Air Terjun Pung Bunga Bontosomba, Wisata Alam Eksotis di Maros

Air Terjun Pung Bunga Bontosomba, Wisata Alam Eksotis di Maros
Alamat: Desa Bontomanurung, Bonto Somba, Kec. Tompobulu, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Sulawesi Selatan memang simpan banyak surprise yang tidak diduga. Misalkan daya tarik keelokan alam yang demikian mengagumkan di Air Terjun Pung Bunga Bontosomba di Maros yang mempunyai daya magnet yang benar-benar mempesona.

Tidak bisa disangsikan kembali, jika Sulawesi Selatan ini terkenal dengan daya tarik alamnya yang memesona. Karena di dalamnya ada sejuta wisata alam yang menyajikan pemandangan alam cantik dan menentramkan, misalkan saja di Air Terjun Bontosomba (Pung Bunga) di Maros. Di tujuan wisata ini ada daya tarik alam yang mengagumkan dan sanggup menghipnotis siapa yang tiba. Ingin tahu tidak dengan daya magnetnya? Baca penjelasannya ini.

Pesona yang Disuguhi Air Terjun Bontosomba

Pesona Air Terjun Pung Bunga Bontosomba
Photo Credit: Muhammad Yahya

Air terjun Pung Bunga di Maros menyajikan panoramanya yang demikian memesona, tidaklah aneh bila setiap berlibur datang banyak beberapa pengunjung yang tiba. Bahkan juga tujuan wisata ini memberi kesan yang lain dibanding dengan wisata air terjun secara umum. Benar-benar sayang untuk Anda yang bertandang ke Maros, tapi tidak bertandang ke tempat wisata ini.

Wisata air terjun ini benar-benar pas untuk isi aktivitas berlibur Anda, apa lagi saat berlibur panjang datang. Keelokan yang disuguhi di air terjun ini sangat mengagumkan dan sanggup menghipnotis siapa yang tiba. Bahkan juga daya tarik keelokan yang dipunyai oleh air terjun ini disebutkan sebutkan tidak ada yang bisa menaklukkannya. Warga yang berada tinggal di air terjun ini juga populer dengan keramahannya baik itu ke pelancong lokal atau luar negeri.

Dahulunya wisata air di Maros ini mempunyai nama Air Terjun Bontosomba. Tetapi karena ada pemekaran yang terjadi di wilayah ini, hingga mengakibatkan air terjun ini ganti nama jadi Air Terjun Pung Bunga. Karena ada penggantian nama itu, membuat tujuan wisata yang mempunyai pemandangan mengagumkan di Maros ini makin populer sampai ke luar negeri.

Kombinasi di antara keelokan air terjun dan suara deru yang dibuat pada air terjun ini, sanggup membuat beberapa pengunjung yang tiba berasa kerasan dan nyaman untuk tinggal semakin lama. Bahkan juga dengan kejernihan air yang dipunyai oleh air terjun ini sanggup membuat situasi fresh dan mempersejuk. Tidaklah aneh bila beberapa pengunjung yang tiba sampai berkali-kali untuk nikmati situasi yang jarang-jarang diketemukan itu.

Pesona Lain Air Terjun Pung Bunga Bontosomba
Photo Credit: Bismiragandi Ahmad

Air terjun Pung Bunga ini juga mempunyai kekhasan yang pantas Anda kenali, yakni ada air terjun yang bersusun dua dengan dasar sebuah kolam alami. Air yang jatuh dari ketinggian sekitaran 20 mtr. dalam genangan yang melingkar dibarengi batu-batuan menambahkan keelokan dari lokasi wisata ini. Sejuknya air dalam kolam air terjun ini membuat beberapa pengunjung tidak enggan untuk menikmatinya dengan berenang atau cuma bermain air semata-mata.

