Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa, Air Terjun dengan Panorama Alam Eksotis

Air Terjun Bantimurungna Gallang
Alamat: Pao, Kec. Tombolo Pao, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Untuk warga Gowa, berkunjung Air Terjun Bantimurungna Gallang menjadi satu diantara jadwal berlibur favorite untuk nikmati rekreasi murah dan meriah dengan panorama alam yang cantik.

Daerah Gowa yang berada di Pulau Sulawesi ini, menjadi teritori yang kerap dituju untuk liburan dengan keluarga. Gowa mempunyai keelokan alam yang mengagumkan hingga sayang untuk dilewati. Salah satunya ialah rekreasi pegunungan di Malino, yang meliputi kebun teh, Air Terjun Takapala, Malino Highland dan rimba pinus Malino. Disamping itu, ada Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa yang mempunyai daya tarik yang tidak kalah eksotik.

Mengenal Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa

Mengenal Air Terjun Bantimurungna Gallang
Photo Credit: Dedhy Hendry

Nama Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa diambil dari Bahasa bugis lembut banti muram yang memiliki arti Air yang bergelora. Nama ini diusulkan oleh salah satunya tetua kerajaan yang berada di Gowa Patahoeddin Daeng Paroempa. Tetapi, warga Gowa lebih mengenali nama ini dari kata badi’ gallang yang memiliki arti sebuah senjata mematikan, dan orang yang sudah terserang atau tertanam badi’ gallang di badannya jadi tidak bisa pulih dan sembuh kembali.

Siapa kira, dibalik keelokan panorama Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa, ada cerita yang monumental. Air terjun ini telah ada lama, dahulunya ada tiga kerajaan yang berada di sekitaran air terjun itu. Kerajaan itu ialah Kerajaan Ballasuka, Kerajaan Pao dan Pekerjaan Lombo yang lumayan lama ada di wilayah Gowa. Menurut riwayat, ke-3 kerajaan ini berdiri dan ada di sekitaran air terjun sekitaran tahun 1927.

Pada periode kerajaan itu, air terjun ini jadi tempat untuk menyelesaikan Rakyat ke-3 kerajaan yang melakukan perbuatan dosa. Semua warga yang menyalahi hukum tradisi seperti orangtua yang menjamah anaknya, suami istri yang menjamah seseorang saat sebelum berpisah dan berselingkuh akan dijatuhi hukuman. Hukum tradisi yang diputuskan dengan dibuangnya orang itu ke air terjun sampai orang yang menyalahi hukum tradisi itu wafat.

Karena narasi riwayat yang mengerikan itu, karena itu banyak dogma yang tersebar di kelompok masyarakat di tempat. Dogma yang tersebar menjelaskan jika teritori tempat itu benar-benar menyeramkan karena sebagai salah satunya sisa tempat banyak pembantaian rakyat yang menyalahi hukum. Hingga, ada beberapa kemunculan yang dari beberapa korban eksekusi itu, Tetapi, karena makin ramai didatangi situasi menyeramkan itu tak lagi berasa.

Pesona yang Ada di Air Terjun Bantimurungna Gallang

Pesona Air Terjun Bantimurungna Gallang
Photo Credit: Aswira Romo

Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa berada pas di bawah kaki gunung Buhung Langit, yang mempunyai makna pucuk langit. Tidaklah aneh, situasi disekitaran air terjun benar-benar sejuk dengan adanya banyak pohon-pohonan yang masih asri. Kadang-kadang Anda akan dengar suara burung atau binatang-binatang ciri khas gunung yang lain. Suara alam yang unik ini akan kedengar lebih cantik dan menentramkan bertepatan dengan suara air yang bergelora dari Air Terjun Bantimurungna Gallang.

Saat masuk daerah air terjun ini, Anda akan disongsong langsung dengan panorama yang mengagumkan. Sebuah air terjun yang membubung dengan tinggi 8 mtr. ini menyalurkan debet air yang deras, hingga seperti terlihat benang lembut putih yang menjuntai. Makin kelihatan cantik dengan beberapa tebing yang membubung kuat bak fondasi yang menyokong air terjun itu. Semua permukaan tebing, banyak tanaman rambat dan lumut-lumutan warna hijau kekuningan.

Pas di bawah air terjun tinggi ini, ada kolam yang airnya kelihatan benar-benar beri kesegaran. Air di kolam ini, kelihatan jernih walau warna kehijauan karena lumut yang tumbuh di dasar kolam. Anda dapat berenang dan bermain air di kolam ini, sekalian nikmati udara sejuk disekitaran air terjun. Bila untung, , Anda akan mendapati refleksi sinar yang membuat beragam warna pelangi disekitaran kolam dan menambahkan keindahan panorama saat sedang setelah hujan.

Tempat sekitaran kolam, dihias dengan dinding-dinding dari bebatuan cadas yang berderet dan memunculkan kesan-kesan yang cantik. Bebatuan ini, banyak lumut-lumut dan tanaman perdu yang lain yang makin menambahkan kesan-kesan alami yang asri. Tumbuhan perdu, menjadi komunitas beragam spesies kupu-kupu. Tidaklah aneh, disekitaran kolam Anda akan mendapati banyak kupu-kupu yang berterbangan, dan capung yang mengisyaratkan air di situ bersih.

