Wisata Batu Lawang, Menikmati Wisata Alam Hits Sembari Kulineran di Cirebon

Wisata Batu Lawang, Menikmati Wisata Alam Hits Sembari Kulineran di Cirebon
Alamat: Cupang, Kec. Gempol, Kab. Cirebon, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 7.000
Google Maps: Cek Lokasi

Cirebon memang dikenali sebagai kota yang sediakan beragam wisata kulineran dan riwayat. Tetapi sekarang telah ada beberapa tujuan wisata baru, yang menjadi daya magnet tertentu untuk beberapa wisatawan. Batu Lawang, sebagai salah satunya wisata baru yang tidak kalah memikat buat didatangi. Menyajikan panorama yang lain yang unik, yang kiranya bisa menambahkan pengalaman perpetualangan.

Mengenal Sejarah Wisata Batu Lawang

Mengenal Wisata Batu Lawang
Photo Credit: Juhenk Arie

Dengan bahasa Jawa, lawang mempunyai makna sebagai pintu. Lantas mengapa tujuan wisata ini diberi nama sebagai Batu Lawang? Sebetulnya argumennya cukuplah sederhana, di mana wujud batunya memang seperti terlihat pintu tetapi tercipta secara alami. Berlainan seperti pintu yang dibikin oleh tangan manusia, pintu yang tercipta dengan alami ini betul-betul kelihatan elok. Ditanggung pengunjung kerasan lama-lama disitu, sambil mendokumentasikan tiap moment-nya.

Di sini pengunjung bisa juga menyaksikan tebing yang kelihatan demikian unik, dengan alamnya yang asri. Lokasi ini benar-benar pas didatangi oleh beberapa pencinta olahraga panjat tebing, bila disaksikan dari tingkat kemiringan tebing dan panorama sekitaran yang demikian cantik. Di mana warga sekitaran memberikannya nama Tebing Lawang dan Batu Lawang, yang mana menurut Bahasa Jawa mempunyai makna pintu yang mempunyai ketinggian yang bermacam.

Apa argumen dibalik penamaan tebing lawang? Memiliki bentuk yang nyaris sama dengan pintu rumah ciri khas zaman dulu, mengingati kembali akan periode kecil. Dan lokasinya sendiri ada di Gunung Jaya, yang ada pas di samping Tebing Cupang. Menyaksikan semangat masyarakat pada tebing ini, pada akhirannya Team Merah Putih dan Komune Panjat Tebing Cirebon juga membikinkan lajur khusus sejumlah 4 biji.

Pesona yang Dimiliki Wisata Alam Batu Lawang

Pesona Wisata Batu Lawang
Photo Credit: kunto dwi

Sebetulnya tujuan wisata yang mempunyai luas sekitaran 3 hektar ini telah dikenalkan tahun 2017 lalu, namun ketenarannya baru baru ini makin bertambah. Dengan lakukan kerja sama dengan Perhutani, masyarakat sekitaran juga pada akhirnya sukses mengubah tempat itu jadi sebuah object wisata. Dipertambah dengan beberapa sarana oke dimulai dari tempat parkir sampai zone khusus berpose riang, rupanya sukses menarik hati beberapa pengunjung.

Pengunjung dapat nikmati keelokan alam sekitaran dari ketinggian 50 mtr. di sejumlah bukit-bukit di daerah Jaya Dusun Cupang. Dimulai dari Bukit Kapur, bukit Hanjuang, Bukit Paling tinggi, sampai bukit Leneng menjadi opsi. Panorama itu akan makin cantik bila disaksikan dari ketinggian, ingat semua pojok seolah kelihatan lebih terang karena penglihatan berasa lebih luas.

Panorama yang tidak kece dengan Tebing Breksi dari Yogyakarta, membuat makin terkenal dan banyak diperbicarakan di beberapa sosial media. Banyak dicari oleh beberapa pencinta wisata alam, ingat jika lokasi ini tawarkan panorama tebing berbatu yang terlihat menarik. Tidak cuma beberapa pencinta panjat tebing yang ingin liburan ke sana, tetapi anak muda banyak yang berlomba mendapati lokasi ini untuk berswafoto riang.

Saat wekeen datang, jumlah pengunjung makin bertambah di luar dari perkiraan awalnya. Semakin pertambahan tahun, kelihatan terang ada kenaikan jumlah pengunjung yang tertarik menyaksikan keelokannya langsung. Banyak pada mereka yang cari spot terbaik untuk mendokumentasikan peristiwa itu, hingga faksi pengurus juga membuat beberapa spot photo menarik.

Kegiatan Menarik di Wisata Alam Batu Lawang

Kegiatan Wisata Batu Lawang
Photo Credit: Wisata Alam Batu Lawang Cirebon

Sama seperti yang disebutkan awalnya, jika wisata satu ini benar-benar pas dikunjungi oleh beberapa pencinta olahraga ekstrim seperti panjat tebing. Tebingnya yang cukup terjal dan membubung tinggi, dirasakan jadi lokasi yang cocok untuk lakukan training. Hingga tidaklah heran jika tempat ini sering dijadikan diksar, untuk beragam organisasi pencinta alam baik itu tingkat kampus atau sekolah sekalinya.