Kadang-kadang embusan angin bawa recikan air ke pengunjung yang ada dekat sama air terjun. Recikan itu sanggup membuat situasi air terjun jadi lebih mempersejuk. Menariknya kembali, tujuan wisata ini masih lumayan alami hingga mempunyai panoramanya yang paling eksotik. Hal unik yang lain yakni air terjun di Maros ini terhitung ke air terjun yang tidak kering selama setahun.

Tetapi ketika pucuk kemarau, debet air pada air terjun ini akan relatif kering. Walau demikian, keelokan yang disuguhi oleh wisata air ini tidak menyusut. Beberapa pengunjung dibutuhkan usaha yang lumayan berat untuk dapat nikmati keelokan dari air terjun Pung Bunga ini. Karena ada beragam trek yang cukup berat dan melawan untuk dilewati oleh pengunjung air terjun ini.

Lokasi Ke arah Air Terjun Pung Bunga Bontosomba

Lokasi Air Terjun Pung Bunga Bontosomba
Photo Credit: Agung Azharii

Air Terjun Pung Bunga ini sebagai salah satunya tujuan wisata yang ada di Dusun Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Untuk dapat mendapati air terjun ini sebetulnya sangat gampang, namun akses jalannya cukup melawan. Beberapa wisatawan yang ingin tiba bertandang ke Air Terjun Pung Bunga ini akan memakan waktu lebih kurang satu jam.

Untuk beberapa pengunjung yang ingin berkunjung air terjun Pung Bunga dari Kota Maros ini, harus tempuh jarak sekitaran 35 km, dengan akses lewat Maros, Batangase, Kariango, Zipur, Pucak, Masale, lalu Bonto Manurung. Tetapi bila dari pusat Kota Makassar, karena itu jarak yang perlu dilakukan sekitaran 50 km dengan lajur Makassar lewat BTP, Moncongloe, Zipur, Pucak, Masale, lalu Bonto Manurung.

Dengan lewat lajur itu, jalannya masih simpel dan dapat dilewati secara mudah. Tetapi saat telah tiba di Masale, Anda akan melalui jalan yang berbatu. Tidak perlu cemas, karena akses itu bisa dilewati oleh kendaraan beroda 4 dan kendaraan beroda 2. Karena tempat wisata ini ada di wilayah pegunungan Tompobulu, hingga akses capai air terjunnya juga cukup melawan.

Selainnya lajur yang diterangkan awalnya, tetapi untuk dapat capai air terjun ini sebetulnya ada tiga lajur yakni lewat Moncongloe, lajur Pakere, atau lajur Maccopa. Perjalanan itu memerlukan waktu yang berlainan juga, bergantung lajur mana yang diputuskan. Sejauh jalan ada bermacam kios atau penjual makanan yang sediakan bermacam cemilan dan kulineran ciri khas.

Sesudah berkendaraan sekitaran 1,5 sampai 2 jam dari Kota Makassar, Anda akan sampai di kompleks air terjun. Beberapa pengunjung cukup bayar parkir motor sekitar Rp. 2.000 saja, kemudian beberapa pengunjung dapat nikmati situasi air terjun Pung Bunga sepuasnya. Dari tempat parkir, pengunjung masih perlu tempuh perjalanan batu-batuan yang cukup melawan. Tetapi demikian sampai di lokasi ini, pelancong langsung akan dimanja dengan performa air terjun yang mengagumkan.

Lokasi Lain Air Terjun Pung Bunga Bontosomba
Photo Credit: Kurnia Nusantaraa

Tujuan wisata yang berada di Maros ini dapat didatangi selama setahun, bahkan juga saat musim kemarau. Jika ingin bertandang, seharusnya tidak saat curahan hujan besar karena warna air terjun akan beralih menjadi kotor kecoklat-coklatan. Benar-benar dianjurkan juga untuk bawa bekal yang cukup saat akan berkunjung air terjun yang mempunyai ketinggian nyaris tujuh mtr. ini. Tidak cuma bekal saja, upayakan juga bawa semua peralatan yang diperlukan di tujuan wisata ini.

