Benteng Belgica, Panorama Cantik dengan Gunung Api Eksotik di Maluku Tengah

Benteng Belgica, Panorama Cantik dengan Gunung Api Eksotik di Maluku Tengah
Alamat: Nusantara, Kec. Banda, Kab. Maluku Tengah, Maluku.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Benteng Belgica salah satunya tempat wisata riwayat yang menarik di Banda, Maluku tengah. Benteng warisan Portugis yang ada di Bukit Tabaleku mempunyai panorama yang eksotik dan daya tarik Gunung Api Banda.

Mendapati macam warisan dan bukti riwayat masa lampau di Indonesia, lumayan gampang dilaksanakan. Satu diantaranya yang dapat Anda dapatkan yakni Benteng Belgica dengan macam bangunan riwayat yang mengagumkan. Selainnya bangunannya yang cantik dan cakap, panorama alam yang disekitaran jangan terlewati. Bila akui fans riwayat, Anda harus ketahui info komplet sekitar benteng monumental ini.

Pesona yang Dipunyai Benteng Belgica

Pesona Benteng Belgica
Photo Credit: Wimbo Mahadi

Disaksikan dari sisi luarnya saja, Anda tentu sudah kagum dengan arsitektur dan bangunan istimewa yang dibuat. Walau telah banyak banyak dengan lumut, tetapi bangunan ini masih tetap kelihatan cantik dan jadi daya tarik tertentu untuk wisatawan yang suka nikmati warisan riwayat.

Jika Anda berdiri di tengah-tengah tengah bangunan khusus, kemungkinan Anda menyaksikan jika bangunan ini cuma berbentuk seperti empat pojok saja. Walau sebenarnya bila disaksikan dari ketinggian, akan kelihatan terang wujud dari Benteng Belgica. Yaitu seperti sisi lima dua lapis dan menara besar yang berada di tiap seginya.

Pada sisi tengah benteng, sebagai tempat penahanan karena ada dua sumur rahasia. Konon, sumur itu jadi penyambung di antara Benteng Belgica, Benteng Nassau dan dermaga yang berada di kota Ambon. Bila tertarik ke arah sisi tengah ini, Anda harus menuruni anak tangga yang dulunya sebagai tangga hidrolik.

Lokasi Menuju ke Benteng Belgica

Lokasi Benteng Belgica
Photo Credit: Ririn Ambar

Benteng monumental ini berada di Dusun Nusantara, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku tengah. Bangunan warisan ini persisnya ada di atas Bukit Tabeleku dengan ketinggian capai range 30 mdpl. Karena itu tidaklah aneh bila tempat rekreasi ini memberi kesejukan dan udara dingin yang menimpa.

Agar bisa bertandang nikmati warisan riwayat yang ini, Anda dapat memakai transportasi udara ke arah Ambon yang disebut ibukota propinsi Maluku. Beberapa maskapal bisa juga Anda pakai untuk penerbangan, misalkan saja seperti Garuda Indonesia, Batik Air dan Sriwijaya Air.

Pelancong dari Jakarta yang akan ke arah Ambon lewat lajur udara, akan dikenakan harga sekitar 1 juta dalam jarak menempuh penerbangan langsung sekitar 3 jam. Biasanya penerbangan ini harus juga melalui periode transit di Sulawesi Selatan, persisnya di Kota Makassar.

Apabila sudah datang di Kota Ambon, selanjutnya Anda dapat ke arah Banda Neira lewat beberapa model transportasi. Salah satunya seperti Kapal Cepat Kilat Bahari yang pergi dari Dermaga Tulehu, dalam jarak menempuh sekitar 1 jam perjalanan. Fasilitas laut selanjutnya yakni memakai Kapal Pelni seperti Kapal Nggapulu atau Kapal Leuser.

Model transportasi paling akhir yang dapat Anda gunakan untuk sampai di Banda Neira yaitu dengan menumpang pesawat pelopor. Adapun tipe maskapal yang dapat dipakai yakni maskapal Dimonim yang cuma memuat penumpang sekitar 12 orang dengan kebatasan beban bagasi.

Biaya Ticket Masuk Benteng Belgica

Biaya Benteng Belgica
Photo Credit: Wimbo Mahadi

Hampir sama dengan beberapa tempat rekreasi yang lain, pasalnya di Benteng Belgica memberi ticket masuk untuk pelancong yang akan nikmati warisan riwayat ini. Cukup mengecoh ongkos ticket sekitar 20 ribu, Anda bisa jalan jalan di tempat Benteng warisan riwayat.

Dan untuk jam operasinya yaitu membuka pada jam 8 pagi sampai jam 5 sore waktu Indonesia Timur . Maka untuk pelancong yang tiba di luar pulau, pantas lebih jeli pahami jam operasional benteng ini. Ini dilaksanakan supaya waktu kehadiran Anda tidak begitu bersisihan sama waktu tutup tempat riwayat itu.

Kegiatan Menarik Dilaksanakan di Benteng Belgica

Kegiatan Benteng Belgica
Photo Credit: Vbee Nazhief

Walau sekarang ini bentuk Benteng Belgica kelihatan kedaluwarsa karena tidak terawat, tetapi situs monumental tersebut mempunyai daya tarik yang tidak pernah luntur karena jaman. Karena dengan keadaannya sekarang ini, benteng ini semakin eksotik dan pas jadi background photo yang elok atau sekadar jadi object photo monumental yang memikat.

