Air Terjun Tattungo, Menikmati Keindahan Alam Memukau di Enrekang

Air Terjun Tattungo, Menikmati Keindahan Alam Memukau di Enrekang
Alamat: Puncak Harapan, Kec. Maiwa, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Saat lagi menginjakkan kaki di Enrekang, tidak boleh buang peluang mengeksplor Air Terjun Tattungo. Tempat wisata yang pas didatangi saat pemikiran capek ada, karena Air Terjun ini tawarkan daya tarik alam yang menganakemaskan mata.

Sulawesi Selatan populer akan anugerah alamnya yang demikian memesona, satu diantaranya terlukiskan terang pada Air Terjun Tattungo. Daya tarik keelokannya makin terpancarkan terang, ingat keadaan alamnya yang seolah belum juga pernah tersentuh oleh tangan manusia. Untuk dapat sampai di lokasi wisatanya, Anda juga keluarkan tenaga extra karena medannya yang lumayan berat. Dibanding ingin tahu dengan keelokannya, silakan baca pembahasan ini.

Pesona yang Disuguhi Air Terjun Tattungo

Pesona Air Terjun Tattungo
Photo Credit: Hartas Amri

Tempat wisata di Sulawesi Selatan ini memang lumayan populer, tetapi sayang tidak sembarangan orang dapat sampai di teritori wisatanya. Pasalnya medan yang perlu dilewati termasuk cukuplah licin dan curam, hingga diperlukan kesiagaan extra dan yakinkan keadaan badan yang bugar. Tidak ada kelirunya ajak rekan atau masyarakat sekitaran yang telah ingat dengan track ke arah air terjunnya, sebagai wujud mengantisipasi peristiwa yang tidak diharapkan.

Walau perjalanan ke arah teritori khusus air terjunnya harus melelahkan extra, ditanggung Anda tidak menyesal pernah mendatanginya. Bagaimana tidak, tiap mata melihat selalu dihias dengan pohon-pohonan teduh yang membuat tempat sekelilingnya berasa sejuk dan beri kesegaran. Akhirnya Anda dapat mengisap oksigen sekitar jumlahnya tanpa tercemar dengan pencemaran udara seperti di wilayah perkotaan.

Daya magnet khusus Air Terjun Tattungo berada pada airnya yang terlihat melaju dari ketinggian lebih kurang 80 mtr.. Walau air yang ditumpahkan tidak begitu deras, tetapi cukup membuat kelihatan elok menarik. Antiknya air terjunnya tidak langsung landing di atas tanah seperti curug secara umum, tetapi airnya akan mengucur kembali lagi ke celah sela batu-batuan berundak dan melaju turun sampai hingga di saluran sungainya.

Warna airnya cukup jernih dan beri kesegaran, hingga pas dijadikan tempat berenang atau sekadar bermain air di pinggiran air terjunnya. Dan panorama sekelilingnya terlihat menganakemaskan indra pandangan, karena air terjunnya dijepit dengan pohon-pohonan teduh setiap seginya. Kadang-kadang kedengar suara alam yang bersahutan dengan suara nyanyian burung yang terlihat telusuri tempat wisata itu.

Situasi sekelilingnya yang demikian tenteram, dirasakan pas didatangi untuk mereka yang memerlukan ketenangan. Bahkan juga cukup dengan duduk manis di batu-batuan sekitaran air terjunnya, membuat pemikiran jadi lebih jernih dan siap mengawali hari kembali. Saat lagi ada disitu, jangan sampai terlewat peluang untuk memburu spot terbaik untuk hasilkan photo keren. Cukup menyaksikannya sekali karena itu cukup membuat siapa saja jatuh cinta padanya.

Tempat wisata ini pas didatangi oleh beberapa pencinta penjelajahan yang memerlukan ketenangan. Tetapi seharusnya tidak bertandang saat musim hujan sudah datang, karena medan yang perlu dilewati akan makin licin dan ditakuti mencelakakan keselamatan. Tidak cuma berperang dengan medannya yang demikian melawan, tetapi saluran air terjunnya cukup deras sampai tutupi bebatuan yang memiliki ukuran jumbo.

