Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali, Pesona Air Terjun dengan Panorama Memukau

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali, Pesona Air Terjun dengan Panorama Memukau
Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

Terjun Tegenungan Gianyar terhitung tempat wisata alam terkenal di Bali dengan keelokan yang memikat, memikat buat Anda telusuri saat bertandang ke Gianyar.

Gianyar adalah kabupaten di Pulau Bali yang populer karena pegunungannya yang demikian agung saat disaksikan. Bukan hanya kebudayaan yang utuh untuk dipertahankan, tetapi masih tetap ada tempat pariwisata alami yang menjadi satu diantara icon dari kabupaten ini, yakni Air Terjun Tegenungan.

Air terjun atau Curug Tegenungan sebuah tempat wisata yang ada di Gianyar persisnya di Dusun Kemenuh. Anda akan dijajakan dengan keelokan alam dari tempat wisata ini yang tetap terlindungi secara baik.

Curug Tegenungan ialah salah satu tujuan yang paling dekat dengan Kota Denpasar. Hingga untuk ke arah ke arah tempat ini sangat gampang. Selainnya pemandangan yang paling memikat, Anda akan rasakan demikian sejuknya teritori pegunungan di Pulau Seribu Dewa ini.

Mengenal Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Mengenal Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali
Photo Credit: Rama Keting

Jika Anda sedang ingin liburan ke Pulau Bali dan ingin nikmati panora pegunungan yang paling istimewa, Air Terjun Tegenungan sebagai lokasi yang wajib buat didatangi. Tetapi saat sebelum pergi ke arah tempat ini, sebaiknya Anda harus mengenali lebih dalam kembali supaya sanggup mengoptimalkan waktu di tempat wisata ini. Berikut beberapa hal bagus yang harus Anda kenali.

Air Terju Tegenungan sebagai salah satunya curug yang dipunyai oleh Pulau Bali dengan keelokan alamnya yang demikian menarik mata. Kondisi yang paling alami jadikan grojogan yang dijepit oleh 2 bukit berlumut ini menjadi satu diantara arah rekreasi beberapa wisatawan baik itu dalam atau luar negeri.

Curug Tegenungan ialah air terjun yang salah satu ada di dataran rendah yang berada di pulau seribu dewa ini. Walau demikian, tidak boleh ditanyakan kembali keelokan yang berada di sini. Curug ini mempunyai tinggi sekitaran 15 mtr. dari bukit agar bisa dicicipi keindahannya.

Di saat masuk pintu masuk air terjun ini, Anda diwajibkan olahraga lebih dulu dengan menjejaki anak tangga yang ada, walau meletihkan, tentunya terbayar dengan panorama yang demikian menganakemaskan mata.

Oleh karenanya, saat sebelum lakukan berlibur ke tujuan rekreasi satu ini, sebaiknya untuk menyiapkan tenaga lebih dulu dan bawa perbekalan atau cemilan untuk dikonsumsi sepanjang perjalanan.

Pesona yang Dipunyai Air Terjun Tegenungan

Pesona Terjun Tegenungan
Photo Credit: Bali Cheapest Tours

Saat memijakkan kaki di lokasi Curug Tegenungan pertama kalinya, tentu saja hal pertama yang hendak Anda alami ialah kesejukan dan keelokan yang ada di tempat wisata ini. Dengan pohon-pohonan yang paling teduh, tentu saja akan menambahkan sebuah keanggunan yang bisa dicicipi oleh mata.

Di situ ada sebuah pancuran yang bisa digunakan oleh beberapa pengunjung untuk beri kesegaran tubuh sesudah perjalanan jauh dalam terhubung ke lokasi ini. Tentu saja pancuran ini bisa menjadi daya magnet tertentu dengan lumut warna hijau yang melekat pada dindingnya.

Disamping itu, deburan air yang jatuh akan jadikan situasi disekitaran lokasi Air Terjun Tegenungan jadi sangat terasa fresh. Tentu saja sesudah tiba ke arah tempat ini, Anda tentunya tidak dapat mengendalikan diri untuk selekasnya bermain air di bawah gerojogan ini.

Lokasi Menuju ke Air Terjun Tegenungan

Lokasi Terjun Tegenungan
Photo Credit: Deka Dwi Navinta Candra Nugraha

Curug Tegenungan sebagai salah satunya object pariwisata yang banyak didatangi oleh pelancong lokal atau asing. Walau jauh dari lokasi tempat rekreasi yang lain, tetapi benar-benar dekat jika Anda tengah ada di Kota Denpasar. Disamping itu, untuk ke arah ke arah tempat berlibur ini dari dusun terkedat tidak gampang, hingga siapkan lebih dulu fisik Anda.

Walau benar-benar sulit untuk dilakukan, tetapi usaha Anda itu tentunya akan terbayarkan dengan keelokan dan kesegaran Air Terjun Tegenungan ini. Walau demikian, di tengah-tengah perjalanan ke arah lokasi ini, Anda dapat nikmati keelokan alam hutan-hutan yang warna hijau dan fresh. Tentunya tidak berasa capek saat lakukan trip ini.

