Air Terjun Raja, Menikmati Keindahan Air Terjun Eksotis di Pulau Morotai

Air Terjun Raja, Menikmati Keindahan Air Terjun Eksotis di Pulau Morotai
Alamat: Raja, Kec. Morotai Sel. Barat, Kab. Pulau Morotai, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Pulau Morotai di Maluku Utara bukan hanya disanggupi keelokan rangkaian pulau dan pantai saja, karena ada tujuan menarik yang lain yang terselinap, seperti Air Terjun Raja yang demikian alami dengan keelokan alam yang mengagumkan.

Keelokan Air Terjun Raja yang masih alami, membuat reputasi tempat wisata ini bertambah. Banyak pelancong yang ke arah Pulau Morotai, Maluku Utara, untuk cari dan nikmati keelokan air terjun ini. Namun, nama asli dari air terjun itu ialah Air Terjun Raja, tetapi banyak yang keliru menyebutkan jadi Air Terjun Tajung Raja sama seperti yang berada di Sumatera.

Pesona yang Dipunyai Air Terjun Raja

Pesona Air Terjun Raja
Photo Credit: Morotai Indonesia

Jejeran pulau di Maluku sudah demikian populer dengan keelokan alamnya, khususnya keelokan pantai dan lautnya terhitung di Pulau Morotai. Walau begitu, tempat wisata di pulau ini tentu saja tidak terus-terusan berkenaan pantai dan rangkaian pulau semata-mata. Karena kenyataannya ada juga tujuan rekreasi air terjun yang sayang sekali untuk dilewati.

Sebutlah saja seperti tempat wisata Air Terjun Raja, yang demikian natural serta sedikit tersentuh oleh manusia. Maka dari itu, situasi di sini demikian sejuk dan damai dan jauh hingar-bingar situasi kota. Pasti tujuan yang paling pas didatangi untuk Anda yang capek dengan semua kemacetan dan aktivitas di kota.

Air terjun ini mempunyai kekhasan atau daya magnet yang berada pada tujuh jenjang air terjunnya. Yang mana jenjang ke-tujuh dari air terjun inilah yang demikian terkenal dan jadi tujuan khusus untuk beberapa pelancong, dengan tinggi air terjun lebih kurang 50 mtr. yang disertai besarnya volume air berguguran.

Airnya sendiri benar-benar jernih dan sejuk, membuat siapa saja berasa damai saat melihat tiap airnya berguguran ke bawah. Pikirkan Anda berdiri di muka air terjun yang menyajikan panorama eksotik ini, pasti Anda ingin selekasnya menceburkan diri dan bermain main dengan airnya yang demikian jernih itu.

Bukan hanya tujuh jenjang air terjun saja sebagai daya magnet dari Air Terjun Raja ini. Tetapi kekhasan yang lain ialah Anda langsung bisa stop ke air terjun pada jenjang ke-7 , tak perlu repot hiking atau telusuri sungai lebih dulu. Walau Anda bisa juga melakukan untuk ke arah jenjang yang lain, bila ingin pengalaman yang lebih melawan.

Jadi setelah tiba di lokasi rekreasi air terjun, Anda perlu jalan kaki sedikit untuk mendapati jenjang air terjun ke-7 itu. Panorama air terjun yang cantik dan disebelahnya disanggupi pohon pohon rimbun dan kicauan burung, langsung akan menegur indera pandangan Anda.

Supaya pengalaman berlibur makin berasa riil, Anda bisa juga membawa juga baju tukar untuk mencoba serunya berenang di kolam berdiameter 6 mtr. dan kedalaman sekitaran 3 mtr., yang berada tepat di bawah Air Terjun Raja. Karena terbilang cukuplah dalam, yakinkan Anda jaga anak anak yang bermain di dekat air terjun.

Bila bawa putra dan putri, seharusnya mencari kolam yang lebih dangkal, ingat jika air terjun elok ini mempunyai wujud yang berundak undak. Hingga pasti selalu tersisa beberapa kolam alami yang dangkal, supaya bisa dipakai bermain air oleh anak anak atau orang dewasa yang bertandang kesini.

Lokasi Menuju ke Air Terjun Raja

Lokasi Air Terjun Raja
Photo Credit: Aljafri Pandanga

Air terjun ini berada di daerah Dusun Raja, Kecamatan Morotai Selatan Barat. Untuk capai lokasi rekreasi lokal terselinap yang demikian alami itu, Anda perlu ke arah Pulau Morotai lebih dulu. Ke arah Pulau Morotai sendiri dapat dilakukan dengan terhubung lajur darat, udara, atau laut yang masing-masing tentu saja mempunyai saat yang berlainan keduanya.

Jika Anda tempuh perjalanan lajur darat, karena itu ke arah Pulau Morotai dapat dituju dari Ternate ke Sofifi. Lantas meneruskan perjalanan ke Tobelo, baru saja berjalan ke Morotai. Saat yang diperlukan sepanjang perjalanan darat ialah sekitaran 4 jam. Sementara untuk lajur laut dapat memakai kapal KM Geovani, yang biayanya lebih kurang Rp. 160 ribu an.

Memakai kapal kemungkinan jadi model transportasi yang cukup menyenangkan, ditambah kapal ini umumnya pergi dermaga pada malam hari, hingga Anda dapat melihat situasi malam disekitaran yang demikian temaram. Dermaga yang perlu Anda incar di sini yaitu Dermaga Ahmad Yani-Ternate.

