Air Terjun Sipiso-Piso, Wisata Alam Eksotis dengan Pesona Alam di Karo

Air Terjun Sipiso-Piso, Wisata Alam Eksotis dengan Pesona Alam di Karo
Alamat: Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Air Terjun Sipiso-Piso salah satunya air terjun paling indah dengan ketinggian 120 mtr. ada dekat dari Danau Toba, Karo. Rekreasi alam yang eksotik yang tawarkan keelokan alam, bukit-bukit sampai pulau samosir.

Tujuan rekreasi Air Terjun Sipiso-Piso sebagai salah satunya dari 10 daftar air terjun paling tinggi yang berada di Indonesia. Air Terjun itu tempati posisi paling tinggi keenam sesudah air terjun yang ada di Riau namanya air terjun Tangkai Kapas. Air terjun di Medan ini saluran airnya mengalir deras dan membuat vertikal prima hingga terhitung ke air terjun type plunge.

Terhitung salah satunya air terjun paling tinggi di Indonesia karena memiiki ketinggian sampai 120 mtr. dan ada di permukaan air laut sekitaran 1300 mtr.. Panorama yang tergambar terang disekitaran air terjun ini berbentuk pohon-pohonan hijau di sisi kanan dan kiri air terjun. Kombinasi warna pohon-pohonan hijau dan air terjun itu sanggup beri kesegaran mata pengunjung yang tiba.

Air terjun itu berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba. Saluran air terjun yang deras datang dari sungai bawah tanah namanya Sungai Pajanabolon yang mengucur melalui goa yang ada di segi kawah danau. Sungai Pajanabolon sebagai salah satunya sungai yang memasok air ke Danau Toba. Hingga Air Terjun Sipiso-Piso berada tidak jauh dari icon kota Medan dan tempat rekreasi terkenal itu.

Pesona yang Dipunyai Air Terjun Sipiso-Piso

Pesona Air Terjun Sipiso-Piso
Photo Credit: Promo Danau Toba

Panorama alam disekitaran air terjun memberi daya tarik keelokan yang tidak ada duanya. Tujuan rekreasi air terjun itu jadi tujuan rekreasi favorite untuk beberapa pelancong karena daya magnet yang dipunyainya. Bahkan juga air terjun ini menjadi satu diantara tujuan rekreasi unggulan Propinsi Sumatera Utara. Rekreasi alam yang disuguhi tidak ada yang bisa menyaingi.

Warga Indonesia tentu kenal dengan Danau Toba. Danau itu sering jadi latar belakang uang kertas rupiah karena keelokannya yang paling memikat. Air terjun itu ada di satu teritori dengan Danau Toba. Hingga beberapa pelancong luar negeri atau lokal tentu berkunjung air terjun ini sesudah senang liburan ke Danau Toba.

Warga Sumetera di tempat pada zaman dulu memberikan nama air terjun ini dengan panggilan ‘Piso’. Dengan bahasa Batak, Piso memiliki arti pisau. Nama Piso diputuskan karena air terjun satu ini jatuh dari pucuk yang demikian tinggi dan airnya yang deras membuat air yang terjun dari ketinggian kelihatan tajam dan terjal seperti sebilah pisau bila disaksikan dari terlalu jauh.

Nama ‘ Sipiso-Piso’ diambil dari nama gunung yang ada pas disebelah timur laut air terjun. Gunung itu namanya Dolok Sipiso-Piso dengan ketinggian sekitaran 1.860 mtr. mdpl di permukaan air laut.

Karena terhitung salah satunya air terjun paling tinggi di Indonesia, karena itu untuk ke arah Air Terjun Sipiso-Piso juga beberapa pelancong memerlukan tenaga extra dengan menuruni sekitaran 500 anak tangga yang cukup meletihkan yang dibuat di bukit yang terjal. Saat yang dilakukan oleh beberapa pelancong saat menuruni tangga itu lebih kurang 45 menit-1 jam.

