Bekantan Park, Wisata Keluarga & Edukasi Terbaik di Banjarbaru

Bekantan Park, Wisata Keluarga & Edukasi Terbaik di Banjarbaru
Alamat: Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

Untuk anda masyarakat Banjarbaru pasti sudah mengenali spesies Bekantan yang disebut tipe primata ciri khas dari Kalimantan Selatan. Biasanya hewan ini akan menyebar di sejumlah rimba hutan yang berada di Kalimantan seperti Pulau Bakut. Oleh karena itu dibangun Bekanten Park sebagai salah satunya tempat wisata penangkaran primata Bekanten itu. Yok baca apa serunya berkunjung Bekanten Park yang berada di Banjarbaru ini.

Mengenali Hewan Primata Bekantan Park

Mengenal Bekantan Park
Photo Credit: Mellania Fdm

Bekantan adalah hewan primata yang mempunyai ciri-ciri khusus berlainan dengan primata secara umum. Hewan Bekantan ini mempunyai hidung yang besar dan panjang dan sebagai salah satunya maskot Propinsi Kalimantan Selatan. Umumnya Bekantan akan kerap ditemui di sejumlah rimba bakau atau mangrove yang berada di Pulau Kalimantan, Malaysia atau Brunei Darussalam.

Panjang ekor Bekantan ini hampir serupa dengan panjang badannya yakni sekitaran 559 sampai 762 mm. Dalam pada itu warna rambut pada badannya bervariasai. Sisi punggung Bekantan warna cokelat kemerahan dan sisi anggota badannya warna putih keabuan. Berat yang dimililiiki oleh hewan ini sekitar 16 sampai 22 kg untuk jantan, sementara pada betina sekitaran 7 sampai 12 kg.

Satwa Bekantan sebagai tipe arboreal yakni kebanyakan hidup di pohon, tetapi kadang hewan ini akan turun ke lantai untuk argumen tertentu. Dia akan melonjak, tergantung, atau bergerak dari 1 pohon satu ke pohon yang lain dengan ke-4 anggota badannya. Bekantan sendiri sebagai perenang yang ulung karena pada bagian telapak kaki dan tangannya mempunyai selaput kulit seperti katak.

Hewan permata ini sebagai salah satunya hewan permata yang diproteksi kehadirannya dan hampir musnah komunitasnya. Nyaris 50 sampai 80 % komunitas Bekantan akan menyusut dalam waktu 36 sampai 40 tahun akhir. Oleh karena itu hewan ini terhitung permata yang populasainya hampir musnah di periode mendatang.

Di tahun 2019, komunitas Bekantan ini cuma sisa sekitaran dua ribu spesien saja. Pemerintahan harus memberi perhatian khusus untuk penangkaran hewan permata ini. Menyusutnya komunitas Talentaan ini karena hewan permata ini jadi usaha pemasaran secara illegal di Banjarmasin. Oleh karena itu pemerintahan harus melakukan tindakan tegas pada aktor eksplorasi hewan itu.

Lokasi & Harga Ticket dan Jam Operasional Bekantan Park

Lokasi Bekantan Park
Photo Credit: Adil Pratama

Jika anda ingin ajak anak atau keluarga liburan anda dapat jadikan Bekantan Park sebagai salah satunya referensinya. Ini karena Bekantan Park mempunyai spot photo yang unik dan memikat buat didatangi. Disamping itu ada pula tempat sarana bemain yang dapat dicoba untk anak anak. Sang kecil akan belajar berkenaan hewan hewan yang berada di tempat Bekantan Park itu.

Bekantan Park sendiri berada di Propinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Alamat selengkapnya berada di Gungtungmanggis, Dasar Ulin, Kota Banjarbaru. Anda dapat memakai petunjuk arah untuk dapat sampai di lokasi itu. Pada program petunjuk arah bakal ada opsi lajur paling cepat untuk pemakai kendaraan motor, mobil atau kendaraan umum.

Biasanya harga ticket masuk untuk wisata akan dibanadrol pada harga yang berlainan. Harga yang dibanderol ini bergantung dengan hari anda bertandang ke Bakentan park. Harga ticket masuk yang dibanderol juga termasuk ramah kantong. Cukup dengan 15 ribu rupiah anda dapat berkeliling-keliling di tempat outbond satu ini. Sayang anda cuma dapat bertandang ke Baketan Park di hari Sabtu Minggu saja.

