Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali, Menikmati Air Terjun Eksotis Bernuansa Alami

Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali, Menikmati Air Terjun Eksotis Bernuansa Alami
Alamat: Jl. Raya Desa Sambangan, Banjar, Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 125.000
Google Maps: Cek Lokasi

Air Terjun Aling-Aling terhitung surga terselinap yang pantas dieksplor di Buleleng Bali. Pencinta trackking dan pencinta keelokan alam, harus bertandang ke air terjun cantik ini!

Bila dengar nama Pulau Bali, karena itu yang tebersit dalam pemikiran Anda segera tertuju pada keelokan pantainya yang sudah go-international. Walau sebenarnya, pada realitanya Bali mempunyai tujuan rekreasi alam yang lain yang tidak kalah mengagumkan. Air Terjun Aling-Aling, misalkan. Air Terjun ini ialah tujuan rekreasi alam yang termasuk terselinap di Buleleng Bali.

Sekarang ini, air terjun Aling-Aling jadi alternative arah rekreasi alam di Bali selainnya pantai. Bahkan juga, bila Anda mempunyai cukup waktu saat berekreasi di Bali, karena itu Anda bisa berkunjung Air Terjun ini dari sisi tujuan rekreasi yang lain. Hal tersebut sudah pasti akan membuat pengalaman berekreasi Anda jadi makin komplet.

Walau tempat wisata Curug Aling-Aling terhitung ke tujuan yang terselinap, namun gubahan keelokan alami air terjun ini benar-benar mengagumkan. Berbagai sarana juga ada, hingga bisa mempermudah Anda. Lantas, apa yang perlu dipersiapkan saat sebelum ke arah air terjun elok ini? Perhatikan informasi-informasi penting di bawah ini.

Pesona yang Ada di Wisata Air Terjun Aling-Aling

Pesona Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali
Photo Credit: Visit Indonesia

Air Terjun Aling-Aling terbilang cukuplah tinggi, yaitu sekitaran 35 mtr.. Dari terlalu jauh, Anda akan menyaksikan panorama dua air yang terjun bebas ke arah sebuah genangan selebar empat mtr.. Terlihat air di genangan itu benar-benar jernih.

Tetapi, harus dipahami juga jika kejernihan air pada tempat ini tergantung musim. Air akan terlihat jernih bila Anda bertandang ke Air Terjun Aling-Aling di saat musim kemarau. Sementara pada musim penghujan, air akan jadi lebih kotor karena menyalurkan air hujan dari beragam sumber.

Jika Anda berkunjung Air Terjun ini saat kondisi air jernih, karena itu air itu akan terlihat demikian cantik. Lengkapi selaksa keelokan yang ada di sekitarnya. Terutama bila difoto dengan baik sekali akan hasilkan hasil gambar yang paling hebat. Disebelah mana saja, rekreasi air terjun ini benar-benar instagenic.

Dua air terjun di Air Terjun Aling-Aling terjadi karena relief tebing yang berbatu besar sekali, pas di sisi tengah air terjun. Oleh karenanya, terjadi dua saluran air terjun yang mana air terjun samping kanan memiliki debet air yang semakin banyak dibanding debet air terjun samping kiri. Walau sebenarnya ke-2 nya sebagai air terjun yang dari sumber yang serupa.

Di sisi kanan dan kiri Air Terjun akan terlihat dinding batu dengan warna hitam yang bersatu dengan warna cokelat. Batu-batuan itu kelihatan mengkilat karena terbasahi oleh air cipratan terjun. Hal tersebut membuat tebingnya jadi benar-benar eksotik dan lezat dilihat.

Selainnya keelokan tebingnya, Anda akan dihadiahi panorama sekitar air terjun yang paling asri. Tumbuhan-tumbuhan kecil sampai besar ikut menyemarakkan daya tarik air terjun Aling-Aling. Sudah pasti, Anda akan berasa kerasan lama-lama pada tempat ini.

Lokasi Menuju ke Wisata Air Terjun Aling-Aling

Lokasi Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali
Photo Credit: 3D Diah Dian Danendra

Air terjun yang berada di Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali ini sebagai tujuan rekreasi alam yang tawarkan kecantikan air terjun di lokasi yang jauh dari keramaian. Oleh karenanya, keadaan alam disekitaran air terjun elok ini masih terawat secara baik. Komunitas flora yang hidup masih bermacam dan tumbuh dengan subur.

Lokasi air terjun ini cukup terselinap. Daerahnya juga masih sedikit tersentuh oleh manusia. Oleh karenanya, tempatnya masih hijau dan rimbun. Bahkan juga, sebagian orang menyebutkan Air Terjun ini sebagai surga terselinap. Demikian keelokan yang terpancar dari Air Terjun Aling-Aling.

Geliat rekreasi air dalam industri pariwisata di Pulau Dewata Bali, makin lama mulai memperlihatkan perkembangan yang progresif. Bisa dibuktikan, makin hari makin bertambah pelancong yang ingin tahu dan bertandang ke air terjun ini.

Adapun pecinta Air Terjun Aling-Aling bukan hanya pelancong yang dari Indonesia saja, tapi juga pelancong dari luar negeri banyak mulai yang berminat untuk tiba ke arah tempat ini. Memang, keelokannya ialah magnet khusus yang memikat hati beberapa pelancong untuk melawat.

Jika Anda akan ke arah lokasi air terjun dengan mengawali perjalanan dari Bandar Udara Internasional di Bali, karena itu Anda harus tempuh perjalanan sepanjang 110 km. Namun, jarak menempuh semakin lebih singkat bila Anda mengawali perjalanan dari Denpasar.