Jalur Ke arah Lokasi Air Terjun Tattungo

Lokasi Air Terjun Tattungo
Photo Credit: Hajir Klp

Selesai ketahui daya magnet intinya, apa Anda berminat untuk mendatanginya dalam kurun waktu dekat ? Bila memang begitu silakan langsung melaju ke Dusun Pucuk Keinginan, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Nampaknya tidak begitu susah untuk mendapati teritori wisata satu ini, ingat keelokannya yang telah dikenali baik oleh warga sekitaran hingga tidak ada kata sangsi untuk mendatanginya.

Sepanjang perjalanan ke arah lokasi wisata, pengunjung akan disajikan panorama serba hijau setiap mata melihat. Medan jalan yang perlu dilewati termasuk cukuplah mulus, hingga Anda dapat bawa kendaraan individu seperti mobil atau sepeda motor sekalinya. Tetapi yakinkan untuk isi bahan bakar sampai penuh, karena sepanjang perjalanan berjalan jarang-jarang diketemukan tempat pengisian daya untuk kendaraan motor.

Jika Anda berasa kesusahan mendapati lokasi wisatanya, seharusnya minta bantuan ke masyarakat sekitaran untuk memperlihatkan arah yang betul atau bahkan juga minta dana untuk diantar sampai bibir pintu masuk wisatanya. Bagaimana bila gagal mendapati masyarakat yang bisa menolong Anda ? Tak perlu cemas, karena Anda bisa memercayakan program hebat yang terpasangkan di handphone kecintaan.

Lokasi wisata satu ini masih termasuk cukuplah asri dengan beberapa sarana yang seadanya. Dalam kata lain, pengunjung dibolehkan masuk sesenang hati tanpa dikenai biaya sedikitpun atau cuma-cuma. Sebetulnya tidak seutuhnya gratis, karena Anda harus ikhlas keluarkan tenaga extra untuk sampai di Tempat wisatanya. Supaya lebih irit, silakan bawa perbekalan sendiri untuk tekan pengeluaran tidak tersangka sepanjang memijakkan kaki di teritori wisatanya.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Air Terjun Tattungo

Kegiatan Air Terjun Tattungo
Photo Credit: Muhammad Fadhel

Untuk dapat sampai di lokasi wisatanya, nampaknya Anda harus pastikan bila keadaan badan pada kondisi bugar dan bawa beragam peralatan individu. Ini perlu dilaksanakan, karena medan yang perlu dilakukan untuk sampai di teritori wisatanya termasuk cukuplah susah karena jalanan yang curam dan cukup licin. Untuk keselamatan dan kenyamanan, seharusnya gunakan alas kaki dan baju yang nyaman saat sebelum pergi ke lokasi wisata.

Keadaan medannya yang alami, sering membuat pengunjung cenderung pilih tidak untuk kenakan alas kaki karena medan makin licin tanpa diperhitungkan. Supaya masih tetap aman, gunakan pohon-pohonan teduh yang ada di sisi kanan kiri Anda sebagai pegangan terbaik supaya tidak tergelincir atau jatuh ke bawah jurangnya. Walau perjalanan ke arah lokasi wisatanya termasuk cukuplah ekstrim, rupanya tidak turunkan ketertarikan untuk mendatanginya.

Perjalanan ke arah air terjunnya akan makin membahagiakan saat Anda ajak teman dekat atau famili paling dekat. Tetapi semua perjuangan itu tidak menghianati hasil, karena sesampai disitu pengunjung dapat nikmati situasi asri yang sejuk dan panorama yang demikian menganakemaskan indra pandangan. Sesudah kerja keras melalui semua halangan, sebaiknya isi energi lebih dulu saat sebelum bermain disekitaran air terjunnya.

Untungnya ada warung yang menawarkan bermacam kulineran sedap siap menganakemaskan perut yang sejak dari barusan mengeluarkan bunyi. Bahkan juga acara meneguk minuman fresh juga berasa bernilai selesai melalui semua rintangannya. Saat lagi isi energi kembali, silakan santai sesaat di warung itu diselipin dengan gurau tawa berkenaan jerih payah perjalanan yang barusan selesai dilalui.