Lokasi dan Biaya Ticket Wisata Air Terjun Sipiso-Piso

Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso
Photo Credit: Kg

Rekreasi air terjun ini berada di Dusun Tongging. Jarak air terjun itu sekitaran 24 km bila dilalui dari Kota Kabanjahe dan 35 km bila dilalui dari Kota Brastagi. Beberapa pelancong bisa lewat beberapa jalur untuk dapat sampai di air terjun yang ada di kabupaten Karo ini. Beberapa pelancong bisa tempuh perjalanan memakai kendaraan individu atau angkutan umum.

Bila Anda memakai kendaraan individu, jalur yang bisa Anda menempuh jika pergi dari Kota Medan ialah ke arah Kota Kabanjahe sama waktu menempuh perjalanan sekitaran 2 jam dan jarak sekitaran 70 km. Dari Kota Kabanjahe, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Danau Toba yang memerlukan waktu menempuh perjalanan sekitaran 30 menit.

Bila Anda memakai angkutan umum, Anda dapat pergi dari Kota Medan dengan naiki Bis dan turun di Simpang Merak. Setelah tiba di Simpang Merak, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan memakai ojek atau becak yang berada di sekitaran Simpang. Perjalanan Anda akan memerlukan waktu sekitaran 3 jam.

Anda bisa juga pergi dari Kota Brastagi dengan naik kereta api dan turun di stasiun Brastagi. Setelah tiba di stasiun Brastagi, Anda bisa meneruskan perjalanan memakai transportasi umum dan turun di Simpang Merak. Selanjutnya Anda dapat memakai ojek atau becak ke arah lokasi. Perjalanan Anda semakin lebih cepat sampai hanya karena memerlukan waktu sekitaran 1 jam.

Transportasi yang lain dapat Anda pakai ke arah Air Terjun Sipiso-Piso dengan naiki travel. Di Lapangan terbang Kualanamu dan Stasiun Brastagi ada beberapa travel yang siap mengantar Anda ke tujuan lokasi. Dengan memakai travel, Anda perlu mempersiapkan bujet sekitaran Rp 400.000-600.000. Ongkos itu tidak begitu mahal bila Anda naiki travel bersama dengan keluarga atau rekan lebih dari empat orang.

Jalur yang Anda menempuh sepanjang perjalanan akan melalui jalanan mulus beraspal yang berliku. Di sejauh perjalanan Anda akan menjumpai perkebunan jeruk dan dapat stop sesaat untuk berkunjung ke perkebunan jeruk itu. Anda dapat menuai jeruk langsung dari pohonnya dan mengkonsumsinya langsung pada tempat. Rasa jeruknya benar-benar fresh hingga sayang sekali bila dilewati.

Untuk dapat nikmati teritori rekreasi alam yang menakjubkan ini, Anda perlu mempersiapkan bujet Rp 10.000 per-orang saat weekday atau akhir pekan. Ticket masuk itu bisa berbeda setiap saat saat musim berlibur. Rekreasi alam air terjun yang memikat ini dibuka untuk umum tiap hari Senin-Minggu sepanjang 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Air Terjun Sipiso-Piso

Aktivitas Air Terjun Sipiso-Piso
Photo Credit: Vanilla Muffins

Dari lokasi parkir kendaraan, Anda dapat melihat keelokan air terjun dari jauh. Dari terlalu jauh, sumber air untuk Danau Toba itu memiliki bentuk seperti terlihat pisau kecil dan memanjang karena debet airnya yang deras jatuh dari ketinggian yang tajam dan terjal. Jika Anda belum berasa senang, Anda dapat turun ke bawah dan menyaksikannya dari dekat.

Untuk dapat nikmati kesan beri kesegaran dari air terjun dengan daya tarik cantik yang ada di Sumatera Utara ini dari dekat, Anda diwajibkan trackking menuruni bukit sepanjang 45 menit-1 jam melalui bukit yang terjal. Anda perlu mempersiapkan perbekalan makanan dan air minum yang cukup agar tidak kecapekan saat perjalanan trackking.

Hal yang penting jadi perhatian saat trackking menuruni sekitaran 500 anak tangga di sini ialah keadaan badan Anda harus betul-betul bugar dan yakinkan tidak memiliki penyakit asma dan penyakit yang lain yang keadaannya dapat makin kronis bila kecapekan. Yakinkan Anda memakai sepatu yang kuat digunakan untuk lakukan perjalanan trackking.

