk patung naga, yang deskripsi cerita legenda mengenai tujuan Wisata ini.

Masuk tempat sekitaran rawa ada dermaga-dermaga kecil sebagai spot photo. Anda dapat santai di sini sambil menyaksikan panorama alam yang menarik hati. Dari jembatan kayu itu pengunjung dapat melihat keindahan Rawa Pening sepuasnya. Ditambahkan kemunculan gundukan Bukit Cinta Rawa Pening dengan latar pegunungan yang mempesona.

Rawa Pening sekarang sudah dibongkar jadi lebih kekinian, dan dipertambah sarana berbentuk kursi-kursi beton. Maksudnya supaya pengunjung bisa melihati pemandangan bukit-bukit hijau sekalian duduk. Anda dapat nikmati hembusan angin pegunungan yang ikut mempersejuk situasi. Di kursi beton ini Anda dapat ambil photo dari pojok mana saja.

Tempat wisata ini pas sebagai tempat liburan untuk beragam kelompok umur. Jika Anda tiba dengan keluarga melangsungkan Wisata di sini paling hebat. Anda bisa melangsungkan alas di tempat taman sekalian melahap sajian perbekalan yang dibawa dari rumah. Beberapa pohon pinus yang tinggi membuat teduh lokasi Wisata, jadi tidak perlu cemas terserang panas matahari.

Sepoi-sepoi angin yang sejuk akan temani jadwal Wisata dengan keluarga. Hal itu tentu saja membuat hati suka sekalian membuat peristiwa yang terkesan. Jika tidak bawa perbekalan Anda dapat beli makanan di beberapa warung sekitaran bukit. Menu makanannya tidak kalah sedap dengan rerata masakan ciri khas Banyu Biru.

Telusuri teritori Rawa Pening kemungkinan dapat masuk ke daftar kegiatan yang pantas dicoba. Anda akan dibawa naik perahu untuk menelusuri rawa yang banyak tanaman eceng gondok ini. Khusus Wisata perahu ini pelancong dikenai biaya sendiri, di luar dari ongkos ticket masuk. Anda akan rasakan serunya tembus kelompok daun eceng gondok.

Perahu ini bisa memuat lebih kurang 6 penumpang, dengan durasi waktu perjalanan sekitaran 30 menit. Sarana ini terjaga tingkat keamanannya, tiap penumpang harus menggunakan pelampung. Perahu dikendarai oleh nahkoda yang telah eksper, dan akan lakukan manuver-manuver yang membuat situasi senang sekalian tegang.

Gabungan alam yang menakjubkan dari Rawa Pening membuat punyai beberapa spot photo kece. Pengurus Wisata sendiri telah membuat desain sebegitu rupa, agar teritori Wisata terlihat kece di camera. Belum juga latar belakang jejeran gunung yang membuat panoramanya semakin instagenic. Maksudnya supaya pengunjung dapat ambil photo untuk diupload ke sosial media.

Bukit Cinta Rawa Pening sediakan beberapa toko oleh-olehan, agar pelancong dapat memburu oleh-oleh lebih ringkas. Anda akan menemui beberapa toko yang jual souvenir ciri khas wilayah dan makanan ciri khas Ambarawa. Oleh-olehan itu dapat Anda membawa pulang dimulai dari keripik udang, keripik kulit ikan, keripik ikan, sampai bermacam souvenir elok.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Bukit Cinta Rawa Pening

Fasilitas Bukit Cinta Rawa Pening

Photo Credit: Gilang Primada

Bila Anda terlampau capek untuk kembali lagi ke kota, Anda dapat cari pemondokan disekitaran Wisata cantik ini. Sesudah lewat pintu keluar Anda bisa mendapati jejeran fasilitas bermalam yang ideal. Rerata pemondokan itu telah diberi dengan sarana kekinian, sekalian servis terbaik. Ditambahkan situasi syahdu ala-ala pegunungan membuat istirahat makin nyaman.

Jika kurang tertarik sama sarana pemondokan sekitaran teritori Wisata, Anda dapat meneruskan perjalanan ke jantung kota. Di daerah kota fasilitasnya lebih kekinian, apa lagi sekelas hotel berkelas. Disamping itu condong lebih dekat sama pusat Wisata kulineran yang menyuguhkan bermacam menu.

Sebagai tujuan Wisata yang lebih kekinian dibanding dahulu, pasti pengurus telah mempersiapkan beragam sarana yang ideal. Beberapa sarana itu diharap dapat memberi kenyamanan untuk beberapa pengunjung. Ada tempat parkir yang lumayan luas untuk memuat kendaraan beroda 2 sampai beberapa kendaraan besar.

Begitu halnya keadaan toilet yang bersih dan wangi, hingga pengunjung tidak berasa canggung untuk buang hajat di sini. Jejeran beberapa warung yang jual minuman dan makanan teratur rapi, jadi nikmat saat dilihat mata. Disamping itu ada servis pusat info yang cepat untuk menolong beberapa pelancong, misalkan saat cari kelompok.

Bertandang ke Bukit Cinta Rawa Pening akan memberi pengalaman berlibur yang mengagumkan. Anda dapat nikmati cantiknya situasi alam yang asri, dan udara sejuk ciri khas pegunungan. Tidak ketinggal teritori rawa yang tidak akan jemu walau dilihat berulang-kali. Telah berminat untuk liburan di sini?