Pelancong yang hoby hunting photo, bangunan monumental ini jadi lokasi yang harus didatangi. Karena akan banyak spot photo yang dapat dijadikan target. Bukan hanya dari bangunannya saja, tapi Anda bisa juga ambil pemandangan alam yang kelihatan terang di sekitarnya.

Apa Anda suka dengan spot photo tanaman elok? Jika iya, memiliki arti Anda harus bawa camera terbaik untuk berswafoto di tempat sekitar Benteng Belgica. Ini karena tiap tempat Benteng ditanam dengan beragam bunga yang elok dan cantik dilihat mata. Disamping itu, ada juga daya tarik alam yang lain jangan lepas, yaitu panorama gunung dan lautan terlepas.

Sebagai panduan rekreasi, Anda dapat berkunjung tempat ini saat sore hari. Karena di saat itu Anda dapat nikmati keelokan sunset di atas ketinggian benteng. Tentunya berlibur di sini jadi pengalaman terkesan yang tidak pernah dilalaikan. Berfoto sekalian didampingi sunset? Ditanggung photo punya Anda akan kelihatan makin keren.

Pada tiap segi Benteng Belgica, ada sebuah menara yang membubung. Karena rasa ingin tahu yang tinggi, banyak pelancong yang berminat untuk jalan ke arah pucuk menara itu. Tetapi untuk dapat meraihnya, pelancong harus naiki banyak anak tangga dengan status yang hampir tegak.

Tidaklah sampai disana saja, nanti Anda akan keluar lubang yang termasuk cukuplah sempit. Walau aktivitas berkeliling-keliling ini cukup meletihkan, tapi semua rasa capek itu akan terpindahkan dengan panorama yang memikat. Di mana saat Anda telah tiba di pucuk menara, pelancong akan menyaksikan cantiknya daya tarik Kepulauan Banda.

Salah satunya seperti birunya perairan teluk Banda, sampai pucuk Gunung Api yang membubung. Selain itu, Anda bisa juga menyaksikan rimbunnya pohon pala di Pulau Banda Besar. Tentunya aktivitas berkeliling-keliling ini akan membahagiakan. Khususnya saat Anda memikirkan situasi periode penjajahan tempo dahulu.

Apa Anda masih ingat panorama elok yang berada di uang seribu zaman dulu? Bila iya, memiliki arti Anda mulai terpikir dengan cantiknya kepulauan Banda Neira. Pasalnya panorama elok itu ada di teritori Banda Neira. Dengan gunung yang cantik, dan lautan terlepas yang sangat menarik. Pasti daya tarik itu bisa juga Anda cicipi saat ada di pucuk benteng ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Benteng Belgica Maluku

Fasilitas Benteng Belgica
Photo Credit: Wahyudin Opu

Sebagai pendukung aktivitas liburan untuk beberapa pelancong yang tiba, Anda akan menjumpai beberapa pemondokan yang dapat menjadi opsi. Salah satunya seperti pemondokan Baba Lagoon yang lokasinya ada tidak jauh dari tempat Benteng Belgica, yaitu sekitar 0,3 km. Sarana yang dijajakan juga benar-benar mencukupi, dimulai dari Wifi gratis, sampai restaurant umum.

Apa Anda tertarik bermalam di guesthouse? Bila iya, Mutiara Guesthouse menjadi referensi tempat tinggal terbaik yang harus disinggahi. Pemondokan satu ini mengangkat topik tradisionil setiap pojok ruangnya. Dimulai dari performa sofa, lampu hias, dan tempat tidur eksklusif seolah tengah ada di istana.

Bukan hanya hanya itu, tapi santai di Mutiara Guesthouse dengan keluarga atau famili dekat jadi langkah baik untuk habiskan waktu senggang sesudah capek berpetualang. Argumennya, karena pada tempat ini sediakan gazebo kecil dan meja dan bangku makan yang ada di taman. Pasti bersantap cemilan sedap didampingi rimbunnya tanaman hijau akan membuat situasi semakin sejuk.

Sebenarnya, Benteng Belgica yang disebut bangunan riwayat tidak diperlengkapi dengan adanya banyak sarana pendukung untuk tiap pelancong. Meski begitu, Anda tak perlu cemas karena tempat lokasi benteng ini telah diperlengkapi dengan beberapa sarana umum yang dapat dicicipi.

Salah satunya seperti pemondokan dan tempat makan yang menyajikan macam macam makanan ciri khas Maluku yang mengunggah hasrat. Disamping itu ada juga masjid yang dijadikan tempat melaksanakan ibadah umat Islam. Sarana umum selanjutnya yakni ada pengadaan Anjungan Tunai Berdikari atau ATM.

Tersebut pembahasan komplet sekitar rekreasi warisan riwayat Benteng Belgica yang berada di Maluku tengah. Karena warisan sejarahnya bagus sekali, karena itu tempat rekreasi yang ini ialah tujuan pas untuk Anda yang suka dengan perjalanan panjang dan wacana riwayat yang memikat buat ditelisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.