Benteng Tolukko, Mengenal Benteng Monumental Saksi Perjuangan Rakyat Ternate

Benteng Tolukko, Mengenal Benteng Monumental Saksi Perjuangan Rakyat Ternate
Alamat: Sangaji Utara, Kec. Kota Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 2.000
Google Maps: Cek Lokasi

Benteng Tolukko sebagai benteng warisan Portugis di Ternate, Maluku Utara yang memikat didatangi. Benteng monumental ini jadi saksi perjuangan rakyat Ternate menantang penjajah. Tiap orang tentu menyenangi aktivitas belajar sekalian berekreasi kan? Karena itu, Benteng Tolukko menjadi rekreasi sejarah yang pantas untuk dicoba. Selainnya memperoleh pengetahuan sejaqrah yang berguna, Anda dapat nikmati keelokan alam yang dijajakan.

Benteng Tolukko sebagai salah satunya bukti warisan sejarah saat Indonesia jadi daerah jajahan Portugis dan Belanda. Tidak cuma Indonesia sisi barat, penjajah yang dari Portugis dan Belanda juga menjajah daerah Indonesia sisi timur. Terutamanya daerah Ternate, Propinsi Maluku. Bagaimana secara lengkap? Lihat pembahasan ini.

Benteng Tolukko di Ternate

Mengenal Benteng Tolukko Ternate
Photo Credit: Didik Heriyantoz

Seperti info yang tercantum pada papan di Benteng Tolukko, wisata sejarah ini sebagai bukti warisan Portugis di Ternate. Masalahnya bangunan ini dibuat di tahun 1540 oleh panglima Portugis namanya Fransisco Serrao. Benteng ini pada awalnya berperan sebagai benteng pertahanan sekalian pusat penyimpanan rempah-rempah di ternate.

Ini sesuai dengan kepenguasaan sebagian besar perdagangan rempah yang sudah dilakukan oleh Portugis di Ternate pada era ke-16. Lokasi benteng yang ada benar-benar dekat sama perairan dan lumayan tinggi jadi benar-benar vital untuk memantau gerakan Istana Kesultanan Ternate. Sudah pasti, benteng ini pada awalnya mempunyai nama Santo Lucas.

Benteng Santo Lucas dibikin dengan bebatuan yang paling kuat dan mempunyai lajur Lorong yang bisa tersambung langsung dengan laut. Sudah pasti, kehadiran Lorong itu mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan perdagangan rempah-rempah yang sudah dilakukan oleh bangsa Portugis. Lajur itu bahkan juga langsung disambungkan dengan perahu kecil untuk mengedarkan rempah-rempah.

Meskipun begitu, kepenguasaan perdagangan rempah kenyataannya tidak membuat nyaman warga Ternate. Perlawan yang sudah dilakukan oleh warga dengan pimpinan Sultan Baabullah pada akhirnya sukses menaklukkan kekuasaan Portugis di tahun 1577. Hingga Kesultanan Ternate pada akhirnya menggantikan benteng itu.

Atas dasar kemenangan berikut Benteng Santo Lucas berbeda nama jadi Benteng Tolukkas atau Tolukko. Wajarnya, pemberian nama ‘Tolukko’ diambil dari salah satunya Sultan ternate kesepuluh, yakni Kaicil Tolukko. Tetapi Kaicil Tolukko yang baru dapat memerintah singgasana Ternate di tahun 1692 tidak dapat menempati benteng itu.

Kehadiran Balanda ke Ternate sukses merampas dan memugar Benteng Tolukko. Benteng yang pernah dipugar di tahun 1610 oleh Pieter Both pada akhirnya menukar nama jadi Benteng Hollandia. Benteng ini digunakan oleh bangsa Belanda untuk larikan diri dari bangsa Spanyol yang mendobrak Pulau Ternate dan bekerja bersama dengan kerajaan Tidore.

Mengenal Benteng Tolukko di Ternate

Pesona Benteng Tolukko Ternate
Photo Credit: abu abdillah

Tidak cuma bangsa Belanda, benteng ini juga pada akhirnya dipakai sebagai tempat warga Ternate larikan diri. Ini sesuai kesepakatan kerja sama VOC dan Kesultanan ternate di tahun 1661 untuk meluluskan warga Ternate tempati benteng ini beberapa 160 personel. Hingga mayoritas warga lainnya ada di Benteng Malayo.

Perlawanan ke bangsa Spanyol mendatangkan kerja sama yang bagus di antara bangsa Belanda dan warga Ternate. Benteng Malayo bahkan juga sediakan suplai bahan pangan untuk tentara yang bekerja di benteng ini. Tetapi gempuran Sultan Tidore yang ke-19 di tanggal 16 April 1799 sempat memukul mundur pasukan kombinasi Ternate-VOC.

Gempuran berkelanjutan dari Kerajaan Tidore yang dipegang oleh Pasukan Kaicil Nuku sukses kurangi warga Ternate yang sebelumnya sejumlah 3.307 jiwa jadi 2.157 jiwa. Menyusutnya jumlah warga itu diperhitungkan ada yang wafat karena kelaparan dan peperangan atau larikan diri ke Halmahera.

Peperangan yang pernah terjadi di Pulau Ternate mengakibatkan Benteng Tolukko hancur dan dikosongkan. Sampai pada akhirnya di tahun 1996 sesudah kemerdekaan benteng ini dibuat kembali untuk kenang kembali riwayat perjuangan warga Ternate. Sayang, usaha pemugaran justru hilangkan beberapa orisinalitas bangunan awalannya. Misalkan saja terowong yang tersambung ke laut.