Senang mencoba bermacam hidangan kulinerannya, waktunya untuk eksploitasi keelokan alamnya yang demikian memikat. Cukup hanya duduk manis disekitaran air terjunnya, telah sukses melunturkan capek di pemikiran. Pengunjung juga diberbolehkan untuk nikmati kesegaran airnya, tetapi diharap untuk selalu siaga setiap menginjakkan kaki ingat medannya yang paling licin dan dipenuhi oleh batu-batuan.

Senang menikmatinya dari jarak dekat, yakinkan untuk tak lupa mendokumentasikan peristiwa liburan itu sebagai ingat masa lalu. Minimal ada banyak spot photo terbaik untuk hasilkan photo keren yang sayang untuk dilewati demikian saja. Tempat ini juga sering dijadikan kebun memburu photo terbaik untuk beberapa pencinta photografi, hingga tidaklah heran bila teritori wisata satu ini tak pernah sepi didatangi sehari-harinya.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Air Terjun Tattungo

Fasilitas Air Terjun Tattungo
Photo Credit: Tri Sutriadi

Untuk pengunjung yang tiba dari jarak jauh, menginap menjadi pilihan terbaik untuk nikmati berlibur lebih hebat dan memberikan kepuasan. Untungnya Anda tidak kesusahan cari tempat bermalam terbaik dengan sarana komplet, karena di Kabupaten Enrekang sendiri bisa diketemukan beberapa pemondokan dimulai dari hotel sampai guest house. Harga yang dijajakan juga cukup bermacam, hingga Anda dapat pilihnya sesuai isi kantong.

Jika ingin lebih dekat sama alamnya, tidak ada kelirunya minta ijin untuk bermalam di dalam rumah masyarakat sepanjang sekian hari di depan. Tetapi yakinkan si pemilik rumah sudah menyepakatinya dari jarak jauh hari supaya tidak berasa terbeban. Karena Anda menumpang hidup, seharusnya berlaku baik dan tidak menyusahkan si pemilik tempat tinggal untuk kenyamanan bersama.

Teritori wisatanya termasuk masih asri dan terbangun secara baik, lumrah saja bila sarana yang disiapkan tidak begitu komplet. Salah satunya sarana yang tidak dilalaikan yakni tempat parkir yang lumayan luas, hingga pengunjung tak perlu cemas akan memercayakan kendaraannya saat lagi tempuh perjalanan kaki untuk sampai di lokasi air terjunnya.

Sarana yang tak lupa didatangkan yakni ada warung yang sediakan bermacam kulineran sedap untuk memberikan kepuasan perut yang kelaparan. Selainnya makanan berat, di sini pengunjung disajikan dengan bermacam jajan enteng yang siap menjejal perut sebelumnya terakhir meneruskan perjalanan kembali. Walau warung itu cukuplah sederhana, tetapi cukup penuhi keperluan pengunjung sekalian jadi tempat istirahat terbaik.

Saat lagi nikmati hidangan kulinerannya, Anda bisa nikmati daya tarik alamnya yang terlihat asri setiap mata melihat. Panorama serba hijau itu membuat makanan berasa lebih nikmat, terlebih bila melahapnya bersama dengan rekan atau orang tersayang. Tetapi tidak ada kelirunya untuk bawa bekal sendiri dari rumah supaya lebih irit, dan Anda juga bisa menyesuaikan dengan keperluan.

Untuk mereka yang rindukan suara alam yang bersatu derasnya air yang turun dari ketinggian tertentu, karena itu bertandang ke Air Terjun Tattungo ialah opsi tepat. Teritori wisatanya yang asri dan terbangun, membuat capek di pemikiran luntur saat itu juga semenjak menginjakkan kaki disitu. Situasi tenang dan kadang-kadang kedengar kicauan burung, membuat siapa saja berasa kerasan lama-lama disitu walau cuma duduk manis di tepian air terjunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.