Air Terjun Pancur Aji, Menikmati Pesona Air Terjun Alami di Kalimantan Barat

Air Terjun Pancur Aji, Menikmati Pesona Air Terjun Alami di Kalimantan Barat
Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Beringin, Kec. Kapuas, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Kalimantan, salah satunya propinsi yang berada di Indonesia ini rasanya memiliki magnet tertentu untuk manerik pelancong. Banyak rekreasi alam yang dijajakan, rekreasi alam di sini pasti masih natural serta liar, jadi buat kamu yang ingin rasakan kesan rekreasi liar ala-ala Indonesia coba bertandang ke Kalimantan. Selainnya wisata alam yang eksotik, Kalimantan masih tetap kental dengan tradisi istiadat dan budaya yang dijaga turun-temurun dari leluhur mereka.

Salah satunya wilayah di Kalimantan memiliki satu tujuan rekreasi air terjun bagus yang dapat kamu datangi, yakni air tejun pancur aji yang berada di Kalimantan Barat. Air mancur ini terdiri dari 3 undakan, ketinggian tiga air terjun di teritori ini cuma sekitaran empat sampai lima mtr.. Tetapi derasnya air dari tiap-tiap ketinggiannya memberi kesan fresh, memang curahan airnya tidak begitu deras, tetapi cukup buat beri kesegaran bandan.

Konon lokasi ini sebagai persembunyian lajang Melaka membentengi diri dari kerajaan lawan. Meskipun lokasinya berda di ujung kota, Pancur Aji masih tetap ramai didatangi pelancong dalam atau luar Kalimantan. Di bagian atas bukit Pancur Aji ini sempat diketemukan beberapa sisa banteng yang terhampar pada daratan bukit. Pada bagian belakang banteng itu ada juga galian yang memiliki ukuran cukup dalam, diprediksi galian itu ialah area untuk menyimpan bekal jaman dulu.

Mengenali Air Terjun Pancur Aji

Mengenali Air Terjun Pancur Aji
Photo Credit: @detikcom

Air Terjun Pancur Aji tawarkan sebuah panorama air terjun yang masih alami , udaranya masih fresh karena jauh dari hruk pikuk kendaraan dan jauh dari pencemaran. Dinginnya air pegunungan gemericik air dan suara alam kental dan situasi yang alami yang dapat Anda alami di sini. Pemandngan yang fresh ini akan membuat kerasan lama-lama di air terjun Pancur Aji.

Karena ada banyak, flora dan fauna di teritori air terjun ini masih baik sekali, Anda akan gampang mendapati pohon tengkawang di sini yang disebut tumbuhan dalam kelompok sangat jarang dan susah diketemukan. Saat jalan lewat tempat perhutanan kamu bila untung kamu dapat menyaksikan seperti orang utan, rusa, dan beragam tipe fauna yang lain, tetapi tidak boleh cemas hewan-hewan itu telah dikandangkan secara baik.

Saat akhir minggu seperti rekreasi ini semakin lebih ramai kembali, terlihat beberapa warga Sanggahu atau masyarakat luar Sanggahu liburan di sini. Dari kelompok anak-anak sampai dewasa terlihat sedang nikmati situasi di Pancur Aji. Sisi bawah air terjun bisa juga kamu pakai untuk mandi fresh bersama kelompok.

Untuk sampai di perjalanan kamu harus melalui perjalanan yang cukup meletihkan, minimal ada 100 anak tangga yang perlu dilalui supaya sampai. Menyiapkan stamina yang fresh dan bekal yang bisa menolongmu di perjalanan.

Pesona yang Ada di Air Terjun Pancur Aji

Pesona Air Terjun Pancur Aji
Photo Credit: Hariady Hariady

Di saat musim penghujan, pengunjung dapat rasakan kesan merendam yang beri kesegaran dan mandi ia derasanya air terjun Pancur Aji, akan lebih bagus bila kamu tiba ke sana di saat musin hujan saja, karena saat musim kemarau air terjun masih tetap menarik walau curahan airnya tidak begitu deras seperti sajat musim penghujan.

Walau memiliki ketiggian yang tidak begitu tinggi, air terjun ini masih tetap menarik dengan daya tariknya, bila kamu merendam di tengah-tengah kolam air terjun, kamu dapat menyaksikan rimbunnya pohon-pohonan yang mempersejuk mata. Telah senang merendam di bawah air terjun kamu dapat ambil spot photo yang memikat dan dapat untuk koleksi di sosial media.

