Air Terjun Ciupang, Air Terjun Indah dengan Tebing Eksotis di Pesawaran

Air Terjun Ciupang, Air Terjun Indah dengan Tebing Eksotis di Pesawaran
Alamat: Sumber Jaya, Kec. way ratai, Kab. Pesawaran, Lampung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Kekayaan alam di Propinsi Lampung persisnya Kabupaten Pesawaran telah populer dengan keelokannya. Dari lanscape perkebunan, hasil tani warga sekitaran, sampai rimba yang lestari, semua bisa Anda cicipi dengan tenang. Salah satunya dari demikian icon menarik di daerah ini ialah Air Terjun Ciupang.

Kehadirannya benar-benar menarik perhatian beberapa wisatawan. Bertandang kesini akan menganakemaskan Anda secara visual dan situasi. Bahkan juga, tidak cuma pelancong dari wilayah di tempat, tetapi tiba dari beragam pelosok. Pada tempat ini, keadaannya berasa demikian natural serta asri walau terletak tidak jauh dari perkampungan.

Saat Anda berpeluang ke arah Propinsi Lampung, janganlah lupa untuk meluangkan diri tiba ke Air Terjun Ciupang. Mengambil waktu senggang pada hari liburan dan rasakan kesegaran alami yang susah terlewatkan. Namun, untuk dapat datang di lokasi tujuan, karena itu Anda harus dapat menyetir motor atau tiba bersama rekanan yang merangkap sebagai supir.

Pesona yang Dipunyai Air Terjun Ciupang

Pesona Air Terjun Ciupang
Photo Credit: Sofie Primarani

Batu-batuan Eksotis

Tidak cuma tebing, icon menarik dapat diketemukan diperjalanan ke arah lokasi Air Terjun Ciupang. Masalahnya supaya bisa menyaksikan keelokannya langsung dari jarak dekat, Anda harus menjejaki beberapa anak tangga yang dibuat dari batu kali.

Ukuran lumayan besar hingga tidak labil walau dilewati oleh orang dewasa dengan jumlah banyak. Tetapi yang sangat menarik, itu dapat menjadi salah satunya spot berpose dengan situasi eksotik ala-ala perhutanan.

Anda dapat duduk antara anak-anak tangga lalu minta salah seorang teman ambil foto dari bawah. Namun, lihat keadaan sekitaran lebih dulu saat sebelum mengawali action. Argumennya karena spot ini sebagai tangga, jadi seharusnya jauhi berpenampilan saat penuh oleh pengunjung.

Langkah baiknya, coba ambil interval saat arus masuk dan keluar pengunjung sedang lengang. Itu akan menambahkan kecantikan hasil sasaran yang didapat. Tetapi sudah pasti, tidak bisa dilepaskan dari kekuatan tukang photo dan tipe lensa cameranya.

Tebing Tinggi Membubung

Di sekitar air terjun, Anda akan merasakan tebing tinggi yang membubung. Itu terlihat kokoh dan keras, di mana lumut dan air bersatu di atasnya. Ada kesan-kesan eksotik yang ketinggalan saat makin kerap dipandangi. Tidaklah aneh, banyak wisatawan jadikan spot itu sebagai object photo dambaan.

Berwarna condong abu-abu gelap dengan sentuhan hijau yang dari tanaman lumut. Di atas beberapa tebing itu tumbuh juga pohon-pohonan hingga situasinya berasa makin alami. Walau sebuah kelaziman untuk beberapa tujuan air terjun untuk dikitari oleh tebing, tapi Air Terjun Ciupang ini punyai daya tarik menariknya sendiri.

Bertandang kesini, pelancong tidak senang berpose cukup dengan 1x sasaran. Apa lagi, di muka tebing melaju air terjung yang mempunyai ketinggian sampai capai 15 mtr.. Pikirkan Anda sedang berfoto sekalian manfaatkan background kucuran air dan kekukuhan batu-batuan.