Bebatuan cadas disekitaran kolam ini memiliki ukuran besar sekali, tetapi ini justru akan menambahkan eksotisme panorama yang berada di Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa. Anda tidak stop kagum pada panorama air terjun yang terlihat bersatu dengan tanaman hijau di sekitarnya, dan bebatuan warna kontras yang semakin mempercantik situasi. Ditambahkan suara gemericik air terjun ini, semakin lebih menentramkan pemikiran Anda.

Daya magnet yang lain dari air terjun ini ialah lokasinya langsung menghadap ke terbitnya matahari. Karenanya, Anda dapat saksikan secara langsung panorama matahari keluar yang sering membiaskan sinar dan membuat pelangi di bawah air terjun. Panorama matahari tenggelam dari tempat ini tidak kalah cantiknya, kombinasi matahari yang mulai temaram, ditambahkan semburat warna oranye di langit makin elok bersatu dengan panorama sekitaran.

Anda akan nikmati situasi yang nyaman saat bertandang ke arah tempat ini. Air terjun ini paling cocok didatangi saat siang hari. Karena bermain di air terjun ini akan beri kesegaran cuaca siang hari yang dirasa panas. Ditambahkan nikmati panoramanya yang demikian cantik dan benar-benar cantik. Tetapi Anda harus tetap waspada saat masuk Air terjun itu karena jalannya yang licin oleh lumut dan banyak juga batu-batuan yang tidak kelihatan dapat mencederai Anda.

Lokasi Nebuju ke Air Terjun Bantimurungna Gallang

Lokasi Air Terjun Bantimurungna Gallang
Photo Credit: Aswira Romo

Dahulu tempat ini benar-benar terselinap dan nyaris tidak ada akses jalan ke arah rekreasi air terjun bantimurungna gallang gowa. Namun sekarang ini pemerintahan di tempat sudah membenahi akses jalan hingga untuk ke arah rekreasi air terjun ini jadi gampang. Dari pusat perkotaan Gowa Anda perlu jalan ke arah dusun desa Pao yang terletak tidak jauh dari pusat perkotaan.

Sesudah datang di dusun Pao karena itu air terjun itu bisa Anda dapatkan secara mudah. Untuk lokasi persisnya, air terjun ini ada di belakang teritori Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tombolo Pao. Anda tak perlu jalan kaki kembali karena, kendaraan baik motor atau mobil bisa masuk sampai ke lokasi dan telah disiapkan parkir khusus oleh pengurus tempat rekreasi di tempat.

Situasi yang asri dan ditambah dengan batu-batuan di sekitarnya yang membuat mata makin sejuk saat melihatnya. Pemerintahan telah kenakan ongkos masuk yang dihitung per-orang yang dananya didistribusikan untuk menambahkan ekonomi warga di tempat dan peningkatan dusun. Karena tradisi dan budaya di tempat masih kental karena itu saat Anda bertandang ke arah tempat ini harus jaga norma dan santun sopan untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan.

Kegiatan yang Dapat Dilaksanakan di Air Terjun

Kegiatan Air Terjun Bantimurungna Gallang
Photo Credit: Dedhy Hendry

Saat bertandang ke Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa Anda akan mendapati banyak pendopo yang telah dibuat oleh pengurus di tempat. Hingga, pelancong bisa sekedar duduk di pendopo itu sekalian nikmati perbekalan yang dibawa dari rumah. Bercengkerama di pendopo, dengan nikmati situasi alam yang beri kesegaran, dan nikmati panorama alam yang hebat akan membuat berlibur Anda makin terkesan dan membahagiakan.

Kegiatan yang lain yang bisa Anda kerjakan di Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa ialah Anda dapat memperoleh photo yang dengan background yang paling cantik. Photo Anda akan makin kelihatan estetik saat di kolam kelihatan pelangi yang ada dari refleksi sinar matahari. Photo Anda akan makin manis dengan background air terjun yang dikitari oleh pohon-pohonan hijau yang asri dan jumlahnya kupu-kupu yang berterbangan disekitaran air terjun.

Anda dapat rasakan segarnya berenang di kolam air terjun yang menyalurkan mata air asli pegunungan. Rasa dingin, dan udara sejuknya akan membuat Anda berasa lebih bugar kembali. Belum juga, berenang pada tempat ini dipercayai bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit kulit yang kerap dirasa oleh beberapa orang. Mandi langsung di alam terbuka, ditambah lagi segarnya udara sekitaran pegunungan akan membuat berlibur Anda berasa lebih membahagiakan.

Mempunyai status cocok menghadap arah cahaya matahari keluar, tidaklah aneh membuat air terjun ini jadi tempat favorite untuk jadi spot melihat matahari keluar. Anda dapat nikmati panorama matahari keluar yang mulai ada dari wilayah pegunungan, dan pancarkan cahaya yang hangat. Begitupun saat matahari mulai tenggelam. Anda dapat melihat secara jelas langit biru mulai warna jingga dan terlihat demikian elok.

Gowa memang mempunyai bermacam tujuan rekreasi yang rupanya benar-benar banyak dan tidak kalah mengagumkan dari beberapa kota yang ada di Sulawesi yang lain. Salah satunya tempat rekreasi yang memikat perhatian dan harus didatangi ialah Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa yang mempunyai panorama yang paling cantik. Bukan hanya dapat nikmati panoramanya yang demikian cantik dan eksotik, rupanya tempat rekreasi ini simpan narasi riwayat dibaliknya.

1 thought on “Air Terjun Bantimurungna Gallang Gowa, Air Terjun dengan Panorama Alam Eksotis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.