Akses ke arah air terjun ini dapat dilewati memakai kendaraan individu seperti sepeda motor. Beberapa pengunjung yang tiba dianjurkan untuk menyiapkan psikis dan fisik, karena perjalanannya akan kuras cukup tenaga dan kesabaran. Tetapi Anda tidak perlu cemas, karena saat sampai di air terjun semua akan terbayarkan secara lunas. Karena panoramanya yang demikian cantik sanggup membuat situasi hati semakin tenang.

Nikmati makanan perbekalan yang dibawa dari rumah bersama dengan suara saluran air sungai tentu saja akan memberi kesan berlainan yang lebih membahagiakan. Apa lagi dicicipi bersama dengan keluarga atau teman dekat paling dekat, tentunya akan jadi lebih nikmat dan menyenangkan. Untuk Anda yang ingin bertandang ke sini ketika pagi hari, karena itu Anda akan menemui kabut yang menambahkan kesan-kesan eksotik pada air terjun ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Air Terjun Bontosomba

Fasilitas Air Terjun Pung Bunga Bontosomba
Photo Credit: Muhammad Febri Muslim

Tujuan wisata air terjun ini benar-benar asri dan terbangun, karena masih jarang disentuh oleh pelancong. Air Terjun Pung Bunga yang berada di Maros ini sebagai salah satunya tujuan wisata air yang mempunyai bermacam sarana dan servis. Misalkan saja tempat parkir kendaraan, masjid, kamar mandi, dan ada banyak yang lain. Untuk tempat parkir yang ada di tujuan wisata ini dapat disebut lumayan jauh jaraknya sama air terjun.

Pada air terjun ini ada dua jenjang dengan dasar kolamnya yang alami. Saluran sungainya dihias batu-batuan dan banyak pohon-pohonan yang teduh disekelilingnya. Disitu juga ada dua spot photo khusus, yaitu dari sisi air terjun yang tampilkan view air terjun di atas, lalu photo ke-2 ialah batu-batuan besar yang ada di muka air terjun. Tidaklah aneh bila banyak beberapa pengunjung yang tidak ingin ketinggal untuk mendokumentasikan peristiwa bernilai itu.

Air terjun Pung Bunga sebagai wisata sekali jalan, hingga Anda dapat pergi saat pagi hari dan pulang pada sore hari. Di tujuan wisata ini ada mushola untuk kegiatan beribadah, tapi tidak ada tempat pemondokan. Walau demikian, di tempat sekitaran air terjun ini khususnya di pusat Kota Makassar ada pemondokan yang dapat dipakai untuk menginap untuk pengunjung yang dari luar kota.

Selainnya mempunyai daya tarik alamnya yang eksotik, air terjun Pung Bunga ini punyai narasi dogma yang dipercaya oleh beberapa masyarakat sekitaran. Konon, air terjun ini dipakai sebagai tempat pemandian beberapa bidadari yang turun dari langit dan tempat diam dianya putri kerajaan yang namanya Pung Bunga. Bahkan juga putri Pung Bunga itu akhiri hidupnya di air terjun ini.

Teritori yang ada di Pung Bunga ini mempunyai pemandangan alam cantik dan air terjunnya sebagai daya magnet khusus selainnya panorama pegunungan dan situasi perdesaan yang kental dan terbangun. Hingga benar-benar pas dipakai untuk siapa yang ingin habiskan waktunya di lokasi yang tenang. Bahkan juga tempat ini sanggup hilangkan kepenatan melakukan aktivitas sepanjang hari penuh di perkotaan.

Bermacam kelebihan yang disuguhi oleh tujuan wisata ini, diharuskan untuk tiap beberapa pengunjungnya selalu untuk jaga kebersihan dan kelestariannya dengan tidak buang sampah sembarangan. Dengan demikian keelokan dari air terjun Pung Bunga ini akan selalu terlindungi secara baik. Jika bertandang ke Maros, Sulawesi Selatan ini janganlah lupa juga untuk mencicip beragam tipe kulineran uniknya yang mengunggah hasrat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.