Udara Fresh

Sudah pernahkah Anda berasa jemu dengan keadaan udara di permukiman masyarakat? Khususnya untuk pelancong yang dari perkotaan, rasanya kerap kali panas, sesak, dan sesak. Bertandang ke tujuan berbasiskan alami sebenarnya sebagai langkah healing yang cukup logis untuk menentramkan diri kembali.

Apa lagi, dengan keadaan sepanjang dua tahun akhir di mana kegiatan di luar rumah sedapat mungkin terbatasi, ambil interval sesaat dan menyisih ke tengah rimba bukan gagasan jelek. Rasakan saat udara isi paru-paru Anda didampingi temperatur dingin yang mempunyai potensi buat menggigil.

Angin segar memperlihatkan jika sebuah tempat masih lestari. Ini sekalian mengingati wisatawan supaya tidak sebarangan melakukan tindakan, seperti buang sampah tidak pada tempatnya. Yakinkan diri Anda sering jadi pelancong yang berkepribadian baik di mana saja dan kapan saja.

Lokasi Menuju Ke Tempat Wisata

Lokasi Air Terjun Ciupang
Photo Credit: @Atok__07

Air Terjun Ciupang cuma memberikan dukungan aksesbilitas memakai kendaraan beroda 2. Ini karena terletak yang berada disekitaran perkampungan hingga lajur jalan untuk masuk ke tempat tujuan makin menyempit. Walau sebetulnya, bila Anda memaksakan manfaatkan mobil itu mungkin dilaksanakan.

Tetapi, pada akhirannya akan kesusahan sendiri bila berpapasan dengan sama-sama pengendara mobil dari arah bersimpangan . Maka, bukannya ribet, kenapa tidak menggunakan motor saja?

Bagaimana juga, untuk betul-betul menyaksikan keelokan air terjunnya, wisatawan perlu melewati perumahan masyarakat. Tak perlu ketidaktahuan karena sudah diperlengkapi papan petunjuk jalan hingga tidak membuat Anda kesusahan. Kalaulah masih sulit mendapati jalurnya sendiri, Anda bisa menanyakan ke masyarakat yang kemungkinan dijumpai.

Beberapa jalanan telah diperlengkapi aspal meskipun bekasnya masih memercayakan tanah yang dibereskan. Berita baiknya, keadaan di sini tidak begitu jelek dan masih lumayan sebanding diperjuangkan jika ingat daya tarik yang telah menunggu.

Tepat di tempat bawah air terjun, Anda harus mendaki tangga dari formasi batu-batuan tidak teratur. Khususnya saat musim penghujan, keadaannya dapat benar-benar licin hingga condong beresiko. Maka dari itu, yakinkan untuk selalu waspada dan jeli memerhatikan tiap anak tangga.

Lokasi tentu tempat estetis ini ada di Kecamatan Padang Cermin, Desa Purwajaya. Bila berpatok pada pusat Kota Bandar Lampung, minimal butuh waktu 2 jam supaya bisa datang di tujuan arah. Berita baiknya, Anda akan dimanja dengan daya tarik pantai dan bukit-bukit di sejauh perjalanan.

Biaya Ticket Masuk Tempat Wisata Alam

Biaya Air Terjun Ciupang
Photo Credit: Ewin Piyoe Wesuiranangalaz

Pengurus Air Terjun Ciupang memutuskan biaya sebesar Rp 5.000 per-kepala untuk ticket masuknya. Dalam pada itu, ada juga ongkos tambahan berbentuk parkir mobil sejumlah Rp 10.000 dan motor Rp 2.000. Tidak perlu ongkos besar memang bila ingin sekedar nikmati tujuan air yang asri ini.

Apa lagi, agenda operasional ada sepanjang 24 jam penuh pada sebuah minggu. Dalam kata lain, wisatawan bisa singgah kapan pun, sekerap dan sekitar mungkin. Tetapi, direferensikan bertandang di saat siang untuk keamanan dan kenyamanan.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Ciupang

Kegiatan Air Terjun Ciupang
Photo Credit: Ewin Piyoe Wesuiranangalaz

Menelusuri Rimba

Air terjun elok ini walau ada di sekitaran perkampungan, tapi keadaan di sekitarnya masih disanggupi beberapa pohon tinggi. Bila Anda menyenangi penjelajahan dan punyai nyali menelusuri, lalukanlah di daerah ini.