Tingkat ketenarannya yang makin bertambah, rupanya cukup berpengaruh pada keberadaan aktivitas beberapa pencinta alam. Hal itu kelihatan dari terdapatnya beragam sarana, yang dirasakan benar-benar memberikan dukungan untuk lakukan olahraga ekstrim itu. Bahkan juga Tebing ini sudah menjadi satu diantara tempat saat ingin melangsungkan aktivitas perlombaan olahraga ekstrim. Untungnya aktivitas mereka disokong segenap hati, kelihatan dari ada tambahan sarana.

Lokasi dan Jalur Ke arah Batu Lawang Cirebon

Lokasi Wisata Batu Lawang
Photo Credit: Wisata Alam Batu Lawang Cirebon

Karena masih terhitung sebagai tujuan wisata baru, sedikit masyarakat Cirebon sendiri yang ketahui terletak dengan tentu. Walau sebenarnya terletak cukup bersisihan dengan Balai Dusun Cupang, yang diprediksi cuma sekitar 1 km saja. Harus dipahami jika Batu Lawang sendiri, sebagai tebing yang berhimpitan atau condong melekat dengan Bukit Jaya. Siapa saja yang ingin menyaksikan keelokannya langsung di Dusun Cupang Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Minimal ada dua lajur yang dapat dipakai untuk ke arah lokasi wisata unik satu ini. Lajur pertama yakni ke arah arah Ciwaringin, yang berada tidak jauh dari rumah Sakit Sumber Sehat. Dari sana Anda dapat belok kiri untuk ke arah ke Rajagaluh, lalu terus lempeng sampai 1 km dari titik itu. Kemudian Anda dapat membelok arah ke kiri dan akan melalui jembatan, saat sebelum lempeng sedikit dan membelok ke kiri satu kali lagi untuk melalui tempat persawahan.

Turuti jalan itu sampai mendapati dasar berbentuk Balai Dusun Cupang. Jika mendapati kesusahan dan berasa salah jalan, silakan menanyakan ke warga sekitaran. Mereka akan menolong Anda sedapat mungkin, supaya Anda dapat selekasnya sampai di lokasi yang diharapkan. Masih berasa kesusahan untuk mendapati lokasi wisata ? Sekarang waktunya memercayakan program petunjuk arah, supaya tak perlu ketidaktahuan dengan deskripsi di atas.

Minimal diperlukan waktu sekitaran 35 menit saja bila lakukan perjalanan dari Kota Cirebon, hingga masyarakat kotanya sendiri juga tertarik mendatanginya karena terletak ayng tidak begitu jauh. Tetapi perlu Anda kenali jika, Dusun Cupang rupanya sebagai wilayah yang berada paling ujung dari Kota Cirebon. Bahkan juga lokasi dusun satu ini juga cukup bersebelahan langsung denganKabupaten Majalengka.

Karena kehadirannya cukup terkenal, sekarang pengunjung tidak perlu ketidaktahuan cari arah ke arah lokasi wisata ini. Karena faksi pengurus sudah menambah papan petunjuk arah, yang dirasakan benar-benar menolong mereka yang dari luar kota dan tidak ingat dengan wilayah sekitaran. Ada servis itu, makin tingkatkan rasa senang pengunjung untuk dapat kembali lagi ke tempat itu lain kali.

Biaya Ticket Masuk Wisata Alam Batu Lawang

Tiket Wisata Batu Lawang
Photo Credit: About Cirebon

Tidak perlu mengambil kantong terlampau dalam, karena harga yang paling ramah kantong. Cukup dengan membayar sekitaran 10 beberapa ribu saja per-orangnya, pengunjung dapat mengeksplor tempat wisata ini sesuka hatinya. Bahkan juga pengunjung tidak dikenai ongkos tambahan, saat ingin mendokumentasikan peristiwa liburan di sejumlah spot yang sudah disiapkan. Walau berisi dompet yang tipis, gagasan liburan tidak terhambat sedikitpun.

Pengunjung makin dimanja dengan akses ke arah lokasinya yang cukup murah dan gampang. Walau termasuk cukuplah jauh dari jalan raya besar, tetapi mereka secara mudah mendapati lokasi itu tanpa alami kesusahan memiliki arti. Sudah pasti ini menambahkan tingkat kepuasan mereka, khususnya untuk mereka yang memakai kendaraan individu dan menyengaja tiba di luar kota.

Tidaklah aneh jika object wisata alam Batu Lawang sanggup tawarkan daya tarik menarik, ingat terletak yang dikitari oleh bukit barisan. Karena panorama yang cantik itu, banyak pelancong yang selanjutnya mendokumentasikannya dari beragam pemikiran. Bahkan juga mereka sama-sama berlomba memperoleh spot terbaik, untuk hasil bidikan yang menarik. Nantikan apalagi, silakan datangi lokasi wisata satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.