Air Terjun Tanah Merah, Surga Alam yang Memikat di Samarinda

Air Terjun Tanah Merah, Surga Alam yang Memikat di Samarinda
Alamat: Jl. Muara Badak, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Samarinda sebagai ibukota propinsi Kalimantan Timur yang cukup padat warga. Beberapa orang yang berkunjung wilayah ini karena beragam kebutuhan, satu diantaranya untuk berlibur. Sayang sedikit wisata alam yang disuguhi oleh kota Samarinda, karena umumnya lokasi yang banyak didatangi oleh pusat belanja. Meski begitu, anda bisa berkunjung tempat wisata alam yang memikat di sini yakni Air Terjun Tanah Merah.

Pesona Alam yang Mengagumkan di Air Terjun Tanah Merah

Pesona Air Terjun Tanah Merah
Photo Credit: Farid Ihwandani

Air terjun Tanah merah jadi tujuan wisata favorite di Samarinda. Ini karena, keelokan air terjun dengan ketinggian 15 mtr. itu ditambah lagi situasi di wilayah sekitaran yang asri. Air terjun ini dikitari dengan hijaunya pohon-pohonan yang membuat kelihatan makin teduh. Gemeririk air yang dari atas, tentunya akan memberi dampak rileksasi untuk pemikiran anda. Air terjun ini, berada di tepian perkampungan yang alami.

Hal yang tidak kalah unik dari tempat ini, ialah air terjunnya yang mempunyai warna berlainan dengan lain tempat, yakni coklat kemerahan. Saat masih ada di atas, air terjun ini mempunyai warna yang jernih. Tetapi, sesudah jatuh ke kolam bawah, karena itu air itu jadi berbeda warna. Ini dikarenakan oleh air itu bersatu dengan tanah di wilayah Borneo ini, yang sejenis gambut hingga warna air terjun itu jadi kecoklat-coklatan.

Air Terjun tanah merah masih termasuk baru, di mana lokasi ini diketemukan sekitaran tahun 1975. Dan sesudah 14 tahun selanjutnya, baru warga sekitaran mengurus air terjun itu jadi tempat wisata. Di sini, anda akan menemui beberapa mata air yang tertutupi oleh pohon-pohonan dan semak semak. Mata air itu selanjutnya membuat satu saluran air ke arah batu-batuan, tanah, serta anda akan mendapati kolam yang berisi air air itu.

Akses & Lokasi Ke arah Air Terjun Tanah Merah

Akses Air Terjun Tanah Merah
Photo Credit: 제이오오엔 

Air Terjun ini berada di Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. lebih persisnya di Desa Purwosari. Karena lokasinya yang ada di daerah Samarinda, karena itu akses untuk ke arah ke arah tempat wisata ini termasuk gampang. Jarak di antara air terjun tanah merah dengan pusat perkotaan Samarinda sekitaran 14 km. Hingga perjalanan anda ke arah tempat wisata ini dapat habiskan waktu sekitaran 30 menit, bergantung kondisi dan situasi jalanan.

Untuk berkunjung tempat ini, anda dapat memakai transportasi umum yang tersedia banyak dengan biaya yang cukup dapat dijangkau. Bila naiki angkutan kota, anda dapat pilih angkot dengan jalur dari pasar Segiri ke arah Sungai Giring. Seterusnya, anda harus stop di simpang tiga yang ke arah air terjun itu. Selainnya transportasi umum, anda bisa juga memakai kendaraan individu baik mobil atau motor karena telah disiapkan parkir di wisata ini.

Kegiatan yang Dapat Dilaksanakan di Air Terjun Tanah Merah

Kegiatan Air Terjun Tanah Merah
Photo Credit: Zeto Penzom 

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan dan tentunya anda tidak jemu untuk habiskan waktu berlibur anda pada tempat ini. Selainnya nikmati keelokan air terjun yang cukup unik itu sambil duduk di kursi sekelilingnya, anda bisa juga dengan ambil photo dengan memakai panorama air terjun sebagai latarnya. Senang dengarkan gemericik air terjun, anda dapat beri kesegaran badan dengan berenang di kolam renang.

