Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali, Air Terjun Cantik dengan Panorama Hijau Disekitarnya

Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali, Air Terjun Cantik dengan panorama Hijau Disekitarnya
Alamat: Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng, Bali.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Air Terjun Sekumpul Buleleng jadi tujuan wisata alam yang hits dan terkenal di Bali dengan ketinggian 100 mtr. Kabupaten Buleleng Bali menjadi satu diantara arah rekreasi favorite karena mempunyai beragam tempat wisata yang meminat hati beberapa wisatawan. Kabupaten ini dianugerahkan dengan pemandangan alam yang demikian cantik yang asri dan terbangun. Salah satunya tempat wisata yang paling hits dan terkenal di Buleleng Bali ini yakni Air Terjun Sekumpul.

Air terjun ini salah satunya rekreasi alam terindah yang berada di Pulau Dewata. Air terjun ini mempunyai air yang sejuk dan dingin dengan panorama hijau disekelilingnya. Seringkali beberapa pelancong lokal atau luar negeri yang bersama-sama untuk berkunjung tempat wisata satu ini.

Untuk Anda yang atau akan liburan ke Pulau Dewata, Air Terjun Sekumpul jadi opsi yang cocok untuk habiskan waktu berlibur dengan keluarga, rekan, atau pasangan. Untuk secara lengkap, Anda bisa memerhatikan beberapa keterangan berkenaan Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali.

Pesona WIsata Air Terjun Elok di Buleleng Bali

Pesona Terjun Sekumpul Buleleng Bali
Photo Credit: Bali Massagen Uster

Air Terjun Sekumpul jadi tempat wisata yang paling dicari oleh beberapa wisatawan. Seperti namanya, air terjun ini sebagai beberapa kumpulan air terjun yang sejumlah 7 buah dan berada jauh.

Warga Bali biasa mengatakan sama air terjun pemuatan, dan beberapa pelancong luar negeri biasa mengatakan dengan seven points waterfall. Air terjun ini berada terselinap di Kabupaten Buleleng dan harus melalui lajur yang cukup susah.

Akses jalan yang susah ini langsung akan terbalas saat menyaksikan panorama air terjun yang demikian memikat. Anda akan disajikan daya tarik surga dunia yang tidak kalah cantik dengan tempat wisata yang lain yang ada di Pulau Bali.

Air terjun ini mempunyai kekhasan sebagai daya magnet tertentu. Dari 7 buah air terjun, ada 2 buah air terjun yang terletak sama-sama bersisihan. Ke-2 air terjun ini mempunyai debet air dan ketinggian yang lain. Disamping itu, ke-2 air terjun ini mengambil sumber dari saluran yang lain.

Air terjun samping kanan datang dari air mata pegunungan, dan air terjun samping kiri datang dari saluran sungai. Pada musim penghujan, ke-2 air ini mempunyai saluran air yang lain berwarna. Air terjun yang mengambil sumber dari saluran sungai mempunyai warna air yang lebih kotor, dan air terjun yang mengambil sumber dari air pegunungan mempunyai warna yang masih tetap jernih.

Untuk Anda yang ingin liburan ke Air Terjun Sekumpul Anda harus mempersiapkan tenaga yang cukup karena akses jalannya yang demikian meletihkan. Anda dianjurkan untuk menggunakan sandal anti selip karena jalannya yang licin. Disamping itu, Anda harus juga bawa bermacam minuman dan makanan. Karena tidak ada penjual makanan atau beberapa warung yang berdiri di teritori air terjun ini.

Lokasi Menuju ke Air Terjun Sekumpul

Lokasi Terjun Sekumpul Buleleng Bali
Photo Credit: Ali Alqaidi

Akses yang dilakukan untuk ke arah teritori rekreasi Air Terjun Sekumpul sangat bermacam. Untuk Anda yang dari luar wilayah atau di luar negeri yang memakai lajur udara, Anda akan transit di Bandar Udara Ngurah Rai. Untuk sampai ke tempat wisata ini Anda harus tempuh perjalanan sejauh 85 km.

Anda akan tempuh perjalanan lewat banyak daerah, yakni Denpasar, Singaraja, Kuta, dan Buleleng. Sejauh perjalanan, Anda akan disajikan bentangan sawah yang hijau dan bangunan-bangunan ciri khas Bali yang berjejer rapi dan terurus.

Untuk sampai ke Air Terjun Sekumpul, Anda bisa melalui Dusun Sekumpul atau melalui Dusun lemukih. Jalan yang dilakukan untuk sampai ke tempat wisata yakni berbentuk jalan setapak yang berliku dan tangga yang sedikit miring dan curam. Anda harus extra berhati-hati saat melalui jalan ini.

Akses jalan ke arah Air Terjun Sekumpul sangat susah. Karena, air terjun ini berada pada lokasi yang terselinap dan masuk ke dusun. Anda harus melalui sekitaran 350 tangga untuk dapat sampai ke tempat wisata.

Saat diperjalanan Anda akan disajikan panorama berbentuk sawah-sawah hijau yang berundak. Disamping itu, Anda dapat menyaksikan beberapa rumah masyarakat yang berjejer rapi dengan bermacam pohon ciri khas tropis yang membubung tinggi. Pohon itu umumnya berbentuk pohon rambutan dan pohon durian.

Lajur perjalanan yang susah ini langsung akan terbalas saat Anda melihat panorama Air Terjun Sekumpul yang demikian cantik. Anda akan berasa senang dan kerasan untuk lama-lama di tujuan rekreasi satu ini.