Dari Dermaga Ahmad Yani akan pergi jam 20.00 WITA, selanjutnya datang di Dermaga Imam Lastori-Morotai Selatan lebih kurang jam 07.00 WITA esok paginya. Juga saat kembali Anda dapat naiki kapal dari Dermaga Imam Lastori yang pergi pada malam hari, dan datang di Dermaga Ahmad Yani esok paginya.

Tetapi bila Anda tidak mempunyai beberapa waktu dan ingin segera ke arah Air Terjun Raja, karena itu dapat memutuskan untuk memakai lajur udara. Jika Anda memakai lajur udara, dapat naik pesawat Wings Air yang setiapnya harinya ada penerbangan lokal atau luar negeri ke Pulau Morotai. Durasi waktu penerbangan dari Ternate ke Morotai cuma sekitaran 45 menit.

Setelah tiba di Pulau Morotai, dari arah ibukota kabupatennya yakni Daruba cuma memerlukan waktu pintas sekitaran 45 menit sampai 1 jam untuk sampai ke lokasi rekreasi yang berada di Dusun Raja. Akses ke arah air terjun ini memanglah tidak dapat disebut mulus tanpa kendala, karena ada banyak batas jalan yang belum dilaksanakan pembaruan.

Biaya Ticket Wisata Air Terjun Raja

Biaya Air Terjun Raja
Photo Credit: Ayuasriyani

Namun jalannya bisa dilewati oleh beragam kendaraan untuk ke arah lokasi. Nanti sesudah datang di lokasi parkir tempat wisata yang ada di tengah kebun, Anda perlu jalan kaki beberapa mtr. untuk mendapati air terjun tingkat ke-tujuh dari Air Terjun Raja. Bahkan juga sisi atas air terjun yang berbentuk batu-batuan alami dengan kubangan air telah kelihatan disana.

Di mana tiap orang yang masuk ke tempat wisata Air Terjun Raja biasanya akan dikenakan biaya Rp. 20.000. Tetapi biaya ini pasti dapat berbeda setiap saat, bergantung pada season waktu itu. Dan tidak tutup peluang jika harga umumnya bisa juga berbeda jika dilaksanakan pembaruan pada sarana yang ada di tempat rekreasi itu.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Air Terjun Raja

Aktivitas Air Terjun Raja
Photo Credit: MalutKita

Menelusuri

Air Terjun Raja ada di Pulau Morotai, yang mana wilayah ini mempunyai rangkaian pulau elok yang dapat Anda datangi. Umumnya bahkan juga banyak pelancong yang mengambil langsung paket rekreasi menelusuri pulau pulau elok di teritori ini, selanjutnya ditutup dengan hilangkan capek di air terjun dan sekalian camping di situ.

Berenang

Bukan hanya udara sejuk dan rimbunnya pohon-pohonan saja yang bisa menganakemaskan Anda sepanjang berkunjung ke Air Terjun Raja. Pasalnya air terjun satu ini mempunyai air yang demikian jernih dan fresh, membuat siapa saja tidak sabar untuk selekasnya berenang didalamnya. Karena memiliki bentuk yang berundak, ada banyak kolam alami yang dapat diputuskan di sini.

Untuk kolam khusus berdiameter sekitaran 6 mtr., mempunyai kedalaman lebih kurang 3 mtr., hingga Sebaiknya anda berhati hati saat berenang di sini. Bila bawa putra putri dapat coba berenang di kolam yang lebih dangkal. Atau justru sekedar bermain air di kubangan kubangan air yang ada di tepi dan atas air terjun itu.

Memburu Photo

Tempat wisata sering jadi lokasi yang bagus untuk memburu photo untuk beberapa pencinta photografi. Demikian juga sama air terjun elok di Morotai ini yang tawarkan panorama cantik, pasti menjadi spot photo keren yang dapat dibagi ke media sosial. Bahkan juga sering banyak yang sekalian nge-vlog di tujuan itu.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Air Terjun Raja Morotai

Fasilitas Air Terjun Raja
Photo Credit: @pesonaindonesia

Air Terjun Raja sebagai tempat wisata alami rasanya bisa juga disaksikan dari sarana yang ada di sini. Pasalnya sepanjang mata melihat Anda cuma akan mendapati rekreasi alam yang betul-betul ada di alam, tanpa sentuhan manusia. Kemungkinan cuma tempat parkirnya saja yang telah dibenahi supaya beberapa pelancong dapat semakin bebas memarkirkan kendaraan.

Selebihnya, rekreasi alam ini belum mempunyai sarana pendukung yang lain. Tetapi faksi pengurus telah merencanakan lakukan pembaruan yang akan datang, ingat jika rekreasi alam ini menjadi satu diantara pariwisata Morotai yang disebut tulang punggung untuk warga di tempat. Lepas dari sarananya, tujuan ini demikian pantas untuk didatangi.

Nama air terjun ini kemungkinan kurang terkenal jika dibanding Air Terjun Tajung Raja di Pulau Sumatera, yang mempunyai nama hampir sama. Tidaklah aneh bila ada banyak yang keliru mengatakan nama tempat rekreasi ini. Tetapi ketenaran tujuan satu ini makin lama terus naik ke atas, karena keelokan dan kealamiaannya mulai dijumpai beberapa pelancong.

1 thought on “Air Terjun Raja, Menikmati Keindahan Air Terjun Eksotis di Pulau Morotai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.