Penutupan atau penghapusan lorong terowong mempunyai tujuan untuk menjaga keamanan. Meskipun begitu, proses pemugaran itu tidak jadi masalah yang besar. Bangunan monumental yang dibuat dengan istimewa dan cantik ini menjadi satu diantara rekreasi sejarah favorite yang banyak didatangi.

Benteng monumental ini mempunyai luasan 1.252 m2 dengan ketinggian 6 mtr.. Selainnya dipakai sebagai tempat rekreasi sejarah, benteng ini dijadikan cagar budaya yang diproteksi dan dirawat sampai sekarang ini. Walau benteng ini mempunyai nama akhir Benteng Hollandia, warga pilih kenang kembali kehadiran benteng bernama Tolukko.

Lokasi Meneuju ke Benteng Tolukko

Lokasi Benteng Tolukko Ternate
Photo Credit: Muhammad Muqsith

Benteng elok ini terhitung sisi icon rekreasi sejarah di Maluku Utara. Masalahnya benteng ini ada di Kelurahan Sangaji, Ternate, Maluku Utara. Pembangunan benteng yang ada di atas bukit batu membuat Benteng Tolukko mempunyai status yang semakin tinggi bila dibanding dengan bangunan yang berada di sekelilingnya.

Lokasi benteng yang tidak jauh dari pusat perkotaan membuat Anda benar-benar gampang berkunjung tempat ini. Cukup dengan tempuh perjalanan sekitaran 3 km dari pusat Kota Ternate, Anda dapat nikmati daya tarik yang dijajakan. Menariknya, tempat rekreasi sejarah ini benar-benar gampang dilakukan memakai kendaraan umum sampai kendaraan individu.

Pesona yang Dimiliki Benteng Tolukko

Kegiatan Benteng Tolukko Ternate
Photo Credit: Yosua Michael Maranatha

Pesona Bangunan

Pembangunan benteng yang sudah dilakukan oleh salah seorang panglima Portugis mendatangkan corak bangunan yang lain. Ini karena bangsa Portugis sering masih bawa budaya yang sudah lama diyakini dari tanah lahirnya. Benteng Tolukko yang dibuat di atas bukit batu mempunyai wujud tidak simetris karena ikuti kehadiran kontur tempat benteng ini berdiri.

Menariknya, kehadiran benteng bisa menyajikan panorama alam seperti keelokan Gunung Gamalama yang memayungi pulau disekelilingnya. Anda dapat memperhatikan kombinasi warna hitam-putih benteng yang bersatu dengan birunya laut dan langit yang paling cantik. Bahkan juga, benteng ini diberi dengan taman elok pada bagian depan yang paling memesona.

Ini pasti bisa digunakan untuk melepaskan capek sambil nikmati keelokan alam yang berada di sekitaran. Letak bangunan benteng yang ada di atas bukit membuat tempat ini benar-benar sejuk dan menentramkan. Tidak lupa Anda dapat memperoleh beragam photo keren saat berkeliling-keliling nikmati tempat rekreasi riwayat yang ini. Tempat ini ditanggung bagus dan instagramable untuk didokumentasikan.

Susunan Bangunan

Walau sempat hancur karena gempuran kerajaan Tidore, Benteng Tolukko dibikin memakai fondasi susunan bangunan yang kuat. Bangunan didatangkan dengan kombinasi bebatuan beku, batu karang, pecahan batu dan kombinasi kapur dan pasir sebagai perekatnya. Kedatangan warna alami yang membuat arsitektur Portugis benar-benar bagus dipadankan dengan keelokan alam disekelilingnya.

Benteng ini mempunyai kekhasan berbentuk kehadiran bastion. Wajarnya, Anda dapat merasakan 2 bastion pada bagian depan dan 1 bastion pada bagian belakang. Menariknya, wujud bastion yang dapat Anda jumpai di benteng ini benar-benar berlainan dengan bastion di benteng yang lain. Bila Anda biasa mendapati bastion berwujud mata panah, bastion pada tempat ini berwujud bundar.

Kehadiran Lorong Rahasia

Dengar narasi riwayat akan peranan khusus pembikinan bangunan ini membuat beberapa warga berminat untuk menyaksikan kehadiran lorong rahasia langsung. Lorong rahasia diperhitungkan bisa bawa penguasa Portugis dan Belanda larikan diri ke laut untuk mengakali beragam keadaan yang terjadi. Walau sudah ditutup, sisa kehadiran lorong ini masih tetap dapat diketemukan.

Sarana yang Komplet

Berkunjung tempat rekreasi kurang komplet bila tidak diberi dengan sarana komplet. Ini karena sarana itu bisa penuhi keperluan Anda sekalian jamin keamanan dan kenyamanan sepanjang berekreasi. Beberapa sarana itu salah satunya tempat parkir, kamar mandi, masjid sampai pemondokan.

Sudah pasti, Anda dapat berkunjung tempat ini sesuai saat yang sudah ditetapkan. Bila Anda mempunyai rumah yang lumayan jauh, sewa pemondokan disekitaran Benteng Tolukko benar-benar direferensikan. Anda pun tak perlu cemas akan kehilangan atau kerusakan kendaraan karena tempat parkir yang disiapkan bisa jamin keamanan.

Demikian beberapa pembahasan berkaitan Benteng Tolukko yang harus Anda kenali. Selainnya menyajikan riwayat penting perjuangan warga Ternate, benteng ini mempunyai panorama hebat untuk didokumentasikan. Sudah pasti, tempat rekreasi yang ini sayang sekali untuk dilewati demikian saja.

1 thought on “Benteng Tolukko, Mengenal Benteng Monumental Saksi Perjuangan Rakyat Ternate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.