Walau air terjun ini mempunyai kolam bawah sama air langsung berasal di atas, tetapi pengunjung dilarang berenang pada tempat itu. Peluang karena warna airnya yang kecoklat-coklatan hingga dapat merintangi pandangan saat berenang. Selainnya berenang, anda bisa juga santai sekalian nikmati kulineran yang berada di warung makan. Anda pun tak perlu cemas bila ajak anak kecil, karena di sini mereka dapat bermain dengan senang.

Untuk pengunjung yang hoby lakukan penelusuran, anda dapat coba trackking untuk menyaksikan saluran air terjun tanah merah yang dari hilir. Ada anak tangga dibikin dari kayu, yang menyengaja disiapkan untuk pengunjung yang naik ke atas bukit. Hingga anda tidak perlu naik ke atas bukit melalui batu-batuan, karena dicemaskan akan tergelincir. Dengan lakukan penelusuran ini, tentu saja berlibur anda akan makin hebat dan melawan.

Supaya berlibur lebih membahagiakan dan tidak sedih, anda harus bawa beberapa barang yang komplet. Ketinggal barang yang perlu dapat membuat berlibur anda jadi terusik. Ada barang-barang yang perlu dibawa saat anda berkunjung wisata air terjun ini. Barang-barang itu diantaranya handphone, camera dengan battery yang penuh, pakaian untuk tukar, sandal antiselip, drybag dan air mineral yang cukup.

Handphone jadi barang yang penting untuk dibawa. Selainnya dipakai untuk memfoto keelokan panorama Air Terjun Tanah Merah, benda ini bermanfaat untuk memperlihatkan tempat lokasi wisata cantik lewat google maps . Maka anda harus pastikan jika batterynya pada kondisi penuh, saat sebelum membawa pergi. Jika perlu anda bisa juga bawa powerbank yang berperan untuk isi daya bila handphone anda kekurangan battery di tengan perjalanan.

Sebetulnya untuk ambil photo yang berada di tempat ini cukup dilaksanakan dengan handphone bila kualitas cameranya lumayan bagus. Tetapi, untuk hasilkan kualitas gambar yang lebih bagus anda bisa juga bawa camera DSLR. Dan pakaian tukar sendiri penting bila rupanya pada tempat ini, anda berenang atau baju basah karena terserang recikan air. Sandal antiselip benar-benar berperan saat anda merencanakan lakukan trackking ke atas bukit.

Fasilitas & Sarana yang Berada di Wisata Air Terjun Tanah Merah

Fasilitas Air Terjun Tanah Merah
Photo Credit: Nur Aini Haryati 

Berkunjung tempat wisata ini, anda tak perlu cemas kembali karena sarana yang berada di sana lumayan komplet bagus untuk wisata sendiri, atau kegiatan pendukung yang lain. Selainnya ada sarana tempat parkir yang lega untuk jaga kendaraan individu anda, di sini diperlengkapi dengan sarana lain seperti kamar mandi, kursi bangku disekitaran air terjun, gazebo atau pendopo untuk istirahat, kolam renang dan tempat untuk bermain untuk anak anak.

Pada tempat wisata ini, anda bisa juga mendapati warung makan secara mudah . Maka anda tak perlu kebingungan kembali saat lupa bawa perbekalan ssebelum ke lokasi. Ada banyak tempat makan yang dapat anda incar untuk mengenyangkan perut anda. Tentunya harga makanan pada tempat ini cukup dapat dijangkau. Dan hal yang sangat menarik dari tempat wisata ini ialah panggung terbuka. Tidaklah aneh bila tempat ini kerap didatangi oleh beberapa pelancong, apa lagi saat berlibur.

Air Terjun Tanah Merah memang tawarkan keelokan pemadangan air terjun yang cantik dengan situasi yang alami. Untuk berkunjung tempat wisata ini sangat gampang, dapat dilaksanakan dengan naiki transportasi umum atau memakai kendaraan individu. Banyak sarana yang disiapkan pada tempat wisata ini, dimulai dari tempat parkir yang lega sampai ada taman bermain untuk anak kecil. Benar-benar membahagiakan kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.