Air Terjun Berkuda Sembrani, Menikmati Air Terjun Eksotis di Gowa

Air Terjun Berkuda Sembrani, Menikmati Air Terjun Eksotis di Gowa
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Air Terjun Berkuda  Sembrani salah satunya wisata alam yang memikat didatangi di Kabupaten Gowa. Air terjun ini mempunyai pemandangan alam yang menarik sama air warna hijau tosca yang mengucur bebas dan beri kesegaran.

Keelokan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan memanglah tidak dapat disangsikan kembali. Karena ada beberapa daya tarik alam dimulai dari pantai sampai air terjunnya yang pantas dapat acungan jempol. Tetapi, bila Anda telah jemu dengan situasi pantai, Air Terjun Berkuda  Sembrani menjadi alternative berlibur yang dapat diputuskan. Wisata yang ini pantas untuk didatangi karena panoramanya yang menarik. Agar semakin detilnya, yok baca pembahasan berikut!

Pesona yang Dimiliki Air Terjun Berkuda Sembrani

Pesona Air Terjun Berkuda Sembrani
Photo Credit: Agha Madaga Sibanti

Kekuatan alamnya yang berlimpah bukan hanya dikeluarkan oleh keelokan pantainya saja. Ada langkah lain untuk nikmati daya tarik dari Gowa yang dapat Anda kerjakan. Satu diantaranya dengan berkunjung Air Terjun Berkuda  Sembrani. Lokasi ini menjadi alternative berlibur Anda untuk didatangi dengan keluarga tersayang, famili, bahkan juga komune perkumpulan yang Anda punyai.

Anda akan disajikan air terjun yang membubung tinggi dengan daya tariknya yang menarik dan asri. Pemandangan yang berada di sini benar-benar mengagumkan, karena terbagi dalam susunan lanscape unik. Ada air terjun, pohon-pohonan teduh disekelilingnya, dan saluran air yang paling jernih. Anda bisa nikmati panorama yang cantik dengan tenang dan membuat situasi hati lebih ria. Terutama bila Anda tinggal di perkotaan yang populer dengan hiruk pikuknya.

Berkunjung wisata alam seperti Air Terjun Berkuda  Sembrani ini menjadi penyembuh lara, untuk Anda yang selalu repot dengan kegiatan tugas. Keelokan yang disuguhi pada tujuan wisata alam ini sanggup jadi fasilitas pelepas capek. Apalagi sebagai daya magnet dari air terjun ini? Jarangnya tersentuh oleh tangan manusia berikut yang membuat tujuan wisata ini jadi lebih spesial. Itu maknanya, air terjun masih terbangun keasriannya.

Tidak cuma hanya itu, terletak yang ada di tengah rimba tentu saja menambahkan rintangan tertentu saat ke arah lokasi ini. Orisinalitas alamnya makin tidak disangsikan kembali. Pasalnya Anda harus melalui beberapa track yang cukup curam untuk capai lokasi. Tetapi, saat sampai di lokasi wisata air terjun, Anda akan dibikin takjub dengan keelokannya. Saat itu juga rasa capek yang sebelumnya jadi rintangan akan terobati karena daya tariknya.

Menariknya kembali, air terjun ini datang dari air kawah pegunungan. Warna dari saluran air di tempat wisata ini tergantung pada kegiatan vulkanik disekitaran kawah. Kadang air dapat warna jernih dengan gradasi hijau yang dikeluarkan. Disamping itu, air dapat warna sedikit tosca karena tingginya kandungan belerang yang dari kegiatan gunung itu. Banyak wisatawan luar wilayah yang ikhlas banyak yang datang cuma untuk menyaksikan keelokan ini.

Anda tak perlu cemas ketika bermain di di air terjun. Masalahnya air yang jatuh dari ketinggian ini mengucur agak miring dengan kemiringan yang tidak begitu berarti. Maka dari itu, Anda dapat bebas habiskan waktu di di air untuk merendam, berenang, atau sekedar hanya bermain disekitaran air. Serunya nikmati kesegaran air akan makin komplet dengan cantiknya pohon-pohonan yang melingkari lokasi air terjun.

Lokasi Wisata Air Terjun Berkuda  Sembrani

Lokasi Air Terjun Berkuda Sembrani
Photo Credit: Arsil Ewok

Air Terjun Kuda Sembrani ini memiliki ketinggian sekitaran lima belas mtr.. Disamping itu, ada kolam alami yang berada di bawahnya. Kedalaman dari air yang berada di sini tidak begitu terjal, cuma sekitaran satu sampai dua mtr. saja. Untuk sampai ke kolam yang berada di bawah air terjun, Anda harus melalui gua kecil dan tebing yang menghias saluran air cantik saat dilihat mata.

Karena lokasinya yang cukup masuk ke rimba, pengunjung diharap untuk mempersiapkan stamina extra agar capai tujuan wisata ini. Agar sampai ke lokasi, Anda harus melalui Mangku Sakti yang ada pas di atas Kuda Sembrani. Perjalanan akan dilakukan melalui rimba yang jarang-jarang tersentuh oleh pelancong. Jaraknya diprediksi sekitaran 100 mtr. dari Mangku Sakti ke lokasi air terjun ini.