Tetapi, sebelumnya, yakinkan dulu jika keadaan dalam rimba relatif aman. Triknya dengan menanyakan pada masyarakat lokal, apa itu kemungkinan untuk ditelusuri atau mungkin tidak.

Bermain Air

Apalagi yang dicari saat berkunjung ke Air Terjun Ciupang selainnya menelusuri teritori perairan?

Seharusnya persiapkan baju tukar dari sejak rumah hingga Anda tak perlu pulang pada keadaan basah kuyup. Jika memang perlu, bawa baju khusus berenang bila memungkinkannya supaya kegiatan di di air condong lebih bebas.

Dengan begitu, Anda dapat ambil waktu sepuasnya nikmati kesejukan air, semenjak tiba sampai mendekati pulang. Untuk situasi yang lebih baik, dianjurkan tiba di siang hari di mana keadaan airnya tidak begitu dingin, tetapi tidak panas.

Menunggu Sunset atau Sunrise

Walau sedang ada dalam rimba, tidak berarti tidak dapat benar-benar menyaksikan panorama saat matahari keluar atau tenggelam. Ditambah lagi, pada tempat menarik ini disiapkan sebuah gardu pandang untuk memberikan fasilitas kemauan melihat-lihat dari beberapa pelancong.

Bila Anda akan nikmati waktu senja, dianjurkan tiba di siang hari supaya tidak begitu lama menanti. Tetapi, jika punyai gagasan lain selainnya memburu foto matahari tenggelam, tidak ada kelirunya bertandang semenjak keluar fajar.

Di lain sisi, jika Anda merencanakan mendokumentasikan peristiwa matahari keluar, hadirlah bisa lebih cepat, mungkin pergi dari rumah sebelum waktunya subuh. Kemudian, persiapkan peralatan photografi terbaik Anda saat datang di lokasi paling dekat dengan Air Terjun Ciupang. Mencari pojok yang cocok buat memfoto beberapa detik saat fajar ada di ufuk timur.

Alternative yang lain, Anda dapat kemping di perkampungan minimum satu malam, lalu selekasnya ke arah pusat air terjun esok harinya. Dibanding ambil perjalanan cukup jauh dari rumah, tidakkah pilihan ini berasa lebih mempermudah?

Fasilitas & Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi

Fasilitas Air Terjun Ciupang
Photo Credit: Akhmad Sofyan

Air Terjun Ciupang difasilitaskan dan diatur oleh instansi swadaya dari warga sekitaran. Ini memiliki arti Anda jangan berekspektasi terlampau tinggi hal sarana yang ada di sini. Tetapi, beberapa hal penting seperti kamar mandi dan parkir bisa dipakai dengan cukup baik.

Di lain sisi, jika Anda ingin memperhatikan keadaan air terjun dan panorama di sekitarnya, telah ada juga sebuah gardu pandang . Maka, tidak kesusahan saat ambil photo atau membuat video. Walau memang keadaannya condong punyai banyak kebatasan, tapi tidak menghapus bukti jika air terjunnya sangat elok.

Adapun masalah makanan, nampaknya Anda harus siap-siap sejak dari ada di perkampungan atau bahkan juga rumah. Bila belum mempersiapkan bekal di dalam rumah, cari di sejauh jalan saat melewati permukiman masyarakat. Dengan begitu, Anda tidak kebingungan saat datang di pusat air terjun dan tidak merasakan penjual satu juga.

Air Terjun Ciupang adalah bukti begitu alam Indonesia demikian cantik. Sayang, pengendalian belum demikian memberikan kepuasan wisatawan, jadi masih perlu dipertingkat supaya makin lebih baik. Dalam kata lain, sebetulnya bertandang kesini hampir serupa maknanya ikut meningkatkan bidang pariwisata di tempat.

2 thoughts on “Air Terjun Ciupang, Air Terjun Indah dengan Tebing Eksotis di Pesawaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.