Tiap tempat wisata mempunyai jam operasional masing-masing yang berlainan. Begitu halnya tujuan yang berada di wilayah Banjarbaru itu. Berbeda dengan tujuan wisata yang membuka dari pagi sampai sore atau dari sore sampai malam, Bekantan Park mempunyai jam operasional sendiri. Umumnya Bekantan Park akan mempunyai jam operasi pada jam 8 pagi sampai jam 2 siang saja.

Fasilitas & Sarana Unik Bekanten Park Pas Untuk Keluarga

Fasilitas Bekantan Park
Photo Credit: Herba Lariz

Bekanten Park berada di Jl. Guntung Manggis Banjarbaru yang disebut salah satunya objek wisata outbond yang diperuntukkan untuk anak anak. Tetapi jika anda pencinta photografi anda bisa juga bertandang ke Bekanten Park karena ada banyak spot photo bagus yang dapat dicoba untuk didatangi.

Saat anda pertama kalinya masuk ke teritori wisata ini, anda akan disongsong dengan patung primata Bekantan yang tinggi membubung. Patung Bekantan itu sebagai lambang dari kota Banjarbaru selainnya pasar terapung. Patung Bekantan paling besar sendiri berada di siring pinggir Sungai Martapura di Jalan Kapten Pierre Tendean yang disebut wisata baru di Banjarmasin.

Tidak cuma tempat masuk wisata, anda akan mendapati banyak patung bekantan saat berkeliling-keliling ke tempat Bekanten Park. Antiknya di tempat ini anda akan mendapati banyak mode patung bekantan. Disamping itu, ada juga patung alien komplet dengan pesawat UFO nya yang memikat perhatian beberapa pengunjungnya. Anda dapat ambil beberapa photo di spot menarik patung yang berada di tempat patung.

Anda akan menemui miniature jembatan barito yang pas untuk jadi spot photo keren anda. Beberapa pencinta photo sering kali bertandang ke arah tempat ini untuk ambil gambar yang pas dan jadi latar belakang dari photo yang baik. Tidak cuma pada bagian luar saja, anda akan mendapati spot photo yang baik karena dibuat serupa dengan patung bekantan.

Selainnya tempat photo yang unik, ada pula akan mendapati banyak sarana permainan anak. Sarana outbond wisata cantik ini mempunyai beragam macam permaianan yang dapat dicoba untuk anak anak. Anda dapat mengetes nyali anak dengan coba sarana outbond flying fox yang disiapkan untuk anak anak kecil.

Fasilitas Lain Bekantan Park
Photo Credit: Irun Qybit

Tidak itu saja anak anak bisa juga bermain jembatan tali yang di bagian bawahnya ada kolam ikan. Tentu saja anda tidak sulit cemas mengenai kemanan permaiann outbond di Bekantan Park. Karena semua sarana permaianan di Bekantan Park sudah dipantau dengan tenaga yang professional yang kapabel di sektornya.

Jika jemu dengan permainan, anda dapat ajak anak berkeliling-keliling di Bekantan Park untuk menyaksikan hewan yang lain berada di wilayah itu. Anda akan mendapati binatang seperti kura kura, biawah dan beruang. Ke-3 jewan itu memang diperbudidayakan oleh faksi pengurus Bekantan Park untuk lengkapi sarana bermain sekalian belajar. Anda dapat ajak anak untuk langsung beinterasi dengan hewan hewan itu.

Tentu saja hewan hewan ini aman untuk dibawa lakukan hubungan dan tidak beresiko. Penjaga hewan juga akan memberi pemantauan yang cukup ketat untuk kenyamanan dan kemanan pegunjung yang ingin berhubungan dengan hewan hewan itu. Pengunjung dapat leluasan berhubungan dengan hewan dan menambahkan pengetahuan hewan dengan terlibat perbincangan dengan penjaga kebun bianatang.

Nach dibanding anda ingin tahu dengan satwa Bekantan, anda dapat bertandang ke Banjarbaru atau Bekantan Park untuk ketahui selanjutnya. Selainnya sediakan bermacam permainan, anda akan menjumpai banyak spot photo yang unik dan dapat membuat photo anda kelihatan unik dan menarik. Datangi Bekantan Park dengan keluarga saat berlibur untuk isi waktu dengan keluarga paling dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.