Dari Denpasar, Anda bisa ke arah Singaraja. Seterusnya, stop di Terminal Sukasada dan usai di Dusun Sambangan. Dua jam ialah waktu pintas yang Anda perlukan untuk lakukan perjalanan ini.

Bila sudah datang di Dusun Sambangan, karena itu perjalanan Anda telah makin dekat ke arah Air Terjun Aling-Aling. Di Dusun Sambangan sudah ada beberapa plang panduan arah yang hendak membimbing Anda ke arah air terjun. Agar bisa betul-betul sampai di tempat wisata ini, diperlukan jarak sepanjang 2 km kembali.

Jalan yang dilewati cukup berkelok dan berbatu. Seharusnya Anda kenakan sepatu yang beralas kesat supaya tidak tergelincir. Sesudah dua puluh menit, Anda akan disongsong oleh gemericik air yang dari air terjun.

Biaya Tiket Masuk Wisata Air Terjun Aling-Aling

Biaya Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali
Photo Credit: Andreas Iman Sugiarto

Tidak ada ketetapan ongkos masuk yang penting Anda keluarkannya supaya bisa menelusuri Air Terjun Aling-Aling. Tetapi, di pos ke arah lokasi air terjun ada kotak yang dapat Anda isi secara suka-rela. Ongkos yang jelas ialah ongkos parkir karena Anda harus tempuh perjalanan seterusnya dengan jalan kaki.

Adapun ongkos masuk fleksibel yang diartikan ialah ongkos yang dikeluarkan tergantung ke opsi Anda. Di sini, Anda tidak dibanderol harus bayar satu paket. Namun, Anda bisa putuskan secara bebas akan bayar untuk paket rekreasi tertentu atau mungkin tidak.

Misalkan saja, bila akan sewa guide untuk menemani aktivitas melawan di Air Terjun Aling-Aling. Ucapkanlah Anda inginkan short trek, karena itu Anda perlu bayar sejumlah Rp 125.000,- untuk seseorang. Dalam pada itu, untuk paket long trek harga yang dibayar lebih tinggi.

Sudah pasti opsi itu memberikan keuntungan untuk Anda. Bila Anda cuma ingin lakukan trackking dan berpose saja, karena itu Anda tak perlu mengambil kantong tambahan untuk bayar guide.

Kegiatan Seri Dilakukan di Air Terjun Aling-Aling

Kegiatan Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali
Photo Credit: Mubarak Saeed

Lepas dari keelokan yang memberi warna tiap cara Anda alam terbuka, ada sesuatu hal yang lain akan dituju bila berkunjung air terjun. Pemburu keelokan air terjun sudah pasti tidak melewati beberapa kegiatan melawan setiap air terjun yang didatangi.

Aktivitas pertama kali yang dapat Anda kerjakan ialah berenang. Berenang di tempat air terjun bisa menjadi benar-benar membahagiakan. Suara air terjun yang bergemericik, suara daun yang sama-sama bertepuk keduanya, dan hembusan angin yang demikian sejuk membuat atmosfer di Air Terjun Aling-Aling jadi benar-benar spesial.

Selanjutnya, Anda bisa lakukan waterfall sliding. Anda tak perlu sangsi untuk lakukan aktivitas berlebihan ini. Anda cukup ikuti semua perintah dari guide yang menemani Anda. Dengan demikian, aktivitas waterfall sliding Anda tetap aman. Malah Anda bisa jadi ingin melakukan berkali-kali.

Seterusnya, Anda bisa juga lakukan cliff jumping yang paling memicu adrenalin. Cliff jumping yang sudah dilakukan langsung dari tebing air terjun. Anda bisa melonjak dari tebing bertepatan dengan terjunnya air ke arah kolam. Sudah pasti aktivitas ini harus ditemani oleh guide yang eksper supaya Anda masih tetap pada keadaan baik.

Satu kembali, aktivitas yang perlu dilaksanakan ialah lakukan sesion photo. Beberapa kegiatan awalnya juga pantas untuk difoto sebagai kenangan. Peluang ada di lokasi yang cantik ini harus betul-betul Anda cicipi. Lewat photo, semua kesan-kesan itu bisa mengingatimu untuk tiba kembali lagi ke Air Terjun Aling-Aling yang cantik ini.

Tersebut informasi-informasi yang seharusnya Anda kenali saat sebelum putuskan ke Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali. Bila Anda sudah tahu info penting itu, karena itu cara setelah itu mempersiapkan semua kepentingan. Dengan demikian, penyiapan yang betul-betul masak akan membuat perjalanan rekreasi Anda jadi lebih membahagiakan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Air Terjun Aling-Aling

Fasilitas Air Terjun Aling-Aling Buleleng Bali
Photo Credit: Fika Adnyani

Sarana yang bisa memberikan dukungan perjalanan rekreasi Anda di Air Terjun Aling-Aling termasuk cukuplah komplet. Pertama, karena perjalanan yang diperlukan untuk datang di air terjun ini tidak singkat, karena itu mungkin Anda membutuhkan tempat untuk menginap untuk melepaskan capek. Anda dapat menginap di sejumlah pemondokan yang ada di lokasi sekitaran air terjun.

Disamping itu, disekitaran teritori air terjun ada tempat makan yang dapat Anda datangi sesudah capek menelusuri keelokan air terjun. Sarana ini akan memberi keringanan untuk Anda hingga penjelajahan di Air Terjun Aling-Aling masih tetap berasa membahagiakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.