Biaya Ticket Masuk Wisata Teritori Air Terjun Sekumpul

Biaya Terjun Sekumpul Buleleng Bali
Photo Credit: Linda Schrauwen

Untuk Anda yang ingin bertandang ke Air Terjun Sekumpul, Anda harus ketahui lebih dulu harga ticket untuk masuk teritori tempat wisata ini. Agar Anda bisa mempersiapkan berapakah jumlahnya uang yang diperlukan untuk nikmati panorama di air terjun ini.

Untuk Anda yang ingin nikmati panorama cantik Air Terjun Sekumpul, Anda perlu keluarkan dana Rp 10.000 saja. Untuk pelancong asing harga tiketnya tambah mahal yaitu Rp 20.000. Tetapi, harga ticket ini cuma untuk nikmati panorama air terjun saja, bila ingin nikmati eksploitasi lebih maka dikenai ongkos khusus.

Untuk lakukan ekplorasi alam lebih dalam kembali, Anda harus melalui lajur khusus dan dibantu oleh pemandu rekreasi. Ada dua tipe trackking yang bisa Anda tentukan, yakni media trackking dan long trackking. Media trackking dikenai ongkos sejumlah Rp 125.000, dan untuk long trackking dibanderol pada harga Rp 200.000. Harga itu telah terhitung ongkos pemandu rekreasi.

Untuk Anda yang bawa kendaraan, Anda akan dikenai ongkos untuk jaga keamanan. Parkir untuk kendaraan beroda 2 dikenai ongkos sejumlah Rp 2.000. Dan untuk kendaraan beroda 4 dikenai ongkos sejumlah Rp 5.000.

Perlu Anda ketahui jika harga yang dibanderol setiap saat bisa berbeda, bergantung dari peraturan pengurus. Oleh karenanya, Anda selalu harus up-date berkenaan info harga ticket masuk dari faksi yang berkuasa.

Tersebut informasi-informasi yang penting Anda kenali berkenaan tempat wisata Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali. Untuk Anda yang ingin berkunjung Pulau Balu, janganlah lupa untuk berkunjung di air terjun ini. Anda bisa mendatanginya di antara waktu liburan atau saat waktu senggang. Mudah-mudahan info di atas bisa makin menambahkan wacana dan pengetahuan Anda.

Kegiatan yang Dapat Dilaksanakan di Air Terjun Sekumpul

Kegiatan Terjun Sekumpul Buleleng Bali
Photo Credit: @sonora_bali

Air terjun di Buleleng ini mempunyai panorama alam yang demikian memikat. Saluran air terjun yang aman bisa Anda pakai untuk bermain air. Anda harus mempersiapkan pakaian tukar saat liburan ke tempat wisata satu ini.

Di sini Anda dapat lakukan aktivitas renang. Air yang tidak begitu dalam dan arus yang relatif tenang jadikan lokasi ini aman untuk Anda yang ingin berenang. Anda akan rasakan kesan fresh yang hebat saat menceburkan diri di di air. Karena, air pada Air Terjun Sekumpul mengambil sumber dari 2 saluran, yakni saluran air pegunungan dan saluran dari sungai.

Selainnya berenang, Anda dapat lakukan aktivitas yoga di pinggir-pinggir air terjun. Situasi sejuk dan damai akan membuat Anda konsentrasi saat lakukan yoga. Anda dapat mengisap angin segar sekalian menyantaikan otak dari beban pemikiran.

Tempat wisata terselinap ini sediakan beragam spot photo alami yang instagramable. Anda bisa berpose riang dengan panorama air terjun atau pohon-pohonan disekitaran teritori air terjun. Seringkali juga, banyak beberapa pelancong lokal atau luar negeri yang lakukan photo pre-wedding di teritori ini.

Di sini Anda dapat lakukan aktivitas trackking ke teritori Air Terjun Sekumpul sekalian nikmati panorama asri yang hijau. Anda dapat mengeksplor lebih dalam dan nikmati panorama air terjun terselinap yang lain, seperti air terjun fiji. Tidak boleh cemas, Anda akan dibantu oleh pemandu rekreasi supaya tidak salah jalan dan selamat tiba di tujuan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Air Terjun Sekumpul Buleleng

Fasilitas Terjun Sekumpul Buleleng Bali
Photo Credit: @ayobalinet

Walau sudah jadi tempat wisata yang populer sampai ke luar negeri, teritori Air Terjun masih kurang akan sarananya. Beberapa pengurus rekreasi cuma sediakan sarana bikinan berbentuk masjid, toilet bersih, dan tempat parkir yang lega.

Ada juga beberapa gazebo yang dibuat di tepi teritori air terjun. Gazebo ini dibuat sebagai tempat beristirahat beberapa pelancong. Gazebo ini dapat juga dipakai untuk simpan kepentingan dan keperluan beberapa pelancong supaya tidak lenyap.

Pengurus tempat wisata Air Terjun Sekumpul sediakan lajur trackking untuk beberapa pelancong yang ingin menelusuri teritori ini lebih dalam. Ada 2 lajur trackking yang disiapkan yakni media trackking dan long trackking. Lajur trackking ini akan bawa Anda ke air terjun yang lain yang tidak kalah cantik.

Untuk melalui lajur trackking ini, Anda akan ditemani oleh pemandu rekreasi. Pemandu rekreasi akan memperlihatkan jalan supaya tidak salah jalan diperjalanan. Pemandu rekreasi akan menerangkan beberapa objek rekreasi yang ada di track itu.

Di sini Anda diharuskan untuk bawa minuman dan makanan di luar teritori tempat wisata. Karena pengurus tidak sediakan beberapa warung yang dibuat dalam teritori rekreasi untuk penuhi keperluan beberapa pelancong. Bila ingin beli makanan atau minuman, Anda harus keluar lebih dulu dari tujuan rekreasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.