Rekreasi ini pas untuk rekreasi keluarga, ada gazebo yang dapat dipakai untuk sekedar duduk rileks sebari nikmati perbekalan yang dibawa dari rumah, atau cuma untuk mearuh beberapa barang saat kamu ingin mandi. Meskipun tinggi air terjun Pancur Aji tidak begitu, disamping itu ada sebuah meriam yang terpasang dibenteng itu dan dinamakan Lajang Malaka.

Lokasi Menuju ke Air Terjun Pancur Aji

Lokasi Air Terjun Pancur Aji
Photo Credit: Reny Agustina

Pancur Aji ialah sebuah objek rekreasi alam kebanggaan kabupaten Sanggahu Kalimantan Barat. Pancur Aji berada di tepian teluk sungai Kapuas pada bagian hulu atau pesisir barat kota Sanggahu, teritori rekreasi ini dijepit oleh 2 buah anak sungai, ada Sungai Monga yang berada di sisi hulu dan Sungai Mawang yang berada di sisi hilir.

Sungai Monga dan Sungai Mawang bersumber pada Sungai Kapuas yang berada di Kalimantan Barat . Maka sayang sekali jika kamu ke Kalimantan Barat tidak meluangkan waktu berkunjug ke air terjun ini, warga lokal kerap mengatakan dengan panggilan air terjun Niagara ala-ala Kalimantan.

Untuk ke arah teritori rekreasi alam ini diletakkang jalan telah dipasang papan panduan lokasi rekreasi itu, untuk kamu pencinta jalanan ekstrim bisa coba jalanan itu, pasalnya jalan ke arah teritori ini cukup melawan. Melalui bukit-bukit yang licin dan lembab, tetapi tidak boleh cemas kamu tidak jemu saat melalui jalanan itu, bakal ada sajian panorama sekitar yang cantik dan membuat kita lupa dengan rasa capek yang menimpa.

Sebetulnya tidak susah untuk mendapati teritori rekreasi ini, rekreasi Pancur Aji memiliki jarak sekitaran 6 km dari kota Sanggahu, kamu dapat tempuh perjalanan dari jalan raya ke arah Pontianak di samping barat Sanggahu sama waktu menempuh lebih kurang sepanjang 1 jam. Perjalanan darat bisa dijangkau secara baik, kamu bisa memakai kendaraan beroda 2 atau beroda 4 untuk ke arah lokasi.

Supaya tidak kesusahan saat berekreasi ke air terjun Pancur Aji, ada banyak panduan yang dapat akmu pakai. Pertama sewa homestay atau pemondokan yang nyaman saat sebelum pergi ke Kalimantan, tidak boleh pilih saat diperjalanan karena hasilnya tidak optimal, ke-2 bawa sunblock atau obat nyamuk beri karena rekreasi ini berada di tengah-tengah rimba. Upayakan gunakan baju senayaman kemungkinan agar tidak mengusik kegiatan wisatamu.

Fasilitas & Sarana yang Berada di Air Terjun Pancur Aji

Fasilitas Air Terjun Pancur Aji
Photo Credit: @Bg_aha58

Di tempat wisata Pancur Aji ada sarana kamar mandi yang dapat kamu pakai untuk basuh sesudah merendam di di air terjun itu, kamar mandi itu pada keadaan pantas yang dapat digunakan. Ada pula beberapa tempat duduk yang dapat untuk santai bersama pasangan, atau cuma istirahat sesaat sesudah perjalanan jauh mencari rimba.

Buat kamu yang golongan tiduran, dapat pilih gazebo yang memiliki ukuran lumayan besar untuk tempat santai sesudah sepanjang hari mandi di tengah-tengah air terjun. Ada juga lajur treking setapak agar biasa jadi lajur olahraga kecil untuk pengunjung sekitaran.

Karena rekreasi ini berada di tengah rimba yang rimbun, karena itu kamu harus memarkinkan kendaraanmu di atas, untuk kendaraan roda adua akan dibanderol dengan biayaf 2500 dan unmtuk mobil akan dibanderol pada harga 5000 rupiah. Ada juga warung dan tenda-tenda makan yang ada saat sebelum masuk rimbunnya rimba, menjadi lebih baik kamu beli stok konsumsi saat di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.