Jika Anda sedang ada di Kuta, jarak ke lokasi air terjun ini sekitaran 29 km. Prediksi saat yang Anda habiskan diperjalanan lebih kurang 1 jam. Jika mengawali perjalanan dari Lapangan terbang Internasional Ngurah Rai, Anda harus tempuh perjalanan sekitaran 32 km dengan memerlukan waktu sepanjang 1 jam.

Sesudah ada di Dusun Kemenuh dan mendapati pintu masuknya, Anda tidak mendapati air terjun ini di seberang jalan, tetapi wajib melakukan treking lebih dulu. Dari pintu masuk itu, Anda akan menyaksikan jejeran anak tangga yang membimbing ke teritori Curug Tegenung.

Biaya Ticket Masuk Wisata Air Terjun Tegenungan

Biaya Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali
Photo Credit: Syaihu Kyousuke

Untuk masuk tempat rekreasi Curug Tegenungan, Anda harus mengambil kantong pada harga RP 15.000,- per-orang. Tentu saja harga itu sangat murah untuk nikmati pemandangan alam yang paling memikat.

Disamping itu, Anda dapat masuk tempat rekreasi ini start pukul 08.00 WITA sampai 19.00 WITA. Oleh karenanya upayakan tiba di saat itu untuk nikmati segarnya air dan keelokan air yang menuruni bukit ini.

Tersebut info singkat berkenaan daya tarik Air Terjun Tegenungan yang menjadi satu diantara sasaran beberapa pelancong asing atau lokal. Saat sebelum tiba ke arah tempat rekreasi ini, benar-benar disarankan untuk menyiapkan keadaan badan degan baik. Sudah pasti banyak yang bisa Anda kerjakan di situ selainnya cuma untuk nikmati panorama yang paling hebat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun

Kegiatan Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali
Photo Credit: Ignacio Aguirre

Mandi di Pancuran

Selainnya berenang di bawah air terjun, Anda dapat merendam dan main bersama pancuran yang ada di situ. Tempat pancuran di sini benar-benar luas hingga untuk Anda yang tidak dapat berenang, bisa coba aktivitas ini. Air yang mengucur juga jernih dan fresh, tidak kalah dari curugnya.

Berjalan-Jalan Nikmati Panorama

Jika Anda tidak bawa pakaian renang, Anda bisa nikmati pemandangan yang berada di Air Terjun Tegenungan. Sudah pasti panorama di sini sangat unik dan tidak dapat segera Anda dapatkan di lain tempat. Disamping itu, jalan-jalan di lokasi ini akan kurangi rasa capek sepanjang aktivitas setiap hari Anda.

Berenang

Selainnya berenang, tentunya Anda harus coba berenang atau merendam di bawah air terjun. Sudah pasti air di sini benar-benar bersih dan benar-benar fresh. Oleh karenanya, saat sebelum tiba ke arah tempat liburan satu ini sebaiknya siapkan lebih dulu perlengkapan dan peralatan yang komplet.

Benar-benar dianjurkan untuk memakai baju yang nyaman saat melalui tangga dan bawa baju renang sendiri. Tidak boleh pakai baju yang material dasar jeans karena akan membuat kulit alami lecet dan akan sulit kering. Ditambah lagi sunblock supaya di saat matahari benar-benar terik, kulit Anda tidak gosong.

Seharusnya berenang di lokasi yang sudah disiapkan untuk beberapa pengunjung. Janganlah sampai melalui batasan aman. Karena di situ telah ada plakat yang bisa ketahui sampai mana Anda harus berenang.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Air Terjun Tegenungan

Fasilitas Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali
Photo Credit: David Schacht

Sarana sebagai fasilitas simpatisan yang penting dalam sebuah tempat wisata. Untuk sarana-fasilitas di Curug Tegenungan lumayan komplet, yaitu:

Tempat Parkir

Jika Anda bawa kendaraan individu, cukup parkir saja di lokasi yang sudah ada. Ongkos parkirnya bervariatif bergantung dari kendaraan Anda.

Toilet

Toilet ialah fasilitas sanitasi yang penting dalam sebuah tempat rekreasi. Oleh karenanya, jika ingin buang air, tidak boleh di saluran air terjun, tetapi pakai toilet ini, atau bisa digunakan untuk ganti pakaian tentu saja.

Tempat Makan

Jika perut telah berasa lapar, tidak boleh cemas jika tidak bawa perbekalan awalnya. Karena beberapa warung makanan akan berjajar sejauh jalur perjalanan dari dusun sampai ke tempat curug.

Gazebo

Jika Anda ingn bermalam di dekat tempat Air Terjun Tegenungan, coba sewa salah satunya villa yang ada di situ. Harga yang dijajakan lumayan murah apa lagi yang liburan dengan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.