Untuk Anda yang tidak kuat turun ke arah dasar Air Terjun Sipiso-Piso, Anda dapat menyaksikan panorama air terjun dari gardu pandang. Gardu pandang itu akan menyajikan panorama dua pemandangan alam sekalian. Pemandangan air terjun dan Danau Toba yang luas bisa Anda saksikan secara jelas dari gardu pandang yang ada di pucuk bukit.

Spot gardu pandang itu sebagai spot favorite untuk beberapa pelancong khususnya beberapa pelancong yang tidak mau jalan jauh. Keelokan pemandangan ke-2 surga rekreasi Sumatera Utara sekalian dan kecantikan alam pegunungan dan bukit-bukit disekitaran air terjun akan membuat Anda berasa terpikat dan makin kerasan untuk lama-lama disitu.

Tempat rekreasi satu ini benar-benar pas dipakai sebagai tempat rekreasi dengan keluarga atau rekan-rekan. Kombinasi angin semilir dan suara deru air terjun yang menentramkan jiwa membuat beberapa pelancong berasa tenang dan kerasan saat ada disitu. Anda dapat bawa alas saat ingin berekreasi di teritori air terjun ini.

Aktivitas Lain Air Terjun Sipiso-Piso
Photo Credit: Revolusi Mental

Satu perihal membahagiakan saat bertandang ke air terjun itu ialah dapat bermain air di bawah air terjun. Sekujur badan Anda akan basah terserang gemericik air terjun dan kesan segarnya bisa membuat Anda saat itu juga lupa dengan semua kepenatan kegiatan rutin dan tugas Anda setiap hari.

Tidak komplet rasa-rasanya bila bertandang ke tujuan rekreasi satu ini tanpa mendokumentasikan peristiwa dengan berpose. Keelokan air terjun yang tidak ada duanya ini memiliki beberapa spot photo yang tentu saja akan membuat ingin tahu siapa saja yang menyaksikan hasil fotonya. Dari lokasi parkir saja keelokan daya tarik air terjun telah terliat benar-benar menarik.

Keelokan daya tarik air terjun akan kelihatan makin menarik saat disaksikan dari dekat sesudah trackking menuruni bukit dengan melalui sekitaran 500 anak tangga. Beberapa spot photo yang hendak hasilkan photo keren bisa Anda peroleh saat di ada gardu pandang yang menyajikan dua pemandangan alam sekalian dan saat ada di tempat sekitaran air terjun,

Anda tak perlu cemas bila ingin bawa oleh-olehan untuk diserahkan ke tetangga atau sanak saudara. Di tempat rekreasi ini ada pasar oleh-olehan berada disekitaran gerbang air terjun berisi lapak pedagang yang jual beragam jenis oleh-olehan ciri khas tempat rekreasi ini. Anda dapat pilih dengan bebas oleh-olehan apa yang ingin Anda tentukan.

Oleh-olehan yang dipasarkan di pasar oleh-olehan itu diantaranya celana sampai rok katun ciri khas Tongging yang bermotif panorama ikan dan gunung, pakaian dingin rajutan, pakaian ciri khas Brastagi, sampai kaos bermotif Air Terjun Sipiso-Piso. Harga yang dijajakan bermacam yaitu sekitaran Rp 35.000-150.000 bergantung tipe oleh-olehan yang Anda tentukan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Air Terjun Sipiso-Piso

Fasilitas Air Terjun Sipiso-Piso
Photo Credit: @Atiqahfathiah_

Tempat rekreasi ini sediakan beragam sarana yang ideal seperti warung makan, tempat parkir, spot photo, pasar oleh-olehan toilet, sampai pondok. Tentu saja tempat rekreasi ini menjadi alternative rekreasi sesudah Anda bertandang ke Danau Toba.

Lokasinya yang tidak jauh dari Danau Toba membuat rekreasi alam air terjun Sipiso-Piso selalu ramai dipenuhi pelancong. Pasar oleh-olehan yang ada di sekitaran gerbang air terjun juga jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pelancong luar wilayah dan luar negeri karena mereka dapat bawa pulang oleh-olehan ciri khas air terjun itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.