Jalanan setapak yang dilewati tidak gampang untuk ditembus. Karena dari Mangku Sakti, Anda harus ikuti jalan turun ke arah arah hulu. Tetapi tidak perlu cemas salah jalan, karena lajur setapak itu telah dibuat secara baik. Demikian sampai di lokasi, Anda akan dibikin takjub dengan keelokan tebing batu dan gradasi warna dari saluran air Kuda Sembrani. Hal itu tentunya tidak dapat diketemukan di wilayah lain.

Jalanannya memang lumayan melawan karena batu-batuan besar turun. Tapi ada tali pegangan yang disiapkan dalam rimba dan di pinggir sungai. Untuk melaluinya, Anda harus berhati – hati karena batu-batuan itu cukup licin. Saat yang Anda perlukan lebih kurang sekitaran sepuluh menit supaya datang di dasar Air Terjun Kuda Sembrani. Sesudahnya, akan datang panorama eksotik dengan supremasi batu-batuan sungai yang menarik

Kegiatan Menarik Dilakukan di Air Terjun Berkuda  Sembrani

Kegiatan Air Terjun Berkuda Sembrani
Photo Credit: Asrullah

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda kerjakan di air terjun yang ini. Selainnya berenang, merendam atau sekadar bermain air di pinggiran, Anda bisa juga nikmati keelokan dari alam sekitaran dengan melahap sajian yang dibawa dari rumah. Asyiknya berlibur akan makin komplet bila isi perut di wisata alam yang cantik semacam ini. Selainnya mata yang dimanja oleh keelokan alam, Anda bisa juga kenyang makan perbekalan bawaan.

Bila ingin rasakan pengalaman yang lain di wisata alam ini, karena itu Anda bisa bawa perlengkapan camping dari rumah atau sewanya. Menginap disekitaran air terjun akan menambahkan kesan berlibur Anda lebih terkesan karena habiskan hari di alam terbuka di tengah-tengah rimba. Selainnya bisa nikmati keelokan pemandangan yang asri dan sejuk, Anda pun semakin lebih dekat sama keluarga saat liburan.

Saat ada di lokasi yang cantik seperti Air Terjun Berkuda  Sembrani di Gowa ini, tidak komplet rasa-rasanya bila peristiwa bersama tidak didokumentasikan. Ditambah, jika Anda memiliki sosial media untuk membagi kegiatan yang dilaksanakan. Oleh karena itu, untuk Anda yang berkunjung wisata air terjun cantik ini, harus rasanya untuk nikmati keelokannya sambil berpose. Karena banyak spot bagus yang menjadi background swafoto Anda.

Untuk Anda yang hoby photografi lanscape dari wisata alam, tentu saja lokasi ini jadi lokasi yang prima untuk mendapatkan tangkapan photo yang menarik. Keelokan dari air terjun yang warna hijau tosca dapat didokumentasikan dengan memakai camera smartphone yang Anda membawa. Akan lebih bagus bila memotret daya tarik dari Air Terjun Berkuda  Sembrani memakai camera khusus untuk pemandangan yang membuat hasilnya akan lebih baik.

Yang Perlu Ketahui Saat Ingin Berwisata ke Air Terjun

Yang Perlu Ketahui Air Terjun Berkuda Sembrani
Photo Credit: Agha Madaga Sibanti

Untuk berkunjung wisata alam, tentu saja tidak asal-asalan. Ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk mendukung keperluan dan perjalanan Anda sama sesuai gagasan. Hal yang perlu dilaksanakan pertama dengan mengawasi prediksi cuaca saat akan melancong. Karena lokasi yang Anda incar ialah wisata alam, Anda tidak paham apa yang hendak terjadi yang akan datang. Oleh karena itu penting memeriksa prediksi cuaca lebih dulu.

Supaya berlibur Anda tidak terusik karena peralihan cuaca yang terjadi, Anda dapat berkunjung air terjun saat cuaca sedang ceria. Jauhi tiba ke wisata alam pada musim hujan. Masalahnya berlibur yang telah Anda targetkan sebegitu rupa dapat remuk dalam waktu cepat. Bahkan juga Anda harus menggagalkan berlibur yang telah Anda kelak – kelak awalnya untuk nikmati keelokan alam.

Selanjutnya, bawa barang yang bermanfaat seperti makanan atau minuman, camera atau handphone untuk berpose, pakaian tukar, dan uang seperlunya. Disamping itu, selalu prioritaskan keselamatan supaya perjalanan jalan sesuai gagasan. Janganlah lupa untuk jaga kebersihan air terjun dengan tidak buang sampah asal-asalan supaya tidak mengusik biota alam yang berada di air dan disekitaran lokasi wisata.

Bila Anda ialah pelancong luar wilayah dan belum memahami sangkut-paut dari lokasi air terjun, seharusnya Anda memakai kontribusi dari pemadu lokal. Ingat lokasi air terjun ini ada di tengah rimba yang cukup terselinap. Untuk Anda yang ingin lebih gampang sampai ke arah, jalan keluarnya ialah minta bantuan ke guide. Pasalnya keadaan alam sekitaran air terjun ini masih natural serta sedikit dijumpai orang.

Tersebut pembahasan detil mengenai Air Terjun Kuda Sembrani di Gowa. Keelokan alamnya yang demikian mempesona sanggup menyihir pengunjung yang tiba ke lokasi ini. Memang betul untuk sampai ke air terjun memerlukan perjuangan extra, tapi saat datang di lokasi Anda akan disuguhi dengan keelokan yang demikian menarik. Tebing yang membubung tinggi bersatu dengan saluran sungai bercorak hijau tosca ditanggung hilangkan capek karena perjalanan yang panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.